Kamis, 27 September 2012

Tugas 5 - Perkembangan Mobil

Brummm... Brumm...
           
           Berpergian merupakan suatu hal yang wajib bagi manusia di era sekarang.  Mereka berkenala ke berbagai daerah dari berbagai penjuru kota, maupun dunia.  Salah satu cara agar dapat berpergian diantaranya adalah dengan mengendarai mobil.  Dengan mobil, mereka yang ingin berpindah tempat ke daerah lain menjadi lebih nyaman.  Beberapa manfaat dari kendaraan tersebut antara lain adalah, perjalanan di darat memakan waktu yang lebih sedikit, keamanan terjamin, mudah digunakan, dan masih banyak lagi.  Namun, apakah kita mengerti mengenai awal pembuatan atau sejarah dari kendaraan tersebut?                                                                                                                                                                                                                                                                              
            Mobil, berasal dari kata automobil, yang berasal dari bahasa Yunani ‘autos’ yang berarti sendiri, dan bahasa Latin ‘movere’ yang berarti bergerak.  Sedangkan mobil itu sendiri mempunyai arti yaitu kendaraan beroda empat atau lebih yang membawa mesin sendiri.  

            Sejarah dari mobil itu sendiri berasal dari kendaraan yang bekerja dengan uap yang pertama kali didesain oleh Ferdinand Verbiest, sekitar tahun 1672.  Ia mendesain mainan kendaraan berukuran 65 cm untuk kerajaan Cina, namun tidak bisa membawa penumpang.  Pada tahun 1752, Leonty Shamshurenkov, seorang berkebangsaan Russia, membuat konstruksi sebuah kendaraan bertenaga manusia.  Ia juga melengkapi kendaraan buatannya dengan odometer.  Kendaraan yang ia buat hampir sama dengan sebuah kereta salju.  Kendaraan bertenaga uap pertama dibuat pada akhi abad 18.  Nicolas-Joseph Cugnot dengan sukses mendemonstrasikan kendaraan roda tiga itu pada tahun 1769.  Kendaraan pertama tersebut menggunakan tenaga mesin uap, mungkin peningkatan mesin uap yang paling dikenal, dikembangkan di Birmingham, Inggris oleh Lunar Society.  Dan juga di Birmingham, mobil tenaga bensin pertama kali dibuat di Britania pada tahun 1896 oleh Frederick William Lanchester yang juga mematenkan rem cakram.  Pada tahun 1890-an, etanol digunakan sebagai sumber tenaga di Amerika Serikat.  Penemuan Cugnot, penggunaanya dapat dilihat secara rendah di tempat asalnya Prancis, dan penemuan tersebut diteruskan ke Britania, dimana Richard Trevithick menjalankan gerobak uap pada tahun 1801.  Kendaraan tersebut dianggap aneh pada awalnya, namun penemuan dalam decade setelahnya, seperti rem tangan, transmisi multi-kecepatan, dan peningkatan kecepatan serta setir, membuatnya sukses.  

Replika Benz Motorwagon
            Paten mobil petama di Amerika Serikat diberikan kepada Oliver Evans pada tahun 1789.  Pada tahun 1804, Evans mendemonstrasikan mobil pertamanya, yang bukan hanya mobil pertama di Amerika Serikat, tapi juga merupakan kendaraan amfibi pertama, yang kendaraan tenaga uapnya sanggup jalan di darat menggunakan roda, dan di air mnguunakan roda padel.  Umumnya, mobil pertama mesin pembakaran dalam yang menggunakan bensin dibuat hampir bersamaan pada tahun 1886, oleh penemu Jerman yang bekerja secara terpisah, Karl Benz, pada 3 Juli 1886 di Manneheim, dan Gottlieb Daimler dan Wilhelm Mayback di Stuttgart.  Pada 5 November 1895, George B. Selden diberikan paren Amerika Serikat untuk mesin mobil dua tak.  Paten ini memberi dampak negatif pada perkembangan industry mobil di Amerika Serikat.  Penerobosan spektakuler dilakukan oleh Berta Benz pada 1888.  Mesin uap, listrik, dan bensin, bersaing untuk beberapa dekade dengan mesin bensin pembakaran dalam meraih dominasi pafa tahun 1910-an.  Garis-garis produksi skala besar pembuatan mobil harga terjangkau dilakukan oleh Oldsmobile pada tahun 1902, dan kemudian dikembangkan besar-besaran oleh Henry Ford pada 1910-an.  Dalam periode dari 1900 ke pertengahan 1920-an, perkembangan tekologi otomotif sangat cepat, disebabkan oleh jumlah besar pembuatan mobil-mobil kecil yang semuanya bersaing untuk mendapatkan perhatian dunia.  

Mobil "Velo" Karl Benz
           Pada tahun 1930-an, kebanyakan teknologi dalam permobilan sudah banyak diciptakan, walaupun sering ditemukan kembali dikemudian hari dan diberikan kredit ke orang lain.  Misalnya, pengemudian roda depan diciptakan kembali oleh Andre Citroen dalam peluncuran Traction Avant pada tahun 1934,  meskipun teknologi ini sudah muncul beberapa tahun sebelumnya dalam mobil yang dibuat oleh Alvis dan Cord, dan di dalam mobil balap yang dibuat oleh Miller (mungkin telah muncul pada awal 1897).  Setelah 1930, jumlah produsen mobil berkurang drastis berpasan dengan industri saling bergabung dan matang.  Sejak 1960, jumlah produsen hampir tetap, dan inovasi berkurang.  Dalam banyak hal, teknologi baru hanya perbaikan dari teknologi sebelumnya.  Dengan pengecualian dalam penemuan manajemen mesin, yang masuk pasaran pada 1960-an, ketika barang-barang elektronik menjadi cukup murah untuk produksi massal dan cukup kuat untuk menangani lingkungan yang kasar pada mobil.  Dikembangkan oleh Bosch, alat elektronik ini dapat membuat buangan mobil berkurang secara drastis sambil meningkatkan efisiensi dan tenaga.      

Ford Model T
            Dengan dikendarainya mobil, tentu saja pasti terjadi beberapa kecelakaan, berikut ini adalah catatan sejarah mengenai kecelakaan pada masa awal pembuatan mobil.  Kecelakaan mobil hampir sama tua dengan mobil itu sendiri. Joseph Cugnot menabrak mobil tenaga-uapnya "Fardier" dengan tembok pada 1770. Kecelakaan mobil fatal pertama kali yang dicatat adalah Bridget Driscoll pada 17 Agustus 1896 di London dan Henry Bliss pada 13 September 1899 di New York City.  Setiap tahun lebih dari sejuta orang tewas dan sekitar 50 juta orang terluka dalam lalu lintas (menurut perkiraan WHO).  Penyebab utama kecelakaan adalah pengemudi mabuk atau dalam pengaruh obat, tidak perhatian, terlalu lelah, bahaya di jalan (seperti salju, lubang, hewan, dan pengemudi teledor).   Fasilitas keamanan telah dibuat khusus di mobil selama bertahun-tahun.  Mobil memiliki dua masalah keamanan dasar: mereka memiliki pengemudi yang sering kali berbuat kesalahan dan ban yang kehilangan gesekan ketika pengereman mendekati setengah gravitasi.  Kontrol otomatis telah diusulkan dan dibuat contoh.  Riset awal memfokuskan pada peningkatan rem dan mengurangi bahaya api sistem bahan bakar.  Riset sistematik dalam keamanan tabrakan dimulai pada 1958 di Ford Motor Company.  Sejak itu, banyak riset memfokuskan pada penyerapan energi luar dengan panel yang mudah hancur dan mengurangi gerakan manusia pada ruang penumpang.   Ada tes standar keamananan mobil, seperti Euro NCAP dan USNCAP.  Ada juga tes yang dibantu oleh industri asuransi.  Meskipun peningkatan dalam teknologi, angka kematian dari kecelakaan mobil tetap tinggi, di AS sekitar 40.000 orang meninggal setiap tahun, angka yang tetap bertumbuh sesuai dengan peningkatan populasi dan perjalanan, dengan tren yang sama di Eropa.  Angka kematian diperkirakan akan menjadi dua kali lipat di seluruh dunia pada 2020.  Angka yang lebih banyak dari kematian adalah luka dan cacat.

            Sekarang ini, beberapa mobil terkenal semakin marak di kalangan dunia ini, seperti Ferrari dan Lamborghini.  Tidak seperti Ferrari yang wajib mengikuti F1, Lamborghini sendiri hanya menjadi suplier mesin di musim 1989 s.d. 1993 lewat tim Lotus, Minardi, Ligier, Modena & Larrousse.  Lamborghini beberapa kali sempat hampir gulung tikar.  Akhirnya di tahun 1998 nasib Lamborghini terselamatkan setelah dibeli oleh Audi (Volkswagen Group).  Setelah dibeli oleh Audi, Lamborghini tetap mempertahankan nilai-nilai sebuah karya seni.  Pembuatan mobil mulai dari pengecatan, pembuatan bodi, perakitan mesin, instalasi kabel, interior dan sebagainya masih mengandalkan tangan-tangan terampil.  Hampir sebagian besar namanama mobil Lamborghini diambil dari nama-nama banteng.  Diketahui, Ferrucio Lamborghini memang terlahir dalam naungan zodiak Taurus.  Jadi, bukan kebetulan jika mobil- mobil dari Lamborghini selalu menggunakan namanama banteng.  Contohnya, Lamborghini Miura.  Model produksi pertama dari Lamborghini ini mengambil nama dari banteng aduan milik pengusaha kaya Sevilla, Eduardo Miura.  Kebetulan Eduardo Miura memiliki hubungan baik dengan Feruccio.  Selama berkunjung ke Sevilla, Ferrucio kerap terkagum-kagum dengan banteng milik Eduardo Miura.  Saat ini Ferrucio Lamborghini tidak lagi pemilik merek dan juga sudah meninggal dunia, tradisi penggunaan nama-nama dari banteng tersebut tetap dipertahankan.  Beberapa nama mobil yang diberikan sepeninggalan Ferrucio Lamborghini Lamborghini Gallardo dan yang paling baru, Lamborghini Aventador.  Gallardo adalah nama salah satu banteng aduan paling tangguh yang ada di Spanyol medio 2000-an.  Ketangguhan banteng ini sangat terkenal karena dari banteng ini didapatkan satu keluarga yang semuanya memiliki kekuatan yang sangat baik.  Hal yang sama juga terjadi pada Lamborghini Aventador yang disebut-sebut sebagai pengganti dari Lamborghini Murcielago.  Sebagian besar model Lamborghini diproduksi dengan mesin 12 sillinder dalam konfigurasi V (V12), meskipun model terbarunya, Gallardo, menggunakan mesin V10.  Yang jelas, Lamborghini tak pernah memproduksi mobil dengan mesin kurang dari V8.
 
Lamborghini Murcielago
Mobil yang terus berkembang, sekarang memasuki era “Super Car”, yang melebihi “Sport Car”.  Diantaranya adalah mobil Bugatti yang mencatat rekor mobil tercepat di jalan raya.  Bugatti Veyron Super Sport tersebut dinobatkan sebagai mobil termahal didunia dengan harga USD 2,6 juta.  Mobil ini sendiri dibuat oleh anak perusahaan Volkswagen AG, Bugatti Automobiles SAS di pabriknya di Molsheim, Perancis.  Nama mobil ini diambil dari nama seorang pembalap dari Perancis, Pierre Veyron yang pada tahun 1939 berhasil memenangkan 24 hours of Le Mans.  Mobil ini juga diklaim sebagai mobil tercepat di dunia versi Guinness World of Record dengan kecepatan menembus 431 km/jam.  Dari balik kap mesin teronggok mesin bertenaga 1.200 PS dengan torsi 1.500 Nm.   Tenaga itu 200 PS lebih besar dari versi Veyron standar.  Mobil Bugatti Veyron Super Sport ini mempunyai keunggulan dalam Model ‘Sang Noir’ 431km/jam dan merupakan contoh unik Super Sport yang hanya ada 30 model.  Mobil bertenaga mesin delapan liter quad-turbocharged ini mampu menghasilkan tenaga kolosal 200-1.200 bhp yang jelas melebihi standar Veyron.  Model ini masuk lini produksi di Molsheim, Prancis dan dipamerkan di Geneva Motor Show tahun ini.  Untuk meraih tingkat aerodinamika yang tinggi, bodi disempurnakan lagi.  Penyempurnaan termasuk pada struktur cangkang tunggal yang semuanya dari karbon.  Bahan ini tak cuma membuat bobot berkurang, tapi keselamatan pun terjamin.  Dari penyempurnaan itu, akselerasi 0-100 km/jam dapat dicapai hanya dalam waktu 2,5 detik.  Dicoba 0-200 km/jam, hanya butuh 7,3 detik, lalu 0-300 km/jam dicapai dalam waktu 15 detik. 

Bugatti Veyron
Perkembangan mobil memang sangat membantu kita dalam perjalanan sehari-hari, maupun pekerjaan.  Oleh karena itu, kita sebaiknya tetap menjaga keaslian kepingan sejarah yang telah lama ada sejak tahun 1672 tersebut untuk penerus bangsa dikemudian harinya.

Sumber : www.wikipedia.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar