Sabtu, 22 September 2012

Tugas 5 - Perkembangan Sepeda Motor




PERKEMBANGAN SEPEDA MOTOR




Ternyata sepeda motor ada di garasi
Kantor polisi

Sudah tak beraki
Sudah tak berlampu
Tutup tengki hilang
Kaca spion kok melayang


Berikut adalah penggalan lirik lagu “kisah motorku” yang dinyanyikan oleh Iwan Fals, ya Sepeda motor sudah sangat familier dalam kehidupan kita. perkembangan motor indonesia sangat pesat, berdasarkan data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) memprediksi tahun ini bakal terjual 6,8 juta unit. Bahkan, pada 2012 ini diperkirakan penjualan kendaraan bermotor roda dua akan menyentuh 10 juta per tahun. Namun, sedikit dari kita yang mengetahui sejarah perkembangan motor hingga seperti sekarang ini. Berikut adalah sejarah perkembangan motor di dunia:
Sepeda motor secara harfiah  adalah kendaraaan beroda dua yang ditenagai oleh sebuah mesin. Rodanya sebaris dan pada kecepatan tinggi sepeda motor tetap tidak terbalik dan stabil disebabkan oleh gaya giroskopik; pada kecepatan rendah pengaturan berkelanjutan setangnya oleh pengendara memberikan kestabilan.Penggunaan sepeda motor di Indonesia sangat populer karena harganya yang relatif murah, terjangkau untuk beberapa kalangan dan penggunaan bahan bakarnya irit serta biaya operasionalnya juga sangat rendah. Motor-motor ini pun dibuat dengan berbagai tipe diantaranya:
  • Cruiser, jenis motor ini biasanya memiliki posisi stang yang tinggi, posisi kaki yang relatif ke depan, dan posisi kursi yang rendah.Posisi mengemudi ini menciptakan kenyamanan ergonomika pada pegemudi.Motor Cruiser memiliki daya belok yang terbatas karena desainnya, motor ini populer di Amerika Serikat mulai pada tahun 1930-1960, contoh produsen motor jenis cruiser ini adalah Harley Davidson,Indians dan Henderson.
  • Dual Sport, memiliki posisi mesin yang tinggi, ban dengan permukaan khusus untuk melewati berbagai macam medan dan posisi stang yang dibuat supaya dapat dikelndalikan dengan mudah saat melewati ringtangan.Motor jenis ini memiliki settingan mesin yang berfokus pada tenaga pada putaran bawah dan tenaga mesin difokuskan pada gigi-gigi yang lebih rendah seperti gigi 1 dan 2.Bobot pun dibuat seringan mungkin demi mengembangkan kemampuan menjelajahi berbagai medan karena pada awalnya motor ini dibuat untuk berkendara di tempat tempat yang belum diaspal.
  • Touring, jenis motor yang digunakan untuk kenyamanan pada perjalanan jauh.Kebanyakan motor touring memiliki fitur-fitur mewah seperti GPS, TV, Radio, kursi penumpang yang besar, dan lemari yang banyak.
  • Skuter, motor berukuran kecil yang memiliki konsumsi bensin yang baik dan kelincahan dalam menyelip lalu lintas juga sangat populer di berbagai negara berkembang.
  • Bebek, atau disebutnya moped, adalah jenis motor yang dahulunya dalah sepeda bertenaga pedal manusia dan setengah listrik, kini menjadi sepeda motor bertenaga bensin.Memiliki pengendalian melebihi skuter namun lebih ekonomis dari motor sport,motor jenis ini adalah jenis motor paling populer di Indonesia.
  • Motor sport, jenis motor yang memiliki performa dan pengendalian yang lebih.Posisi mengemudi pun difokuskan untuk menjaga titik gravitasi supaya pengendalian lebih terkendali.
  • Sport Touring, Gabungan anatara touring dan sport, motor sport touring adalah motor sport yang masih memiliki faktor-faktor kenyamanan.
  • Sepeda motor listrik, merupakan kendaraan yang sama sekali tidak menggunakan bensin. Beberapa warga negara Indonesia sudah lama menggunakan sepeda motor jenis ini, baik untuk keperluan pribadi maupun usaha.

Sepeda Motor Pertama Di Dunia
Motor pertama dibuat pada tahun 1895, penemu motor ini adalah Gottlieb Daimler dan Wilhelm Maybach, dua pakar mesin yang berasal dari Jerman.  Motor pertama di dunia ini sudah mengusung teknologi yang sampai saat ini masih dipakai seperti Twin-Cylinder, 4 valve, water cooler dan bermesin 1.500 cc. walau bermesin besar, ternyata tenaga kuda yang dihasilkan hanya 2,5 hp saja pada 240 rpm. Sepeda motor ini juga merupakan kendaran pertama di dunia memakai bahan bakar minyak bumi. Mereka menyebut kendaraan penemuannya ini dengan nama “Reitwagen” (mobil tunggangan). Sebenarnya pada tahun 1867 Sylvester H. Roper dari Amerika Serikat sudah menggembangkan sepeda lebih lanjut dengan tambahan penggerak uap namun hanya dibuat sebagai alat sirkus dan prototype

“Reitwagen”

pada tahun 1892, Henry Hilderband dari Munich, Jerman Barat memperkenalkan sepeda motor model baru. Dan disusul lagi oleh Werner Brothers pada tahun 1893.  Sepeda motor pertama yang dijual untuk umum dibuat oleh pabrik sepeda motor Hildebrand und Wolfmüller di Muenchen, Jerman pada tahun 1893.
 Sedangkan itu,sepeda motor di Indonesia pertama kali dimiliki oleh seorang berkebangsaan Inggris bernama John C. Potter pada tahun 1893. Sehari-hari J.C. Potter bekerja sebagai Masinis Pertama di pabrik gula Oemboel (baca: Umbul) Probolinggo, Jawa Timur. J.C. Potter juga dikenal sebagai penjual mobil yang mendapat kepercayaan Sunan Solo untuk mengurusi pengiriman mobil pertamanya dari Eropa Untuk diketahui, sepeda motor pertama di dunia adalah Reitwagen tapi belum dijual untuk umum. Tahun 1893, sepeda motor pertama yang dijual untuk umum dibuat oleh pabrik sepeda motor Hildebrand und Wolfmüller di Muenchen, Jerman. Sepeda motor ini pertama kali masuk ke Amerika Serikat pada tahun 1895 ketika seorang pemain sirkus asal Perancis membawanya ke New York. Jadi, meski yang membawanya bukan orang pribumi Indonesia, tetapi sebuah hal yang luar biasa ketika sepeda motor komersial pertama di dunia ternyata langsung dikirim ke Indonesia pada tahun pertama pembuatannya. Terlebih lagi, baru dua tahun kemudian sepeda motor komersial pertama tersebut masuk Amerika Serikat. Jadi, sepeda motor yang pertama kali masuk Indonesia merupakan sepeda motor pertama di dunia juga. Sepeda motor ini tidak menggunakan rantai dan roda belakang digerakkan langsung oleh kruk as (crankshaft). Meski berusia ratusan tahun, ternyata motor komersial pertama di dunia ini sudah mengusung teknologi yang sampai saat ini masih dipakai diantaranya adalah twin-silinder horizontal, 4 valve, berpendingin air, dan berkapasitas mesin besar yaitu 1.500 cc dengan bahan bakar bensin atau nafta. Namun, meski bermesin besar tetapi tenaga kuda yang dihasilkan hanya 2,5HP saja pada 240rpm. Selain itu, sepeda motor ini belum menggunakan persneling, belum menggunakan magnet, belum menggunakan aki (accu), belum menggunakan koil, dan belum menggunakan kabel listrik. Diperlukan waktu sekitar 20 menit untuk menghidupkan dan mestabilkan mesinnya. Dalam buku Krèta Sètan (de duivelswagen) dikisahkan bagaimana John C. Potter memesan sendiri sepeda motor itu ke pabriknya, Hildebrand und Wolfmüller, di Muenchen, Jerman.
Pada tahun 1895 sepeda motor pertama kali masuk ke Amerika Serikat, tepatnya ke kota New York. Pada tahun yang sama, seorang penemu Amerika Serikat, EJ Pennington, di Milwaukee, mendemonstrasikan sepeda motor yang didesain sendiri. Pada akhirnya Pennington dianggap sebagai orang pertama yang memperkenalkan istilah motorcycle (sepeda motor). Tidak hanya di Amerika Serikat, Triumph, sebuah perusahaan pembuat sepeda di Inggris memutuskan untuk membuat sepeda motor. Pada tahun 1902, perusahaan itu memproduksi sepeda motornya yang pertama namun masih menggunakan mesin dari Belgia. Kemudian pada tahun 1905, Triumph memproduksi sepeda motor secara utuh sendiri. Sampai pada jaman perang dunia  pertama tumbuh didominasi produsen motor besar seperti Indians dan Harley Davidson dari Amerika Serikat dan DKW dari jerman, mereka memproduksi sepeda motor lebih dari 20,000 unit pertahunnya, di Indonesia sendiri berbagai merek sepeda motor dijual di negeri ini, mulai dari Reading Standard, Excelsior, Harley Davidson, Indian, King Dick, Brough Superior, Henderson, sampai Norton. Merek-merek sepeda motor yang hadir di negeri ini dapat dilihat dari iklan-iklan sepeda motor yang dimuat di surat kabar pada kurun waktu dari tahun 1916 – 1926. R.S Stockvis & Zonnen Ltd merupakan salah satu perusahaan yang tercatat menyediakan suku-suku cadang motor dan mobil (juga mengurus pesanan mobil-mobil Eropa maupun Amerika). Pada saat perang dunia kedua berkobar kebanyakan sepeda motor dibuat untuk kepentingan militer karena mobilitas dan kecepatannya.

Di jaman setelah PD 2 usai desainer italia yaitu Piaggio memperkenalkan skuter bernama Vespa dan dengan cepat menyebar ke seluruh dunia karena desainnya yang unik dan mesin yang irit, Selain itu setelah perang dunia kedua usai produsen motor terbesar adalah The Birmingham Small Arms Company dari Inggris yang memproduksi  75,000 sepeda motor setiap tahunnya mereka mendominasi pembuatan sepeda motor di dunia pada tahun 1950 sampai 1955 setelah itu direbut oleh perusahaan Jerman NSU Group, di jaman ini juga awal mula Moto GP terbentuk yang diprakarsai oleh NSU dan Moto Guzzi dengan membuat motor balap pertama di dunia.

NSU Sport Max
 Di tahun 1958 ada Honda Super Cub yang menjadi motor dengan produksi terbanyak di dunia yaitu 60 juta unit di seluruh dunia, penjualan Honda Super Cub ini menjadi awal bangkitnya perusahaan Honda menjadi gurita raksasa di Industri automotif, Kepopuleran sepeda motor jenis bebek ini membuat perusahaan sepeda motor asal Jepang lainnya seperti Kawasaki, Yamaha, dan Suzuki meniru model sepeda motor jenis bebek ini. Dengan mesin yang handal dan mudah dirawat, serta harga yang bersaing membuat sepeda motor asal Jepang, yakni Honda, Suzuki, Yamaha, dan Kawasaki, sangat populer dan sampai kini mendominasi pasar sepeda motor dunia.


Pada tanggal 21 desember 1904 Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM, International Motorcycling Federation) terbentuk di Prancis, organisasi ini adalah organisasi yang mengatur apapun yang berkaitan tentang olaharaga yang berkaitan dengan sepeda motor, organisasi ini juga mewakili 103 asosiasi motor nasional dari berbagai dunia termasuik IMI(Ikatan Motor Indonesia),sekarang markas FIM ada di Swiss. Adapun  Sampai kini Sepeda Motor tidak hanya digunakan untuk berkendara tetapi juga digunakan untuk balapan dan hobi, salah satu olahraga favorit yang berkaitan tentang sepeda motor ini adalah Moto GP

·         Motorcycle drag racing
·         Pro Stock Motorcycle
·  Enduro
·  Land speed  
·  Motoball


Pada tanggal 27 Maret 1906 didirikan Javasche Motor Club yang berkantor di jalan Bojong 153 – 156, Semarang. Dalam perkembangannya Javasche Motor Club dirubah namanya menjadi Het Koningklije Nederlands Indische Motor Club (KNIMC) yang selanjutnya sejalan dengan tuntutan zaman nama KNIMC.

Berubah lagi menjadi Indonesische Motor Club (IMC) sampai saat penyerahan kedaulatan dari Kerajaan Belanda kepada Pemerintah Republik Indonesia, dimana IMC turut diambil alih oleh Pemerintah Republik Indonesia yang dalam hal ini oleh Departemen Perhubungan.
Sejak IMC diambil alih oleh Pemerintah Republik Indonesia pada tahun 1950 nama IMC berubah menjadi Ikatan Motor Indonesia (IMI) , maka telah dimintakan pula pengakuan dan pengesahan dari Badan-Badan Internasional seperti AIT, FIA, FIM dan OTA sedangkan kantor pusat IMI (d/h IMC ) yang selama ini berada di Semarang di pindahkan ke Jakarta yang untuk pertama kali dan sampai dengan tahun 1968 menempati beberapa ruangan dari Kantor Bank Exim Kota (d/h Gedung Factory) setelah tahun 1968 kantor Pusat IMI telah beberapa kali berpindah tempat yang akhirnya sampai saat sekarang menempati bahagian dari ruangan Sayap Kanan – Stadion Tennis, Jalan Pintu - I Senayan.



Sepeda motor kini seperti tidak bisa lepas dari kehidupan kita terutama warga Indonesia pengunaannya pun bermacam-macam dari hanya sekedar menggunakan sepeda motor untuk berkendara ada juga yang membuat geng motor,ada yang hobi off-road menggunakan motor ada juga yang suka trek-trekan di jalan

Klub Motor
besar seperti di Kemayoran. Industri motor pun tidak bisa dianggap industri kelas dua, terbukti dengan adanya lebih 100 perusahaan produsen motor di dunia,pertumbuhan motor sendiri juga tumbuh pesat seiring dengan perkembanggan waktu,empat negara di Asia yaitu Indonesia,China,India dan Vietnam menjadi pasar motor terbesar di dunia,ironisnya di Indonesia sampai sekarang tidak ada motor nasional yang dibuat oleh anak bangsa murni,bahkan negara seperti Bangladesh yang pasar motornya tidak sebesar Indonesia punya dua perusahaan motor nasional yang dominan di negaranya sendiri.














Tidak ada komentar:

Poskan Komentar