Selasa, 18 September 2012

Tugas 5 - Perkembangan Nintendo


            Anak muda jaman sekarang pasti tau yang dinamakan Nintendo. Produk-produk yang dihasilkan seperti Nintendo Wii, Gameboy dan lain-lain sudah tidak asing lagi. Game-game seperti ini sangat digemari oleh masyarakat dari segala usia, dari anak-anak bahkan sebagian orang tua pun memainkannya.
            Perusahaan Nintendo pertama kali dibangun pada tahun 1889 oleh Fusajiro Yamauchi dan tentunya bukan sebagai perusahaan dibidang Video Game, tapi sebagai perusahaan pembuat mainan kartu Hanafuda. Permainan kartu tersebut mulai terkenal hingga akhirnya Yamauchi harus memperkerjakan asisten untuk membantu dirinya.
            Pada akhir abad ke-19 warga Jepang baru saja tentang telah dengan permainan kartu. Sejak 1633 pemerintah Jepang telah meletakkan larangan pada semua kartu bermain asing dan permainan untuk mencoba dan mencegah perjudian ilegal, dan terus melakukannya dengan hampir setiap permainan kartu lainnya selama 250 tahun ke depan.Akhirnya permainan dikembangkan di Jepang bahwa pemerintah akan menerima, Hanafuda,permainan kartu menggunakan ilustrasi bukan angka untuk gameplay.

            Dengan terus-menerus pelarangan permainan kartu telah mengambil korban mereka di masyarakat, Hanafuda dirilis ke hasil loyo. Ketika tampak seolah-olah permainan akan terlupakan seorang pengusaha muda, Fusajiro Yamauchi, datang dengan pendekatan baru untuk meningkatkan permainan populer. Daripada hanya membuat ilustrasi umum untuk digunakan dengan permainan, dia akan mengembangkan karya seni kerajinan tangan unik yang akan mendorong penjualan kartu.
            Pada tahun 1889 ia membuka pintu untuk kartu Hanafuda toko pertamanya, Nintendo Koppai, nama yang akan berubah hanya untuk Nintendo sebagai perusahaan tumbuh dan berkembang.
            Tangan-dicat Hanafuda Nintendo kartu yang gemilang dan tidak hanya memutar membentuk perusahaan yang baru menjadi sukses, tetapi tumbuh permainan kartu populer juga. Dengan mereka Hanafuda kartu sekarang permintaan Nintendo cepat menjadi perusahaan permainan top di Jepang, dan selama 40 tahun ke depan toko kecil Fusajiro diperluas menjadi sebuah perusahaan besar menambahkan sebuah perpustakaan yang luas permainan kartu asli dikembangkan secara khusus untuk Nintendo.
            Pada tahun 1929, pada usia 70, Fusajiro akhirnya pensiun, meninggalkan perusahaannya dalam tuduhan angkatnya anak-dalam-hukum Sekiryo Kaneda (yang berganti nama menjadi Sekiryo Yamauchi).
            Pada tahun 1956, Hiroshi Yamauchi cucu dari Fusajiro Yamauchi datang ke Amerika untuk berbicara dengan United States Playing Card Company yang merupakan pemimpin di Industri Playing Card dunia. Dia terkejut dengan kecilnya kantor perusahaan tersebut, hingga akhirnya dia merasa bahwa Industri ini terlalu kecil dan Nintendo harus ekspansi ke bisnis lain.
            Sebagai perwujudan cita-cita tersebut, pada tahun 1963 Yamauchi mengubah nama Nintendo Playing Card Company Limited menjadi Nintendo Company Limited. Perusahaan tersebut mulai bereksperimen dengan mencoba masuk ke industri lain di Jepang. Dari periode 1963 hingga 1968 mereka telah banyak bereksperimen pada industri lain, diantaranya perusahaan taksi, TV network, Perusahaan Makanan Instan dengan produk Instant Rice, dan bahkan Love Hotel.
            Pada tahun 1966, Nintendo masuk ke dunia industri mainan anak-anak dengan produk mereka Ultra Hand yang dikembangkan oleh Gunpei Yokoi. Yokoi dimana sebelumnya berada di maintenance kini dipindahkan departemen baru yaitu Nintendo Games sebagai product developer. Dari situ, Nintendo terus menggeluti bidang mainan dengan mengeluarkan produk seperti Ultra Machine, Love Tester dan serial Kosenjuu yang merupakan Light Gun Games. Tapi bisa dibilang pada Industri mainan, Nintendo masih ketinggalan bila dibandingkan dengan Bandai dan Tomy yang memang sudah memiliki nama besar.
            Tahun 1973, Nintendo mulai fokus pada family entertainment dengan produk Laser Clay Shooting System yang menggunakan teknologi yang sama seperti yang telah digunakan pada Serial Kousenjuu, produk tersebut ditempatkan pada tempat bermain bowling yang biasanya ramai pengunjung. Namun karena pembiayaan yang terlampau besar akhirnya operasional produk tersebut harus ditutup.
            Tahun 1974, Nintendo mendapatkan hak untuk mendistribusikan Magnavox Odyssey di jepang. Dan pada tahun 1977 nintendo mulai membuat sistem video game milik mereka sendiri bernama Color TV Game yang dimana gamenya built in pada sistem. Pada tahun itu pula sang legenda Shigeru Miyamoto di pekerjakan oleh Nintendo, dan pada saat itu dia bekerja dibawah Yokoi.
            Tahun 1978, Nintendo masuk ke industri Arcade Game dengan produk mereka Computer Othello, dan seiring tahun berjalan Nintendo terus mengeluarkan judul-judul lain. Awalnya Nintendo hanya mendapatkan keuntungan yang sedikit tapi dengan dibuatnya game dengan judul Donkey Kong pada tahun 1981 merubah peruntungan Nintendo secara drastis. Sukses dari game tersebut yang kemudian di port ke beberapa konsol game seperti Atari 2600, Intellivision dan ColecoVision memberikan keuntungan finansial yang besar untuk Nintendo.
            Ditahun 1980 ,ketika Nintendo menjejakkan kaki mereka di Amerika, mereka sangat patuh pada peraturan negera tersebut. Pada waktu itu Amerika banyak mengeluarkan aturan aturan untuk menjaga agar game yang dibuat tidak bersifat ofensif. Nintendo banyak melakukan perubahan dalam karakter wanita dalam game mereka supaya kelihatan lebih sopan. Bahkan mereka sempat menggantikan objek narkoba dengan pisang didalam plot game mereka.
            Pada tahun 1980, Nintendo membuat Game & Watch yang sukses dipasaran. selanjutnya pada tahun 1983, Nintendo meluncurkan Famicom atau Family Computer di jepang. Dan akhirnya mesin tersebut dibawa ke Amerika pada tahun 1985, dengan Super Mario Bros. Super Mario Bros. (スーパーマリオブラザーズ Sūpā Mario Burazāzu?, dikenal juga sebagai MarioSuper Mario atau SMB) adalah suatu permainan platform yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Nintendo pada akhir 1985 untuk konsol Nintendo Entertainment System. Permainan ini membawa pengaruh yang besar pada perkembangan dunia hiburan rumahan dan merupakan salah satu permainan terlaris dengan penjualan lebih dari 40 juta salinan hingga saat ini. Dengan latar permainan yang cerah dan alur cerita yang berkembang, Super Mario Bros. berhasil mengubah wajah industri permainan video. Dan pada tahun 1989 Nintendo juga mengeluarkan produk anyar mereka Game Boy yang dikembangkan oleh Yokoi.
            Nintendo membuat mainan anak anak yang terdiri dari aneka ragam plastik berbentuk batu bata yang bisa disusun untuk membentuk aneka rupa objek yang dikehendaki. Sangat mirip dengan produk yang dibuat oleh LEGO. Kelihatannya LEGO merasa tidak senang dan membawa kasus ini ke pengadilan. Namun, Nintendo berhasil memenangkan kasus tersebut dengan dasar produknya tidak semuanya berbentuk kotak seperti yang dimiliki oleh LEGO.

            Nintendo menamakan mainan anak anak tersebut N&B Blocks. Mainan ini ternyata meraup sukses dipasaran. Dan ditahun 1990, Nintendo mengeluarkan GameBoy yang juga mereferensi ke jenis mainan tersebut. Game Nintendo yang lain yang juga mereferensikan ke hal yang sama adalah Super Mario Land 2: 6 Golden Coins .

            Game Boy berkembang menjadi Game Boy Pocket dan Game Boy Color yang hanya memiliki spesifikasi yang sedikit berbeda dengan versi original. Lalu kesuksesan Game Boy diteruskan dengan Game Boy Advance (GBA) yang memiliki teknologi mirip dengan SNES, yang juga akhirnya diupdate menjadi Game Boy Advance SP, yang merupakan versi flip dari GBA. Sebelum masa GBA selesai, Nintendo juga memperkenalkan GBA Micro yang lebih kecil dari GBA original.
            Lalu seusai Game Boy Advance, Nintendo membuat kejutan dengan Nintendo DS yang memiliki spesifikasi mirip dengan Nintendo 64 namun memiliki tidak 1 tapi 2 layar LCD. Salah satu dari layar tersebut merupakan layar sentuh yang digunakan dalam permainan. Nintendo DS terus berjaya meskipun mendapatkan persaingan sengit dari PSP yang memiliki kemampuan grafis lebih baik, dan Nintendo makin sukses dengan me-remake DS menjadi DS Lite dengan tampilan lebih ramping dan stylish. Dan pada 2008 lalu, Nintendo mengumumkan Nintendo DSi, yang mirip dengan DS hanya saja memiliki layar lebih besar, kualitas suara lebih baik, bulit in Web Browser dan 2 kamera.
            Sedangkan dari sisi konsol, Nintendo Entertainment System atau NES dilanjutkan dengan Super Famicom di jepang atau Super Nintendo Entertainment System (SNES) di Amerika. Nintendo berikutnya memperkenalkan Nintendo 64 yang memiliki kemampuan 3D terhebat dijamannya, dan juga memperkenalkan penggunaan Analog Stick yang baik pada konsol, Nintendo 64 juga memiliki 4 port kontroller namun sayang pada masa ini Nintendo harus kalah dengan Sony yang sukses dengan PlayStation mereka.
            Ditahun 2000 Nintendo mencoba terjun di dunia telepon pintar. Misi mereka adalah memadukan game kedalam alat komunikasi tersebut. Untuk riset produk tersebut , Nintendo bekerja sama dengan Nokia. Namun hasil riset ini ternyata ditolak untuk dikembangkan secara komersil oleh para direktur Nintendo.
            Berikutnya Nintendo meluncurkan GameCube, dimana konsol tersebut merupakan konsol pertama Nintendo yang menggunakan media Kepingan Disc.
            Nintendo mengakhiri tahun 2010 dengan sebuah prestasi yang mengagumkan. Dimulai dengan konsol Nintendo Wii yang berhasil mencatat penjualan kurang lebih 7 juta unit selama tahun 2010 kemarin, membukukan penjualan total hingga 34 juta unit di Amerika Serikat sejak peluncuran pertamanya. Nintendo DS, sang handheld, bahkan dapat dikatakan menguasai pasar industri game di sana. Dengan angka penjualan hingga 47 juta unit sejak perilisannya November 2004, Nintendo DS merupakan menjadi perangkat permainan game dengan penjualan tertinggi sepanjang sejarah industri game di Amerika Serikat.
            Nintendo sepertinya tidak akan berhenti begitu saja. Lalu munculnya Nintendo 3DS dan jajaran game berkualitas yang akan masuk ke dalamnya, bukannya tidak mungkin mereka akan mencatatkan sebuah rekor baru kembali di beberapa tahun yang akan datang.
            Dan juga di pameran video game terbesar, "Electronic Entertainment Expo 2012" di Los Angeles, Amerika Serikat kemarin, dimanfaatkan oleh Nintendo untuk memperkenalkan konsol game terbarunya, Nintendo Wii U. Wii U merupakan konsol game mobile yang juga bisa terintegrasikan ke televisi, tanpa perlu menggunakan kabel.

            Selain produk-produk diatas, Nintendo juga pernah mengeluarkan game yang bertemakan tentang anjing. Nama gamenya adalah Nintendogs. Shigeru Miyamoto, pembuat game tersebut mengatakan bahwa alasan dia memilih game bertemakan anjing adalah karena ia memiliki anjing kesayangan yang disebut Pikku. Pikku sendiri adah anjing dari jenis Shetland Sheepdog.
            Maskot Nintendo yaitu Mario Bros. Mario adalah karakter fiksi pada permainan video, diciptakan oleh desainer permainan video, Shigeru Miyamoto pada tahun 1983. Menjadi maskot Nintendo, Mario telah mucul pada lebih dari 200 permainan video sejak pembuatannya. Mario kini banyak muncul dalam berbagai jenis permainan video, seperti balapan, puzzle, permainan peran, fighting, olahraga, dan lainnya.

            Mario digambarkan sebagai tukang kayu juga tukang ledeng Italia yang pendek dan gemuk di Kerajaan Jamur. Pada serial Mario, ia berkali-kali menghentikan rencana Bowser menculik Princess Peach dan menaklukan Kerajaan Jamur. Ia juga memiliki teman dan musuh lain.


            Sebagai maskot Nintendo, Mario adalah salah satu karakter paling terkenal dalam sejarah permainan video, dan Mario menjadi sinonim dengan permainan video. Permainan Mario telah terjual lebih dari 201 juta unit, menjadikan serial Mario sebagai serial permainan video paling banyak terjual.

            Kesuksesan dari Nintendo ini patut diteladani. Alasan saya menulis perkembangan Perusahaan Nintendo karena saya menyukai dan juga  menggunakan produk-produk yang dihasilkan Nintendo. Dan menurut saya, produknya sangat menarik untuk digunakan oleh para penggunanya.

 Sumber:
http://id.wikipedia.org/wiki/Super_Mario_Bros.
http://bandargame.wordpress.com/wii/sejarah-nintendo-dari-kartu-hingga-remote/
http://www.satuindonesia.com.au/content.php?356-10-Fakta-Sejarah-dan-Perkembangan-Nintendo
http://www.nintendo.com/corp/history.jsp
http://teknologi.news.viva.co.id/news/read/322761-foto--konsol-game-terbaru-dari-nintendo
http://agil984764.blogspot.com/2011/01/sejarah-nintendo.html

1 komentar: