Jumat, 21 September 2012

Tugas 5 - Perkembangan Otomotif



Sejarah Otomotif
Sejarah Balap mobil
Balap mobil adalah suatu cabang olahraga yang melibatkan kendaraan. Balap mobil merupakan dalah satu cabang olah raga yang paling diminati dan juga paling dikomersialisasi. Balap mobil pertama kali muncul pada tahun 1895 dan kini menjadi salah satu olahraga paling populer di dunia.
Balap mobil diadakan diadakan di sebuah tempat khusus yang dinamakan sirkuit. Sirkuit membedakan jenis balapan yang diadakan. Tiap sirkuit memiliki ciri dan karakteristik yang beda tergantung desain dan tingkat kesusahan. Keterampilan dalam mengemudi dan tuning mobil menjadi penentu keberhasilan untuk mencapai kemenangan.
 
Asal mula Balapan
Balapan ditemukan tidak lama setelah mobil berbahan bakar bensin ditemukan. Balapan resmi pertama terjadi pada 28 April 1887 di Paris, yang berjarak 2 Kilometer (1,2 mil) dari Jembatan Neuilly ke Bois de Bouglone. Yang dimenangkan oleh Georges Bouton dari De Dion-Bouton.
Pada 23 juli 1894, diadakan Paris-Rouen yaitu balapan resmi pertama yang memiliki 102 peserta dengan biaya pendaftaran 10 franc.
Hanya 69 mobil yang lolos kualifikasi dan akan menempuh balapan sejauh 127kilometer dari Paris ke Rouen. Kendaraan yang ikut serta adalah keluaran dari Peugeot, Panhard atau De Dion, ada pula yang membuat mobil sendiri. Hanya 25 peserta yang ikut dalam balapan utama. Balapan dimulai dari Porte Maillot dan melewati Bois de Boulogne. Jules-Albert de Dion adalah orang pertama yang mencapai Rouen dalam waktu 6 jam 48 menit dengan kecepatan rata-rata 19km/jam
Dengan industri otomotif yang pesat di prancis, organisasi  otomotif ACF menyelenggarakan beberapa balapan internasional yang biasanya berawal di Paris dan selesai di beberapa kota di eropa
 
Sirkuit Pertama
Milwaukee Mile adalah sirkuit balap tertua di dunia, sejak tahun 1903 disitu telah diadakan banyak ajang balapan. Sebenarnya tempat ini tidak dirancang untuk balapan otomotif karena pada awalnya digunakan untuk pacuan kuda sejauh 1,6km
Brooklands adalah sirkuit pertama yang resmi di dunia yang berada di inggris, dibuka pada juni 1907. Dengan jarak 4,43km. Berbentuk oval dengan tikungan miring untuk kecepatan tinggi dengan dasar aspal. Akan tetapi karena kerusakan saat terjadi Perang Dunia kedua sirkuit ini ditutup dan tidak pernah dibuka lagi.
1910 – 1950
Pada tahun 1930 mulai bermunculan mobil jalanan mahal yang di konversi menjadi mobil balap seperti Alfa Romeo, Auto Union, Bugatti, Mercedes-Benz. Mobil-mobil ini dapat mengeluarkan hampir 600HP dan ditambah super charger. Berat maksimal mobil adalah 750kg dan diwajibkan menggunakan velg aluminum untuk mengurangi beban. Nascar ditemukan oleh William France pada 21 februari 1948.
Karena selesainya Perang dunia 2, banyak teknologi yang digunakan pada kendaraan tempur seperti fuel injection, Titanium,dan stainless steel. Digunakan pada mobil-mobil balap untuk mencapai performa maksimal.
Kategori
Formula
Formula 1
Dikenal juga sebagai balapan satu kursi dan tanpan menggunakan fender untuk menutupi ban, badan mobil dibentuk seaerodinamis mungkin dan se ringan mungkin untuk mengurangi gesekan angin, spoiler depan dan belakang digunakan untuk menciptakan tekanan agar mobil tetap menempel pada aspal dan stabil pada kecepatan tinggi. Dengan mesin standar V10 dengan kapasitas 5L (5000cc), walaupun itu mobil Formula sangatlah rapuh
Dikenal juga sebagai Balap mobil paling canggih dan paling mahal di dunia dikarenakan setiap beberapa kali dipakai mobil akan dibongkar dan dipasang lagi untuk mengganti piranti-piranti mesin yang rusak akibat pemakaian.
 
 
Indycar
IZOD IndyCar Series adalah balapan kelas utama dari ajang balap mobil roda terbuka khas Amerika Serikat. Kejuaraan ini didirikan oleh pemilik Indianapolis Motor Speedway Tony George yang dimulai pada tahun 1996 sebagai pesaing untuk CART yang sebelumnya dikenal sebagai Indy Racing League (IRL). Mengutip kekurangan dari CART yaitu ketergantungan yang meningkat biaya balapan dan banyaknya pembalap non-AS, George kemudian menciptakan sebuah balapan alternatif dengan biaya lebih rendah. Pada tahun 2008, Seri IndyCar bergabung dengan Champ Car World Series (dahulu CART).
Superleague Formula
dengan namanya, balapan ini bermaksud untuk menggabungkan dua olahraga terpopuler di dunia, yaitu motorsport dan sepak bola. Semboyannya sendiri adalah: "The Beautiful Race – Football at 300km/h." dan "Superleague Formula: Combines the Passion of Football with the Thrill of Auto Racing."
Dengan spesifikasi mobil sebagai berikut:
               Mobil:
*      Carbon fibre tub for extreme strength / lightness
*      Under-body aerodynamics to facilitate nose-to-tail driving/overtaking
*      “X-Trac” six-speed gearbox + “Megaline” paddle operated gear shift
*      Pi “SIGMA” based dashboard / data logging system
*      ‘Slick’ racing style tyres with no grooves or treads
*      Mesin:
*      Silinder mesin: 12
*      Kapasitas: 4.2 Liter
*      Konfigurasi: 60 derajat, format sudut V
*      Berat: 140KG (kering)
*      Peak Power: 750bhp @ 11,750 rpm
*      RPM Maksimum: 12,000
*      Peak Torque: 510 N/M 9,500 10,500
 
Seri GP2
Seri GP2, GP2 kependekannya, adalah bentuk balap motor roda terbuka yang diperkenalkan tahun 2005 setelah penghentian seri tambahan Formula Satu, Formula 3000. Format ini dicetuskan oleh Bernie Ecclestone dan Flavio Briatore, sementara Ecclestone juga memegang hak pemberian nama GP1. Tahun 2010, Seri GP3 diluncurkan sebagai kelas tambahan untuk seri GP2. Rio Harianto adalah Pembalap Indonesia pertama dan satu-satunya  yang mengikuti ajang GP2 ini.

 
Turing
V8 Supercars
V8 Supercars adalah sebuah ajang balap mobil kategori turing yang berbasis di Australia dan dijalankan sebagai sebuah Seri Internasional di bawah peraturan resmi dari Federation Internationale de l'Automobile (FIA). Selain menikmati popularitas di Australia, balapan ini juga merambah ke Selandia Baru dan terus semakin populer di seluruh dunia dengan bantuan siaran televisi dan radio
Balapan V8 Supercar diadakan di hampir semua negara bagian Australia. Sejak tahun-tahun terakhir, balapan juga diadakan di luar negeri seperti di Selandia Baru dan Abu Dhabi. Tahun 2010 balapan ini juga digelar di Bahrain. Balapan ini telah mampu menarik lebih dari 250.000 penonton di setiap perlombaannya.
Balapan V8 Supercars sendiri mengambil model mobil yang banyak dijual di Australia seperti misalnya Ford Falcon atau Holden Commodore. Meskipun sebagian di antara mobil tersebut memiliki kemiripan dengan model produksi massal, mobil diharuskan menjalani modifikasi tingkat tinggi agar sesuai dengan aplikasi motorsport. Mereka secara ketat diatur dalam semua aspek kinerja dalam upaya untuk menyimpan semua driver pada sebuah bahkan pijakan untuk membuat lebih dekat, balap lebih seru. Karena itu, seluruh bidang 29 driver dipisahkan dengan hanya satu detik selama kualifikasi lap di beberapa acara.
Deutsche Tourenwagen Masters
Deutsche Tourenwagen Masters (atau biasanya disingkat DTM) merupakan sebuah balap turing terbesar di Jerman. Didirikan pada tahun 2000, kejuaraan ini sebelumnya bernama Deutsche Tourenwagen Meisterschaft. Terbagi menjadi 23 pembalap dan 2 konstruktor.
DTM meluncurkan pembalap terkenal yang pernah ada di Formula Satu seperti Jean Alesi, Heinz-Harald Frentzen, Mika Hakkinen, dan masih banyak lagi.
World Touring Car Championship (WTCC)
World Touring Car Championship atau biasanya disingkat WTCC merupakan sebuah kejuaraan balap mobil Internasional diorganisasikan oleh FIA, Kejuaraan pembalap dan kejuaraan manufaktur berdasarkan kejuaraan terpisah, tetapi dasar serupa sistem penilaian. Kejuaraan ini didirikan pada tahun 1987. Event ini diikuti 50 pembalap, 21 tim, dan 7 konstruktor pada tahun 2006.
Juara dunia pada tahun 2007 ialah Andy Priaulx.
 
Rally
World Rally Championship (WRX)
Kejuaraan Reli Dunia biasa disebut World Rally Championship atau disingkat WRC adalah seri balapan reli diorganisasikan oleh FIA, memuncaki dengan kejuaraan pembalap dan manufaktur. Kejuaraan pembalap dan kejuaraan manufaktur berdasarkan kejuaraan terpisah, tetapi dasar serupa sistem penilaian. Kejuaraan ini didirikan pada tahun 1973. Pabrikan yang mengoleksi kejuaraan dunia terbanyak ialah Lancia sebanyak 10 kali dan untuk pereli dipegang oleh S├ębastien Loeb dengan 5 gelar juara dunia.
Dimana pembalap harus melewati tikungan, loncatan, kubangan air Dengan waktu paling cepat.
 
Offroad
Offroad adalah balapan melewati rintangan alam yang kasar seperti padang pasir, rawa, dan hutan rimba dengan waktu yang di tentukan.


Retro
Balapan yang mobilnya dikategorikan sesuai kapasitas mesin dan tahun pembuatan mobil.
Drag Race
Balapan yang berawal sejak awal tahun 1990, balapan satu lawan satu untuk mencapai garis akhir dengan jarak 402 meter atau 201 meter. Tanpa regulasi yang ketat. Di indonesia sering diadakan di Sentul International Circuit dengan kelas FFA (free for all) dan FF atau FR. Kalo gapunya duit boleh tuh cobain di depan sency tepatnya di asia afrika tapi kalo ketangkep gua ga tanggung.
Time Attack
Balapan menempuh waktu yang ditentukan, jika melewati waktu yang ditentukan akan mengurangi poin. Waktu dibandingkan dengan lawan


Drifting
Lomba yang sangatlah boros uang dan Ban. Mobil harus highly tuned, perlu banyak latihan. Bukan siapa yang mencapai garis finis, tetapi bagaimana peserta sampai ke garis finis. Trik drifting pada awalnya digunakan pada pembalap rally untuk menikung lebih cepat untuk melewati rintangan.
Diterapkan pada aspal lalu mulailah olahraga sendiri. Peserta dinilai dari angle, gaya, performa. Terdapat drift Tandem dimana peserta yang dibelakang harus mengikuti gerakan mobil didepan secara persis dan tidak boleh menabrak, jika terjadi sentuhan antar kedua mobil akan dikurangin poin. Bisa dicoba di Perempatan Pondok Indah Mall.
 
Slalom
Pembalap melewati rintangan berupa tikungan tajam dengan mobil front wheel drive secepat mungkin tanpa kesalahan. Sering diadakan di indonesia.
Perkembangan dunia otomotif sangatlah pesat sesuai dengan majunya teknologi. Mungkin beberapa tahun kedepan dunia otomotif akan jauh berbeda dari sekarang. siapa tau ada balapan mobil terbang 2020.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar