Rabu, 19 September 2012

Tugas 5 - Perkembangan Band Punk "Green Day"


Green Day

  Green Day adalah band bergenre music Punkrock yang berasal dari Amerika Serikat, California yang terdiri dari Billie Joe Armstrong sang vokalis, Mike Dirnt seorang bassist, Tre Cool seorang drummer. Green Day telah menciptakan karya yang diakui dunia, mereka berhasil membuat genre Punkrock kembali eksis kedalam dunia music didunia bersama group music Punkrock lain seperti The Offspring dan Rancid.
Musik Green Day telah berpengaruh kedalam music band Punkrock lainnya seperti Blink 182, Good Charlotte, Sejarah terbentuknya Green Day dimulai saat seorang anak lusuh yang bernama Billie Joe Armstrong bertemu dengan Michael Ryan Pitchard atau yang sekarang dikenal dengan nama Mike Dirnt, Mike mengajarkan tentang cinta dan punk kepada Billie lalu dengan music mereka menjadi erat dan memutuskan untuk membuat band yang bernama Sweet Children.
Mike memutuskan untuk tinggal bersama Billie karena orang tuanya pindah ke daerah Bay Area karena masalah keuangan lalu tinggalah Mike didalam garasi Billie. Billie dan Mike mendengar suatu tempat dimana semua punker berkumpul untuk bersatu dalam music, suatu tempat dimana dahulu itu adalah sebuah club kecil dan sekarang dikenalah tempat itu sebagai “Gilman”.
Gig pertama mereka di Gilman tidak terlalu disenangi karena mereka pikir nama “Sweet Children” terlalu “Pop” untuk para pendengar Hardcore Punk, dan mereka pun berjumpa John Kiffmeyer untuk bergabung bersama Sweet Children.
Sempat tidak disukai dan diingat oleh orang – orang Gilman sampai – sampai mereka hamper putus asa karena mereka sudah mengorbankan semuanya demi kesusksesan band tersebut, bahkan Billie sampai dikeluarkan dari sekolahnya dan akhirnya John pun turun tangan dia mengurus agar Sweet Children mendapatkan show, John juga mengurus semua pengeluaran dari Sweet Children untuk biaya show, John juga memanggil Lawrence Livermore si pemilik Lookout! Record untuk melihat Sweet Children bermain dan ternyata Lawrence pun menyukai penampilan dari Sweet Children dan menyakan apakah mereka ingin membuat suatu album, mereka semua pun berkata iya.
Sesaat sebelum merilis single berjudul “1000 Hours”. “Sweet Children” merubah nama menjadi “Green Day” nama itu didapatkan saat mereka hanya bias duduk terdiam dan menghisap ganja seharian. Lawrence sangat marah mendengar hal itu namun dia melakukannya untuk masa depan terbaik band itu. Dan setahun setelah muncul Green Day mereka merilis album pertama yang berjudul “1039 Smoothed Out Slappy Hour”, Green Day sangat disukai saat itu dan setelah Mike lulus dari Pinolle Valley mereka melakukan tour selama 45 hari
Green Day rela tidur di basement orang supaya musiknya didengar, dan menjual kaset dan cdnya untuk membayar makan maupun untuk membayar bensin kendaraan yang mereka gunakan selama tur. Tapi suatu masalah besar dating John meninggalkan Green Day untuk melanjutkan sekolahnya tanpa memberitahu Billie dan Mike, Billie hanya mendengar kabar tersebut dari seorang temannya, Billie sangat marah akan hal tersebut dan Billie juga tidak mengabarkan bahwa posisi John sebagai drummer sudah digantikan oleh Frank Edwin Wright the III yang sekarang dikenal sebagai Tre Cool.
Group music ini sudah menjual sekitar 24,2 juta album di Amerika Serikat dan mendapatkan penghargaan dari MTV Video Music Awards dan Nickelodeon Kids’ Choice Awards dan 3 Grammy Awards untuk album Dookie sebagai best alternative album, American Idiot sebagai best rock album dan Boulevard of Broken Dream sebagai record of the year

Billie Joe Armstrong

Tre Cool

Mike dirnt


Album – Album Green Day :

1039 Smoothed Out Slappy Hours

Album ini adalah album perdana dari Green Day pada 13 April 1990, album ini diproduksi dalam format piringan hitam sampai Green Day menghapus katalognya dari Lookout! Records pada Agustus 2005 karena loyalti yang tidak dibayarkan dan album ini kembali di produksi pada 24 Maret 2009

Kerplunk!

Album ini adalah album studio kedua dari Green Day yang dirilis pada 17 Januari pada 1992 melalui Lookout! Records. Album ini adalah album terakhir Green Day yang dirilis melalui label Indie dan ini juga album pertama yang dirilis bersama drummer Tre Cool, album ini berhasil menjadi album indie best seller sepanjang masa. Kepopuleran “Kerplunk!” langsung menarik perhatian dari Major Label untuk mengontrak Green Day. Green Day akhirnya meninggalkan Lookout! Records dan bergabung bersama Reprise Records hingga saat ini.
Album ini awalnya dirilis dengan 12 lagu didalamnya namun didalam album versi CD terdapat 4 lagu tambahan diambil dari Sweet Children EP salah satunya adalah lagu ciptaan The Who “My Generation”.
Pada Desember 2007 majalah Blender meletakkan “Kerplunk!” pada posisi ke 47 didalam daftar mereka, “The 100 Greatest Indie Rock Album Ever” pada tahun 2010 “Kerplunk! Berhasil terjual sebanyak  753.000 copy album dan 1.000.000 diseluruh dunia.

Dookie

  Dookie adalah album studio ketiga karya Green Day. Album ini dirilis pada 1 Februari 1994 melalui Reprise Records. Album ini merupakan kolaborasi pertama Green Day dengan Rob Cavallo sekaligus menjadi album Label rekaman pertama mereka. Dookie menuai sukses komersial yang mendunia, dengan berhasil menduduki posisi dua di chart Billboard 200 AS dan memasuki chart di tujuh negara. Album ini berhasil membawa Green Day kepada arus popularitas, di tengah klaim dari komunitas punk rock bahwa Green Day melakukan sellout.
Dookie menghasilkan lima singel hits, yaitu Longview, Welcome to Paradise, Basket Case,When I Come Around, dan singel radio She. Terhitung pada tahun 2010, Dookie menjadi album Green Day dengan penjualan terbaik setelah tercatat terjual sebanyak 15 juta copy di seluruh dunia. Dookie memenangkan Grammy Award untuk kategori Best Alternative Music Album pada tahun 1995. Pada tahun 2003, Rolling Stone meletakkan Dookie di posisi 193 di daftar The 500 Greatest Albums of All Time.

Insmoniac

  Album ini terbuat pada tanggal 10 bulan 10 tahun 1995, album ini merupakan album yang ke 4 yang dikeluarkan oleh Green Day.

Nimrod

  Gaya musikal Nimrod lebih beragam dibandingkan album Green Day sebelumnya. Pada lagu Take Back, Armstrong menggunakan gaya vokal death metal pada bagian chorus. Sementara itu, lagu Last Ride In adalah instrumental bergaya surf rock dan King for a Day adalah lagu ska dengan penggunaan horn yang menyeluruh.
Good Riddance  ditulis saat Billie Joe putus hubungan dengan seorang perempuan yang pindah ke Ekuador dan mencoba untuk memahaminya sebisa mungkin. Sebagian orang juga merasa bahwa lagu tersebut ditulis sebagai respon terhadap komunitas punk secara spesifik, komunitas 924 Gilman Street yang , melakukan penolakan terhadap Green Day pasca status multi-platinum Dookie. Kabarnya, kisah dibalik lagu ini menjadi dasar untuk meliput Green Day dalam acara Behind the Music. Pada tahun 1998, Green Day memenangkan MTV Video Music Award untuk kategori Best Alternative Video untuk lagu Good Riddance.

Warning

Warning adalah album studio ke-6 oleh Green Day. Album ini dirilis pada tanggal 3 oktober tahun 2000 melalu Reprise Records dan diproduseri oleh Green Day sendiri, menjadikan album ini adalah album pertama sejak Dookie yang tidak diproduseri oleh Rob Cavallo. Seperti sebelumnya, Nimrod. Album ini semakin menjauhkan suara punk rock kkas Green Day malah mendekat kearah pop-rock dan akustik.

American Idiot

Latar Belakang dan Proses Rekaman

Pada pertengahan 2003, Green Day sedang mencoba merekam sekitar 20 lagu di Studio 880 untuk sebuah album berjudul Cigarettes and Valentines. Tetapi, kemudian master rekaman mereka dilaporkan dicuri dan hilang. Green Day lalu memutuskan untuk tidak merekam ulang album tersebut dan menulis lagu baru antuk album mereka. Mereka pun menghabiskan tiga bulan berikutnya untuk menulis materi lagu baru.
  Lagu pertama yang mereka tulis adalah American Idiot. Setelah itu mereka mengalami kesulitan untuk melanjutkan ke lagu berikutnya. Bassist Mike Dirnt kemudian mencoba untuk merekam lagu pendek berdurasi sekitar 30 detik. Billie Joe Armstrong dan Tre Cool memutuskan untuk melakukan hal yang sama. Mereka bertiga pun menggabungkan klip-klip lagu pendek tersebut dan menjadi lagu Homecoming dan Jesus of Suburbia. Dengan adanya dua lagu tersebut Billie Joe akhirnya memutuskan untuk membuat sebuah album konsep. Green Day pun mengambil inspirasi dari album konsep karya The Who, juga termasuk karya musikal seperti West Side Story dan Jesus Christ Superstar.
Setelah menyelesaikan demo mereka, Green Day memutuskan untuk pindah ke Hollywood, Los Angeles untuk melanjutkan album mereka.Mereka merekam album mereka di Ocean Way Recording dan menlanjutkan di Capitol Studios untuk menyelesaikannya. Billie Joe menggambarkan, Untuk pertama kalinya, kami merasa berbeda dari masa lalu, dari bagaimana Green Day sebelum ini. Untuk pertama kalinya, kami menyadari fakta bahwa kami adalah rock star.

Musik

American Idiot adalah sebuah album konsep yang mengisahkan tentang karakter bernama Jesus of Suburbia. Album ini sendiri menunjukkan perubahan dari gaya musik Green Day sebelumnya. Billie Joe berkata, segera setelah kau berusaha untuk tidak memakai struktur lagu bait-reff-bait-reff-bridge itu membuka pikiranmu dan menjadikan caramu menulis menjadi berbeda, dimana sebenarnya tidak ada batasan untuk struktur.
Di album ini Green Day menggunakan suara gitar yang lebih keras. Billie Joe juga memainkan lebih banyak permainan melodi dibandingkan di album-album mereka sebelumnya, dimana ia menyatakan bahwa sebelumnya ia cukup takut terdengar dangkal pada permainan melodinya. Billie Joe juga menambahkan sentuhan gitar akustik hampir diseluruh bagian album untuk membantu menekankan suara rhyhtm gitarnya dan suara drum dari Tre Cool, menciptakan kesan perkusif akustik.

Kisah di dalam American Idiot

Ketika Billie Joe selesai menulis lagu pertama American Idiot dan akhirnya mengalami kebuntuan ide, tokoh Jesus of Suburbia muncul dari pikiran Billie dan bertanya kepada dirinya orang seperti apa yang ada dalam lagu American Idiot. Billie Joe menggambarkan karakter tersebut utamanya sebagai seorang anti-hero.
Cerita bermula pada lagu American Idiot berisi kemarahan seorang tokoh tak dikenal terhadap negara Amerika Serikat. Lalu pada lagu Jesus of Suburbia dikenalkanlah tokoh bernama Jesus of Suburbia. Dia membenci kota tempat tinggalnya dan semua hal yang dekat dengan dirinya, sehingga dia pergi meninggalkan kota tersebut. Pada lagu Holiday dikisahkan Jesus of Suburbia memutuskan untuk menjalani hidupnya seorang diri. Hingga dia digambarkan mulai merasa kesepian pada lagu Boulevard of Broken Dreams  dan Are We The Waiting. Seiring jalannya album, diperkenalkanlah karakter St. Jimmy pada lagu St.Jimmy. Dia adalah seorang punk rock yang menjalani hidupnya demi kebebasan dirinya. Meskipun begitu Give Me Novacaine menggambarkan bahwa dia merasa sangat menderita atas sesuatu. Lalu diperkenalkan pula tokoh Whatsername pada lagu She's a Rebel dan Extraordinary Girl. Whatsername adalah seorang yang berjuang untuk revolusi, tokoh yang digambarkan Billie Joe sebagai sesuatu yang sangat berlawanan bagi St Jimmy. Kemudian Letterbomb menceritakan seputar dilema dan kemelut dalam diri Jesus of Suburbia. Hingga sepertinya dia merasa putus asa pada lagu Wake Me Up When September Ends. Mendekati akhir cerita, pada lagu Homecoming diceritakan bahwa St. Jimmy melakukan bunuh diri sambil memikirkan tentang hidupnya yang telah ia jalani, hingga akhirnya dia merasa telah benar-benar pulang. Di lagu terakhir Whatsername, Jesus of Suburbia merasa telah kehilangan hubungan dengan Whatsername dan ingin melupakannya.
Kedua karakter St Jimmy dan Whatsername menggambarkan tema dari album ini sendiri yaitu rage vs love. Billie Joe menggambarkan tema album dimana kau bisa berontak dan bertindak sesuka hati, seperti St Jimmy. Tapi di sisi lain ada sesuatu yang membuatmu peduli terhadap orang lain dan bertindak lebih baik, dimana kau mengikuti etika dan kepercayaanmu, seperti halnya Whatsername. Dan disanalah sebenarnya tujuan dari Jesus of Suburbia.
Walaupun sebenarnya tidak ada alur yang jelas pada akhir cerita, Green Day ingin agar para pendengar menyadari bahwa selalu ada konflik dalam diri setiap orang. Billie Joe berkata bahwa ia juga bermaksud agar para pendengar akhirnya menyadari bahwa Jesus of Suburbia adalah St. Jimmy, dan Jimmy adalah bagian dari Jesus of Suburbia yang telah lama menderita dan sekarat.

21st Century Breakdown

Penulisan dan Rekaman

  Green Day memulai menulis materi lagu untuk album baru pada Januari 2006 setelah melakukan tour secara extansif di tahun 2005.Pada saat itu, Billie Joe menyatakan, Kami memulai dengan berdiam diri, dan itulah bagaimana cara kami mencari inspirasi untuk menemukan album baru. Green Day tidak memberikan info terperinci tentang proses penulisan ataupun perekaman, hingga pada Oktober 2007 Billie Joe dalam wawancara dengan Rolling Stone mengatakan bahwa dia telah menulis sekitar 45 lagu. Mereka mengerjakan tahap konseptual di studio latihan mereka di Oakland, California. Sedikit yang diketahui tentang tema atau gaya yang akan dikeluarkan pada labum mereka, tetapi Billie Joe menekankan, Aku ingin menggali ke diriku yang sebenarnya dan apa yang kurasakan saat ini diusiaku yang pertengahan. Dia menambahkan bahwa dari 45 lagu tersebut kebanyakan ditulis dengan dasar piano dan bukan gitar.
Sumber :

kaskus.co.id
            id.wikipedia.org/wiki/Green_Day
            en.wikipedia.org/wiki/Nimrod
            id.wikipedia.org/wiki/American_Idiot
            id.wikipedia.org/wiki/21st_Century_Breakdown
            id.wikipedia.org/wiki/Dookie





Tidak ada komentar:

Posting Komentar