Sabtu, 22 September 2012


iPod adalah merek serangkaian perangkat pemutar media digital yang dirancang dan dijual oleh Apple (Hewlett-Packard juga sempat menjual produk tersebut dengan nama Apple iPod + HP). Nama "iPod" juga dahulu merupakan nama salah satu varian pemutar media digital dalam rangkaian tersebut (varian ini kini disebut "iPod classic"). Sebagian besar varian iPod memberikan antarmuka pengguna (user interface) yang sederhana dengan menggunakan disain dalam bentuk roda putar (scroll wheel). iPod classic menyimpan datanya di dalam sebuah hard drive, sementara model lainnya menggunakan flash memory. Seperti sebagian besar perangkat pemain musik lainnya, iPod bisa digunakan sebagai hard drive eksternal bila disambungkan ke sebuah komputer.
Tony Fadell pertama kali mendapat ilham untuk membuat iPod di luar perusahaan Apple Computer: saat itu ia mengalami kesulitan mencari dana untuk membiayai perangkat pemain musik yang ia ciptakan.[rujukan?] Pada waktu ia menunjukkannya kepada Apple Computer, perusahaan tersebut menyewanya sebagai kontraktor mandiri untuk membuahkan hasil dari projek ini. Ia diberikan tanggung jawab untuk menggalang tim yang akan mengembangkan dua generasi pertama dari perangkat ini. Setelah itu perkembangan iPod yang selanjutnya dilakukan di bawah naungan Jonathan Ive yang merupakan kepala grup disain industri di Apple Computer.
Sampai bulan Oktober 2004, iPod mendominasi penjualan perangkat pemain musik di Amerika Serikat, dengan meraih 92% dari pasaran perangkat hard drive dan lebih dari 65% dari pasaran jenis lainnya. iPod telah berhasil dijual dengan pesat, melebihi sepuluh juta unit dalam tiga tahun terakhir ini. Perangkat tersebut mempunyai pengaruh kebudayaan yang sangat besar di masyarakat bila dibanding dengan saat alat tersebut pertama kali diluncurkan.


1.     IPOD SHUFFLE
iPod shuffle adalah piranti pemutar musik yang dikembangkan dan dijual oleh Apple Computer. Piranti ini diperkenalkan pada pameran Macworld Conference & Expo pada tanggal 11 Januari 2005, dengan motto "Hidup ini acak" (Life is random). Perangkat ini menggunakan flash memory daripada hard drive yang digunakan oleh model-model lainnya dalam keluarga piranti keras iPod. Beratnya hanya 0,78 ons atau 22 gram.
Dua model tersedia untuk produk ini (harga 2006 - Generasi pertama):
512 MB - AS$ 69
1 GB - AS$ 99
iPod shuffle didisain untuk mempermudah pengisian lagu dengan memilih lagu yang tersedia secara acak. Untuk itu perangkat ini menggunakan fitur "Autofill" yang ada dalam piranti lunak iTunes, yang bisa memilih lagu dari koleksi yang disimpan oleh penggunanya sampai memenuhi kapasitas iPod shuffle tersebut. Menurut Apple Computer, iPod shuffle yang berkapasitas 1GB bisa memuat 240 lagu yang berdurasi 4 menit dan menggunakan format AAC encoding) dengan kualitas 128 kbit/s.
Karena iPod shuffle tidak menggunakan layar dan roda putar, piranti ini tidak dilengkapi dengan fitur lainnya yang biasa ditemui dalam produk iPod seperti: manjemen koleksi lagu, game, buku alamat, kalender, buku catatan ataupun sinkronisasi dengan piranti lunak iSync.
Namun ada beberapa fitur baru yang digunakan iPod shuffle yang sebelumnya tidak tersedia untuk iPod yang lainnya. Salah satunya adalah kemampuan untuk merendahkan kualitas lagu dari bit rate yang lebih tinggi menjadi 128 kbit/s. Perubahan ini terjadi secara langsung pada saat iPod shuffle disambungkan dengan komputer dimana dokumen yang asli dibiarkan tanpa perubahan di dalam komputer pengguna sedangkan dokumen yang memiliki ukaran yang lebih kecil akan dimasukkan ke dalam iPod shuffle.
iPod shuffle memiliki empat tombol: Play/Pause Next Song Previous Song Higher/Lower Volume
Di sisi sebaliknya terdapat tanda kapasitas baterai dan sebuah switch tiga posisi untuk mematikan perangkat atau memilih cara main secara berurutan atau acak. Piranti ini bisa disambung langsung dengan komputer melalui port USB yang juga berguna untuk mengisi ulang baterai di dalam iPod shuffle. Colokan USB-nya terselubung dengan sebuah penutup. Alat ini juga dijual dengan tali yang bisa dikalungkan ke leher seseorang sehingga iPod shuffle tersebut dapat bergelantungan dengan bebas.
iPod shuffle bisa juga dipakai sebagai keydrive. Dengan menggunakan piranti lunak iTunes, pengguna bisa menentukan berapa banyak ruangan untuk menyimpan musik atau lagu.
                 







2.IPOD NANO
 IPod Nano menggunakan tujuan umum sirkuit terpadu (IC) bukan kecil, murah custom-dikembangkan chip, mungkin untuk mengurangi waktu-ke-pasar. Desain ini, Namun, meningkatkan jumlah komponen elektronik dan meningkatkan biaya. Insinyur Jepang memperkirakan biaya komponen 2 GB .Apple juga memilih untuk 0603 (1.6x0.8 mm) teknologi permukaan gunung yang baru mulai luas digunakan dalam ponsel pada tahun 2005 [4] The Nano iPod menggunakan PortalPlayer PP5021C "sistem pada sebuah chip" dengan dual tertanam ARM 80 MHz 7TDMI prosesor. Tanggapan konsumen awal untuk iPod Nano adalah sangat positif dan penjualan yang berat. [5] The Nano dijual pertama juta unit hanya dalam 17 hari, membantu Apple Inc ke rekor miliar dolar keuntungan pada tahun 2005. [6]
Rilis Apple iPod Nano sebagai pengganti iPod Mini dipandang oleh banyak orang sebagai langkah berisiko [7] Steve Jobs berpendapat bahwa iPod Nano adalah risiko diperlukan karena pesaing yang mulai mengejar iPod Mini dalam hal. desain dan fitur, dan percaya bahwa iPod Nano akan terbukti menjadi lebih populer dan berhasil daripada iPod Mini.
Dalam beberapa hari dari rilis Nano, beberapa pengguna melaporkan kerusakan pada Nano, menunjukkan bahwa layar LCD telah menjadi begitu menggaruk itu dibaca, bahkan ketika lampu latar pada. Banyak telah melaporkan goresan halus pada Nano mereka disebabkan oleh kain microfiber. Pemilik lain melaporkan bahwa layar Nano mereka retak dengan provokasi tidak. [8] Pada tanggal 27 September 2005, Apple dikonfirmasi sebagian kecil ("kurang dari 1/10 dari 1 persen") dari iPod Nano dikirim dengan layar yang rusak dan setuju untuk mengganti setiap Nanos dengan layar retak, tapi membantah iPod Nano lebih rentan terhadap goresan dibandingkan iPod sebelumnya. [9] Apple mulai pengiriman iPod Nano dengan lengan pelindung untuk melindungi mereka dari goresan. Pada Oktober 2005 gugatan class action diajukan terhadap Apple, dengan penggugat mencari penggantian perangkat, biaya hukum, dan "keuntungan tidak sah atau ilegal" dari penjualan iPod Nano. Pengacara bagi penggugat mengklaim bahwa perangkat "goresan berlebihan selama penggunaan normal, rendering layar pada Nanos terbaca, dan melanggar undang-undang perlindungan konsumen negara". [10] tuntutan hukum serupa kemudian diajukan di Meksiko dan Inggris. [11] Sebagai dari awal 2009, Apple sedang dalam proses penyelesaian kasus pengadilan atas layar iPod Nano tergores, telah disarankan untuk Apple untuk menyiapkan dana sebesar $ 22 juta untuk mengembalikan pengguna. Hakim A akan perlu untuk menandatangani ketentuan oleh April 28 Desember 2009. [12] Beberapa komentator seperti BusinessWeek Arik Hesseldahl mengkritik tuntutan hukum. Hesseldahl membubarkan mereka sebagai "bodoh" dan menyarankan bahwa mereka diuntungkan "tidak satu tapi pengacara," tapi juga menyarankan bahwa Apple bisa menghindari litigasi dengan menawarkan "pengembalian penuh pada Nanos yang tidak diinginkan" bukan pengisian biaya re-stocking dan memperpanjang kembali periode 14 hari (ketika dibeli melalui Apple ritel atau online) sampai 30 atau 60 hari.


3.    IPOD CLASSIC 
The iPod Classic (bergaya, dan dipasarkan sebagai iPod classic) adalah media player portabel dipasarkan oleh Apple Inc Generasi saat ini adalah jauh iPod Classic yang paling luas, dengan 160GB penyimpanan.
Sampai saat ini, telah ada enam generasi iPod Classic, serta spin-off (iPod Photo) yang kemudian kembali diintegrasikan ke dalam garis iPod utama. (Beberapa sumber keliru mengacu pada revisi dari generasi keenam sebagai terpisah "generasi ketujuh.") Semua generasi menggunakan drive (46 mm) 1,8-inci keras untuk penyimpanan. The "klasik" ​​akhiran awalnya diperkenalkan ketika seorang penulis lepas menganalisis eBay yang digunakan / rusak pasar iPod dikategorikan iPod ke dalam jenis yang berbeda pada 21 Mei 2006 dan secara resmi diperkenalkan dengan peluncuran iPod generasi keenam pada September 5, 2007 Sebelum ini, semua model iPod Classic yang hanya disebut sebagai iPod ini tersedia dalam warna perak atau hitam mengganti "tanda tangan iPod putih".Apple memperkenalkan iPod Classic generasi pertama pada tanggal 23 Oktober 2001, dengan slogan "1.000 lagu di saku Anda". IPod pertama memiliki hitam putih LCD (liquid-crystal display) layar dan menampilkan drive 5 GB hard mampu menyimpan 1.000 lagu dikodekan menggunakan MP3 dan dibanderol dengan harga US $ 399. Di antara inovasi iPod adalah ukurannya yang kecil, dicapai dengan menggunakan 1,8 "hard drive, sedangkan pesaingnya yang menggunakan 2,5" hard drive pada waktu itu, dan mudah-digunakan nya navigasi, yang dikendalikan menggunakan roda gulir mekanis (seperti kemudian iPods, yang memiliki touch-sensitive roda gulir), sebuah pusat tombol pilih, dan empat tombol tambahan di roda. IPod memiliki baterai dinilai dari sepuluh jam.
Pada tanggal 20 Maret 2002, Apple memperkenalkan model 10 GB iPod generasi pertama sebesar US $ 499. kompatibilitas vCard ditambahkan, juga, yang memungkinkan iPod untuk menampilkan informasi bisnis kartu disinkronisasikan dari Mac.
[sunting] Generasi Kedua


Sebuah iPod generasi kedua (2002)
Generasi kedua iPod Classic diperkenalkan pada tanggal 17 Juli 2002. Menggunakan gaya tubuh yang sama dengan generasi pertama, saklar terus didesain ulang, penutup ditambahkan ke port FireWire, dan roda mekanik diganti dengan roda sentuh yang sensitif. Lempeng depan juga telah bulat sudut dan tepi. Kelas generasi kedua ini tersedia dalam 10 GB seharga US $ 399 dan 20 GB seharga US $ 499. Generasi pertama 5 GB iPod yang dibawa, namun harganya diturunkan menjadi US $ 299.
Khususnya, Apple mulai menjual yang kompatibel dengan Windows versi iPod dimulai dengan generasi kedua. Versi ini datang dengan 4 pin-to 6-pin adapter FireWire dan dibundel dengan Musicmatch Jukebox bukan iTunes.


4. IPod Touch (bergaya, dan dipasarkan sebagai iPod touch, juga bahasa sehari-hari, tapi salah disebut sebagai iTouch, [8] [9] [10] dengan analogi iPhone) adalah media player portabel, asisten pribadi digital, konsol game genggam , dan Wi-Fi perangkat mobile yang dirancang dan dipasarkan oleh Apple Inc iPod Touch menambahkan user interface multi-touch grafis untuk garis iPod. Ini adalah iPod pertama dengan akses nirkabel ke iTunes Store, dan juga memiliki akses ke App Store Apple, memungkinkan konten yang akan dibeli dan di-download langsung pada perangkat. Pada Maret 2011, Apple telah menjual unit iPod lebih dari 60 juta Touch. IPod Touch menjalankan IOS. Update besar pertama setelah rilis awal adalah iPhone OS 2.0. Pembaruan ini memperkenalkan App Store, yang memungkinkan aplikasi pihak ketiga untuk pertama kalinya. iPhone OS 2.0 debutnya 11 Juli 2008. pengguna iPhone menerima update secara gratis, pengguna iPod sementara Sentuh harus membayar untuk update. Update besar kedua untuk sistem operasi, iPhone OS 3.0, yang dirilis Juni 17, 2009. iPhone OS 3.0 menambahkan fitur seperti cut, copy, dan paste, penarikan data dan dukungan mendorong pemberitahuan. Seperti dengan rilis besar sebelumnya, pengguna iPhone menerima update secara gratis, pengguna iPod sementara Sentuh harus membayar untuk update. iOS 4.0 dibuat tersedia untuk umum pada tanggal 21 Juni 2010. Itu adalah besar pertama rilis iOS untuk menjatuhkan dukungan untuk beberapa perangkat, iPod Touch generasi pertama dan iPhone asli tidak didukung di iOS 4.0. IPhone 3G dan iPod Touch generasi kedua memiliki fungsi terbatas di bawah iOS 4.0, sedangkan iPhone 4, 3GS iPhone, iPod Touch generasi ketiga, dan iPod Touch generasi keempat memiliki fungsionalitas penuh di bawah iOS 4.0. Fitur-fitur utama yang diperkenalkan di iOS 4.0 termasuk iBooks, FaceTime, dan multitasking. iOS 5.0 adalah terlebih dulu kepada publik pada 6 Juni 2011, dan dirilis pada 12 Oktober 2011.
Apple telah menerima kritik untuk pengisian pemilik iPod Touch untuk update iOS utama yang pemilik iPhone terima secara gratis, serta tidak termasuk fitur tertentu dari perangkat lunak iPod Touch yang termasuk dalam iPhone  Apple telah mengatakan bahwa mereka dapat menambahkan fitur gratis untuk iPhone karena pendapatan dari itu dicatat secara berlangganan di bawah aturan akuntansi, bukan sebagai pembayaran satu kali. [16] Pada WWDC pada bulan Juni 2010, Steve Jobs mengumumkan bahwa Apple telah "menemukan cara "untuk membuat upgrade OS berikutnya yang tersedia gratis untuk pemilik iPod Touch. Namun, iOS 4.0 dan seterusnya tidak tersedia untuk iPod Touch generasi pertama, dan beberapa fitur hanya tersedia untuk Sentuh ketiga 32 dan 64 generasi iPod GB dirilis pada bulan September 2009 dan iPod Touch generasi keempat dirilis pada tahun 2010.
Pada Juni 2011, iOS 5, rilis utama kelima dari IOS software, diumumkan di Apple WWDC 2011. Ada akan ditambahkan fitur di update baru, termasuk pemberitahuan, pesan dan pengingat. Pada tanggal 4 Oktober 2011 di acara Apple "Mari Bicara iPhone" iOS 5 dan iPhone 4S diumumkan kepada publik dengan banyak fitur baru seperti Siri, iMessage dan upgrade nirkabel, ini upgrade software dirilis pada tanggal 12 Oktober 2011. Tidak ada perubahan iPod Touch baru yang spesifik yang belum diumumkan, selain penurunan harga dan pilihan untuk memilih antara hitam dan putih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar