Rabu, 19 September 2012

Tugas 4: solusi untuk kemanusiaan


Mencari Solusi Perdamaian untuk Umat Muslim Dunia

MASALAH

Universal, itulah dunia kita ini. Semua di dunia kita ini serba beragam dan bermacam – macam. Mulai dari perbedaan ras yang mencirikan pada ciri fisik seseorang, contohnya ada ras kaukasoid, mogoloid, negroid dan lain sebagainya. Selain perbedaan ras, dunia ini juga dipenuhi dengan perbedaan kebudayaan dan keyakinan.Perbedaan kebudayaan biasanya menekankan pada kebiasaan yang dilakukan secara turun temurun oleh sebuah kelompok atau sebuah anggota masyarakat yang mendiami sebuah wilayah. Namun, kebudayaan – kebudayaan tersebut tidak hanya sebatas tingkah laku saja, kebudayaan juga dapat berupa kesenian, contohnya seperti kesenian contohnya seperti kesenian tari tradisional, musik tradisional dan kerajinan tangan tradisional. Selain kebudayaan, salah satu perbedaan mutlak yang dimiliki masyarakat dunia adalah perbedaan keyakinan atau biasa disebut sebagai perbedaan agama.

Agama merupakan sebuah kepercayaan yang dipercaya dan diakui kebenarannya oleh para pengikut – pengikutnya. Agama menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah sistem yang mengatur tata keimanan (kepercayaan) dan peribadatan kepada Tuhan Yang Mahakuasa serta tata kaidah yang berhubungan dengan pergaulan manusia dan manusia serta lingkungannya.Kata "agama" berasal dari bahasa Sanskerta, āgama yang berarti "tradisi". Sedangkan kata lain untuk menyatakan konsep ini adalah religi yang berasal dari bahasa Latin religio dan berakar pada kata kerja re-ligare yang berarti "mengikat kembali". Maksudnya dengan berreligi, seseorang mengikat dirinya kepadaTuhanÉmile Durkheim mengatakan bahwa agama adalah suatu sistem yang terpadu yang terdiri atas kepercayaan dan praktik yang berhubungan dengan hal yang suci. Kita sebagai umat beragama semaksimal mungkin berusaha untuk terus meningkatkan keimanan kita melalui rutinitas beribadah, mencapai rohani yang sempurna kesuciannya. Mengapa di paragraf sebelumnya saya katakan bahwa agama itu sangat beragam? Karena di dunia ini banyak sekali aliran – aliran yang dipercaya oleh masyarakat dunia. Salah satunya adalah agama islam. Agama islam memiliki pengikut yang disebut sebagai muslim. Agama islam juga memiliki panutan yaitu seorang Rasulullah S.A.W. serta memiliki kitab suci berupa Al – Qur’an. Pengaruh islam dan para muslim dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi juga sudah mulai diakui oleh dunia. Tetapi tidak jarang pula negara – negara barat dan Amerika masih menganggap bahwa muslim merupakan musuh di dunia mereka? Dan mengapa pula mereka masih sangat sering melakukan pendiskriminasian para kaum muslim dan muslimin?

Masalah pendiskriminasian muslim di dunia barat sebenarnya sudah dimulai sejak lama sekali, kira – kira sekitar abad ke - 19an. Namun baru marak – maraknya ketika terjadi pengeboman menara kembar WTC lah dunia muslim diekspos oleh dunia barat dan tidak jarang dunia barat mengecap muslim dan muslimin sebagai teroris yang wajib dimusuhi. Namun, pada awalnya masyarakat dunia belum mengetahui apapun tentang diskriminasi muslim ini sebelum kini telah diekspos oleh berbagai macam pihak. Selain pengeboman menara kembar WTC, pelanggaran hak asasi manusia juga dilakukan oleh dunia barat terhadap masyarakat muslim, salah satu contoh besarnya adalah pelanggaran hak asasi manusia masyarakat muslim di Palestina. Pelanggaran hak asasi ini dengan cara membatasi kemerdekaan mereka untuk hidup di negara mereka sendiri. Selain itu, rezim zionis berusaha mengusir warga Palestina dari bagian timur Baitul Maqdis, dan menempatkan warga yahudi sebagai gantinya. Para pemimpin politik zionis pun dalam rangka mendukung rencana tersebut, memberlakukan aksi-aksi penumpasan dengan sangat hebat terhadap warga Palestina Baitul Maqdis. Aksi penumpasan ini mendapat cukup banyak perhatian dari negara – negara timur, khususnya masyarakat muslim. Selain itu masih banyak lagi contoh  - contoh diskriminasi dari negara – negara barat terhadap umat muslim di dunia.

“Undang-undang Uni Eropa yang melarang diskriminasi atas dasar agama atau kepercayaan di bidang ketenagakerjaan tampaknya menjadi ompong di seluruh Eropa, seperti yang kita amati tingkat pengangguran yang lebih tinggi terjadi di kalangan umat Islam,” kata Marco Perolini, ahli Amnesti Internasional mengenai diskriminasi. (www.nahinmunkar.com)

Kebebasan Hak Asasi Manusia masyarakat muslim di negara – negara barat seakan dibatasi oleh berbagai hal yang sengaja dibuta oleh negara – negara tersebut. Tidak hanya itu saja negara – negara barat tersebut juga sering melakukan tindakan – tindakan yang terindikasi sebagai pelanggaran Hak Asasi Manusia . Terutama sejak kejadian 11 September yang terjadi di Amerika. Umat muslim dituding sebagai pelaku dan umat yang harus bertanggung jawab atas semua kejadian tersebut. Setelah kejadian tersebut kekerasan yang terjadi pada masyarakat muslim di Amerika meningkat tajam. Salah satu contohnya yaitu dengan adanya salah satu regu teror di dalam korps teror dan ketentaraan Israel adalah regu yang dinamakan Unit 101. Di bawah komando Ariel Sharon, mereka banyak melakukan kejahatan dengan alasan menangkis ancaman yang datang dari negara-negara Arab yang bertetangga dengan Palestina. Salah satu kejahatan yang mereka lakukan adalah serangan ke desa Beit Jala pada 11 Januari 1952. Desa yang menjadi sasaran serangan mereka itu terletak di dekat Baitul Maqdis, di kawasan Yordania. Dalam serangan itu, 4 anak kecil, 2 perempuan dan seorang pria tewas. Di akhir bulan yang sama, Unit 101 menyerang dua desa lain bernama Palame dan Rantis. Kebanyakan korban serangan itu adalah anak-anak dan perempuan. Dengan menunjukkan sebuah contoh saja kita sudah dapat melihat bagaimana negara – negara barat dan negara – negara anti islam melihat masyarakat muslim. Mereka melihat masyarakat muslim seakan sebagai parasit di dunia ini. Parasit yang harus ditumpas di dunia ini.

Selain itu baru – baru ini baru saja terjadi peristiwa yang membuat masyarakat muslim di seluruh dunia marah dan mengamuk. Baru saja sebuah film yang melecehkan Rasululllah S.A.W. lahir dari tangan seorang Amerika. Film tersebut melecehkan Rasulullah S.A.W. dengan menampilakan wujud Rasulullah dengan seenak mereka sendiri. Munculnya film ini membuat masyarakat muslim dunia marah dan mengamuk. Tidak terkecuali di Indonesia. Indonesia yang terkenal dengan didominasi oleh masyarakat muslim tidak diam begitu saja. Unjuk rasa besar – besaran yang dilakukan di depan kedubes AS telah menunjukkan tanda betapa umat islam di indonesia merasa dilecehkan dan direndahkan oleh bangsa Amerika dan negara – negara barat. Tidak hanya itu saja yang dilakukan oleh masyarakat barat dan Amerika terhadap muslim – muslim di seuruh dunia. Majalah Charlie Hebdo merealisasikan rencana sebelumnya untuk mempublikasikan karikatur yang menistakan Nabi Muhammad Saw. Tidak cukup hanya itu, majalah ini juga melanjutkan aksi penistaan itu dengan mempublikasikan sejumlah karikatur susulan. Perancis memiliki populasi Muslim terbanyak di Eropa dan dipastikan aksi Charlie Hebdo ini akan menyulut kemarahan warga Muslim Perancis. Dewan Muslim Perancis menyatakan kekhawatirannya atas tindakan majalah Charlie Hebdo mengingat kondisi saat ini sangat sensitif. Polisi Perancis menilai demonstrasi umat Islam di Paris yang menentang produksi dan penayangan film penghinaan terhadap kesucian Nabi Muhammad Saw sebagai tindakan ilegal. Mereka kemudian menangkap 150 pengunjuk rasa. Namun anehnya beberapa hari setelah insiden tersebut, polisi Perancis membiarkan ribuan orang dari masyarakat Armenia Perancis menggelar demonstrasi di Paris untuk menentang kunjungan Presiden Azerbaijan Ilham Aliev ke negara itu. Sementara, umat Islam Perancis tidak diizinkan untuk memprotes pelecehan terhadap seseorang yang paling mulia di agama suci mereka. Sikap ini menunjukkan kebijakan ganda para pejabat Perancis dalam menghormati kebebasan berpendapat. Pemerintah Paris dan para penentang Islam di negara ini adalah salah satu pioner Islamphobia di Barat. Mereka mengesahkan berbagai undang-undang anti-Islam termasuk melarang jilbab bagi pelajar Muslimah. Langkah anti-Islam terbaru pemerintah Perancis adalah pengesahan undang-undang yang melarang para Muslimah Perancis memakai cadar di depan publik. Undang-undang ini disahkan di masa pemerintahan Presiden Nicolas Sarkozy. Dengan melihat keadaan ini kita sudah dapat melihat betapa jelasnya masayarakat muslim di diskriminasi oleh masyarakat barat dan Amerika.

SOLUSI

Solusi pertama yang saya coba katakan adalah dengan membuktikan bahwa umat muslim bisa mengubah deskripsi masyarakat barat dan masyarakat amerika terhadap muslim. Cara membuktikan nya tersebut adalah dengan cara menjadi tokoh yang berpengaruh di dunia ini. Kita tidak dapat hanya bergantung pada pemimpin – pemimpin yang ada sekarang ini namun, kita harus lebih banyak bertindak dan mencoba menjadi tokoh berpengaruh di dunia ini. Dengan banyaknya umat muslim yang menjadi tokoh berpengaruh di dunia, maka bukan kita yang diatur oleh masyarakat amerika dan dunia – dunia barat tetapi juastru kita lah yang banyak mengambil keputusan dan mengatur mereka. Kita sebagai kaum muda harus mewujudkan cara tersebut dengan cara banyak belajar dan menuntut pendidikan yang setinggi – tingginya. Dengan banyak memiliki pendidikan dan banyak memiliki pengalaman di berbagai bidang jalan yang lebar akan terbuka demi mewujudkan cara tersebut. Apalagi jika pendidikan dan pengalaman yang kita miliki banyak diinginkan oleh bangsa – bangsa barat dan negara Amerika. Maka dengan mudah kita bisa mendapatkan peran penting di dunia.

Solusi kedua yang dapat saya berikan dalam artikel ini adalah dengan bersatunya umat muslim di seluruh dunia. Banyak sekali kejadian – kejadian saat ini yang membuat geram masyarakat muslim dunia. Dengan banyaknya pelajaran yang pahit yang kita terima, harusnya kita dapat mengambil hikmah sekaligus membuat tareget yang harus dicapai oleh masyarakat muslim dunia. Namun, jika target – target tersebut tidak didukung oleh seluruh komponen muslim di dunia maka, target – target tersebut tidak akan tercapai dengan mudah. Jadi, yang saya coba katakan disini adalah masyarakat muslim harus terus selalu bersatu dan bahu membahu dalam menangani setiap masalah yang dihadapi pada masyarakat muslim lainnya. Tidak perlu di dimulai dari permasalahan yang besar dahulu, tetapi dapat dimulai dari lingkungan terkecil di sekitar kita. Misalkan ada masyarakat muslim yang sedang membutuhkan bantuan dari kita, maka jangan pernah kita mengacuhkannya. Karena jika bukan kita yang memulai semuanya maka siapa lagi yang akan memulainya.

Solusi terakhir yang dapat saya berikan adalah jangan pernah bersikap acuh tak acuh terhadap sebuah permasalahan yang sedang terjadi pada masyarakat muslim. Karena jika kita bersikap seperti acuh tak acuh seperti itu maka itu akan berakibat fatal terhadp kaum muslim kita sendiri. Selain itu sikap ini pulalah yang akan dapat menghancurkan umat muslim sendiri dengan tangannya sendiri karena sikap ini dapat menimbulkan beberapa akibat yaitu dapat membuat salah paham yang akan menghancurkan kita sendiri. Selain itu pula masyarakat anti islam akan dengan mudah masuk kedalam menghancurkan kita dan mereka akan bertindak semena – mena lagi terhadap masyarakat muslim.

Sekian solusi dari saya semoga permasalahan yang saya tuliskan diatas dapat teratasi dengan cepat dan tidak akan pernah lagi terjadi kejadian – kejadian yang tidak kita harapkan sebagai seorang muslim maupun umat manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar