Selasa, 18 September 2012

Tugas 5- Perkembangan Games The Sims 1-3



Tentang The Sims


Pasti sudah banyak yang mengetahui tentang game/permainan ini. The Sims pertama kali diciptakan oleh desainer permainan Will Right.The Sims merupakan permainan RPG (Role Playing Game) dimana pemain dapat terlibat langsung sebagai tokoh dalam game tersebut. Permainan ini dipublikasi oleh Maxis dan didistibusikan oleh Electronic Arts. Permainan ini tidak hanya dimainkan di PC saja melainkan dapat pula dimainkan di GameBoy, PSP, Playstation, telepon genggam, dsb. Permainan ini merupakan simulasi kehidupan nyata dimana para pemain dapat bertindak sesuka hati memainkan ‘sim’ buatan mereka sendiri. Pemain yang boleh memainkan permainan ini adalah mereka yang sudah berusia 12 tahun ke atas. Permainan ini sebetulnya sangat mendidik karena mengajarkan bagaikan menciptakan kehidupan harmonis dengan orang disekitar kita.
Pada awal permainan, pemain akan akan diminta untuk memilih peran yang akan dimainkan, apakah laki-laki atau perempuan. Kemuadian pemain harus member nama kepada sim tersebut, mendesain postur tubuh dan wajah, memilih pakaian yang akan dikenakan, warna kulit, dll. Seorang sim hidup layaknya manusia biasa. Dia membutuhkan makan, minum, dan berbagai kegiatan pemenuhan kehidupan lainnya layaknya manusia di kehidupan nyata dan tugas pemain adalah untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka. Pemain juga dapat membangun kehidupan sosial bersama para sims lainnya yang bertetangga dengannya. Pemain juga dapat membangun kehidupan berumah tangga layaknya di dunia nyata. Mereka dapat memiliki anak bahkan jika umur si sim tersebu sudah tua, mereka pun akan meninggal. Meninngalnya seorang sim ditandai dengan muncul seorang malaikat maut/ Grim Reaper. Grim Reaper akan melakukan beberapa dialog terhapap arwah dari sim tersebut dan mereka pun akan masuk ke dalam kuburanya. The Sims kini sudah hadir dalam 3 edisi dimana edisi terbarunya adalah The Sims 3. Grafik dari The Sims 3 sudahlah hampir menyerupai manusia sesungguhnya. Terlihat dari detail tubuh dari sims yang ada, gerakan tubuh yang sudah halus, dsb.



The Sims

The Sims pertama kali muncul pada tanggal 4 februari 2000. Game ini merupakan salah satu game yang memiliki ekspansi yang banyak. Ekspansi-ekspansi The Sims antara lain:
• The Sims: Livin’Large
• The Sims: House Party
• The Sims: Hot Date
• The Sims: Vacation
• The Sims: Unleashed
• The Sims: Superstar
• The Sims: Makin’ Magic

Grafik dari The Sims ini masihlah sangat sederhana dan tidak se-realistis The Sims3. Gerakan dari sim ini masih terbilang kaku dan tidak terlalu mendetail. Namun para pecinta game ini pun tidak akan terganggu dengan masalah grafik karena game ini menyediakan fitur-fitur yang tidak kalah mengasyikkan. Game ini pun disebut juga sebagai digital doll house meskipun pemainnya berasal dari kalangan laki-laki maupun perempuan. Permainan The Sims ini mengkombinasi tehnik grafik 3D dan 2D. Permainan akan dimulai pada ‘Live Mode’. Pemain dapat masuk dalam ‘Build Mode’ atau ‘Buy Mode’ apabila ingin membeli barang atau merekonstruksi rumah yang ada. Ketika permainan dimulai, setiap keluarga akan memulai dengan § 20.000 Simoleons (terlepas dari jumlah anggota keluarga). Dana ini dapat digunakan untuk membeli sebuah rumah kecil atau tanah kosong pada layar ‘Neighborhood’. Setelah banyak yang dibeli, rumah dapat dibangun atau direnovasi dalam ‘Build Mode, dan pembelian atau memindahkan furnitur dalam ‘Buy Mode’. Semua fitur arsitektur dan perabotan disesuaikan dalam ‘Build Mode’ dan ‘Buy Mode’ mengikuti sistem ubin berbentuk persegi di mana barang-barang harus ditempatkan pada ubin. Permainan dasar mengandung lebih dari 150 item termasuk furnitur dan elemen arsitektur.




The Sims 2

The Sims 2 adalah permainan lanjutan dari The Sims dengan grafik yang lebih realistis. Bentuk tubuh dari sim pun sudah mulai mendetail. The Sims 2 pun juga hadir untuk permainan di telepon genggam seperti pada merek Nokia yang menawarkan game ini pada Ovi Store.

Tujuan utama dari permainan ini adalah untuk memainkan sim dari awal kehidupan sampai sim tersebut mati. Seorang Sim akan lahir ketika pemain memilih ‘try for a baby’ pada seorang sim laki-laki dan perempuan. Sang ibu akan menghabiskan 3 hari masa hamil sebelum melahirkan bayi. V Pemain dapat menamai Sim yang baru lahir. Bayi itu akan tumbuh menjadi balita dalam waktu 3 hari, dan 4 hari lagi untuk balita untuk berubah menjadi seorang anak. Setelah 8 hari, anak akan berubah menjadi remaja, dan akan hidup selama 15 hari sebelum berubah menjadi dewasa. Setelah 29 hari, Sim akan menjadi tua dan akan mati, panjang tahap akhir tergantung pada bar aspirasi ketika mereka tua. Ada beberapa interaksi sosial baru yang diperkenalkan dalam The Sims 2. Interaksi sosial baru ini dapat menciptakan suatu memori dan dapat berhubungan dengan kelompok/kalangan usia tertentu. Interaksi sosial dapat muncul dalam panel ‘Wants’ dan ‘Fear’ dan dapat bergantung pada kepribadian Sim dan aspirasi. Sims dengan kepribadian tertentu mungkin tidak ingin menyelesaikan interaksi sosial tertentu.
Seperti pada The Sims, The Sims 2 pun juga memiliki banyak ekspansi-ekspansi antara lain:
• The Sims 2: University
• The Sims 2: Bon Voyage
• The Sims 2: Free Time
• The Sims2: Season
• The Sims 2: Apartment Life

Pada ekspansi University, pemain dapat mengirim sim mereka ke dunia perkuliahan dimana sim akan menjalani kehidupan layaknya remaja yang berada di bangku kuliah. Mereka akan hidup terpisah dari orang tua mereka, hidup bebas, pergi ke kampus, bahkan melakukan hal-hal gila seperti berlari-larian tanpa busana! (bagian vital sim akan tersensor). Sims akan menyewa tempat kos dengan biaya yang tidak terlalu mahal. Ukuran kamar pun tidak terlalu luas namun mereka biasanya tinggal di rumah yang besar. Meraka juga dapat berinteraksi dengan sims yang lainnya. Pada pagi hari, sim akan berangkat ke kampus mereka hingga kira-kira mereka akan pulang sekitar pukul 1 siang. Sim juga dapat melakukan pekerjaan sambilan seperti menjadi penjaga kasir, pelayan restoran, dsb. Mereka juga harus melakukan pekerjaan rumah yang diberikan kepada mereka setiap kali mereka pulang dari kampus. Tujuannya adalah agar nilai mereka akan semakin membaik dengan mendapat nilai A+. Setelah masa perkuliahan mereka selesai, mereka dapat kembali berkumpul dengan keluarga masing-masing.


Pada ekspansi Free Time, terdapat beberapa fitur-fitur baru salah satunya adalah jin dari lampu ajaib. Sim dapat mencari lampu ajaib apabila mereka memasuki daerah pekuburan. Sim tersebut akan menggosok lampu ajaib itu dan kemudian seorang jin akan keluar dari lampu tersebut. Setiap sim akan diberi 3 keingininan untuk dikabuli. Sesudah ketiga permintaan terkabuli, yang tersisa hanyalah opsi untuk membebaskan jin atau lampu beserta jin tersebut akan hilang dan mencari majikan yang baru.
Pada ekspansi Seasons, pemain akan semakin menikmati game ini dengan kehadiran musim-musim yang ada seperti musim panas, gugur, semi, dan salju. Pemain dapat membuat sim mereka menanam berbagai macam tanaman, mulai dari apel, jeruk, bahkan beberapa sayuran seperti bawang, dsb. Pada ekspansi ini pula, pemain dapat merubah seorang sim menjadi sosok yang istimewa yaitu menjadi elf. Elf dapat berkomunikasi dengan tanaman dan juga mereka memiliki kemampuan bercocok tanam yang melebihi sim biasa. Tanaman yang meraka tanam dapat tumbuh dengan kualitas yang sangat baik dengan waku yang sangat singkat




The Sims 3

The Sims 3 merupakan edisi terbaru dari dari rangkaian The Sims. Grafik dan detail dari permaianan ini sudah semakin baik. Gerakan sim pun sudah tidak kaku lagi. Permainan ini diluncurkan pada tahun 2009. Kini, pemain dapat merubah suara dari sim tersebut, memilih zodiak untuk mereka, dan memilih ‘Lifetime Wish’ untuk mereka jalani selama hidup mereka. Tidak kalah ketinggalan, The Sims 3 memiliki beberapa ekspansi menarik seperti:
• The Sims 3: Ambitions
• The Sims 3: Pets
• The Sims 3: Late Night
• The Sims 3: Generations
• The Sims 3: World Adventure
• The Sims 3: Show Time
• The Sims 3: Supernatural

Pada ekspansi The Sims 3 Ambition, pemain dapat membuat sim mereka memiliki pekerjaan baru yaitu sebagai penangkap hantu dan wirausaha.Hasil tangkapan hantu yang mereka dapatkan dapat mereka jual lagi untuk mendapatkan simeleon (mata uang pada permainan The Sims). Mereka juga dapat menulis buku untuk dijual melalui laptop mereka. Pekerjaan lainnya adalah menjadi seorang perancang busana. Pada ekspansi ini pula, pemain dapat membuat/menambahkan tato ke tubuh sim mereka saat mebuat sim mereka di bagian ‘create-a-sim’. Pemain juga dapat membuat sim mereka menawarkan kepada sim lain untuk dirajah tubuhnya. Pada ekspansi ini, sim juga dapat mencuci pakaian mereka menggunakan mesin cuci dan masih banyak lagi.

Pada ekspansi The Sims 3 Late Night, pemain dapat membuat sim mereka menjadi seorang selebriti terkenal. Saat menjadi selebriti terkenal, segala aktifitas mereka bisa saja diabadikan oleh paparazzi saat mereka sedang berkegiatan di luar rumah. Sims yang menjadi selebriti pun akan dimintai tanda tangan dan berfoto bersama saat berada di luar rumah. Sims juga dapat membentuk grup band mereka sendiri dan dapat melakukan pertunjukan di suatu pesta atau di taman-taman yang ada di kota.
Pada ekspansi The Sims 3 World Adventure, sims dapat melakukan perjalanan ke 3 negara yaitu Mesir, Perancis, dan Cina. Setiap Negara memiliki barang-barabng unik yang tidak dijual di kota asal mereka. Mereka juga dapat berburu harta karun. Di Mesir, mereka dapat membeli dupa khas mesir dengan tempat berbentuk ankh. Mereka juga dapa membeli baskom berisi ular yang dapat mereka mainkan menggunakan seruling untuk memanggilkan ular tersebut. Di Perancis, mereka dapat membeli nektar untuk dikonsumsi ataupun membeli alat pembuatan nektar agar dapat digunakan saat mereka pulang ke rumah. Di Cina, mereka dapat membeli petasan.

Ekspansi The Sims 3 Supernatural merupakan ekspansi terbaru yang baru keluar tanggal 4 september kemarin. Sesuai dengan temanya, permainan ini menyediakan berbagai makhluk fantasi seperti penyihir, vampire, zombie,manusia serigala, dan peri. Sim yang menjadi penyihir dapat membuat berbagai macam ramuan, mengendarai sapu terbang, bahkan berduel dengan penyihir lainnya. Sim yang menjadi vampire dapat mengisap darah dari sim lainnya, namun mereka tidak tahan terhadap sinar matahari. Sim yang menjadi peri, mereka akan memiliki sayap, mereka dapat mengecilkan ukuran tubuh mereka karena mereka memiliki rumah peri yang berukuran mini.  Dengan mengecilkan ukuran tubuh, mereka juga bisa masuk ke dalam toilet untuk memperbaiki wc yang rusak dengan masuk ke dalamnya atau juga wastafel yang rusak. Mereka juga dapat menlakukan berbagai sifat iseng seperti menggelitik kawan mereka atau menaburkan serbuk peri yang dapat mencelakai atau member keberuntungan kepada teman mereka.  Sedangkan sim yang menjadi  manusia serigala akan berubah pada malam bulan purnama. Mereka dapat kembali menjadi sim yang biasa dengan meminum ramuan yang dibuat oleh penyihir.  Apabila seorang sim ingin merubah dirinya menjadi manusia serigala, mereka dapat meminta teman manusia serigala mereka untuk mengigit mereka. Manusia serigala akan berubah pada umumnya pada saat malam bulan purnama.






Sumber-sumber:
• http://id.wikipedia.org/wiki/The_Sims
• http://www.anneahira.com/permainan-the-sims.htm
• http://id.wikipedia.org/wiki/The_Sims_2
• www.thesims.com
• www.thesims2.com
• www.thesims3.com








1 komentar: