Rabu, 19 September 2012

Tugas 5 - Sejarah Perkembangan Telepon

Sejarah Perkembangan Telephone
         Sebelum saya mulai menjelaskan sejarah perkembangan dari Telepon, saya terlebih dahulu akan memberikan pendahuluan atau latar belakang dari ditulisnya atau dipilihnya telepon sebagai topik utama yang akan kita bahas. Pada saat tugas ini diberikan, saya diberitahu untuk membuat sejarah perkembangan suatu benda yang membuat saya merasa tertarik dan saya anggap sebagai sesuatu yang sangat penting dalam kehidupan saya, maka dari itu saya memilih untuk menjelaskan tentang benda yang disebut telepon ini. Menurut saya, telepon merupakan salah satu benda yang paling berpengaruh untuk membantu saya melaksanakan kegiatan-kegiatan atau rutinitas harian saya. Mengapa begitu? Karena, tentu kita semua tahu bahwa pada era modern ini kita sudah terbiasa untuk berkomunikasi jarak jauh dengan benda tersebut, bukan lagi dengan menggunakan surat seperti yang terjadi di era sebelumnya. Bahkan fungsi dari telepon kian bertambah seiring dengan adanya perkembangan-perkembangan teknologi, seperti dengan ditambahnya fasilitas internet di HP. Dengan fitur tambahan tersebut kita dapat lebih mudah untuk mengakses atau memperoleh informasi dari seluruh dunia, tidak hanya penyampaian informasi perorangan, bahkan kita juga bisa menghemat waktu dengan menelpon lebih dari 1 orang sekaligus dalam 1 waktu dengan menggunakan “teleconference”. Nah dengan adanya pemaparan atau penjelasan tentang latar belakang diangkatnya topik “telepon” ini, tentunya kita jadi lebih bisa memahami mengapa kita harus mengetahui sejarah dari benda luar biasa ini bukan? Karena saya sudah selesai menjelaskan segala alasan/latar belakang nya, mari kita simak paragraf berikut tentang perkembangan teknologi bersejarah yang disebut dengan “telepon”
          Pertama-tama, apa yang dimaksud dengan telepon?  Telepon merupakan alat untuk melakukan komunikasi dengan cara menyampaikan pesan suara (terutama pesan yang berbentuk percakapan). Benda tersebut tentunya sudah sangat bukan merupakan hal asing bagi masyarakat di era modern ini. Telepon sudah menjadi sebuah kebutuhan bagi hampir semua orang. Hal tersebut terjadi karena denga telepon kita dapat menerima informasi dari orang lain dengan lebih cepat dan lebih jelas.                                                                                                               
             Tidak seperti halnya surat, surat tentunya memerlukan banyak waktu untuk bisa sampai pada sang penerima surat. Bila dibandingkan dengan telepon, surat tentunya sangat tidak efisien, baik efisien secara media yang digunakan (kertas) maupun efisiensi secara waktu (karena membutuhkan waktu yang termasuk lama). Selama ini kita hampir setiap hari menggunakan telepon, dan mungkin sebagian besar dari kita tidak mengetahui awal mula atau sejarah dari telepon itu sendiri. Maka dari itu, untuk menambah pengetahuan kita dan mengetahui secara pasti asal usul dari benda yang selalu kita pakai tiap hari untuk berkomunikasi tersebut, dibawah ini saya akan menguraikan perkembangan telepon dari masa ke masa.                                                                                             
           Awal mula dari sejarah telepon adalah, dengan dipatenkannya penemuan Antonio Meucci yang disebut  dengan sound Telegraph pada tahun 1871. Penemuannya ini menjadi awal dari adanya peradaban baru dalam dunia komunikasi dalam bentuk penyampaian pesan suara antara dua orang dan dengan menggunakan perantara yang disebut kabel /dalam bahasa inggris disebut wire. Kemudian pada tahun 1875, perusahaan telekomunikasi  “The Bell”  mendapatkan hak paten atas penemuan Antonio Meucci yang disebut dengan “transmitters and Receivers for Electric Telegraphs”.  Cara kerja dari sistem “transmitters and Receivers for Electric Telegraphs” ini adalah dengan menggunakan getaran multiple baja untuk memberikan jeda pada sirkuit listrik. Kemudian penelitian/penemuan sistem untuk telepon dilanjutkan, dan kembali membuahkan hasil pada tahun 1876. Perusahaan Bell kembali mematenkan dan memperkenalkan sistem temuan terbarunya pada masa itu yaitu, “Improvement in Telegraphy”. Sistem ini lah yang untuk pertama kalinya memberikan metode untuk mentransmisikan suara secara telegraf.                                                   
                                                                                                                                                     Kemudian, pada tahun 1877, The Charles Williams Shop dijadikan sebagai tempat dimana telepon untuk pertama kalinya di dunia dibuat. Namun tempat tersebut tidak hanya menjadi tempat bersejarah karena merupakan tempat telepon pertama dibuat, bahkan tempat tersebut  selanjutnya menjadi pusat departemen riset dan pengembangan dari perusahaan telekomunikasi tersebut.
          Tokoh terkenal dari penemuan telepon ini adalah Alexander Graham Bell, dialah yang menemukan dan membuat telepon untuk pertama kalinya. Alexander Graham Bell juga terus menerus memantau produktivitas perusahaan tersebut. Hasil kerja keras dan ketekunannya pun mambuahkan hasil pada perusahaan tersebut,  perusahaan “the bell”, pada akhir tahun dapat menghasilkan sebanyak tiga ratus buah  telepon yang berhasil diproduksi dan tentunya dapat digunakan dengan baik. Perusahaan Bell juga telah mematenkan telepon  electro-magnetic” , yang telah menggunakan teknologi baru yang dinamakan magnet permanen dan juga diafragma besi, serta telepon ini juga sudah menggunakan sistem / fitur nada dering panggilan yang dalam bahasa inggris atau biasa kita kenal dengan kata “ringtone”.
          Perkembangan teknologi lanjutan, dari benda yang disebut telepon ini, kembali terjadi pada tahun setelahnya, yaitu tahun 1878. Dengan ditemukannya sebuah papan pengganti yang dikontrol atau digunakan secara manual, yang kemudian memungkinkan banyak telepon terhubung dengan hanya melalui sebuah saluran pertukaran (one wire). Dibawah kepemimpinan Theodore N. Vail, perusahaan Bell mempunyai 10.000 buah telepon yang berhasil diproduksi dengan baik dan dapat digunakan dengan semestinya seperti yang dibayangkan/diharapkan/direncanakan.  Kemudian, pada tahun 1880, teknologi yang disebut “sirkuit metalic” untuk pertama kalinya di uji cobakan untuk dipasang, dan ternyata percobaanatau eksperimen “sirkuit metalic”  tersebut berhasil. Sirkuit ini merupakan perbaharuan dari sirkuit “one-wire” ,  yang kemudian menjadi sirkuit “two-wire”. Perbaharuan dari teknologi wire ini, dapat dikatakan cukup membantu mengurangi gangguan atau kekurangan yang seringkali dirasakan konsumen dengan penggunaan jalur one-wire (satu jalur).                                                                                                                         
          Pada tahun 1891, telepon dengan fitur tombol atau putaran nomor dial untuk pertama kalinya digunakan.  Cara kerjanya adalah dengan cara seperti dibawah ini :                    Telepon akan bekerja secara otomatis menghubungkan penelepon ke operator dengan cara menekan nomor dial (nomor yang dimasukkan dengan menekan/memutar tombol-tombol yang ada) berdasarkan instruksi.                                                                                                 
          Seiring dengan adanya perkembangan teknologi, telepon dengan sistem wireless pun akhirnya ditemukan, dan untuk pertama kalinya resmi digunakan pada tahun 1915. Sistem ini tentunya semakin memudahkan pengguna telepon untuk saling berhubungan atau berkomunikasi, terutama untuk komunikasi lintas negara/daerah.
          Setelah terjadinya perkembangan telepon yang sangat pesat, pada tahun 1940, telepon mobile pertama kali digunakan secara komersial. Inovasi atau perkembangan teknologi ini sebelumnya hanya digunakan sebagai alat bantu perang, yaitu untuk membidik tembakan dan meningkatkan kualitas radar. Namun, setelah perang usai, ratusan telepon dipasang dengan menggunakan sistem ini. Dan teknologi Microwave radio pun dipasang untuk semakin mempermudah hubungan /  komunikasi jarak jauh.                                                 

          Setelah ditemukannya berbagai kemajuan dalam bidang komunikasi di dunia, yang telah membuat adanya peradaban baru tentunya, perusahaan komunikasi / perusahaan telepon tidak berhenti untuk menemukan dan mematenkan karya karyanya dalam bidang komunikasi. Untuk perkembangan selanjutnya, pada tahun 1959, telepon yang disebut dengan telepon jenis “Princess”,  untuk pertama kalinya dipatenkan dan tentunya segera diperkenalkan kepada dunia. Yang kemudian penemuan tersebut disusul dengan diluncurkannya telepon yang memiliki tombol bersuara. Mungkin pada era ini hal tersebut sudah biasa dan bahkan sebagian ada yang ingin teleponnya tidak bersuara ketika ditekan tombol-tombolnya, namun pada era itu tombol yang memiliki atau mengeluarkan suara tertentu saat ditekan tombolnya sangatlah laku dan banyak penggemarnya (yang ingin memilikinya).                                                                                                                                      

          Pada tahun 1983, posisi dari tingkat kesuksesan perusahaan telah berubah, seperti kata pribahasa “Dunia itu seperti roda berputar”. Perusahaan yang tadinya unggul atau paling unggul bisa menjadi dibawah atau paling bawah, begitu pun sebaliknya. Dalam kasus atau hal ini, perusahaan  Judge Harold Greene – lah yang  telah berhasil mengungguli  atau dapat dikatakan mengalahkan dan menggeser tingkat kesuksesan perusahaan Bell yang sebelumnya telah dicabut hak monopolinya.                                                                      

          Kemudian perusahaan yang  sampai saat ini kita biasa kenal dan sebut dengan perusahaan “AT&T”  ( merupakan singkatan dari “The American Telephone and Telegraph Company” )  telah mandapatkan asset dan mendapatkan hak paten dari perusahaan American Bell atau perusahaan Bell. AT&T yang didirikan tahun 1885,  pada akhirnya menjadi pemilik keseluruhan dari perusahaan American Bell yang bertugas mendirikan dan mengoperasikan layanan jaringan telepon jarak jauh.  Lalu, beberapa waktu kemudian, perusahaan AT&T, untuk yang pertama kalinya lagi – lagi kembali memperkenalkan temuan lainnya yaitu teknologi amplifirers elektric . Sistem ( amplifirers elektric ) ini, merupakan sistem yang menjadi awal dari adanya hubungan telepon antar - benua.                                          
                                                                                                                                                     
          Kemudian pada beberapa  tahun setelahnya, tepatnya pada tahun 1927, perusahaan AT&T mencetuskan sebuah inovasi baru, yaitu dengan memulai proyek layanan telepon lintas-atlantik di London dengan menggunakan dua jalur radio. Namun proyek ini masih tidak dapat dikatakan sukses karena banyak terjadi gangguan dalam radio, serta memiliki kapasitas yang kecil, dan biaya teleponnya yang mahal. Namun perusahaan AT&T pun menjadi laboratorium sistem telepon paling baik di dunia setelah penggunaan telepon di Amerika telah mencapai 90% pengguna.

          Kesuksesan pun dapat diraih dan dipertahankan oleh perusahaan komunikasi AT&T sampai sekarang, buktinya, seringkali dibelakang handphone yang kita miliki sekarang terdapat logo perusahaan AT&T yang semakin lama semakin berkembang menjadi lebih besar dan lebih sukses serta lebih mendunia dari sebelumnya.

          Sekarang,karena sejarah oerkembangan telah saya sampaikan / jelaskan secara rinci dan jelas, saya ingin juga menjelaskan tentang perkembangan terakhir dari teknologi komunikasi yang disebut “telepon” ini. Pada era sekarang ini, telepon yang sering digunakan oleh kita atau terutama untuk berkerja di kantor-kantor, adalah jenis “telepon IP”. Nah, sekarang, pasih telepon IP itu? Supaya lebih jelas akan saya jelaskan pada paragraf di bawah ini.                                                                                                                                                                                         
                                                                                                                                                                                                   
          Telepon IP adalah jenis telepon yang menggunkan internet sebagai pedia untuk mengoperasikannya. Yang dapat dilakukan oleh telepon IP adalah : mengirim fax, mengirim media yang berbentuk video, mengubah suara dan berbagai fasilitas penyampaian informasi lainnya. Kenapa harus menggunkan internet? Karena telepon ini juga dapat digunakan untuk mengirim data-data berkurang atau berkapasitas besar. Telepon jenis ini sangat berguna bagi pekerja atau karyawan yang harus menggunakan telepon untuk mengiirim berbagai data dalam berbagai bentuk dan dalam jangka waktu yang singkat. Tentunya telepon ini juga lebih mudah untuk digunakan, karena banyaknya fitur fitur yang canggih dan membuat kita tidak perlu susah susah mengoperasikannya

          Sekian penjelasan singkat namun rinci tentang perkembangan telepon dari masa ke masa, dari era ke era, dari tahun ke tahun, yang sampai sekarang pun masih tetap terus berkembang dengan adanya inovasi-inovasi baru yang tercipta. Terima kasih atas perhatiannya, wassalamualaikum.

 source :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar