Jumat, 21 September 2012

Tugas 5 - Perkembangan Gitar Gibson



Perkembangan Gitar Gibson

Sejarah Gitar
Gitar adalah sebuah alat musik berdawai yang dimainkan dengan cara dipetik, umumnya menggunakan jari maupun plektrum. Gitar terbentuk atas sebuah bagian tubuh pokok dengan bagian leher yang padat sebagai tempat senar yang umumnya berjumlah enam didempetkan. Gitar secara tradisional dibentuk dari berbagai jenis kayu dengan senar yang terbuat dari nilon maupun baja. Beberapa gitar modern dibuat dari material polikarbonat. Secara umum, gitar terbagi atas 2 jenis: akustik dan elektrik.
Gitar akustik, dengan bagian badannya yang berlubang (hollow body), telah digunakan selama ribuan tahun. Terdapat tiga jenis utama gitar akustik modern: gitar akustik senar-nilon, gitar akustik senar-baja, dan gitar archtop. Gitar klasik umumnya dimainkan sebagai instrumen solo menggunakan teknik fingerpickingkomprehensif.
Gitar elektrik, diperkenalkan pada tahun 1930an, bergantung pada penguat yang secara elektronik mampu memanipulasi bunyi gitar. Pada permulaan penggunaannya, gitar elektrik menggunakan badan berlubang (hollow body), namun kemudian penggunaan badan padat (solid body) dirasa lebih sesuai. Gitar elektrik terkenal luas sebagai instrumen utama pada berbagai genre musik seperti blues, country, reggae, jazz, metal, rock, dan berbagai bentuk musik pop.

Dunia permusikan, sebagaimana dunia teknologi, akan selalu berkembang sesuai dengan keinginan konsumen. Karena itu, orang-orang ini terus melakukan perkembangan terhadap teknologi dan bisnis di bidang alat musik.Kualitas produk mereka yang dipercaya para musisi kelas dunia ternyata tidak diakui begitu saja. Mereka harus melalui sejarah panjang agar mencapainya.
Berikut ini adalah pendiri produk musik yang memiliki sejarah panjang tersebut.

Orville H. Gibson (1856, Chateaugay, New York – 21 Agustus 1918, Ogdensburg, New York) adalah seorang luthier (ahli reparasi senar) yang mendirikan Gibson GuitarCorporation di Kalamazoo, Michigan pada tahun 1902. Ia ahli pembuat gitar, mandolin dan instrument lainnya.
Gibson memulai usahanya pada tahun 1894 di bengkel rumahnya di Kalamazoo, Michigan. Tanpa pelatihan formal, Orville mampu menciptakan desain yang inovatif bagi mandolin dan gitar, dengan headstock diukir dan melengkung seperti sebuah biola. Ciptaannya begitu berbeda, sehingga ia diberi hak paten pada desainnya. Orville membuat itu semua dengan hanya bermodalkan lemari jati yg sudah tak terpakai, sehingga lebih keras dan lebih tahan lama daripada instrumen lain saat itu. Sehingga permintaan para musisipun langsung membeludak.
Dengan kekuatan ide Orville Gibson, lima pengusaha Kalamazoo (nama perusahaan awal Gibson) membentuk Gibson Gitar Mandolin Mfg Co, Ltd, pada tahun 1902. Dalam waktu singkat setelah perusahaan itu dimulai, lima pengusaha tersebut memaksa Gibson; “Orville H. Gibson akan dibayar hanya untuk waktu yang sebenarnya ia bekerja untuk Perusahaan.” Sesudah waktu itu, tidak ada indikasi yang jelas apakah ia bekerja di sana penuh-waktu, atau sebagai konsultan. Orville Gibson dianggap agak eksentrik, sehingga semua orang bertanya-tanya apakah selama bertahun-tahun ini ia menderita semacam penyakit mental atau tidak.
Sejak tahun 1908, Orville Gibson digaji sebesar $ 500 oleh Gibson Mandolin-Guitar Manufacturing Co, Limited (setara dengan $ 20.000 per tahun dalam istilah modern). Dia sering dirawat inap di rumah sakit antara 1907 dan 1911. Pada tahun 1916, ia kembali dirawat di rumah sakit, dan meninggal pada 21 Agustus 1918 di St Lawrence State Hospital, rumah sakit jiwa di Ogdensburg, New York. Gibson dimakamkan di Pemakaman di Malone, New York.
1902-1950
Pada tahun 1902, Gibson Mandolin-Guitar Mfg Co, Ltd didirikan untuk memasarkan instrumen.Awalnya, perusahaan hanya memproduksi Orville Gibson desain aslinya. Menyadari perubahan tren, perusahaan mempekerjakan desainer Lloyd Loar pada 1919 untuk menciptakan instrumen baru. Selama tahun 1920-an Gibson bertanggung jawab atas banyak inovasi dalam desain gitar dan mandolin.

Pada tahun 1922, Gibson model mandolin F5 diperkenalkan. Model khusus yang kemudian dikenal sebagai yang paling bluegrass mandolin. Gibson segera menjadi produsen terkemuka archtop gitar, terutama model L-5, juga desain Loar. Loar meninggalkan perusahaan pada tahun 1924.

Pada tahun 1930, Gibson mulai mengeksplorasi konsep gitar listrik. Pada tahun 1936 mereka memperkenalkan pertama mereka "Electric Spanish" model, ES-150. Perusahaan lain yang memproduksi gitar listrik tapi Gibson umumnya diakui sebagai yang pertama yang sukses secara komersial gitar listrik. Instrumen lain juga; seperti steel guitar, banjo dan mandolin.
Awal Les Paul Gibson
Lester William Polsfuss (9 Juni 1915 - 12 Agustus 2009)-yang dikenal sebagai Les Paul-adalah gitaris jazz Amerika, penulis lagu dan seorang penemu. Dia adalah seorang pionir dalam perkembangan gitar listrik  yang "membuat suara rock and roll yang mungkin". Dia dikreditkan dengan merekam banyak inovasi. Meskipun ia bukan orang pertama yang menggunakan teknik ini, percobaan awal dengan overdubbing (juga dikenal sebagai suara pada suara), penundaan efek seperti tape delay, efek pentahapan dan merekam multitrack adalah di antara yang pertama untuk menarik perhatian luas.
Bakat inovatif Nya diperpanjang ke gaya bermain, trills, urutan akord, teknik resah dan waktu, yang membuatnya berbeda dari orang sezamannya dan gitaris banyak terinspirasi oleh dirinya sendiri. Dia menjual rekaman dengan istrinya, dia adalah Maria Ford pada 1950-an, dan mereka menjual jutaan rekaman.
Di antara banyak penghargaan, Paul adalah salah satu dari sedikit seniman dengan pameran, tetap berdiri sendiri di Aula Rock and Roll dari Fame.secara jelas dinamai oleh museum musik di situsnya sebagai "arsitek" dan "kunci dilantik "bersama dengan Sam Phillips dan Alan Freed.


Kehidupan awal
            Les Paul lahir Lester William Polsfuss luar Milwaukee, di Waukesha, Wisconsin, untuk George dan Evelyn (1888-1989) (née Stutz) Polsfus. Keluarganya adalah keturunan Jerman dan ibunya Paulus merupakan orang berkaitan dengan pendiri Milwaukee's Valentin Blatz Brewing Company dan pembuat mobil Stutz, orangtuanya bercerai ketika ia adalah nama keluarga child.The Prusia pertama kali disederhanakan oleh ibunya untuk Polfuss sebelum ia mengambil nama panggung Les Paul. Ia pertama kali tertarik dalam musik pada usia delapan tahun, ketika ia mulai bermain harmonika. Setelah belajar banjo, ia mulai bermain gitar. Ia selama ini waktu itu ia menemukan pemilik harmonika leher-usang, yang membuatnya bisa memainkan harmonika tangan-free saat menemani dirinya pada gitar.

Awal Karir
Paulus bermigrasi ke Chicago pada tahun 1934, di mana ia terus tampil di radio.pertamanya dua catatan yang dirilis pada tahun 1936. Salah satunya dikreditkan ke "Rhubarb Red", Paulus orang udik alter ego, dan yang lainnya sebagai pengiring untuk blues-artis Georgia Putih.

Jazz-gitar gaya Paulus sangat dipengaruhi oleh musik Django Reinhardt, yang ia sangat dikagumi. Setelah Perang Dunia II, Paul dicari dan berteman Reinhardt. Setelah kematian Reinhardt itu pada tahun 1953, Paulus dilengkapi nisan nya.Salah satu harta hadiah Paulus adalah Selmer Maccaferri gitar akustik yang diberikan kepadanya oleh janda Reinhardt's.

Paulus membentuk trio pada tahun 1937 dengan penyanyi irama gitaris Jim Atkins dan bassist / perkusi Ernie "Darius" Newton. Mereka meninggalkan Chicago untuk New York tahun 1939, mendarat dengan fitur tempat acara radio Fred Waring Pennsylvanians.  Paulus tidak puas dengan gitar akustik-listrik dan mulai bereksperimen di apartemennya di Queen NY dengan beberapa desainnya sendiri. Demi penampilan, ia menempelkan tubuh gitar hollow-body Epiphone, digergaji memanjang dengan kayu di tengah. Hal ini diselesaikan dua masalah utama: masukan, sebagai badan akustik tidak lagi beresonansi dengan suara diperkuat, dan mempertahankannya, sebagai energi dari string tidak merisau dalam menghasilkan suara melalui tubuh gitar. Instrumen ini terus-menerus ditingkatkan dan dimodifikasi selama bertahun-tahun, dan Paul terus menggunakannya dalam rekaman itu lama setelah pengembangan model eponim Gibson-nya.

Pencipta Gitar


           Gitar inovatif Paulus, "Log", dibangun setelah-jam di pabrik gitar Epiphone pada tahun 1940, adalah salah satu gitar listrik pertama . Adolph Rickenbacker telah dipasarkan gitar solid body di tahun 1930-an dan Leo Fender juga secara independen membuat sendiri pada tahun 1946. Meskipun Paulus mendekati Gibson Guitar Corporation dengan gagasannya tentang ssebuah gitar listrik padat, mereka tidak menunjukkan bunga sampai Fender mulai memasarkan Esquire nya yang kemudiandikenal sebagai model Telecaster.
Pengaturan ini bertahan sampai tahun 1961, ketika penjualan menurun,Gibson diminta untuk melakukan perubahan desain tanpa sepengetahuan Paul, menciptakan instrumen agresif yang tampak lebih tipis, lebih ringan dan lebih dengan dua "tanduk", bukan satu. Paulus mengatakan waktu  pertama kali melihat Gibson Les Paul yang "baru" dijendela toko musik,tidak menyukai itu. Meskipun kontraknya mengharuskan diauntuk berpose dengan gitar, dia mengatakan itu bukan alat "-nya" dan meminta Gibson untuk menghapus namanya dari headstock. Ada pula yang mengatakan bahwa Paulus berakhir kontrak dukungan dengan Gibson selama perceraian untuk menghindariistrinya mendapatkan uang dukungan itu, Gibson diganti namanya menjadi gitar"Gibson SG", yang merupakan singkatan dari "Solid Guitar", dan juga menjadi salah satu penjual perusahaan terbaik .

Kematian
Pada tanggal 12 Agustus 2009, Paulus meninggal karena komplikasi dari pneumoniadi White Plains Hospital di White Plains, New York. 
Keluarganya dan teman-teman Paul selamat oleh empat orang anaknya dan temannya Arlene Palmer.Pengacaranya mengatakan kepada media Paulus telah "dan keluar dari rumah sakit"karena penyakit.KonserNya terakhir berlangsung beberapa minggu sebelum kematiannya.

 Setelah kematiannya banyak seniman dan musisi membayar peti,oleh publik mengekspresikan kesedihan mereka. Setelah mengetahui kematian Paulus,  Guns N ' Roses   dan saat ini Velvet Revolver,dangitaris Slash memanggilnya "bersemangat dan penuh dengan energi positif.", sementara Richie Sambora, gitaris utama dari BonJovi, menyebutnya sebagai "revolusioner dalam bisnis musik" . Gitaris U2 The Edgeberkata, "warisan-Nya sebagai musisi dan penemu akan hidup dan pengaruhnyaterhadap rock and roll tidak akan pernah terlupakan."

Pada tanggal 21 Agustus 2009, ia dimakamkan di dekat Milwaukee di Waukesha,Wisconsin pada Prairie Home Cemetery yang menunjukkan bahwa plot itu akan berada di daerah di mana pengunjung dapat dengan mudah melihatnya. Seperti pemakamandi New York pada 19 Agustus, pemakaman itu pribadi, tetapi sebelumnya pada hari peringatan publik,tampilan peti mati tertutup diselenggarakan di Milwaukee di Discovery Dunia dengan 1.500 peserta yang ditawarkan tiket masuk gratis ke Les PaulHouse of Sound pameran untuk hari itu.

Perkembangan gitar Gibson sudah meluas, hampir di seluruh dunia ada gitar Gibson, dan sampai sekarang masih di perbarui tipe-tipe gitar Gibson. Gibson akan selalu menciptakan inovasi terbaru yang tidak akan pernah habis ide-ide cemerlang yang di buat oleh pabrik Gibson, pencipta gitar legendaris tersebut.

GIBSON LES PAUL CLASSIC

Sumber:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar