Sabtu, 22 September 2012

Tugas-5 Perkembangan Blackberry


BLACKBERRY,HANDPHONE SEJUTA UMAT

Logo RIM dan Blackberry
Pada zaman dahulu, komunikasi menjadi salah satu permasalahan yang penting. Surat menjadi salah satu pilihan yang digunakan oleh orang-orang pada zaman tersebut untuk berkomunikasi. Tetapi, dibutuhkan waktu yang cukup lama agar surat tersebut dapat sampai di tujuan tepat pada waktunya. Kadang, berita penting pun dapat tiba di tujuan beberapa hari setelah terjadi. Itulah hal yang menjadi kelemahan surat. Karena kelemahan itulah, kemudian ditemukanlah telepon oleh Alexander Graham Bell untuk mempermudah komunikasi. Hingga akhirnya saat ini, dengan semakin majunya zaman dan semakin majunya teknologi ditemukanlah handphone atau telepon genggam. Sebuah alat komunikasi yang memberikan begitu banyak kemudahan bagi para penggunanya. Dengan handphone, setiap orang dapat dengan mudah berkomunikasi dimana saja dan kapan saja. Setiap berita penting dapat disampaikan tepat pada waktunya, bahkan berita yang tidak penting seperti gossip atau isu juga dapat dengan mudah menyebar karena adanya handphone. Handphone pun juga semakin berkembang dari awal hingga sekarang, mulai dari yang hanya bisa digunakan untuk menelpon hingga bisa digunakan untuk mengakses internet. Berbagai merk handphone kini ada, mulai dari Nokia, Sony Ericsson, Motorola, Samsung hingga yang paling terkenal saat ini Blackberry. Jika kita perhatikan ke sekeliling kita, hampir setiap orang menggunakan Blackberry untuk berkomunikasi mulai dari anak kecil, remaja, orang dewasa bahkan yang sudah lanjut usia. Penggunanya pun datang dari berbagai golongan masyarakat, Total pengguna Blackberry di seluruh dunia saat ini telah mencapai 14 juta orang. Itulah mengapa Blackberry dikatakan sebagai handphone sejuta umat. Kehadiran Blackberry juga telah merubah fungsi sebuah handphone, yang tadinya merupakan sebuah kebutuhan tersier atau barang mewah, kini telah menjadi sebuah kebutuhan primer atau sesuatu yang wajib dimiliki oleh masyarakat. Sebenarnya, bagaimanakah perkembangan blackberry sehingga pada akhirnya menjadi sepopuler ini?

RESEARCH IN MOTION
Mike Lazardis, pendiri RIM
Research in Motion merupakan sebuah perusahaan yang pertama kali memperkenalkan Blackberry. Perusahaan ini didirikan oleh Mike Lazaridis yang merupakan seorang imigran Yunani di kota Waterloo, Kanada. Ia bermigrasi ke Kanada pada tahun 1967. Sejak kecil, Mike telah melakukan beberapa penemuan. Penemuan tersebut adalah pemutar rekaman dsi Lego pada umur empat tahun dan sebuah radio pada umur lima tahun. Mike melanjutkan pendidikannya di Universitas Waterloo, Kanada dan mendalami teknik elektro. Tetapi sayangnya, ia dikeluarkan dari Universitas Waterloo pada usianya yang ke-23. Meskipun di drop out dari universitas tempat ia belajar, Mike tidak patah semangat. Ia kemudian mendirikan perusahaan Research In Motion (RIM) bersama dua orang temannya pada tahun 1984 dengan menggunakan pinjaman modal yang diberikan oleh keluarga dan teman-temannya. RIM pertama kali mendapatkan kontrak dari General Motor Kanada untuk mengerjakan otomasi industri. Dari berbagai kontrak yang didapatkan, akhirnya RIM berhasil mendapatkan penghasilan $1.000.000 dan memiliki sekitar 12 karyawan untuk dipekerjakan. Di tahun 1987, RIM mendapatkan tawaran kontrak dari Roger Cantel Mobile Communications. Tawaran inilah yang menjadi awal ketertarikan RIM pada perangkat digital nirkabel. Tugas RIM dalam kontrak tersebut adalah mencari tahu potensi dan sistem jaringan digital nirkabel baru yang dimiliki oleh Ericsson. Penelitian itu membuahkan hasil di tahun 1990, RIM berhasil menciptakan modem radio nirkabel berukuran mini yang kemudian banyak digunakan oleh perusahaan OEM untuk berbagai macam produk dari komputer hingga mesin penjual otomatis.Kemudian di tahun 1991, RIM mengembangkan sebuah software untuk mendukung sistem e-mail nirkabel dengan bekerjasama bersama dua perusahan besar yang kita kenal dengan Ericsson dan Anterior Technology. Dalam kerjasama ini, Ericsson bertugas untuk mengenalkan modem radio portable di tahun 1992, Anterior Technology bertugas menyediakan gateway untuk sistem email dan RIM bertugas untuk menyediakan aplikasi pemrograman. Kerjasama yang baik antara tiga perusahaan besar ini akhirnya menghasilkan sistem e-mail nirkabel dengan konektivitas yang tidak terputus.James Balsillie, seorang ahli keuangan dipekerjakan oleh Mike di tahun 1992 untuk mengurus keuangan dan pengembangan bisnis yang kemudian pada akhirnya diangkat menjadi salah satu direktur RIM seperti Mike. Tidak hanya dengan Ericsson dan Anterior Technology saja, pada akhirnya RIM juga bekerjasama dengan perusahaan besar lainnya seperti Microsoft serta IBM.

AWAL PERKEMBANGAN BLACKBERRY
Inter@ctive pager
Awalnya, Blackberry ingin diberi nama Pocket Link sebuah nama yang dianggap fungsional tetapi membosankan. Sempat juga ingin diberi nama Strawberry namun terkesan lembek hingga pada akhirnya dinamakan Blackberry karena dianggap akrab serta cerdas. Pemilihan Blackberry sebagai nama ini dibantu oleh Lexicon Brading Inc. Mereka menganggap blackberry sebagai suatu produk yang memiliki berbagai fungsi dan kemudahan tetapi juga bisa menyebabkan kecanduan bagi para penggunanya. Di Tahun 1995, RIM mengeluarkan produk Blackberry pertama mereka. Blackberry tersebut berbentuk perangkat two-way pager yang dilengkapi dengan thumb keyboard atau keyboard dengan tombol kecil yang dapat ditekan menggunakan jempol atau jari lain untuk membantu fitur text messagingnya. Produk ini dinamakan dengan Inter@ctive pager dan diperkenalkan pada tahun 1996 di Pcs Tradshow sebelum akhirnya diluncurkan pada publik di tahun 1997. Inter@ctive pager sendiri dijual dengan harga  $675. Sejak kemunculan Inter@ctive pager, RIM mendapatkan berbagai kontrak dari perusahaan besar seperti IBM, Panasonic Corp, Mobile Integrated Technologies, dan Telxon Corp. Agar produk Inter@ctive pager dapat semakin sukses dan lebih banyak diminati masyarakat, RIM melakukan pengembangan pada produk ini pada akhir 1998. RIM melakukan perubahan bentuk menjadi lebih kecil,murah serta memiliki daya tahan yang lebih lama. 
Di tahun 1999, RIM mengeluarkan Blackberry yang difokuskan pada perangkat e-mail korporat. Blackberry ini dinamakan dengan Blackberry 850 dan berguna sebagaui pendukung email dan browsing HTML meskipun terbatas. Tetapi, Blackberry 850 saat itu masih memiliki layar monokrom (hitam-putih). Itulah awal kemunculan Blackberry pertama yang akhirnya terus berkembang hingga saat ini.
Blackberry 850, Blackberry pertama

PRODUK BLACKBERRY SELANJUTNYA
Blackberry 6710
Saat ini, telah dikeluarkan ±21 produk Blackberry selain Blackberry 850 serta 2 produk Blackberry yang masih dalam proses perencanaan. Setelah mengeluarkan Blackberry 850, RIM mengembangkan Blackberry selanjutnya yang dinamakan dengan Blackberry 857. Blackberry tipe ini tetapi tidak memiliki banyak perubahan jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya, hanya perubahan ukuran saja menjadi lebih besar. Berikutnya, muncul Blackberry 5810 yang telah memiliki kemampuan telepon dengan headset. Blackberry 6200 merupakan blackberry berikutnya yang dikeluarkan RIM, blackberry tipe ini memiliki layar dengan resolusi 160x100 pixel tetapi tetap masih bersifat monokrom. Blackberry yang telah terintegrasi dengan radio dua arah terpadu merupakan ciri-ciri dari Blackberry 6510. Blackberry mulai dapat digunakan untuk browsing atau mengakses internet pada saat ditemukannya Blackberry 6710. Pada blackberry jenis ini, sudah terintegrasi dengan 900/1900 MHz GSM/GPRS yang menyebabkan Blackberry dapat digunakan untuk browsing meskipun layarnya masih bersifat monokrom.

Blackberry 7210
Jenis Blackberry berikutnya yang dikeluarkan RIM telah memiliki layar berwarna yaitu Blackberry 7210. Teknologi suretype dimulai pada blackberry berikutnya yaitu The Blackberry 7100t, teknologi suretype merupakan sebuah teknologi yang dapat meminimalisir pengunaan keypad. Blackberry berikutnya yang dibuat oleh RIM adalah Blackberry 8700, Blackberry jenis ini memiliki layar 320x240 pixel dan memiliki kedalam warna 65.000. Trackball mulai diperkenalkan pada tipe blackberry berikutnya yaitu Blackberry 8100. Selain pengenalan trackball, pada blackberry ini juga mulai menggunakan kamera digital 1,3 megapixel. Setelah trackball diperkenalkan, perkembangan Blackberry pun semakin pesat. Ada Blackberry 8800 yang memiliki dukungan GPS, Blackberry 8320 yang mulai menggunakan fitur Wifi, Blackberry 8330 yang memiliki model yang sudah semakin sesuai untuk digunakan berbagai kalangan serta sudah memiliki OS (Operating System) yang baru. 

Blackberry Gemini
Blackberry berikutnya merupakan jenis-jenis Blackberry yang sudah tidak asing lagi di telinga kita yaitu Blackberry Bold, Blackberry Javelin yang dilengkapi dengan trackball navigation serta Wifi, Blackberry Gemini dengan harganya yang terjangkau yang membuat Blackberry jenis ini banyak dimiliki oleh masyarakat yang datang dari berbagai umur dan golongan, Blackberry Storm yang sudah dilengkapi dengan fasilitas touchscreen (layar sentuh), Blackberry Onyx yang menggunakan trackpad sebagai pengganti trackball dan memiliki OS baru, Blackberry Torch yang memiliki design sliding dan layar sentuh serta memiliki kemampuan sekelas HSDPA dan wifi 802.11 b/g/n, Blackberry Thunder yang merupakan Blackberry tanpa keypad pertama dan hanya mengandalkan layar sentuh, Blackberry Dakota yang memiliki bentuk seperti Blackberry Bold tetapi lebih canggih serta memiliki fasilitas layar sentuh dan Blackberry Apollo yang hanya memiliki ketebalan 11mm saja. 
Nantinya akan ada tipe blackberry baru lagi yang dinamakan dengan Blackberry Magnum. Blackberry Magnum ini memiliki kemampuan touchscreen serta keypad. Selain itu, Blackberry Emphaty juga disebut akan menjadi tipe Blackberry baru dengan teknologi baru yang akan dikembangkan yaitu Morphing Sequence, Biometrics Ring dan Static Keypad.
Blackberry Emphaty
 PERKEMBANGAN BLACKBERRY DI INDONESIA
Blackberry mulai berkembang di Indonesia pada pertengahan Desember 2004. Blackberry saat itu diperkenalkan oleh Indosat dengan bekerjasama dengan Perusahaan Starhub yang merupakan rekan utama dari Blackberry. Awalnya, Indosat hanya menyediakan layanan Blackberry Enterprise Server. Tetapi sejak Juni 2008, Indosat juga menyediakan layanan Blackberry Internet Service. Setelah Indosat, Telkomsel dan Excelcom pun juga ikut meramaikan pasar Blackberry dengan menyediakan dua layanan yang sama dengan Indosat yaitu Blackberry Internet Service (BIS) dan Blackberry Enterprise Server (BES). Kedua layanan tersebut tentunya memiliki perbedaan. Blackberry Enterprise Server merupakan software yang terdapat di hp dan server e-mail yang berfungsiuntuk  melakukan sinkronisasi e-mail dan pim antara perangkat mobile dengan desktop. Cara kerjanya adalah sebagai berikut setiap pesan yang masuk ke dalam e-mail penggguna akan di copy ke server. Pesan yang masuk tersebut akan di olah sesuai dengan perangkat Blackberry yang kita milik dan kemudian dikirimkan ke hp kita. Pengiriman e-mail ke hp berlangsung secara automatis tanpa perlu kita yang melakukan koneksi, hal ini dikenal dengan istilah push-mail. Sedangkan, Blackberry Internet Service tidak menggunakan server pribadi, melainkan menggunakan server dari penyedia layanan e-mail umum milik pengguna. Untuk mempercepat akses transfer e-mail, BIS menggunakan basis e-mail POP 3 dan IMAP yang berlaku bagi account e-mail BlackBerry pengguna. BIS mampu melayani 10 account dalam satu perangkat. Saat ini, kedua layanan tersebut tidak hanya disediakan oleh Indosat, Excelcom dan Telkomsel saja. Banyak provider lain yang juga ikut menyediakan layanan tersebut seperti 3 dan juga Axis. 
Sejak tahun 2005, sudah mulai didirikan pula komunitas Blackberry di Indonesia. Awalnya, komunitas itu hanya memiliki 15 anggota tetapi dengan semakin populernya Blackberry saat ini sudah terdapat 1600 lebih anggota yang bergabung.
Komunitas Blackberry

EFEK PENGGUNAAN BLACKBERRY BAGI MASYARAKAT
Penggunaan Blackberry dikalangan masyarakat menimbulkan munculnya berbagai kemudahan. Tidak hanya dalam komunikasi dalam bentuk telepon saja, tetapi juga dalam bentuk SMS (Short Mesaage Service) dan juga e-mail. Selain itu, adanya fasilitas BBM (Blackberry Messenger) juga memberikan kemudahan bagi para pengguna Blackberry untuk berkomunikasi, cukup dengan berlangganan layanan Blackberry saja maka para pengguna dapat berkomunikasi melalui BBM secara gratis.
Crackberry
Tetapi, setiap dampak positif juga pasti diikuti dengan dampak negatif. Dampak negatif itu salah satunya kita kenal dengan Crackberry. Crackberry adalah kondisi dimana seseorang tidak dapat lepas dari Blackberry dan memiliki kecanduan terhadap Blackberry karena segala kemudahan yang diberikan.  Karena kecandun tersebut, dapat ditimbulkan perubahan ritme bekerja yang menjadi tidak sehat serta hilangnya keseimbangan hidup. Untuk menghindari kondisi demikian, para karyawan di Kantor Imigrasi dan Kewarganegaraan Kanada  diwajibkan untuk mematikan Blackberry dari pukul 7 malam hingga pukul 7 pagi, hari libur dan akhir pekan. Bahkan pemerintah juga mengeluarkan panduan khusus dalam hal pembatasan Blackberry ini. Sedangkan di Perancis, menteri dilarang untuk menggunakan Blackberry dengan alasan intelijen.
Intinya adalah perkembangan Blackberry memang baik adanya untuk kepentingan komunikasi. Tetapi, para penggunanya diharapkan dapat membatasi diri dalam menggunakan Blackberry. Sebaiknya para pengguna menggunakan Blackberry hanya untuk komunikasi seperlunya. Bagi saya, Blackberry juga sebaiknya hanya digunakan oleh orang-orang yang memang perlu saja. Anak-anak yang masih berusia SD sebaiknya tidak diberikan Blackberry. Mereka seharusnya menghabiskan waktu untuk bermain dan bersosialisasi. Jika memang mereka harus berkomunikasi dengan orang tua, berikan saja handphone yang sesuai bagi usia mereka karena penggunaan Blackberry pada usia SD juga dapat menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan seperti penculikan.

SUMBER :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar