Senin, 17 September 2012

Tugas-5 Perkembangan Barbie di Dunia

‘Barbie always represented the fact that a woman has choices.’

Menurut buku Kisah Sukses Bisnis Barbie karya Robin Gerber, boneka Barbie merupakan boneka yang paling terkenal dan paling laris di dunia yang diperkenalkan di American International Toy Fair, 9 Maret 1959. Diproduksi oleh Mattel, Barbie dan aksesorinya dibuat dengan ukuran skala kurang lebih 1/6 dari ukuran sesungguhnya. Barbie termasuk boneka yang terkenal lengkap aksesorinya, mulai dari pakaian, sepatu, dan tas yang sering dijual terpisah. Barbie sering mengeluarkan produknya dalam beragam jenis dan tema seperti Collector edition (misalnya: Club Couture Barbie, Midnight Tuxedo Barbie) dan Label edition (misalnya: Gold label collection, Special edition). Ada 3 jenis boneka yang masih bersaudara dengan Barbie, yaitu Ken, Skipper dan Francie. Ketiganya dipasarkan dan kerap dipasangkan dengan Barbie.

Dewasa ini Barbie mungkin tidak se tenar dahulu, karena keberagaman mainan yang ada. Terutama dengan kermajuan teknologi yang membuat anak tidak lagi bermain dengan boneka yang satu ini. Lalu bagaimanakah awal mula nya wujud dari boneka cantik ini, alias Barbie?


Ruth Handler menyaksikan putrinya Barbara bermain dengan boneka kertas, dan menyadari bahwa ia sering menikmati memberi mereka peran orang dewasa. Pada saat itu, boneka mainan anak-anak yang kebanyakan adalah representasi dari bayi. Menyadari bahwa mungkin ada celah di pasar, Handler mengusulkan ide sebuah boneka dewasa kepada suaminya Elliot , salah satu pendiri dari Mattel perusahaan mainan. Ia antusias tentang ide ini. Selama perjalana ke Eropa pada tahun 1956 dengan anak-anaknya Barbara dan Kenneth, Ruth Handler menemukan sebuah boneka mainan Jerman bernama Bild Lili.

Persis seperti apa yang Ruth Handler inginkan dia membeli tiga dari mereka. Dia memberikan satu untuk putrinya dan mengambil yang lain kembali ke Mattel. Boneka Lilli didasarkan pada karakter populer muncul dalam komik strip diambil oleh Reinhard Beuthin untuk koran Die Bild-Zeitung . Setelah kembali ke Amerika Serikat, Handler mendesain ulang boneka (dengan bantuan dari insinyur Jack Ryan ) dan boneka diberi nama Barbie yang diambil dari nama putrinya, Barbara. Barbie memulai debutnya di American International Toy Fair di New York pada tanggal 9 Maret 1959. Tanggal ini juga digunakan sebagai hari ulang tahun resmi Barbie.


Mattel memperoleh hak untuk boneka Lilli Bild pada tahun 1964 dan produksi Lilli dihentikan. Boneka Barbie pertama mengenakan hitam dan putih zebra baju renang bergaris dan tanda tangan topknot ekor kuda , dan tersedia baik sebagai pirang atau cokelat . Boneka ini dipasarkan sebagai "Model Fashion Remaja," dengan pakaian yang dibuat oleh Mattel perancang busana Charlotte Johnson. Boneka Barbie pertama yang diproduksi di Jepang, dengan pakaian mereka dijahit tangan oleh Jepang homeworkers . Sekitar 350.000 boneka Barbie yang dijual selama tahun pertama produksi.

Ruth Handler percaya bahwa hal itu penting bagi Barbie untuk memiliki penampilan dewasa, dan awal riset pasar menunjukkan bahwa beberapa orang tua tidak bahagia tentang dada boneka itu, yang memiliki payudara yang berbeda. Penampilan Barbie telah berubah berkali-kali, terutama pada tahun 1971 ketika mata boneka itu disesuaikan untuk melihat ke depan

Barbie adalah salah satu mainan pertama yang memiliki strategi pemasaran berbasis
luas pada iklan televisi, yang telah disalin secara luas oleh mainan lainnya. Diperkirakan bahwa lebih dari satu miliar boneka Barbie telah terjual di seluruh dunia di lebih dari 150 negara, dengan Mattel mengklaim bahwa tiga boneka Barbie dijual setiap detik.

Berbagai standar boneka Barbie dan aksesoris terkait diproduksi menjadi sekitar 1/6 skala , yang juga dikenal sebagai playscale. Boneka standar adalah sekitar 11 ½ inci.
Produk Barbie tidak hanya mencakup berbagai boneka dengan pakaian dan aksesoris, tetapi juga berbagai macam barang bermerek Barbie seperti buku, pakaian, kosmetik dan video game. Barbie telah muncul dalam serangkaian film animasi dan karakter pendukung dalam Toy Story 2 dan Toy Story 3 .


Barbie telah menjadi ikon budaya dan telah diberi kehormatan yang langka di dunia mainan. Pada tahun 1974, bagian dari Times Square di New York City diubah namanya Barbie Boulevard selama seminggu. Pada tahun 1985, artis Andy Warhol membuat lukisan dari Barbie.

Barbie memang tak henti dipuji dan puja namun sekian banyak orang yang menyukainya, Barbie mendapat banyak kecaman terutama dari orangtua. Diantaranya adalah,
Sejak dirilis hingga hari ini, boneka Barbie tidak henti-hentinya menuai kontroversi, kecaman dan cemoohan.

Tahun 1960, Barbie mendapat kecaman dan dikritik karena wujudnya yang menampilkan
“bentuk tubuh impian kaum wanita”, sehingga mendorong para wanita masa itu untuk membentuk tubuh mereka seperti Barbie. Akibatnya, penderita Anorexia di masa itu meningkat tajam. Dari sinilah muncul ungkapan “Barbie Syndrome”, yaitu ungkapan terhadap kondisi para wanita yang ingin memiliki tubuh “sesempurna” Barbie.

Tahun 1985, Mattel merilis produk Barbie bernama “Heart Family Midge”,yaitu boneka yang perutnya bisa dibuka. Di dalam perut Barbie itu, kita dapat melihat fetus (bayi yang siap lahir) dalam bentuk sempurna. Tujuan perilisan boneka itu adalah untuk menjelaskan proses melahirkan bayi dan merupakan alat edukasi bagi anak-anak. Walau demikian, produk yang dibuat dalam bentuk yang cukup “mengerikan” ini, membuat orang tua anak-anak gerah dan protes pada Mattel. Tidak lama setelah itu, produk ini akhirnya ditarik dari peredarannya.


Tahun 1992, Mattel merilis koleksi Barbie Remaja bernama Teen Talk Barbie, di mana masing-masing boneka dapat berbicara beberapa kalimat (dan masing-masing boneka mengucapkan kalimat yang berbeda-beda). Dari sekian banyak boneka yang dirilis, Barbie yang mengucapkan “Math Class is tough!” mendapat kecaman dari American Association of University Women, karena dianggap mendorong kaum wanita muda untuk memusuhi pelajaran Matematika. Bulan Oktober 1992, Mattel secara resmi menarik semua boneka Barbie yang mengucapkan kalimat tersebut.

Tahun 1993, boneka Barbie menjadi subjek parodi yang cukup menggemparkan dan mengejutkan para orang tua. Adalah grup bernama Barbie Liberation Organization (BLO) – sebuah grup yang terdiri dari remaja iseng – yang memasukkan “voice box” boneka GI Joe ke dalam boneka Barbie, kemudian secara diam-diam memasukkan boneka itu ke rak-rak pajangan di berbagai toko mainan yang menjual Barbie. Dan ketika ada anak yang membeli mainan Barbie itu, dan secara tidak sengaja menekan “voice box”, akan muncul ucapan dari boneka itu, seperti “Eat lead, Cobra” atau “Vengeance is mine!”. Aksi ini sempat meresahkan para orang tua dan penjualan Barbie sempat merosot kala itu. Namun tindakan ini dengan cepat tertangani.

Tahun 1997, Mattel bekerja sama dengan Nabisco meluncurkan Barbie dan Oreo Cookies yang mereka namai “Oreo Fun Barbie”. Untuk penjualannya, Mattel mengeluarkan Barbie dengan versi berkulit putih dan berkulit hitam. Saat boneka berkulit hitam dirilis, kecaman dan protes muncul dari komunitas Afro-America. Mereka menganggap boneka itu menghina kaum Afro-Amerika karena memunculkan makna “hitam di luar, putih di dalam”. Untuk menghindari isu rasial tersebut, Mattel akhirnya memutuskan untuk menarik Barbie berkulit hitam dari pasar.

Pada tahun 1997 pula, grop musik Aqua merilis lagu berjudul Barbie Girl. Lagu ini mendapat kritikan karena memuat lirik “You can Brush My Hair / Undress me anywhere”. Lirik ini dinilai sangat vulgar dan sangat tidak pantas menggambarkan boneka Barbie yang merupakan mainan anak-anak.Pada tanggal 11 September 1997, Mattel melaporkan lagu ini dan membawanya ke pengadilan. Namun pada bulan Juli 2002, pengadilan memenangkan grup Aqua dan MCA Records – sebagai produser Aqua – karena lagu mereka tersebut tergolong lagu parodi, dan dilindungi oleh Amendemen Pertama Konstitusi Amerika Serikat.

Awal tahun 2000, para orang tua dikejutkan dengan munculnya koleksi Lingerie Barbie
yang menampilkan sosok Barbie yang mengenakan pakaian dalam yang super seksi. Polemik dan kontroversi merebak saat itu. Menanggapi keluhan orang tua kala itu, Mattel menjelaskan bahwa Lingerie Barbie adalah koleksi Barbie yang ditujukan untuk kalangan dewasa dan memang tidak dijual untuk anak-anak.

Bulan September 2003, Saudi Arabia melarang penjualan boneka Barbie ke negara mereka karena mereka menilai boneka tersebut tidak sejalan dengan ajaran agama di negara mereka. Di negara Arab sendiri saat itu beredar boneka Fulla yang bentuknya menyerupai Barbie, namun dengan dandanan dan pakaian yang lebih bisa diterima negara tersebut. Sementara itu, di Iran juga terdapat boneka Sara dan Dara yang juga memiliki kesamaan fisik dan penampilan dengan Barbie dengan pakaian yang jauh lebih “sopan”.

Bulan Juli 2008, Mattel merilis koleksi Black Canary Barbie, yang langsung disambut dengan protes dari kalangan Keluarga Kristen. Barbie tersebut mengenakan pakaian hitam, dengan stocking jala, sepatu boot hitam (yang identik dengan sepatu wanita PSK) serta jaket hitam tebal, mewakiliki subkultur Seks S&M (Sado & Masochism). Black Canary sendiri adalah karakter dari DC Comic yang juga salah satu anggota Justice League. Walau mengalami protes yang cukup hebat, koleksi ini tidak pernah ditarik dari peredaran.



Dalam rangka memperingati ulang tahun Barbie yang ke-50, pada tahun 2009, Mattel merilis serangkaian seri Barbie berstiker tato di lengannya. Tato tersebut dapat dilepas dan ditempelkan di tempat lain. Perilisan seri Barbie ini memunculkan polemik dan perdebatan yang sengit, terutama di kalangan orang tua, pemuka agama, hingga pejabat pemerintah Amerika Serikat. Banyak kalangan menilai Barbie bertato akan memberikan ide bagi para remaja puteri untuk memiliki tato di tubuhnya. Sejauh ini, tato masih dinilai sebagian keluarga Amerika sebagai simbol perlawanan dan pemberontakan. Sepuluh tahun silam, tahun 1999, Mattel pun pernah merilis boneka Barbie dengan tato permanen bergambar kupu-kupu di perutnya, dan mendapatkan respon serupa. Waktu itu, Mattel setuju untuk menarik boneka tersebut dari pasar. Namun kali ini, Mattel menolak menarik Barbie bertato itu, karena boneka Barbie bertato temporer memiliki nilai edukasi dan mengajarkan anak-anak untuk berkreasi dan kreatif.

Maret 2010, Wal-Mart membuat keputusan yang sangat mengejutkan saat menurunkan harga jual boneka Ballerina Barbie berkulit hitam dari US$ 5.93 menjadi US$ 2. Sedangkan boneka sejenis namun berkulit putih dijual dengan harga tetap. Wal-Mart beralasan, bahwa Barbie berkulit hitam sangat sulit dijual dan mereka tidak mungkin menyimpan boneka itu terlalu lama di gudang. Walau demikian, strategi marketing Wal-Mart tersebut dinilai sangat berpotensi menimbulkan isu rasis, sehingga dikecam oleh Harlem Activist. Tidak ada berita lanjutan, apakah Wal-Mart tetap bersikukuh menjual Barbie itu dengan harga diskon atau mengembalikan harga jual ke angka semula.

Bulan Mei 2010, Mattel merilis koleksi boneka Barbie yang terdiri dari 12 figur yang disebut sebagai “Barbie Back to Basics”. Kesemua figur mengenakan pakaian berwarna hitam, dengan dandanan yang terbilang cukup ekstrim. Pasca perilisan boneka itu, beragam kontroversi dan cercaan muncul, terutama menyangkut pakaian yang dikenakan semua figur yang menggunakan rok mini dengan dandanan yang sangat “bitchie”. Selain itu, payudara beberapa figur Barbie tersebut dibuat dengan bentuk bulat sempurna dan nyaris menyembul keluar dari pakaian mereka. Karena itulah, koleksi Barbie yang dijual dengan harga US$ 19.99 / set ini dikenal pula dengan sebutan “Busty Barbie”.

Bulan Juli 2010, Mattel merilis boneka Barbie yang disebut “Barbie Video Girl” di mana di dada boneka tersebut terdapat kamera kecil yang dapat merekam film selama 30 menit. Gambar tersebut bisa diunduh ke komputer menggunakan kabel USB. Pada tanggal 30 November 2010, FBI mengeluarkan peringatan pada orang tua akan adanya kemungkinan penggunaan boneka itu untuk pornografi anak-anak. Walau pun hingga hari ini belum ada laporan mengenai penyalahgunaan boneka tersebut, namun munculnya boneka ini telah menghebohkan para orang tua.


Barbie mengalami perubahan dari tahun ke tahun. Itu semua juga pengaruh dari kontroversi terhadap Barbie selama ini. Jika di perhatikan, perubahan zaman juga dapat dilihat dari boneka Barbie. Karena setiap perubahan gaya dan zaman masa kini, pernampilan Barbie juga diubah mengikuti tren yang ada. Dari bentuk badannya sendiri Barbie berubah, awalnya pinggangnya sangat kecil dan ada garis di bawah punggungnya. Kini, ukuran pinggangnya sudah lebih diperbesar. Pada Barbie yang beredar di tahun 1959-1976 mempunyai wajah khas, yaitu bibir yang kecil dan mata yang agak bulat kedalam. Boneka yang selanjutnya sudah memiliki mata yang terlihat seperti dilukis dan memakai eye shadow warna warni. Begitu pula dengan Ken awalnya rambut Ken di buat menyatu dengan kepalanya dan terbuat dari plastic. Namun sekarang Ken memiliki rambut asli seperti yang Barbie miliki.

Pada tahun 90an boneka tercipta lebih banyak lagi boneka Barbie yang lebih inovatif seperti Barbie yang bisa masak dan Barbie yang rambutnya bisa kita tata. Pada tahun itu banyak pernak pernik Barbie yang bisa benar-benar bergerak, contohnya seperti air mancur, televise, dan masih banyak lainnya.

Matel juga memproduksi film Barbie. Dimulai pada tahun 1987 barbie memulai debutnya menjadi aktris pada film series berjudul ‘Barbie and the Rockers’. Pada tahun 2000an film-film Barbie dibuat. Yang pertama, pada tahun 2001 yaitu Barbie and the Nutcracker yang cukup laris dikalangan anak-anak perempuan. Setiap tahunnya terdapat film Barbie terbaru, yang biasanya dikeluarkan untuk menyambut hari raya Natal. Adapun judul film Barbie diantaranya, Barbie as Rapunzel (2002), Barbie of Swan Lake (2003), Barbie as the Princess and the Pauper (2004), Barbie Fairytopia dan Barbie & the magic Pegasus (2005), Barbie Mermaidia, Barbie and the 12 dancing princess dan Barbie fairytopia and the magic of rainbow (2006), Barbie as The Island Princess (2007), Barbie and the diamond castle dan Christmas Carol (2008), Barbie Thumbelina dan Three Musketeers (2009), Barbie in a mermaid tale dan Fashion fairytale (2010), Fairy secret, princess Charm School, dan perfect Christmas (2011), Barbie in a mermaid tale 2 dan yang terakhir Barbie the Princess and the Pop Star (2012). Film Barbie yang terakhir tepatnya film Barbie yang ke 26 akan datang pada September tahun ini.

Matel juga membuat website khusus Barbie. Ada salah satu website yang berisi bermacam-macam permainan tentang Barbie.Di www.barbie.com, Anda dapat memainkan mini game tentang Barbie dalam berbagai jenis permainan.Mulai dari dress up, make up, puzzle, challenge, dan masih banyak lagi.Tentunya, serba perempuan. Untuk Anda yang gemar bermain game RPG, bisa mencoba game RPG Barbie di www.barbiegirls.com.Permainan ini sedikit berbeda dengan barbie.com namun masih satu brand.Di sini Anda dapat bersosialisasi dengan jutaan pemain dari seluruh dunia,mulai dari me-make up karakter,mengganti baju,mendekorasi ruangan,bahkan menonton film Barbie terbaru.Anda juga bisa mengirim pesan ke pemain lain dan mengobrol(chatting)layaknya dunia nyata.Agar lebih leluasa bermain,coba bermain dengan account VIP.Anda harus memiliki kartu kredit untuk membayar permainan setiap 1-6 bulan.Jika Anda menggunakan account VIP Anda bisa mengajak pesta teman-teman Anda,mempunyai peliharaan,membeli baju di butik,dan mengikuti beberapa event ekslusif. Namun tahun 2012 ini Barbie girl telah ditutup. Permainan Barbie tidak harus dijumpai di website khususnya,ada juga beberapa website game online yang menawarkan game online Barbie.Sebagai contoh www.games.co.id, www.girlsgogames.com, www.bigmoneyarcade.com,dan masih banyak lagi website yang berisi kumpulan game online.

Kemudian terdapat juga website untuk para kolektor Barbie yang sekaligus merupakan tempat beli online Barbie yaitu www.barbiecollector.com dimana kita bisa melihat informasi seputar boneka Barbie kolektor serta pernak pernik Barbie. Kini Barbie mainan yang di produksi adalah Barbie yang merupakan karakter dari film Barbie yang ada seperti Barbie charm School, Barbie and a mermaid tail. Selain itu terdapat juga Barbie fashionista dan Barbie I can be. Sekarang ini Barbie bekerja sama dengan banyak designer terkenal. Kini Tim Gunn dari Project Runway juga ikut menjadi design dari baju dan aksessoris salah satu koleksi terbaru Barbie. Orang-orang terkenal juga dibuat kedalam bentuk Barbie yang pastinya tersedia terbatas. Biasanya boneka tersebut diperuntukan bagi para kolektor. Barbie memiliki keterangan tentang ketersediaan dan diperuntukkan nya. Bisa dilihat dari label yang tertera Pink label yang berarti tersedia di banyak toko mainan. Kemudian Silver Label yang hanya tersedia sebanyak 50,000 di seluruh dunia. Gold Label hanya tersedia 25,000 atau kurang di seluruh dunia dan hanya ada di pengecer terpilih. Platinum Label hanya tesedia 1,000 atau kurang diseluruh dunia. Dan yang terakhir Black Label yang diperuntukan bagi kolektor dewasa.

Pada usia Barbie yang ke-50 tahun tepatnya pada tahun 2009 Barbie merayakan ulang tahun ke-50 nya. Perayaan termasuk pertunjukan runway di New York untuk Fashion Week Mercedes-Benz . mode Eventnya disumbangkan oleh lima puluh haute couture terkenal termasuk Diane von Furstenberg , Vera Wang , Calvin Klein , Bob Mackie , dan Christian Louboutin.

Di ulangtahun nya yang ke 50 tahun dibuat kue sebesar 2,1 meter yang dibentuk seperti Barbie asli mengenakan gaun yang indah. Kemudian Barbie nya juga dijual kedalam Barbie kolektor.

Teknologi memperngaruhi perkembangan Barbie pula, adanya social network menjadi penunjang bagi kehadiran Barbie. Tidak mau kalah, Barbie memerankan role sebagai wanita yang hidup, twitter Barbie yaitu @barbiestyle yang follower nya mencapai 133.120. Isi dari akun nya adalah seputar kehidupan gadis Malibu bersama pacarnya yaitu, Ken. Dan tidak mau kalah Ken juga memiliki akun twitter. Awalnya Mattel memutuskan bahwa Barbie dan Ken resmi putus, kemudian Barbie memiliki pasangan lain. Namun sepertinya hal tersebut bukan hal baik karena sudah menjadi trademark bagi orang-orang bahwa pasangan Barbie adalah Ken.

sumber:
Gerber, Robin. 2010. Kisah Sukses Bisnis Barbie. Jakarta: Penerbit Hikmah
http://en.wikipedia.org/wiki/Barbie_syndrome
http://id.wikipedia.org/wiki/Barbie
http://www.anneahira.com/mainan-barbie.htm
http://answers.yahoo.com/question/index?qid=20100714163509AAB5bhl
http://bramz-soft.blogspot.com/2012/05/fakta-mengejutkan-tentang-barbie.html
http://www.squidoo.com/barbie-movie-list
http://en.wikipedia.org/wiki/Barbie

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar