Sabtu, 22 September 2012

Tugas 4 - Solusi Labsky untuk Kemanusiaan

Rasisme dan Diskriminasi


Masalah :

Rasisme adalah kepercayaan bahwa karakteristik dan kemampuan suatu individu dapat dikaitkan hanya atas dasar ras tertentu dan meyakini dengan sepenuh hati bahwa ada suatu golongan ras yang lebih baik,lebih berkuasa dan lebih istimewa dibanding golongan ras lainnya.Rasisme dan diskriminasi seringkali dimanfaatkan sebagai senjata yang sangat ampuh untuk menanamkan kebencian terhadap sesama umat manusia selama masa konflik dan perang atau bahkan saat krisis ekonomi untuk kepentingan kepentingan suatu golongan.

Rasisme juga merupakan suatu hal yang sangat sensitive bagi sebagian masyarakat dunia karena adanya isu-isu tentang kebebasan berbicara dan pasal 19 dari Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia yang berisi tentang bahwa sesungguhnya setiap individu di muka bumi ini memiliki kebebasan dalam menyuarakan pendapatnya tanpa gangguan dari pihak manapun.beberapa orang berpendapat bahwa mendukung diskriminasi rasial hanyalah ucapan belaka dan kebebasan berbicara harus memperbolehkan pendapat pendapat ekstrim untuk ditayangkan ke public tanpa batasan tertentu.akan tetapi,sebagian orang lainnya berpendapat bahwa hanya dari perkataan saja dapat menimbulkan konsekuensi yang sangat mengerikan dan serius.contohnya adalah kebijakan yang diambil oleh pemerintahan era Nazi.

Dalam sebuah video pengantar singkat dari Asosiasi Antropologi Amerika Serikat yang berjudul “Race:Are we so different?” menjelaskan bahwasannya ras merupakan suatu wujud ide yang kuat dan suatu konsep yang abadi yang diciptakan sendiri oleh masyarakat.hal ini juga sudah memupukkan ketidaksetaraan dan diskriminasi antar umat manusia selama berabad-abad lamanya.rasisme juga mempengaruhi cara bagaimana suatu individu berinteraksi dengan individu lainnya.

Mungkin kita kerap kali mendengar kasus rasisme dan diskriminasi antar umat manusia terjadi di daerah barat ,Eropa dan Amerika.akan tetapi nyatanya di Asia sendiri banyak sekali kasus rasisme yang dapat kita lihat dan saksikan secara nyata.Di negara Kamboja,warga negaranya sudah merasa anti dan jijik terhadap penduduk Vietnam.Di negara kita Indonesia,sudah menjadi rahasia umum bahwa banyak kaum yang merasa tidak suka dengan adanya kaum etnis tionghoa di tanah air.pada tahun 1998,banyak kaum etnis tionghoa di Indonesia yang menjadi korban kekerasan,perampokan dan pemerkosaan hanya karena mereka (etnis tionghoa) dirasa menjadi penyebab utama masalah perekonomian bagi warga pribumi di Indonesia
Di negara tetangga,Malaysia.sebagaimana tercatat di Wikipedia bahwa hingga tahun 2003,berlaku undang undang yang diskriminatif dan membatasi warga kelahiran Malaysia keturunan Tionghoa untuk melanjutkan pendidikannya di jenjang universitas dan juga undang undang lainnya yang secara eksplisit mendukung kaum bumiputera (melayu) untuk tetap memegang kendali pemerintahan negara Malaysia.

Di India,sudah lama sekali terjadi apa yang disebut diskriminasi terhadap sesama mereka.seperti yang kita telah ketahui bersama,agama Hindu menganut sistem kasta atau sistem yang membagi-bagi penganutnya kedalam kelas kelas dengan tingkatan tingkatan status yang berbeda-beda dari tinggi ke rendah.sistem kasta membagi penganutnya menjadi 4 bagian dari tinggi ke rendah yaitu : Brahmana,Ksatria,Waisya dan Sudra.Kaum Brahmana berasal dari para pekerja di bidang kerohanian seperti Pandita dan rohaniawan lainnya.sementara kaum Ksatria berasal dari para kepala dan anggota pemerintahan.kaum Waisya berasal dari pekerja ekonomi dan kaum Sudra berasal dari golongan pekerja pembantu Brahmana,Ksatria dan Waisya.selain keempat Warna (status) tersebut,terdapat 2 status lagi yaitu kaum Paria dan kaum Candala.kaum Paria adalah kaum yang terbuang dari keempat Warna yang sudah disebutkan,kaum Paria dikucilkan karena dianggap telah melakukan suatu kesalahan yang cukup besar sementara kaum Candala adalah kaum yang berasal dari orang orang yang mengadakan perkawinan antar warna.meskipun sebenarnya sistem kasta dilarang oleh konstitusi negara India,akan tetapi sistem kasta adalah merupakan suatu cara untuk memperbaiki ketimpangan struktur tersebut sehingga sulit untuk dihindarkan. Dan sementara dilarang, hambatan sosial yang tercipta akibat sistem kasta masih lazim di daerah pedesaan di mana kebanyakan orang India tinggal. Ia juga memiliki dalam pandangan ekstrimis Hindu dan tradisionalis.sistem kasta juga merupakan sesuatu hal yang tertanam sangat dalam di pandangan para penganut agama hindu ekstrimis dan tradisionalis.

Pada berbagai saat,acap kali terjadi ketegangan antara kelompok-kelompok agama yang berbeda,seperti misalnya kelompok penganut agama Hindu dengan kelompok penganut agama Muslim dengan masing masing pihak bersikap secara ekstrim.meskipun hal seperti ini secara teknis tidak tergolong sebagai kasus rasisme karena orang orang dari masing masing kelompok berasal dari ras yang sama.sistem kasta dinilai sangat mirip dan menyerupai dengan apa yang disebut sebagai rasisme atau penggolongan ras.
Di negara sekaligus benua Australia pun kasus penggolongan ras bukanlah  suatu hal yang asing,banyak kasus diskriminasi ras terjadi di Australia. Pada tahun 1987, sebuah "penemuan" sensasional ditemukan oleh tim Universitas Sydney, yang dipimpin oleh pra sejarawan-Australia yang sangat terkenal bernama Profesor D.J. Mulvaney. Mereka melaporkan bahwa penduduk asli Australia pada tahun 1788 adalah sebanyak 750.000 jiwa, atau tiga kali lipat perkiraan sebelumnya. Mereka menyimpulkan bahwa lebih dari 600.000 orang telah meninggal sebagai akibat dari pemukiman kaum kulit putih yang hijrah ke Australia.

Pada bulan Juni 1998, One Nation, sebuah partai nasionalis Australia di Queensland memenangkan 25 persen suara dengan program utama mereka dengan memerangi imigrasi oleh imigran non-kulit putih. Hal ini dimungkinkan karena pada saat itu tingkat pengangguran cukup tinggi dan para pengangguran akan sangat mudah untuk ‘dikompori’ bahwa orang-orang imigran inilah yang mengambil alih pekerjaan mereka, karena dinilai dapat berfungsi menjadi alasan yang nyaman dan jalan yang tepat untuk melampiaskan keputus asaan mereka yang tidak mendapatkan pekerjaan. Dalam pidatonya pemimpin partai One Nation mengatakan bahwa Australia sedang  dalam bahaya” dibanjiri" oleh orang-orang Asia dan dia juga mempertanyakan tentang manfaat kesejahteraan khusus untuk para orang orang Aborigin Australia. Sebagai akibat dari hal itu,partai tersebut  hanya meraih 6 persen suara dua bulan kemudian, pada saat  pemilihan umum Negara.

Australia juga memiliki masa lalu yang sangat rasis di mana apartheid atau pemisahan hukum yang diterapkan oleh kaum kulit putih telah dipraktekkan dan di mana orang-orang Aborigin asli telah kehilangan hampir semua tempat tinggal mereka dan menderita banyak kecurigaan. Di masa lalu, kebijakan yang sudah terkenal jahat yang menyebabkan munculnya “Stolen Generation” yang bermakna anak anak aborigin Australia yang diasingkan dari keluarganya oleh pihak pemerintah australia dipraktekkan. Ini adalah upaya yang dilembagakan oleh pemerintah negara Australia untuk mencegah anak-anak Aborigin (dan dengan demikian generasi masa depan) dari mengenal dan mengetahui kebudayaan asli suku Aborigin Australia. (Hal ini juga terjadi di berbagai bagian dari Amerika juga.)

Suku Aborigin merupakan kelompok termiskin di negara Australia,seringkali mereka menderita sangat banyak penyakit yang sebenarnya dapat dicegah. Tentang masalah ini,ada wartawan asal Australia yang sangat kritis tentang kebijakan negara barat bernama John Pilger.ia membuat laporan yang sangat mengerikan tentang bagaimana situasi sebenarnya di dalam kehidupan suku Aborigin.
The Sydney Olimpiade 2000 juga mengungkit kembali beberapa masa lalu rasis Australia dan diangkat kembali ke permukaan. Di sisi positif, banyak bagian dari keragaman Australia pada masyarakat perlahan-lahan membantu menghilangkan kecurigaan dan prasangka buruk.Namun, beberapa politisi Australia yang lebih tradisional dan konservatif masih saja bersifat rasis.

Pada tahun 2008, sebuah penelitian menemukan bahwa sebenarnya warga negara Australia pada umumnya dapat menerima keragaman.akan  tetapi, 1 dari 10 warga negara Australia masih memiliki pandangan rasis. rasio ini cenderung lebih sedikit daripada yang terdapat di beberapa negara di benua Eropa.akan tetapi nilai ini dinilai masih tinggi oleh para peneliti. Umat Muslim paling takut atau segan untuk tinggal di Australia karena merasa  dibenci,warga Australia merasa mereka kurang pantas dan tidak seharusnya tinggal di Australia , dan diikuti oleh pribumi Australia atau suku Aborigin dan Afrika.
Pada tahun 2009 dan 2010, terjadi peningkatan serangan rasisme terhadap warga India dengan banyak orang India di Melbourne takut akan serangan rasisme dan penggantungan yang meningkat. Bahkan hal ini menyebabkan pemerintah India mengeluarkan peringatan kepada warga negara India tentang bahaya bepergian ke Melbourne,Australia.

Solusi

Sebenarnya banyak langkah yang dapat kita ambil untuk memberantas masalah rasisme dan diskriminasi antar umat manusia ini.masyarakat dunia pun banyak yang nampaknya kini telah sadar bahwa sesungguhnya tuhan telah menciptakan manusia itu sebagai satu kaum yang sederajat dan bukannya berkelompok-kelompok dengan status yang berbeda-beda.
Hal ini dapat dilihat dari maraknya kampanye kampanye dan seruan seruan dari masyarakat baik dalam negeri maupun luar negeri untuk kita sebagai warga bumi bersatu dan membuat suatu kerukunan antar warga negara.kita sebagai umat manusia harus lebih objektif dalam menilai dan menelisik suatu masalah agar dapat mendapatkan jalan keluar yang objektif pula dan tidak mendapatkan jalan keluar subjektif yang mana dapat mengarahkan kita ke hal hal yang berbau rasisme dan diskriminasi seperti yang terjadi di Indonesia pada tahun 1998.

Kita juga sebagai manusia tidak boleh yang namanya lupa daratan.meskipun bangsa kita misalnya lebih maju dibanding bangsa lain,tidak berarti semua warga negara dari negara tersebut lebih bodoh dan kita lebih berkuasa,kita harus tetap menyetarakan derajat kita dengan derajat warga negara lain meskipun terletak perbedaan-perbedaan diantaranya seperti suku,bangsa,ras dan agama.

Pendidikan dan pengawasan dari usia dini pun diperlukan terhadap anak anak berusia dini.karena sikap diskriminatif dapat mulai terpupuk dari usia dini.kita dapat mengambil contoh kasus seperti anak anak yang berada di kawasan komplek perumahan elit nampak enggan untuk bermain dengan anak anak dari kawasan kampong di sekitarnya karena merasa jijik dan merasa tidak pantas bagi anak kampong tersebut untuk bermain bersama mereka.peristiwa peristiwa seperti inilah yang kedepannya akan menumbuhkan sikap diskriminatif dalam masing masing individu.Rasisme dan diskriminasi berasal dari sikap sombong seorang manusia,oleh karena itu kita sebagai manusia tidak boleh untuk merasa lebih hebat dibanding manusia yang lainnya.

Tidak ada satupun hal positif yang datang dari sikap rasisme dan diskriminasi,kedua hal tersebut hanya mengakibatkan perpecahan dan mendatangkan masalah masalah dalam kehidupan.manusia adalah makhluk sosial yang berarti membutuhkan bantuan dari sesamanya.akan tetapi,apabila manusia tersebut membatas-batasi tingkat interaksi dia dengan manusia lain,bukankah dalam kehidupannya ia malah akan menemui hambatan hambatan?oleh karena itu,sebagai manusia yang berakal sehat dan memiliki pandangan jauh kedepan,kita tidak boleh berlaku rasis dan diskriminatif terhadap orang lain meskipun mereka tidak sebaik kita.

Dengan hilangnya rasisme dan diskriminasi dari muka bumi ini,bukanlah tidak mungkin suatu hari nanti perdamaian dunia akan terjadi di muka bumi ini.maka dari itu,mulai dari saat ini kita harus hilangkan sikap sombong dan rangkul semua lapisan masyarakat tanpa membeda-bedakan agar terjadi lingkungan yang damai dan sejahtera.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar