Jumat, 21 September 2012

Tugas-5 Perkembangan Teknologi


Sebuah teknologi yang mengubah dunia-Iphone
Sebelom kita masuk ke Iphone, lebih baik kita belajar sedikit sejarah tentang apple.  Apple adalah hasil dari pemikiran Steve Jobs dan Steve Wozniak. Sebelum Steve  Wozniak  bersama  Steve Jobs  mendirikan Apple, Steve Wozniak adalah seorang hacker. Kepandaian Steve Wozniak ini memang terlihat sejak dia masih kecil yang sangat gemar mengutak atik aljabar dan algoritma matematika. Kemampuan Steve Wozniak ini tentunya sangat berarti dalam mendongkrak hidupnya karena baik Steve Wozniak maupun Steve Jobs semasa SMA-nya tergolong orang orang dengan ekonomi menengah ke bawah. Pada tahun 1975, Wozniak mulai menghadiri pertemuan di Homebrew Computer Club. Pada pertemuan tersebut Microcomputers baru seperti Altair 8800 dan IMSAI menginspirasinya untuk menggunakan mikroprosesor ke dalam video teletype dan lengkaplah computer yang ia rancang.
Pada saat itu hanya tersedia microcomputer CPU Intel 8080 senilai US $ 179 dan Motorola 6800 yang dibandrol US $ 170. Saat itu Wozniak berniat bekerja sama dengan Motorola, namun saat itu masih belum menemukan kata sepakat karena range harga yang diminta baik Intel maupun Motorola saat itu jauh dari range budget mereka. Namun Wozniak tak menyerah. Ia melihat, mempelajari dan mendesain skema computer pada kertas. Dalam benaknya, membuat CPU hanyalah tinggal menunggu hari saja.
Pada tahun 1976 mereka meluncurkan produk pertama mereka Apple I yang merupakan awal dari computer pribadi computer ini dirancang dan dibuat secara handmade oleh Steve Wozniak dan Steve Jobs. Produk apple pertama ini dipertunjukkan pertama kali di Homebrew Computer Club dan dijual dengan harga $ 666,6. Selanjutnya, kedua Steve tersebut meluncurkan Apple II pada tahun 1977 yang merupakan computer dengan casing plastic dan grafis berwarna pertama di dunia, jauh lebih canggih dari Apple I yang lebih mirip sebagai mesin ketik. Sedangkan Iphone, diluncurkan pada tahun 2007 dan dilanjutkan dengan diluncurkannya App Store, sebuah website sebagai extension “itunes” yang memungkinkan penggunanya untuk mengunduh aplikasi untuk iphone. Walaupun empunya Apple sudah meninggal dunia, hasil jerih payah pemikirannya sudah meninggalkan jejak yang lebih dari berarti. Steve Jobs, meninggal karena kanker pankreas yang tidak pernah diketahui oleh media massa, sampai akhirnya dia jatuh sakit. Tulisan saya dibawah ini adalah sejarah salah satu dari buah pemikiran steve jobs yang mengubah cara pandang manusia terhadap kemajuan teknologi ponsel genggam, sudah sampai mana kah kita?
Setelah 5 tahun perusahaan Apple membuat iPhone, kini Apple sedang merencanakanpembuatan iPhone 5 di bulan September. Berikut 5 tahun sejarah iPhone dari awal dibuat sampai rencana dibuatnya iPhone 5.
http://cdn-u.kaskus.co.id/82/7x95gy6a.jpg
Pada awalnya ada Filofax - sebuah perangkat berukuran besar yang menyediakan notes, kalendar, dan beberapa fitur lainnya. Kemudian pada 1984 muncul PDA Psion Organizer yang merupakan gadget favorit selain ponsel batu bata. Kemudian muncul Newton Apple pada 1993, yang merupakan organiser elektronik berlayar sentuh pertama yang telah menerapkan teknologi pengenal tulisan tangan dan merupakan gadget pertama yang bergelar 'personal digital assistant'. Sayangnya, bagi Apple, produk lainnya, Palm Pilot yang diluncurkan pada 1996 terbukti lebih populer karena ukurannya yang lebih kecil dan harganya yang lebih murah. Akhirnya, produksi PDA pertama Apple itu dihentikan pada 1998.
http://cdn-u.kaskus.co.id/82/cw05kepa.jpg

Smartphone pertama adalah IBM Simon, yang dirilis pada 1993 - tahun yang sama dengan kemunculan Newton. Ponsel ini juga menyertakan fitur kalendar, kalkulator, email, dan layar sentuh. Tak lama setelah itu, Nokia ikut meramaikan pasar smartphone dengan Communicator 9000 dengan Qwerty clamshell-nya, dipadu dengan format bentuk dan fungsi yang mirip dengan Psion Organizer. Namun istilah smartphone belum begitu banyak digunakan, hingga dirilisnya Ericsson R380, yang terlihat pada gambar di atas. Pada 2007, Nokia N95 menjadi ikon dari awal pengembangan dari smartphone.
http://cdn-u.kaskus.co.id/82/dln21ai8.jpg
Di saat yang sama dengan peluncuran Ericsson R380, Apple mempersiapkan iPod, gadget pemutar musik ikonik yang dirilis akhir 2001. iPod tidak langsung mendominasi pasar, namun kesederhanaan dan kemudahan penggunaannya memukau konsumen. Apple akhirnya mampu menjual 600 ribu iPod pada 2002. Kemudian pada 2003 dua juta iPod ludes, dan 10 juta laris pada 2004. Hanya dalam 3 tahun, Apple berhasil mendominasi pasar pemutar musik. Dan yang lebih penting, iTunes Store menjadi platform untuk menjual konten multimedia yang kini telah menjadi begitu universal. http://cdn-u.kaskus.co.id/82/mkrb0uhk.jpg
Setahun setelah itu, pengembangan iPhone dimulai. iPhone diungkap pada 9 Januari 2007 di ajang MacWorld. Saat itu Steve Jobs berkata: 'Kami memperkenalkan tiga produk revolusioner. Pertama adalah iPod layar lebar dengan kontrol sentuh. Kedua sebuah ponsel yang revolusioner. Dan ketiga, adalah perangkat komunikasi internet. Ketiga produk ini bukanlah produk terpisah, melainkan satu gadget bernama iPhone.' Sejak itu, kemudian iPhone seolah menjadi standar bagi sebuah smartphone.
Tak lama setelah hadirnya iPhone pertama, muncullah versi 3G-nya. Ini adalah perkembangan yang vital, karena setelah itu pengguna iPhone mengubah kebiasaan penggunaan data mobile, menantikan pengalaman berselancar internet dan email, di manapun berada. Dengan kehadiran versi 3G, angka penjualan Apple untuk jajaran iPhone-nya meningkat pesat. Di akhir 2009 Apple berhasil menguasai 17 persen dari total pasar smartphone.
http://cdn-u.kaskus.co.id/82/k4ajsq6a.jpg
Pada pertengahan 2009, saat Apple memperkenalkan 3GS, dengan kecepatan data yang meningkat dua kali lipat, hingga 7,2 MBps (HSDPA) dan kemampuan prosesor meningkat, serta kapasitas memori dan kemampuan kamera yang juga meningkat, Apple telah berhasil mengalahkan produsen smartphone musuh bebuyutannya, Nokia. Namun, musuh lainnya muncul, yakni Android. Sistem operasi mobile buatan Google itu diluncurkan pada Oktober 2008 berhasil menciptakan smartphone-smartphone berbujet lebih rendah, yang turut andil menumbuhkan pasar ponsel layar sentuh di dunia-dunia berkembang. Tapi belakangan Android juga menantang Apple di smartphone kelas atas.
http://cdn-u.kaskus.co.id/82/e4jzhs6m.jpg
iPhone 4 diluncurkan pada Juni 2010. Sekali lagi ini merupakan langkah penting untuk menjawab ancaman serius dari rivalnya Android. Fitur baru yang disandangnya antara lain adalah layar Retina display yang menampilkan 326 piksel per inci persegi dengan resolusi 960x640 dengan lebar 3,5 inci. Selain itu, ponsel ini mengalami penambahan kamera depan serta peningkatan kamera belakang, sehingga memungkinkan video chat dengan Apple FaceTime. Begitu juga dengan peningkatan spek prosesor (1 GHz) serta sistem operasinya. Hanya saja, kemudian muncul kasus Antennagate di mana pengguna mengeluhkan kualitas telepon yang buruk dan koneksi yang sering mati. Hal itu memaksa Apple melakukan serangkaian perbaikan.
http://cdn-u.kaskus.co.id/82/51ymxt4s.jpg
Kendati feedback negatif dari pengguna akibat Antennagate, penjualan Apple 4 tetap saja tinggi. Untuk mengenyahkan masalah antenna, Apple melepas iPhone 4S pada Oktober 2011, sekaligus melakukan peningkatan prosesornya menjadi dual-core, meningkatkan spek grafis, kecepatan data, perekam kameranya menjadi full HD, serta fitur suara Siri.
Sepertinya, hingga September depan, rumor tentang iPhone berikutnya, iPhone 5, akan terus berkutat pada: ukuran layar yang lebih besar - mungkin 4 inci - dengan format lebar 16:9, iOS6 dengan Siri lengkap dengan daftar bisnis lokal, dengan aplikasi peta non-Google Map, fitur kamera yang dipercanggih, kemungkinan High Dynamic Range yang diaplikasikan pada video dan foto. Begitu juga prosesor dual core atau bahktan quad core, koneksi 4G atau LTE, fitur Near field communication (NFC) untuk pengisian baterai nirkabel dan tap-to-pay, juga redesainkonektor.

Sumber foto : www.google.com/images

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar