Kamis, 20 September 2012

Tugas-5 Perkembangan Konsol Game


Perkembangan Konsol Game

Game (Permainan)merupakan sebuah aktivitas rekreasi dengan tujuan bersenang-senang, mengisi waktu luang, atau berolahraga dan santai. Permainan biasanya dilakukan sendiri atau bersama-sama.Game bermula pada tahun 1972, pada saat itu, orang masih belum mengenal apa itu konsol, apa itu game komputer, yang ada hanya istilah ”video game”, yaitu sebuah permainan elektronik yang menampilkan gambar bergerak (video).Super Mario, Pokemon, Cooking Mama adalah beberapa judul video game yang sudah akrab di telinga kita. Kali ini saya tidak akan membahas game itu sendiri, melainkan konsol game.
                Sebenarnya apa itu konsol game? Konsol permainan adalah sebuah mesin elektronik yang dirancang khusus untuk memainkan permainan video. Perangkat penampil grafiknya dapat berupa monitor komputer atau televisi, alat pengendalinya disebut joystick atau controller.Konsol game telah mengalami perkembangan yang sangat pesat sejak pertama kali diciptakan. Pada tahun 1972, sebuah perusahaan bernama Magnavox meluncurkan konsol game pertama, yaitu Odyssey. Tetapi sayangnya Odyssey bukanlah sebuah mesin yang sukses, penjualannya tidak terlalu tinggi angkanya. 
Konsol Odyssey

          Tidak lama setelah Odyssey mengalami ‘kegagalan’, perusahaan game Atari menciptakan sebuah game legendaris yang berjudul Pong. Pong merupakan sebuah game sederhana yang mengambil konsep permainan tenis, satu bola dan 2 papan di kiri dan kanan, pemain sebisa mungkin harus berusaha mengembalikan bola ke daerah lawan.
                Pada tahun 1976, perusahaan yang bernama Fairchild menciptakan sebuah mesin yang bernama VES (Video Entertainment System). VES adalah mesin pertama yang disebut ”konsol”. Konsol ini menggunakan kaset magnetik yang disebut cartridge. Konsep ini kemudian diikuti oleh beberapa produsen lain, termasuk Atari. Ada beberapa perusahaan lain yang memperkenalkan konsol game ciptaan mereka seperti Fairchild Channel F dan Coleco Telestar. Namun konsol game baru mulai ‘booming’ saat Atari 2600 diluncurkan.                                                 
             Atari 2600 dirilis bulan Oktober 1977 dan dikenal dengan nama Atari VCS (Video Computer System), kemudian berganti nama menjadi Atari 2600 setelah Atari 5200 dirilis. Atari 2600 dilengkapi dengan dua buah joystick, dua paddle, dan satu kaset, umumnya Combat atau Pac-Man.Atari 2600 adalah konsolgame pertama dimana para konsumen dapat mengganti kaset permainan, tidak seperti konsol game lain pada saat itu yang biasanya hanya memiliki permainan yang telah ada secara permanen tertanam di dalam konsol permainan. Pada masa keemasannya, Atari sempat menjadi konsol game termahal di dunia dengan harga sekitar Rp 1.400.000,-.
Atari 2600
                Setelah Atari 2600, pada tahun 1982 Atari merilis Atari 5200 Super System, atau biasa hanya disebut Atari 5200. Konsol ini secara teknologi lebih unggul, tetapi sejumlah cacat dan kekurangan pada konstruksi menyebabkan dampak serius pada penggunaannya sehingga konsol game ini seringkali disebut sebagai ‘produk gagal’. Atari 5200 juga dirilis untuk menyaingi Mattel Interlllivision, konsol game lain yang dikeluarkan oleh Mattel.
                Namun pada tahun 1983, dunia video game kembali ambruk. Game-game yang kurang kreatif membuat konsol kembali mendapat sambutan dingin, apalagi, PC saat itu menjadi semakin canggih. Orang lebih memilih membeli PC ketimbang konsol video game, selain untuk bermain, PC juga produktif untuk bekerja.
                Kampanye seperti inilah yang terjadi di pasar dan membuat hampir seluruh perusahaan konsol mengalami kebangkrutan. Dan tahun 1983 ini menjadi titik di mana game-game komputer (PC Game) semakin berkembang pesat, hingga saat ini. Pelopor PC ber-game saat itu adalah Commodore 64, konsol sekaligus personal computer yang menyediakan tampilan grafis 16-warna dan memiliki kapasitas memori jauh lebih baik dari konsol videogame model apa pun.
                Hancurnya dunia konsol, menggugah perusahaan bernama Famicom untuk mencoba industri videogame kembali. Perusahaan Jepang ini menciptakan gebrakan baru, sebuah konsol bernama Famicom/Nintendo Entertainment System (NES) dirilis di akhir 1983. Konsol ini menampilkan gambar dan animasi resolusi tinggi untuk pertama kalinya. Setelah mendapat sambutan hangat di Jepang, Famicom memperluas pemasarannya ke Amerika, yang dikenal dengan NES (Nintendo Entertainment System). Nintendo memiliki chip pengaman pada cartridge game mereka, dengan demikian seluruh game yang akan dirilis haruslah seijin developer Nintendo. Dan akhirnya, muncul sebuah game legendaris, Super Mario Brothers, yang dibintangi karakter fenomenal yang tetap eksis hingga kini, Mario.
NES

                Atari terus memproduksi konsol game baru. Atari 7800 adalah konsol game yang di rilis pada bulan Juni 1986. Atari 7800 di desain untuk menggantikan konsol Atari 5200 yang kurang sukses di pasaran, dan bertujuan untuk mendirikan lagi supremasi pasar Atari melawan Intellivision and Colecovision. Atari menanggapi semua kekurangan Atari 5200 dengan mengubah desain di Atari 7800 hingga memiliki joystick yang simpel dan kompatibel penuh dengan sistem konsol sebelumnya yaitu Atari 2600. Namun Atari sudah seperti terlupakan karena terlanjur jatuh saat menciptakan Atari 5200 yang dianggap sebagai ‘produk gagal’.
                NES mendapat sambutan hangat di seluruh dunia.Kesuksesan pasti menuai lawan, jadilah sebuah perusahaan bernama Sega mencoba menyaingi Nintendo. Pada tahun 1988, Sega merilis konsol next-generation mereka, Sega Mega Drive (Sega Genesis). Konsol ini menyajikan gambar yang lebih tajam dan animasi yang lebih halus dibanding NES. Konsol ini cukup berhasil memberi tekanan, tetapi NES tetap bertahan dengan angka penjualan tinggi. Dua tahun berselang, pada 1990, Nintendo kembali menggebrak dengan konsol terbaru mereka, SNES (Super Nintendo Entertainment System). Selama 4 tahun, Nintendo dan Sega menjadi bebuyutan, meskipun ada beberapa produsen seperti SNK dengan NeoGeo-nya, NEC dengan TurboGrafx-16 dan Phillips CD-i, tapi kedua konsol mereka begitu handal dan populer.               
                Mulai dari 1990 sampai 1994, Sega dan Nintendo tetap bersaing. Berbagai game fenomenal dirilis. SNES menyertakan chip Super FX pada cartridge mereka, dan Sega menggunakan Sega Virtua Processor, keduanya bertujuan untuk meningkatkan kualitas grafis dari game. Alhasil, SNES dan Sega saling beradu dengan game-game keren seperti Donky Kong Country (SNES) dan Vectorman (Sega).
                Pada tahun 1993, sebuah perusahaan ternama yaitu Panasonic beserta Sanyo, Goldstar dan perusahaan lain mencoba merilis konsol game baru yang bernama 3DO Interactive Multiplayer, atau umumnya disebut 3DO. Ini adalah konsol pertama yang menggunakan CD sebagai pengganti cartridge. Konsol ini dibuat menurut spesifikasi yang dibuat oleh perusahaan 3DO, dan didesain oleh Dave Needle dan RJ Mical dari New Technology Group. Sistem konsol ini disusun oleh pengusaha dan pemilik perusahaan EA Games. Dikarenakan promosi peluncuran yang terlalu besar dan biaya pembuatan/teknologi yang besar, konsol ini menjadi mahal ($699.95 dollar Amerika saat dirilis), membawa 3DO segera bangkrut dengan cepat.
3DO

Nintendo terus merilis konsol game terbaru. Nintendo 64 atau dikenal juga N64 merupakan konsol game generasi kelima yang dikeluarkan oleh Nintendo, bekerja sama dengan produsen workstation Silicon Graphics Inc. Nintendo 64 sangat revolusioner di masanya dengan memperkenalkan teknologi-teknologi baru yang kemudian diikuti oleh para pesaingnya seperti Sony PlayStation dan Sega Saturn. Teknologi tersebut antara lain teknologi getar Rumble Pak (yang kemudian dikenal dalam PlayStation sebagai DualShock) serta memperkenalkan stik analog yang memungkinkan pemain menjelajahi ruang 3-D dengan lancar. Teknologi stik analog membuka babak baru dalam pengontrolan dari ruang 2-D ke ruang 3-D, dan sangat sukses sehingga kompetitor lain seperti Sony PlayStation dan Sega Saturn mengikuti Nintendo dengan menyertakan stik analog dalam konsol game buatan mereka.
                Nintendo 64 juga merupakan console game pertama yang menyertakan fungsi Anti-Aliasing dengan filter bilinear secara real-time.Selain itu, Nintendo 64 juga mendapat posisi pertama dan terpilih sebagai console game terbaik dalam G4 baru baru ini dalam acara 10 Konsol Game Terbaik. Nintendo 64 kurang dikenal luas di Indonesia, salah satu penyebabnya karena Nintendo 64 menggunakan medium cartridge/kaset untuk menyimpan data, yang lebih mahal dan lebih susah dicopy/dibajak dibandingkan dengan medium CD yang digunakan oleh PlayStation dan Sega Saturn. Pengembangan software Nintendo 64 berakhir pada tahun 2001 setelah rilis sekitar 350 judul game dan 40 juta unit Nintendo 64 terjual.
                Selanjutnya, tahun 1994, Atari kembali meluncurkan konsol baru untuk menandingi Nintendo dan Sega. Atari Jaguar jelas jauh lebih canggih ketimbang NES maupun Mega Drive, tetapi penggunaannya yang sulit menjadi batu sandungan, belum lagi, pada tahun yang sama, Sony merilis konsol super legendaris, PlayStation.
                PlayStation adalah konsol permainan grafis dari era 32-bit. Pertama kali diproduksi oleh Sony sekitar tahun 1990. PlayStation diluncurkan perdana di Jepang pada 3 Desember 1994, di Amerika Serikat 9 September 1995 dan Eropa 29 September 1995. PlayStation menjadi sangat terkenal sehingga membentuk "Generasi PlayStation". Dari sekian banyak game PlayStation, beberapa yang terkenal adalah: Tomb Raider, Final Fantasy, Resident Evil, Tekken, Winning Eleven, dan lain lain.
                PlayStation 2 (PS2) adalah konsol video game kedua dari Sony, setelah PlayStation. Pengembangannya diumumkan pada April 1999, dan diedarkan pertama kali di Jepang pada 4 Maret 2000. Versi AS dilepas pada 26 Oktober 2000. Di tahun pertama PlayStation 2 mengalami penjualan yang relatif sedikit, namun saat ini telah tumbuh menjadi konsol game paling populer dengan terjualnya 90 juta unit.
PlayStation 2
                Xbox adalah konsol permainan video generasi ke-6 buatan Microsoft, dan merupakan konsol permainan video pertama bagi perusahaan Microsoft. Pertama kali dirilis tanggal 15 November 2001. Beberapa judul perangkat lunak permainan yang terkenal untuk konsol ini adalah Halo: Combat Evolved, Amped: Freestyle Snowboarding, Dead or Alive 3, Project Gotham Racing, dan Oddworld: Munch's Oddysee. Sistem penyimpanan konsol Xbox adalah Harddisk dan Memory Card.
Sony terus menciptakan konsol game yang lebih canggih. Playstation3 atau disingkat PS3 adalah penerus dari PlayStation dan PlayStation 2 dan akan bersaing dengan Xbox 360 dari Microsoft dan Wii dari Nintendo. Teknologi terbaru yang digunakan adalah cell processornya, tipe prosesor yang benar-benar dioptimalkan untuk melakukan operasi floating point. Kemampuan cell processor untuk melakukan operasi floating point sangat baik karena cell processor merupakan arsitektur vektor processor. Selain itu GPU dibuat sendiri bekerjasama dengan NVidia.
xbox360
                Sementara itu, Nintendo mengeluarkan Wii yang merupakan penerus Nintendo GameCube. Inovasi utamanya adalah kontroler (joystick) yang merespon terhadap letaknya dalam ruang fisik tiga dimensi yang terletak di depan. Wii lebih menitik beratkan pada keasyikan bermain dibandingkan tampilan grafik beresolusi tinggi seperti yang dimiliki kedua konsol tersebut. Bentuknya yang kecil, serta harga yang murah merupakan hal-hal yang menjadi keunggulan konsol ini dibandingkan kedua konsol saingannya.
Microsoft tidak mau kalah dengan Nintendo sehingga mereka mengeluarkan penerus Xbox, yaitu Xbox 360 ("tiga-enampuluh”). Xbox 360 adalah konsol pertama yang dapat memutar film HD-DVD dengan membeli paketnya terlebih dahulu, yang akan direlease kemudian. Xbox 360 juga adalah konsol pertama yang menggunakan stik wireless. Andalan Xbox 360 adalah grafis dan kemampuan onlinenya. Xbox Live adalah salah satu fitur online yang ditawarkan Microsoft selaku produsennya.
                Demikian adalah perkembangan konsol game seiring waktu. Walaupun hanya beberapa puluh tahun yang berlalu, teknologi sudah bertambah sedemikian canggihnya hingga kita para gamers dapat merasakan sensasi gaming yang baru dengan tiap konsol yang berbeda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar