Kamis, 20 September 2012

Tugas-5 Perkembangan Toko Online



Belanja Jadi Lebih Mudah dan Mudah Tertipu
 
Dahulu bila berbelanja pasti selalu repot dan capek karena harus pergi ke toko atau tempat belanja dengan menenteng semua barang belanjaan, kini semua itu tidak akan terjadi lagi, berbelanja dari rumah atau dari manapun dapat dilakukan, selama terdapat fasilitas internet. Cukup berbelanja di depan komputer, anda dapat memilih aneka kebutuhan secara mudah.
Ilustrasi Online Shopping
Toko online yang sering kita pakai dan dengar ini sebetulnya bukanlah sesuatu yang sangat baru. Asal tahu saja toko online sudah mengalami perkembangan dalam 10 tahun lebih ini. Boleh dibilang perkembangan toko online seiring dengan perkembangan teknologi di dunia maya.

Cukup mengisi data dan memasukan nomor kartu kredit, Anda dapat bertransaksi secara online

Pertama kali bermula pada tahun 1990 Tim Berners-Lee menciptakan browser web WorldWideWeb yang mengubah jaringan telekomunikasi akademik menjadi sistem komunikasi untuk semua orang setiap hari secara mengglobal yang dikenal dengan nama Internet. Pada awalnya perusaahaan komersial dilarang dengan keras sebelum tahun 1991. Ini dikarenakan adanya larangan commercial network traffic oleh National Science Foundation’s (NSFNET) yang merupakan backbone internet. Tahun 1991 NSF menghapus larangan untuk tujuan komersial dan saat itulah membuka jalan bagi electronic commerce (e-commerce). Hanya saja, tidak semua kebijakan mengenai komersial dicabut. Baru pada tanggal 30 April 1995, batasan komersial yang paling terakhir dicabut.

Pizza Hut merupakan toko online pertama. Mereka menyediakan fasilitas pemesanan online atau pengiriman ke rumah untuk testing pada tahun 1994 di Santa Cruz, California. Pada tahun 2007 seluruh daerah sudah mendapatkan opsi dalam sistemnya. Pada akhir tahun 2000, banyak perusahaan Eropa dan Amerika menyediakan fasilitas pelayanan melalui World Wide Web. Semenjak saat itulah, orang mulai mengasosiasikan istilah “e-commerce” sebagai kemampuan untuk membeli berbagai produk melalui Internet. Sekedar diketahui, istilah ecommerce waktu zaman sebelumnya lebih mengarah ke transaksi secara online/elektronik. 
Pizza Hut Online Order
Berlanjut pada tahun 1995, Amazon muncul sebagai toko buku online. Belakangan perusahan tersebut menyadari barang lainnya juga memiliki permintaan yang tinggi, akhirnya mengadakan perluasan dengan menjual berbagai komoditas seperti pakaian dan kebutuhan sehari-hari lainnya. Sekarang perusahaan ini sudah memiliki 20.700 karyawan dengan keuntungan net US$902 juta pada tahun 2009.
amazon.com Pelopor Toko Buku Online Dunia

Sekarang, hampir toko nyata (yang mempunyai bangunan fisik, dibuat dari bata dan semen) memiliki toko online. Berkat semakin cepatnya koneksi dan majunya teknologi, sektor penjualan online sangat berkembang dan terkenal. Sekarang pun, orang terkadang lebih memilih membeli online daripada ke toko karena alasan kenyamanan dan perbandingan harga yang menarik.

Berikut urutan perkembangan toko online di dunia:
1982:
France Telecom (Perancis) memperkenalkan Minitel yang digunakan untuk pemesanan online.
1987:
Swreg mulai menyediakan account kepada pembuat software dan shareware untuk menjual produk mereka.
1990:
Tim Berners-Lee menulis browser web pertama, WorldWideWeb, digunakan ke komputer NeXT
1992:
J.H. Snider dan TerraZiporyn mempublikasi buku Future Shop:How New Technologies Will Change the Way We Shop and What We Buy
1994:
Netscape merilis browser Navigator di Oktober dengan nama kode Mozilla.
Pizza Hut meneydiakan fasilitas pemesanan online pada halaman web-nya.
Bank Online pertama dibuka
1995:
Jeff Bezos merilis Amazon.com dan merupakan stasiun radio internet, komersial-gratis 24 jam.
Dell dan Cisco mulai menggunakan Internet untuk transaksi online secara intensif.
eBay dibuat oleh Pierre Omidyar dengan nama AuctionWeb
1998:
Perangko pos elektronik dapat dibeli dan di-download untuk diprint dari web.
1999:
Business.com, yang dibeli seharga $149.000 di tahun 1997,  dijual kepada eCompanies sebesar $7.5 juta.
Filesharing peer-to-peer Napster diluncurkan.
ATG Stores diluncurkan untuk menjual barang dekorasi rumah secara online.
2000:
Terjadi dot-com bust.
2002:
eBay mengakuisisi PayPal sebesar $1.5 miliar.
2003:
Amazon.com mengumumkan profit tahunan pertama.
2007:
Business.com diakuisisi oleh R.H Donnelley sebesar $345 juta.
2008:
Penjualan US eCommerce dan Online Retail diproyeksikan akan mencapai $204 miliar, meningkat sebesar 17% dari tahun 2007.

eBay toko online asal California, Amerika Serikat
Toko online di Indonesia baru mulai populer di tahun 2006. Pada akhir tahun 2008 jumlah toko online di Indonesia meningkat puluhan hingga ratusan persen dari tahun sebelumnya. Faktor pendukungnya adalah makin banyaknya pengguna internet di Indonesia, yang tadinya hanya sekitar 2.000.000 orang pada tahun 2000 menjadi 25.000.000 pengguna pada tahun 2008 (internetworldstats.com, data hingga Juni 2008). Faktor kedua yang menyebabkan hal tersebut, karena semakin mudah dan murahnya koneksi internet di Indonesia, ketiga semakin banyak pendidikan dan pelatihan pembuatan toko online dengan harga sangat terjangkau.
tokobagus.com salah satu toko online terbesar di Indonesia

Perkembangan online shopping atau belanja online seperti halnya laku.com, blibli.com, tokobagus.com, kini semakin ramai dengan berbagai jenis produk mulai dari fashion, makanan, keperluan rumah tangga, sampai gadget dll. Saat ini diperkirakan jumlah toko online di Indonesia telah berjumlah ratusan.

Semakin banyak e-commerce (layanan untuk sarana jual/beli online) yang berkembang di Indonesia membuat banyak perubahan pola belanja masyarakat yang awal bersifat konvensional kini berbelanja cukup dengan memilih produk yang ada di web/blog. Website depkominfo telah mempunyai halaman sistem informasi pemetaan e-commerce Indonesia, namun sistem tersebut belum berjalan sebagaimana mestinya.  Beberapa toko online memiliki data web yang selalu terupdate dan memiliki informasi kontak yang jelas. Toko online lainnya ada yang datanya tidak update (informasi terakhir adalah data antara 1 bulan hingga 12 bulan sebelumnya), ada pula yg tidak memiliki informasi kontak secara jelas, dan fitur e-commerce yang tidak lengkap.

Namun, ketika toko online di Indonesia baru saja bermekaran, krisis ekonomi atau resesi ekonomi global keburu melanda dunia. Akibat resesi ekonomi menyebabkan produksi industri turun karena mahalnya harga bahan baku, ekspor dapat merosot tajam, ancaman PHK terlihat jelas, pendapatan rakyat turun, investasi langsung anjlok, pertumbuhan ekonomi stagnan, dan harga barang tak stabil. Secara tidak langsung resesi ekonomi ini akan berpengaruh terhadap bisnis toko online namun pengaruhnya relatif kecil dan bahkan sangat kecil. Berikut adalah beberapa hal yang menyebabkan peristiwa tersebut:
1.    Bisnis toko online sangat fleksibel. Semua orang dapat menjual apapun di toko online kita tanpa tergantung satu pihak tertentu. Jadi, bila ada salah satu produsen yang memasok barang untuk toko online gulung tikar, penjual masih dapat mencari produsen lain.
2.    Jangkauan toko online sangat luas, tidak tergantung jarak dan waktu. Seluruh belahan dunia dapat dijangkau oleh toko online. Dengan begitu toko online tidak akan terpengaruh oleh naik turunnya pendapatan penduduk di suatu daerah.
3.    Mencari pendapatan lain dari iklan atau banner yang dipasang di website. Satu iklan atau banner bisa seharga Rp50.000,- per bulan hingga Rp500.000.000 per bulan misalnya/
4.    Usaha mikro kecil menengah (UMKM) telah terbukti tahan akan goncangan ekonomi. Pada krisis moneter 10 tahun yang lalu, ketika banyak perusahaan besar bertumbangan usaha-usaha mikro kecil menengahlah dapat bertahan.

Cepat atau lambat lalu lintas perdagangan di internet khususnya toko online akan dapat menunjukkan perannya dalam pergerakan laju perekonomian bangsa Indonesia.

Memang belum banyak pengamat ekonomi yang memperhatikan laju gerak pertumbuhan perdagangan di dunia maya ini, padahal pandangan menurut para pemerhati dunia maya bahwa media ini sudah sedemikian mulai berkembang dan dapat dijadikan sebagai alat bantu untuk mengukur tingkat laju perekonomian bangsa.





Saat ini diperkirakan jumlah toko online di Indonesia telah berjumlah ratusan, Menurut data statistik: jumlah masyarakat online di seluruh dunia (data tahun 2007) adalah 1,2 milyar dan diperkirakan bertumbuh menjadi 1,9 milyar pada tahun 2011. Pertumbuhan pengguna internet yang amat pesat nampak di seluruh benua, benua Asia tertinggi dari benua-benua lainnya. Data Jurnal Bisnis Internasional: para pebisnis kecil yang menggunakan internet marketing bertumbuh 46 % lebih cepat dibanding mereka yang belum menggunakan internet marketing. Media digital seperti internet telah merajai seluruh area bisnis dan komunikasi, mengalahkan media print (cetak).


Toko online sangat indentik dengan UMKM, baik dari segi permodalan hingga manajemennya, bedanya hanya medianya saja, UMKM menganut media offline, sedangkan toko online menggunakan cara online. Namun satu hal yang cukup penting adalah belum adanya lembaga yang mewadahi dan mampu melindungi toko online Indonesia. Untuk komunitas toko/bisnis online sendiri ada beberapa yang sudah terbentuk diharapkan dapat menumbuhkan bisnis online di Indonesia.

Semakin banyaknya dan berkembangnya fenomena toko online menjadikan masyarakat memiliki banyak pilihan dalam memilih produk dari beberapa website toko online yang ada. Namun ada hal penting yang perlu diperhatikan dalam berbelanja online, yaitu keamanan dalam bertransaksi dan produk yang dijual.


Saat ini walaupun negara Indonesia sudah memiliki Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik, tetapi tidak berarti kita bisa berbelanja santai tanpa sedikitpun bersikap waspada. Di Internet terdapat banyak sekali kasus penipuan seperti Nigeria scam yang sudah pernah dibahas. Banyak para pelaku toko online yang melakukan penipuan untuk mendapatkan keuntungan yang besar, misalnya dengan memasang foto produk yang dijualnya tidak sesuai dengan produk aslinya (baik dalam bentuk fisik maupun kualitasnya) dan sering pula terjadi penipuan yang terjadi dengan tidak mengirimkan barang yang dipesan setelah dilakukan pembayaran secara transfer. Penipuan di sini juga beragam. Mulai dari menjual barang yang cacat, menjual barang second, atau bahkan tidak mengirim barang sama sekali dan uang si pembeli lenyap begitu saja. Walaupun negara kita terdapat undang-undang untuk melindungi masyarakat, tetapi sepertinya pelaku kejahatan seperti ini masih cukup sulit ditangkap.
Waspadai penipuan online

Contoh kasus penipuan yang sering terjadi adalah pembeli sudah mentransfer uang untuk barangnya. Tetapi ternyata barang yang diharapkan tidak pernah sampai dan ingin menghubungi si penjual pun tidak bisa lagi. Ada juga terdapat kasus yang menarik yakni penipuan di pelelangan atau yang dikenal dengan auction fraud. Berbeda dengan toko online biasa, jika di pelelangan maka calon pembeli harus bersaing dengan calon pembeli lain untuk memasang harga tertinggi. Pemenangnya barulah berhak membeli produk itu. Menghadapi penipu online dapat dengan memblokir rekening mereka. Yang jelas kita harus melaporkan terlebih dahulu ke polisi mengenai kasus ini, sehingga mendapat surat dari kepolisian. Namun, selama kita bersikap waspada dan berhati-hati tentu hal yang tidak diinginkan tidak akan terjadi.


Sumber:
http://portaldki.com/news/2011/11/perkembangan-toko-online-di-indonesia/
http://www.kaosjaket.com/news/49/Sejarah-Toko-Online
http://kerockan.blogspot.com/2012/07/perkembangan-toko-online-di-indonesia.html
http://www.computesta.com/blog/2010/07/penipuan-toko-online/#.UFrAxq7x9V8
http://teknobiz.co.id/column/2012/03/01/laju_perkembangan_toko_online_di_indonesia

2 komentar:

  1. jadi bagaimana sejarah perkembangan toko online secara detail.......

    BalasHapus
  2. HARGA PROMO TERMURA TERBESAR SE INDONESIA PIN BB : 264093EF .HP : 085-756-676-237 website:http://ardhanionlineshop.blogspot.com/ Produk dijamin asli Ready Stock ! Ready Stock! Apple iPhone 5 32GB Rp.2.500.000
    Ready Stock! Apple iPhone 5S 32GB Rp.3.000.000
    Ready Stock! Samsung Galaxy A3 A300H Rp.1.500.000
    Ready Stock! Samsung Galaxy A5 A500F Rp.2.000.000
    Ready Stock! Samsung Galaxy E5 E500H Rp.1.500.000
    Ready Stock! Samsung Galaxy Grand Prime SM-530H Rp.900.000.
    Ready Stock! Asus Zenfone 2 ZE551ML RAM 4GB Rp.2.000.000

    BalasHapus