Jumat, 21 September 2012

Tugas-5 Perkembangan Pewarna Rambut


Banyak orang mengatakan kalau rambut adalah mahkota yang paling indah dalam hidup seseorang, terutama bagi seorang perempuan. Dewasa ini banyak orang memanjakan rambutnya dengan berbagai macam perawatan demi mendapatkan hasil yang terbaik. Seiring berkembangnya zaman, teknologi tentang perawatan rambut pun ditemukan yang lalu dikenal dengan hair coloring.  


Hair Coloring

Pewarnaan rambut adalah praktek mengubah warna rambut. Alasan umum nya adalah untuk menutupi rambut abu-abu, dan untuk mengubah warna sehingga dianggap lebih modis.


File:Haircoloring.jpg
Proses pewarnaan rambut

Jenis pewarnaan rambut :
Tiga klasifikasi yang paling umum adalah permanen, semi permanen, dan temporer.

Pewarna Rambut Permanen

Cara yang paling populer untuk mencapai pewarnaan rambut permanen adalah melalui penggunaan pewarna oksidasi. Mekanisme pewarna oksidasi melibatkan tiga langkah: 

1) Oksidasi 1,4-Diaminobenzene derivatif.
2) Reaksi diimine.
3) Oksidasi dari senyawa yang dihasilkan untuk memberikan pewarna akhir.
 

Pewarna Rambut Semi-Permanen

Untuk kasus ini, warna akan bertahan setelah dicuci berulang, biasanya 4-5 shampoo atau beberapa minggu. Semi-permanents tidak mengandungperoksida atau amonia, maka dari itu pewarna rambut jenis semi-permanen lebih aman untuk rambut. Namun, semi-permanents mungkin masih mengandung senyawa beracun p-phenylenediamine atau bahan lain yang juga berbahaya.

Pewarna Rambut Temporer

Pewarna reambut temporer tersedia dalam berbagai bentuk yaitu shampo, gel, semprotan, dan busa. Warna rambut temporer biasanya lebih terang dan lebih berkilau daripada warna rambut semi permanen dan permanen. Pewarna rambut temporer paling sering digunakan untuk acara-acara khusus seperti pesta kostum Halloween.


Aplikasi Teknik

Rambut dengan highlight pirang
Warna rambut secara tradisional diterapkan pada rambut satu warna keseluruhan. Kecenderungan modern adalah dengan menggunakan beberapa warna untuk menghasilkan garis-garis atau gradasi, baik di atas warna natural atau di atas warna dasar tunggal. Ini disebut sebagai:
Highlights, di mana bagian rambut diperlakukan dengan lighteners, biasanya untuk membuat garis-garis pirang.
Lowlighting, di mana bagian rambut diperlakukan dengan warna rambut gelap.

Ini dapat diterapkan dengan metode berikut:

Menggagalkan, di mana potongan foil atau plastik film yang digunakan untuk memisahkan dari rambut yang akan diwarnai, terutama ketika menerapkan lebih dari satu warna.
Cap, ketika tutup plastik ditempatkan ketat pada kepala dan helai ditarik melalui dengan kail.
Balayage, di mana warna rambut yang dicat langsung ke bagian rambut tanpa foil digunakan untuk menjaga warna yang terkandung.
Semua teknik aplikasi dapat digunakan dengan semua jenis warna. Untuk menyoroti, rambut biasanya akan harus diputihkan sebelum mewarnai

Trenhair coloring ini ternyata sudah banyak dicoba para artis internasional salah satunya Lauren Conrad. Artis yang memiliki warna rambut asli blonde ini mewarnai rambut nya menjadi   warna ungu


5c9d4f4af24111e1b09522000a1e8aa9_7_large
Lauren Conrad


Berikut adalah contoh artis-artis yang telah mewarnai rambutnya:

Getimage_large
Katy Perry

Tumblr_maoublfvf91rollvgo1_500_large
Rihanna & Nicki Minaj
Tumblr_lf0xr3tosy1qciemro1_500_large
Lady Gaga



Tumblr_maku5lrwon1ramhmwo1_500_large
Ariana Grande



44684221272796578_qxeptbfs_c_large
Taylor Swift









Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya mengecat rambut juga dapat dilakukan dengan cara penyemprotan. Inilah salah satu produk yang mengeluarkan cat rambut ala penyemprotan
Sasha temporary hair color


Hasil dari Sasha temporary hair color spray (hijau)
Hasil dari Sasha temporary hair color spray (ungu)

Seiring berkembang nya zaman telah ditemukan lagi proses yang cukup mudah untuk melakukan pengecetan rambut, yaitu dengan menggunakan kapur atau yang lebih dikenal dengan hair chalk.

hair chalking
Hair chalk / pastels
Hair chalk adalah solusi mudah bagi kaum wanita yang suka mewarnai rambutnya. Dengan hair chalk kita bisa mewarnai rambut secara berganti-ganti sesuai warna kesukaan kita. Karena hair chalk ini tidak bersifat permanen. Dengan 2-3 kali keramas warna tersebut bisa hilang. Hair chalk ini pewarna rambut berbentuk batangan mirip crayon. Penggunaannya juga sangat mudah, berikut adalah cara mudah menggunakan hair chalk:


1. Pisahkan rambut yang ingin diwarnai, ikan dengan jepit rambut
2. Semprot dengan air agar rambut terlihat basah
3. Gunakan hair chalk pada bagian rambut yang anda inginkan
4. Biarkan sampai mengering


hair chalking
semprot dengan air


hair chalking
gunakan hair chalk


hair chalking
gunakan flat iron untuk hasil  maksimal





Pewarnaan rambut menggunkan hair chalk ini dapat bertahan 1-3 keramas. Dengan hair chalk anda dapat berganti warna rambut dengan mudah.

Tatanan ombre hair ini bisa dibilang sedang menjadi tren kawula muda saat ini. Berikut adalah hasil dari hair chalk:

7951736812010097_ugbvt2mn_f_large

58969076341370093_wy4c2r8k_f_large

Tumblr_lyme5wyvlm1qamsluo1_500_large

Pete_wentz_and_meagan_camper_03_wenn5748484_large

1 komentar: