Sabtu, 15 September 2012

Tugas 5 - Perkembangan Vending Machine


 PERKEMBANGAN "SI PENJUAL"

Pada tugas ini, siswa kelas XI ditugaskan untuk mencari informasi terbaru atau up to date mengenai suatu hal. Hal yang akan saya bahas mengenai (mesin penjual) vending machine alias mesin otomatis yang dapat menyediakan minuman. Biasanya mesin ini berada di tempat-tempat umum seperti di bandara. Disini, saya akan memberi beberapa informasi tentang kemajuan vending machine yang telah ada.

Seiring berkembangnya zaman, sekarang hal yang mudah pun dibuat lebih mudah lagi, jasa penjualan makin sedikit jumlahnya setelah dikeluarkannya teknologi baru yaitu vending machine atau mesin penjual. Dengan adanya mesin ini, aktivitas manusia pun dapat lebih mudah dan tidak menghabiskan waktu yang banyak.

Vending machine merupakan suatu alat atau mesin yang menjual barang secara otomatis. Vending Machine tidak membutuhkan tenaga operator untuk menjual barang, kita dapat memilih sendiri barang yang kita inginkan.
Awal Mula Vending Machine
Vending Machine menurut sejarahnya ditemukan pada abad pertama oleh seorang pahlawan dari Alexandria. Vending Machine modern pertama kali diperkenalkan di London pada tahun 1880, vending machine ini menjual kartu pos. Sedangkan di US pada tahun 1888 dibuat vending machine untuk menjual permen karet, mesin dibuat oleh Thomas Adams Gum Company yaitu perusahaan pembuat permen karet. Perkembangan vending machine justru berkembang pesat di Jepang. Dimana hampir segala kebutuhan sehari-hari jika bisa di buat vending machinenya.
Vending Machine di Indonesia
Sekarang ini kita juga dapat menemukan vending machine di indonesia, namun hanya dibeberapa tempat saja kita dapat menjumpainya, tidak seperti di jepang atau negara maju lainnya kita dapa t menemukan vending machine dengan mudahnnya. Vending Machine ada di Indonesia umumnya hanya menjual minuman saja dan minuman yang dijual biasanya minuman sejenis softdrink dan dalam bentuk kaleng atau botol. Vending Machine kebanyak didatangkan atau diimport dari luar negeri, seperti Jepang, Korea, China, Amerika, dan lainnya. Sebenarnya di Indonesia ada perusahaan yang memproduksinya, yaitu PT METEC SEMARANG yang berlokasi di kawasan berikat Tanjung Emas Export Procesing Zone, Semarang  Jawa Tengah. Namun produk yang dihasilkan diexport lagi dan dipasarkan di Jepang, karena perusahaan ini merupakan anak cabang dari perusahaan KUBOTA, japan yang memproduksi vending machine.
Cara Penggunaan
Cara pengguanaan mesin ini sangatlah mudah yaitu kita tinggal memasukan uang koin atau kertas (ada juga yang menggunakan kupon), lalu kita tekan tombol sesuai dengan barang yang kita inginkan, maka barang yang kita pilih akan dengan sendiri keluar. Mudah kan?

Vending machine yang menyediakan minuman segar ataupun soda setelah kalian memasukan sejumlah uang itu sudah hal biasa, bagaimana kalau ada inovasi terbaru vending machine yang meyediakan free wifi? Atau bahkan vending machine yang dapat memberi hadiah pada teman kita? Dan apa reaksi kamu kalau sekarang sudah ada vending machine yang bekerja memproduksi pizza? Pada tugas kali ini saya akan membahas beberapa macam dari vending machine. Semoga dapat menghibur! J Informasinya dapat dibaca di bawah ini.

1. 

 

Jenis vending machine pertama yang akan dibahas yaitu inovasi terbaru yang dikeluarkan oleh perusahaan Pepsi. Seperti yang tadi saya bilang, mengeluarkan minuman  dari vending machine itu sudah biasa.  Di zaman yang modern ini, Pepsi membangun mesin yang pembelinya dapat menghadiahkan minuman Pepsi ke temannya.

Caranya, pembeli akan membayar minuman temannya, lengkap dengan memberikan nomor telepon atau email. Selanjutnya teman yang akan menerima hadiah dapat segera memasukan kode yang dikirimkan secara automatic oleh Pepsi ke nomor telepon atau email dari yang bersangkutan.
Setelah itu, Pepsi yang telah di berikan oleh temannya itu pun dapat diambil.

2. Zoom Shop : Vending gadget


Zoom Systems, perusahaan di balik konsep penjualan ritel di berbagai bandara, mal, dan lokasi lainnya di Amerika dan Jepang, mengusung konsep baru membeli gadget. Salah satu tokonya menjual perangkat elektronik mulai dari kamera digital, pemutar musik portabel, komputer, dan aksesoris ponsel.

Bagi para pecinta gadget, sekarang tidak perlu lagi pergi ke dealer untuk membeli gadget itu. Sudah ada vending gadget yang dapat membantu kalian dalam membeli gadget. Walaupun mungkin pada alat ini kalian tidak bisa memilih gadget atau mencobanya terlebih dahulu. Saya juga kurang tahu mengenai kartu garansi, surat-surat, dan manualnya apakah sudah tersedia dalam vending gadget ini. Tapi, alangkah baiknya, sebaiknya kalian membelinya langsung pada tempatnya, walaupun memakan biaya, itu akan seimbang dengan barang yang dibeli, keamanan, serta kelengkapan dari barang itu.

3. GOLD To Go : Vending emas


Umumnya, emas batangan dapat dibeli dari toko emas atau tempat lain yang memiliki lisensi. Namun, karena jumlah peminat emas terus naik, TG-Gold-Super-Market, salah satu penjual emas batangan di Jerman, malah berencana memasang 500 mesin penjual emas ini di Jerman, Austria, dan Swiss. Mesin yang mampu menampung 1500 keping dalam berbagai ukuran emas ini siap memberikan apa yang Anda butuhkan.

Saya tidak tahu jadinya apa kalau mesin ini ditelantarkan begitu saya. Berhubung dengan isi vending machine ini adalah emas, kalau ada seseorang yang ingin berniat jahat, bisa saja dia mencuri emas itu dari mesin ini.
Setelah saya mengetahui kalau ada vending emas, mungkin sebaiknya kalau kalian membutuhkan emas, atau ingin menjual belie mas, datanglah langsung ke toko emasnya. Walaupun begitu, saya tetap salut dengan orang yang mempunyai ide untuk membuat mesin ini.

4. Hey Buddy! : Vending kebutuhan hewan piaraan

Mesin penjual otomatis yang dikembangkan Carlotta Lennox tahun 1998 ini merupakan mesin yang berhubungan dengan hewan peliharaan. Ini memperoleh respon sangat bagus. Mesin ini menyediakan aneka mainan untuk hewan, hingga makanan hewan atau makanan ringan. Mesin ini banyak ditemukan di tempat-tempat yang terbuka untuk hewan peliharaan di Amerika Serikat, mulai taman, klinik hewan, sampai penitipan hewan.

Yang ini sangatlah lucu, selain kemanusiaan, ada juga kehewanan. Alat untuk perawatan hewan disediakan juga melalui vending machine. Jadi sekarang ini, bukan hanya manusia yang disediakan alat-alat yang canggih untuk mempermudah pekerjaannya, ada juga untuk mempermudah dalam merawat hewan. Saya yakin, bagi para pecinta hewan, menyukai alat ini.

5. Bike Dispenser : Vending sepeda 


Mesin ini untuk menyewakan sepeda dan dikembangkan oleh konsultan Post & Dekker konsultan di Amsterdam, Belanda. Sistem ini memungkinkan penyewa menaruh sepeda di tempat manapun yang memiliki alat ini.Dengan dilengkapi RFID, maka sepeda bisa dilacak dan tak mungkin dibawa pulang ke rumah Anda.

Untuk alat ini, sangat amat berguna bila ada di Ancol, Taman Safari Indonesia, atau tempat-tempat rekreasi lainnya. Karena dapat meminjam sepeda untuk digunakan berkeliling-keliling kawasan tersebut.
Saya kurang mengetahui berapa biaya untuk menyewa sepeda ini, dan untuk berapa lama sepeda itu dapat dipakai. Tapi menurut saya ini merupakan salah satu inovasi yang unik untuk aktivitas sehari-hari manusia.

6. Instant Noodle Vending Machine


Mie instan Nissin ini dijual melalui vending machine di Tokyo, cocok sebagai pengganjal perut saat darurat. Saat lapar, atau saat kedinginan, tidak perlu lagi mampir kesebuah toko untuk membeli mie instant, sudah ada vending machine yang menjual mie instant Nissin yang dapat menyajikan mie dalam waktu yang tidak lama. Tidak perlu memesan, hanya perlu memasukan uang ke mesin, lalu memilih jenis mie apa yang ingin dipesan.

Tetapi, dengan adanya mesin ini, jangan terlalu sering juga untuk makan mie, bagaimanapun mie itu kurang sehat bagi tubuh kita. Tetaplah imbangi dengan memakan sayur dan buah-buahan.

7. Cotton Candy!


Sekarang, untuk anak-anak, jika kalian ingin makan cotton candy atau gulali, tidak perlu lagi menunggu lama-lama “abang-abang” penjual gulali memutar-mutar tangkai untuk gulali. Sekarang sudah ada vending machine yang otomatis membuatkan kalian gulali.

8. WeGoBabies
Kalau tadi ada perlengkapan untuk hewan, sekarang perlengkapan untuk bayi pun sudah tersedia dalam bentuk vending machine! Seperti yang satu ini, vending machine menyediakan pempers dan perlengkapan untuk bayi, jadi untuk ibu-ibu, tidak perlu lagi repot-repot, dan khawatir jika pempers anaknya bocor.

9.  
Vending machine yang kerap dijumpai menjual berbagai jenis minuman sepertinya tak berubah dari tahun ke tahun. Meskipun perkembangan teknologi sudah maju, tak demikian dengan bentuk dan fungsi dari sebuah vending machine.

Hal inilah yang ingin diubah oleh perusahaan bernama Sanden. Bekerja sama dengan Okaya Electronics dan Intel, Sanden berusaha menawarkan sebuah vending machine yang memiliki tampilan berbeda, dan tentunya memiliki teknologi tinggi.

Vending machine buatan tiga perusahaan tersebut dibubuhi dengan sebuah touchscreen berukuran 65 inci. Touchscreen transparan tersebut dapat digunakan untuk berbagai keperluan, dari menampilkan produk, memainkan video, jam hingga untuk keperluan iklan.

Seperti yang dikatakan di awal, Sanden berusaha membuat vending machine yang berteknologi tinggi. Jadi bukan hanya touchscreen yang mereka gunakan dalam vending machine tersebut. Pihak perusahaan juga menambahkan sebuah kamera dan teknologi facial recognition ke dalam vending machine ini.

Dengan adanya teknologi anynomous facial recognition, alat ini dapat mengenali pengunjung yang ada di depannya. Selanjutnya alat ini dapat mengenali gender dan usia dari pengunjung itu. Dari data tersebut, vending machine ini akan menawarkan minuman yang cocok dengan orang itu. Misalnya, jika ada seorang anak, maka vending machine akan menawarkan sekaleng soda.

Display dari vending machine ini juga dapat memberikan informasi lebih kepada para pembelinya. Layar tersebut dapat memuat informasi mengenai komposisi dari jenis minuman atau makanan yang akan dibeli oleh konsumen.

Namun untuk menunggu alat ini dijumpai di tempat-tempat publik nampaknya harus menunggu cukup lama. Saat ini vending machine ini masih berupa prototipe. Jadi tunggu saja sampai alat ini diluncurkan.

10.  
Vending machine yang satu ini sangatlah unik. Minuman soft drink Asahi bulan ini menyiapkan sejumlah 1.000 vending machine yang baru di lima wilayah sekitar Jepang. Dengan target dapat membuat 10.000 mesin penjual lagi dalam lima tahun.

Mesin penjual otomatis yang dilengkapi dengan teknologi yang memungkinkan pengguna smartphone yang berdiri dalam radius 50 m untuk menikmati akses gratis ke internet.

Pengguna tidak akan perlu password atau pembayaran untuk mengakses WiFi dan akan dapat menikmati akses internet tanpa gangguan selama 30 menit sesi pada suatu waktu.

Jepang adalah rumah bagi konsentrasi tertinggi di dunia dari mesin penjual, dengan sebanyak satu untuk setiap 24 orang di seluruh negeri, menurut Asosiasi Produsen Mesin Vending Jepang.
Penjual bangsa mesin, yang kebanyakan menjual minuman panas dan dingin, tidak hanya berlimpah tetapi juga berteknologi tinggi, dengan semakin banyak membuat teknologi terbaru.

Jepang adalah rumah bagi konsentrasi tertinggi di dunia dari mesin penjual, dengan sebanyak satu untuk setiap 24 orang di seluruh negeri, menurut Asosiasi Produsen Mesin Vending Jepang.
Mesin penjual yang kebanyakan menjual minuman panas dan dingin, tidak hanya berlimpah tetapi juga berteknologi tinggi, dengan semakin banyak membuat teknologi terbaru.

WiFi baru mesin penjual yang terbaru dalam pilihan berkembang model inovatif yang muncul di sudut-sudut jalan dan platform kereta api di seluruh negeri.

11. 



Dan yang terakhir, cocok sekali untuk para penggemar makanan pizza. Pizza adalah makanan rumit untuk dimasak? Belum tentu, karena sekarang ada vending machine yang bisa menyediakan pizza hangat nan lezat dalam waktu 2,5 menit.

Let's Pizza, nama vending machine ini, diciptakan oleh Claudio Torghele, seorang wiraswasta asal Rovereto, Italia. Mesin yang sudah tersebar hampir di seluruh penjuru Eropa ini, kini mulai didistribusikan di Amerika Serikat oleh perusahaan A1 Concept.

Di dalam mesin ini diletakkan air mineral, tepung, saus tomat, dan berbagai sayuran segar sebagai bahan pembuat pizza. Mesin ini juga menyediakan jendela sehingga pelanggan bisa melihat sendiri proses pembuatan pizza yang telah mereka pesan. Sangat menarik bukan?

Juru bicara A1 Concept, Ronald Rammers mengatakan bahwa pizza yang disajikan melalui mesin Let's Pizza ini sudah terjamin kebersihan dan kesehatannya. Pizza yang dihasilkan oleh mesin ini juga diklaim memiliki kesegaran akan citarasa khas Italia.

Untuk mendapatkan pizza yang hangat ini, konsumen harus merogoh kocek US $5,95 atau sekitar Rp 55.000. Menurut Rammers, dengan harga itu konsumen dapat menikmati pizza dengan ukuran diameter 10,5 inci.

Mesin ini telah direka oleh seorang Itali, Claudio Torghele di mana mesin ini mampu memasak pizza kurang daripada 3 menit dengan menggunakan oven infra-merah. Mesin Let’s Pizza ini telah pun digunakan di seluruh Eropa dengan sayuran segar sebagai bahan pembuat pizza.

Sumber:
http://fajarlusy.wordpress.com/2010/11/17/apa-itu-vending-machine/
http://www.ceriwis.web.id/lounge/946864-wow-inilah-6-inovasi-terbaru-mesin-penjual.html
http://agenjudi.balibet.com/2012/08/terbaru-dari-mesin-canggih-pembuat-pizza
http://daftargadgetbaru.blogspot.com/2012/08/vending-machine-pintar-buatan-sanden.html
http://www.telegraph.co.uk/technology/9068347/Japanese-vending-machines-to-offer-free-WiFi.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar