Jumat, 21 September 2012

Tugas 5 - Sejarah dan Perkembangan Sepeda


Siapa yang tidak kenal dengan alat transportasi yang bernama sepeda. Kendaraan yang memiliki dua atau tiga roda, setang kemudi, tempat duduk, hingga pedal untuk menjalankannya. Belakangan  banyak kita melihat anak-anak muda mengendarainya di jalan raya, berwarna-warni. Jika kita melihatnya secara seksama, maka ada satu persamaan pada sepeda yang mereka kendarai. Yaitu, hanya menggunakan satu gear, dan tanpaadanya sistem rem. Sepeda jenis ini begitu populer dan bernama fixie yang berasal dari kata fixed gear atau gir mati. Berikut kita akan mengulas sejarah sepeda mulai dari awal terciptanya sketsa rancangan awal sepeda hingga sampai sepeda modern yang ada saat ini.

Sejarah awal sepeda sepertinya masih sedikit membingungkan. Beberapa artikel merujuk pada sebuah sketsa sepeda yg diakui buatan Gian Giacomo Caprotti, seorang murid Leonardo Da Vinci pada sekitar tahun 1490an. Namun keotentikan sketsa ini masih diragukan.hingga saat ini,sketsa yang diakui sebagai sketsa buatan Gian Giacomo Caprotti murid dari Leonardo Da Vinci sebagai sketsa rancangan awal sepeda masih diteliti oleh para ilmuwan dari pihak sejarah dan kebudayaan Italia di Eropa 

Masih ada beberapa pengakuan lain tentang asal usul sepeda namun sepertinya sampai saat ini, fakta kemunculan sepeda yg cukup diakui adalah pada tahun:

1817: Draisienne
Seorang Jerman bernama Baron Karl von Drais menciptakan Laufmaschine (mesin berlari), yangg kemudian dikenal dengan nama Draisienne. Struktur Draisienne hampir seluruhnya terbuat dari kayu, memiliki setang kemudi, namun tidak memiliki pedal untuk dikayuh. Pola pergerakan Draisienne sama seperti saat menggunakan otopet ataupun skateboard, yaitu menggunakan kaki yang mengayuh bukan ke pedal, tapi langsung ke tanah (ingat mobil The Flinstones?). Von Drais mematenkan ciptaannya pada tahun 1818, dan kemudian lebih dikenal lagi dengan nama Velocipede.
1839
Sepeda pertama yang memiliki mekanisasi putaran roda diciptakan Kirkpatrick MacMillan, seorang pandai besi dari Skotlandia. Teknik pergerakan roda pada sepeda ini hampir sama dengan teknik pada lokomotif kereta uap. Ide MacMillan ini kemudian diimprovisasi oleh seorang Skotlandia lain bernama Thomas McCall pada tahun 1860.

1860-1865: Bone-Shaker
Pertama kali sistem Pedal dan Crank diaplikasikan pada sepeda, persisnya pada roda depan. Siapa yang menciptakan sistem ini masih menjadi pertanyaan, karena ada beberapa pihak yang mengajukan klaim atas ide tersebut. Yang jelas, menempatkan pedal pada roda depan terbukti bukan ide yang sempurna, karena akan membuat pengendara sulit mengemudi karena goncangan pada roda akibat kayuhan. Rangka kayu kemudian digantikan oleh besi. Namun dengan desain yang rigid, rangka & roda besi, serta kondisi jalanan yang berbatu pada masa itu membuat sepeda ini dikenal dengan nama Bone-Shaker.
1868
Sepeda pertama yg menggunakan ban karet dan Ball-Bearing digunakan James Moore dalam lomba sepeda yang pertama kali diadakan.

1870: High-Wheeler
James Starley, seorang berkebangsaan Perancis menciptakan sepeda pertama yg menggunakan roda depan yg sangat besar, yang dikenal dengan nama Penny-Farthing.sepeda ini memiliki sistem kayuhan dengan pedal yang tersambung pada roda depan dan tidak memungkinkan bagi pengendaranya untuk berhenti mengayuh.apabila pengendara sepeda ini berhenti mengayuh,otomatis sepeda juga akan berhenti berjalan.Penny-Farthing sebenarnya adalah pengembangan lebih lanjut dari Bone-Shaker. Roda depan yang besar membuat pengendara dapat berjalan lebih jauh untuk setiap rotasinya, dan juga resiko yang besar apabila berhenti mendadak  ataupun meluncur pada turunan, karena  posisi pengendara sepeda yang berada sangat tinggi dan  posisi kaki pengendara yang tersangkut dibawah stang kemudi membuat banyaknya kejadian jatuhnya pengendara sepeda High-Wheeler dengan kepala mendarat terlebih dahulu dibanding badan. Sepeda ini sangat populer pada tahun 1880an, dan merupakan sepeda pertama yg mendapat sebutan Bicycle (dua roda). Bagaimanapun, yag menyandang nama Bapak Sepeda Tinggi (High Bicycle/High Wheeler) justru seorang Perancis lain bernama Eugene Meyer, bukan Starley.

1874 : Safety Bike
Sepeda pertama yg menggunakan rantai pada roda belakang diciptakan oleh H.J. Lawson.disebut juga sebagai Safety Bike atau sepeda yang aman karena pada sepeda ini,kaki pengendara sepeda dapat menyentuh permukaan tanah sehingga lebih memudahkan pengendara sepeda untuk berhenti dan turun dari sepeda.berbeda dengan jenis sepeda sebelumnya,pada Safety Bike ini pengendara sepeda menggerakkan roda belakang sepeda dengan sistem kayuh yang mana menjauhkan kaki pengendara sepeda dari roda depan sepeda sehingga akan lebih aman bagi pengedara sepeda.



1878: Portable Bicycle
W.H.J. Grout mematenkan High Wheeler versi portable yang bisa dilipat dan membuat pengendaranya dapat membawa sepeda ini bepergian.Roda depan yang begitu besar dirancang sedemikian rupa agar dapat dibongkar-pasang menjadi 4 bagian agar dapat muat kedalam tas yang berfungsi sebagai pengangkut sepeda. Beberapa pihak ada yg menyatakan bahwa inilah sepeda lipat yang pertama di dunia. Namun sesungguhnya sistem yg diperkenalkan Grout adalah bongkar-pasang (disassemble-able), bukan sepenuhnya sistem lipat.
.
1885: Safety Bicycle
John Kemp Starley memperkenalkan Rover, sebuah Safety Bicycle sebagai pembaharuan dari High Bicycle yg berbahaya.Rover hasil karya Starley ini dianggap sangat inovatif dilihat daro desain dan mekanisme penggerak sepeda.Sepeda Rover buatan Starley ini sudah menggunakan roda depan dan belakang yang memiliki ukuran yang sama,berbeda dengan sepeda sepeda sebelumnya yang memiliki ukuran roda depan lebih besar dibanding roda belakang.desain sepeda dengan ukuran ban yang sama ini memudahkan para pengguna sepeda dalam penggunaannya karena lebih stabil dibanding sepeda dengan ukuran ban depan yang lebih besar dibanding ban belakang.selain itu Model safety bike ini sudah dilengkapi dengan berbagai unsur yg dimiliki sepeda modern.

1893: Folding
Seorang Amerika bernama Michael B. Ryan akhirnya mematenkan sepeda lipat yg sesungguhnya.berbeda dengan Portable Bike,sepeda lipat hasil rancangan Ryan ini memiliki mekanisme pelipatan seutuhnya tidak seperti Portable Bike yang lebih cenderung kedalam sistem bongkar pasang dibandingkan sistem pelipatan.Pihak perancis juga mengakui menemukan sepeda dengan sistem lipat pertama pada tahun 1896 saat Capt. Henry Gerard dari resimen 87 menggunakan sepeda lipat untuk keperluan maneuver militer.

1896: Recumbent
Recumbent Bicycle ditemukan pertama kali oleh seorang berkebangsaan Perancis bernama Charles Mochet,anaknya yang bernama George Mochet dan seorang pesepeda bernama Francis Faure. Model Recumbent adalah tipe sepeda dimana pengendara dapat duduk bersandar atau bahkan dengan posisi rebahan. Umumnya sepeda Recumbent memiliki roda depan yang lebih kecil dibandingkan dengan roda belakang.sepeda Recumbent ini dapat dikemudikan dalam kecepatan yang cukup tinggi.

1900-1950: Lowrider/cruiser Bike

Seorang produsen sepeda bernama Schwinn di Chicago, mengeluarkan produk terbaru yaitu Schwinn Stingray. Stingray dibuat menyerupai Dragster, salah satu tren motor yang sangat terkenal pada masanya. Stingray telah membuat sepeda lebih menyenangkan dari sekedar alat transportasi. Pada tahun 1964 George Barris yang didaulat Hollywood sebagai “king custom” karena hasil karyanya yang banyak dipakai oleh Hollywood, terinspirasi untuk memodifikasinya. Sepeda yang khusus dibuat untuk Eddie Munster dalam acara “The Munsters”, adalah Monster Koach and Dracula. Mungkin ini adalah momen yang berhasil didokumentasikan dalam sejarah sepeda Low Rider, sebagai sebuah permulaan.
Sebuah grup yang terdiri dari anak-anak muda latin (Chicanos) dari timur Los Angeles, menganggap modifikasi yang dilakukan George Barris tidaklah cukup. Lalu mereka mengisi framenya (membuat tangki), menambah tiang dan bendera, kaca spion, merupakan modifiksi pertama yang mereka buat dan tentu saja merendahkan (ground clearance) sepedanya. Membengkokkan garpu adalah hal yang sangat umum untuk merendahkan sepeda pada saat itu.

Low Rider telah membuat cara pandang orang berbeda terhadap sepeda. Pilihan dalam merancang (mendesain) style atau tema yang diinginan tidak akan punya akhir. Namun pada awal ‘80an sepeda Low Rider mengalami mati suri, sedangkan BMX dan sepeda-sepeda Freestyle (mountain bike) menjadi pilihan utama produksi para produsen sepeda.
Walaupun Schwinn dan produsen sepeda yang lain mengalihkan membuat sepeda-sepeda BMX dan freestyle, pasaran sepeda-sepeda Low Rider klasik masih sangat diminati. Hanya sedikit sepeda Low Rider yang berkeliaran di jalan pada masa mati suri itu dan kebanyakan hanyalah sepeda Cruiser.

Pelan tapi pasti, Stingray klasik menjadi sangat popular, hasilnya adalah sepeda Schwinn stingray klasik menjadi langka dan mahal dipasaran.
Hasil dari gaya memperbaharui ini telah membuka pintu bagi penerbit Low Rider Magazine Alberto Lopez , yang telah menginvestasikan waktu dan uang untuk mengembalikan penampilan sepeda klasik. Setelah beberapa bulan melakukan investigasi, Alberto tidak dapat membeli hak paten Schwinn Stingray, jadi tinggal ada satu pilihan yang dapat dia lakukan, membuat representasi dari Schwinn Stingray. Ini merupakan kelahiran dari Aztlan Cruiser dan juga Low Rider Bicycle Inc, yang telah menjadi penyedia keperluan suku cadang sepeda-sepeda Low Rider saat ini.
1960-1973: BMX
Sepeda kembali diminati sbg alat rekreasi & juga alat olahraga,di samping fungsi transportasi. Di era inilah sepeda jenis BMX (Bicycle MotorCross) hadir dimuka bumi California, AS.Dan diawal tahun 1960 jg menjadi awal pengembangan sepeda jenis Lowrider yg dpt dibedakan dari bentuk sadel yang umumnya panjang & sedikit meliuk, stang yg tinggi & panjang, rangka chrom yang curvy, serta berbagai macam aksesoris lainnya.BMX atau singkatan bicycle moto-cross.Pertama kali muncul pada awal tahun 1970-an ketika anak-anak di daerah California selatan ini memulai membalap sepeda mereka di lintasan tanah, terinspirasi dari bintang motocros pada saat itu.
Ukuran dan ketersediaan model design oleh Schwin yang dinamai Schwin Sting Ray membuatnya dijadikan pilihan sepeda yang sesuai, hanya karena didesain mudah untuk dipakai dan keseuaian penampilan dan kemampuan sebagai Sepeda BMX. 
Lomba BMX sangat fenomenal pada pertengahan tahun 1970. Saat itu masih mengadopsi lomba offroad (lintasan tanah). 
Pada pertengahan dekade, olahraga ini mulai dikenal dan banyak produsen yang tertarik untuk mulai memproduksinya. George E. Esser yang mendanai National Bicycle League sebagai organisasi non-profit sepeda. Sebelum dia mempersiapkan NBL, 
George dan istrinya, Mary, mengadakan perlombaan dengan American Motocross Association. Dua putra mereka, Greg dan Brain, membalap sepeda motor, tetapi juga menikmati membalap BMX.
Adalah kedua anak mereka yang menginspirasinya bahwa pada saat itu belum ada organisasi BMX, itu membuat George untuk memulai NBL di Florida. 
Pada tahun 1977, American Bicycle Association (ABA) merupakan badan organisasi nasional yang bertugas untuk menumbuhkan olahraga tersebut. 
Pada April 1981, Federasi BMX International didirikan, Kejuaraan Dunia pertama diselenggarakan pada tahun 1982. Sejak January 1993, 
BMX berintegrasi menjadi Union Cycliste Internationale. BMX Freestyle adalah ajang kompetisi tahunan di Summer X Games Extreme dan Etnies, diselenggarakan besar-besaran di dua negara bagian Amerika Serikat. 
Popularitas olahraga tersebut kini meningkat mengacu dari kemudahan dan ketersediaan tempat dan trik dari olahraga terseut yang cukup menarik. 
Pada tahun 2003, the Komite Olimpiade International menetapkan BMX sebagai 'olahraga Olimpiade' pada tahun 2008 di Beijing, China. Adalah Maris Stromberg (pemuda dari Latvia) dan Anne-Caroline Chausson (gadis asal Perancis) telah dinobatkan sebagai Juara Olimpiade pertama. 

1977: Mountain bike
Sepeda gunung atau (All Terrain Bike/ATB) adalah sepeda yang digunakan dalam medan yang berat. Pertama kali diperkenalan di tahun 1970, oleh pemakai sepeda di perbukitan San Fransisco.
Sejak saat itu dunia mengenal sepeda gunung ini. Ciri-cirinya adalah ringan, bentuk kerangka yang terbuat dari baja, aluminium dan yang terbaru menggunakan bahan komposit serat karbon (Carbon Fiber Reinforced Plastic) dan menggunakan shock breaker-peredam kejut. Sedangkan ban yang dipakai adalah yang memiliki kemampuan untuk mencengkeram tanah dengan kuat. Sepeda gunung memiliki 18-27 gear pindah yang berguna untuk mengatur kecepatan dan kenyamanan dalam mengayuh pedalnya. Sepeda gunung dengan 27 gear berarti memiliki crankset depan dengan 3 piringan dan cassette sprocket dengan 9 piringan. Sehingga 3 x 9 = 27 tingkat kecepatan yang berbeda.



1977: Fixie Bike (Fixed gear)
Pada prinsip sepeda fixie adalah sepeda dengan “gear mati” alias fixed gear atau tidal free wheel. Base sepeda ini menggunakan rangka sepeda balap (road bike) dan simple, tanpa gear shift bahkan handle brake (rem). Sepeda fixie adalah sepeda yang digunakan kaum pengantar pos/koran/majalah, yang biasa dikenal dengan kurir di wilayah amerika, persisnya di New York.
Mereka mengalami masalah lead time pada saat mengirimkan paket mereka karena kondisi kota New York yang begitu padat. Makanya mereka memilih sepeda sebagai alternative utama, dan hasilnya memuaskan dengan lead time delivery berkurang dan pengiriman yang jauh lebih cepat. Fixie bike, yang menggunakan fixed gear, akan membuat ayunan pedal terus berputar seiring dengan perputaran roda belakang, sehingga untuk melakukan pengereman, maka si pengendara harus mengurangi putaran pedal dengan cara gaya melawan arah putaran pedal atau biasa disebut dengan sistem “door trape”. Hal ini sangat berbahaya untuk orang yang tidak terbiasa, karena pada saat melewati jalan menurun, maupun berbelok, pedal akan terus berputar dan laju sepeda akan terus melaju dengan kencang. Biasanya perbandingan gigi (gear ratio) depan dan belakang juga besar.


sumber :
www.trails.com
www.wikipedia.org
09034bobby.wordpress.com
www.cyclegenius.com
samarindalowridercommunity.wordpress.com
indramatovani.blogspot.com
http://flam-s.blogspot.com




Tidak ada komentar:

Posting Komentar