Sabtu, 22 September 2012

Tugas 4 - Solusi Labsky Untuk Kemanusiaan

 Kesadaran Lingkungan. Dimana kau?

Lingkungan adalah sebuah aspek yang sangat penting dalam kehidupan karena disanalah kita melaksanakan kehidupan kita, jika lingkungan di sekitar kita baik maka kehidupan kita juga baik, jika lingkungan di sekitar kita buruk maka kehidupan kita juga akan ikut buruk. Pada hari ini kita sering melihat sampah tergeletak begitu saja di jalanan, banyak plastik plastik bekas makanan terbuang dan tertiup angin begitu saja, dan pemandangan yang paling mengenaskan adalah ketika orang memakan makanan ringan dan bungkus makanan ringan tersebut jatuh begitu saja dari tangannya dan orang itu merasa tidak bersalah. Betapa menjengkelkannya bukan? Siapa yang tidak ingin lingkungan kita menjadi bersih dan asri yang enak untuk dipandang. Padahal yang kita butuhkan adalah kesadaran mengenai lingkungan kita sendiri dengan sebuah kesadaran maka akan timbul kecintaan untuk menjaganya, dan dengan cinta semuanya akan menjadi lebih indah dan lebih baik.

Masalah

Kurangnya Kesadaran Membuang Sampah

Pemandangan yang ada di pinggir jalanan saat ini terkadang hanyalah bekas bungkus makanan ringan yang tertiup angin dan menumpuk di pinggir jalan juga membuat pandangan kita menjadi tidak nyaman, semua ini disebebabkan karena kurangnya kesadaran membuang sampah pada kita sekarang, misal sterofoam akan sangat sulit untuk di uraikan bahkan bisa bertahun tahun bagi mikroorganisme untuk dapat menguraikan sterofoam. Dan ini akan membuat sampah kita terus menumpuk dan menjadikan lingkungan kita tidak nyaman lagi. Dari yang hanya satu sampah hinga lama kelamaan akan menjadi banyak sampah yang tergeletak di tempat itu dan semua ini dikarenakan kita yang kurang memiliki kesadaran lingkungan.

Hal Hal Kecil Kurang Diperhatikan

“Sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit” slogan yang sangat sering kita dengar dan sudah tidak asing lagi bagi kita untuk mendengarnya, dan slogan itu juga berlaku untuk hal hal kecil seperti meremukkan botol air mineral ketika akan dibuang, ataupun mencabut charger baterai handphone ketika sedang tidak dipakai. Hal hal kecil seperti ini akan menimbulkan masalah kecil, tapi kalau dilakukan secara terus menerus dan dilakukan oleh banyak orang maka akan menimbulkan masalah besar, seperti charger baterai yang tidak dicabut otomatis akan terpakai terus menerus listriknya dan akan terbuang sia-sia begitu saja listrik dari charger baterai yang tidak dicabut saat di pakai tersebut. Dan hal hal kecil ini pasti lambat laun akan menimbulkan efek yang besar pula.

Kurang Menggunakan Sarana Alternatif

Persediaan bahan bakar kita terbatas dan akan habis dengan cepat apabila kita tidak menggunakannya dengan cermat. Dan kita juga harus mencari alternatif alternatif lain selain bahan bakar fosil seperti premium, solar, batu bara, dan lain lain. Karena jika kita terus menerus menggunakan bahan bakar yang tersisa sekarang, maka lambat laun kita akan kehabisan bahan bakar dan kita tidak memiliki bahan bakar apapun, sehingga yang harus kita lakukan adalah mencoba mencari alternatif-alternatif dari bahan bakar tersebut agar ketika bahan bakar tersebut habis terpakai oleh kita, maka kita pun akan memiliki sarana Alternatif untuk mencukupi kebutuhan kita. Dan kesadaran untuk menggunakan sarana alternatif ini juga tertutup dikarenakan mindset kita tidak ingin ribet untuk mengganti yang sudah ada maka bahan bakar yang sekarang sudah mulai menipis akan terus dipakai dikarenakan kita tidak ingin berusaha sedikit untuk menggunakan sarana sarana alternatif untuk menghemat bahan bakar yang ada dan juga yang terpenting adalah untuk lingkungan kita semua.

Kurangnya Partisipasi Pada Kegiatan Lingkungan

Sudah banyak warga kota sekarang jarang mengikuti program gotong royong dan kerja bakti yang ada di sekitar lingkungan kita atau mungkin di komplek kita pun jarang sekali kita ikuti atau bahkan komplek dan lingkungan itu jarang sekali mengadakannya. Sehingga partisipasi dalam kegiatan kelingkungan ini juga jarang kita lakukan dan kesadaran lingkungan pun akan sulit di bangun jika kita juga jarang mengadakan dan berpartisipasi dalam kegiatan kelingkungan seperti kerja bakti membersihkan sampah, atau kerja bakti menanam pohon, dan lain lain.Padahal jika semua manusia di dunia bersatu untuk membenahi bumi ini, maka dalam waktu yang tidak usah menunggu lama bumi kita ini akan menjadi lingkungan yang lebih baik untuk di duduki dan di hidupi. Jadi partisipasi pada kegiatan lingkungan kita masih terbilang kurang pada hari ini.

Solusi

Kurangnya Kesadaran Membuang Sampah

Pada masalah Kurangnya kesadaran membuang sampah ini dapat diatasi dengan mengajak orang-orang untuk mulai membenahi diri dalah hal membuang sampah, sampah setelah makan makanan ringan di kantongi terlebih dahulu jika tidak menemukan tong sampah di sekitarnya, dan jika sudah menemukan maka bekas makanan ringan itu dibuang ke tong sampah. Kita harus sering sering mengajak teman kita, sodara kita, atau orang orang terdekat kita ke dalam kebaikan membuang sampah pada tempatnya dan tidak membuang sampah secara sembarangan, untuk membuat lingkungan kita menjadi lingkungan yang lebih indah, dan yang harus pertama kali kita ajak adalah sahabat kita, sodara kita, dan orang orang terdekat kita untuk memulainya, karena dengan semakin banyak orang yang melakukan kebaikan maka semakin baik pula lingkungan tersebut. Juga beberapa Alternatif lain yang bisa diberikan adalah pada sarana sarana umum seperti pantai dan tempat tempat umum lainnya bisa juga di adakan tarif spesial yaitu dengan memungut dua puluh sampah maka biaya ke pantai tersebut atau tempat tempat umum tersebut akan menjadi gratis, sehingga dengan ini tempat umum tersebut dapat dijangkau oleh semua orang dan juga bersih karenanya, bayangkan ada seratus orang yang masuk dalam satu hari, maka sampah yang hilang dari pantai itu kira kira sudah dua ribu keping yang terbuang, maka mungkin saja itu akan membuat pantai atau tempat tempat umum kita menjadi lebih bersih, indah, dan nyaman untuk dipandang, untuk di nikmati, dan untuk tempat rekreasi yang indah.

Hal Hal Kecil Yang Kurang Diperhatikan

Untuk masalah hal hal kecil yang kurang diperhatikan adalah merubah mindset kita akan masalah kecil akan menjadi tetap kecil menjadi slogan yang sangat sering kita dengan bahwa sedikit demi sedikit akan menjadi bukit bahwa hal hal kecil seperti meremukkan botol air mineral agar tempat untuk sampah sampah lain akan lebih banyak, juga charger baterai handphone yang harus nya di cabut ketika sedang tidak dipakai karena jika charger baterai handphone tetap dipasang maka listriknya akan terus menyala dan listrik yang menyala tersebut akan terbuang secara sia-sia dan harus kita cabut karena kita dapat menghemat banyak energi listrik karena hal kecil tersebut. Hal hal kecil lainnya adalah tidak menggunakan dispenser dengan menyalakan dingin lalu panas untuk mendapatkan suhu yang pas untuk minuman anda, karena sebenarnya teknik ini menimbulkan energi yang besar untuk mengkonversi dari suhu rendah ke suhu yang tinggi, maka dispenser akan butuh banyak energi listrik untuk mengkonversi dari suhu rendah ke suhu tinggi tersebut.

Kurang Menggunakan Sarana Alternatif

Untuk masalah kurang menggunakan sarana alternatif ini dapat di selesaikan dengan merubah mindset kita bahwa energi alternatif itu ribet dan sebagainya, padahal energi alternatif ini walaupun tidak semudah energi sekarang, tapi energi alternatif ini cenderung menghemat bahan bakar yang ada sekarang, kalau untuk lingkungan kenapa tidak?. Beberapa cara alternatif yang dapat di lakukan untuk lingkungan yaitu bersepeda untuk mengurangi penggunaan bahan bakar, juga mengurangi polusi udara, juga mengurangi kemacatan yang ada di kota kota besar pada hari ini, dengan bersepeda ini kita bisa ikut serta dalam menjaga lingkungan kita juga dapat membuat badan kita semakin sehat, walaupun memang agak berat untuk memulainya, namun lagi-lagi semua ini adalah untuk lingkungan kita, agar menjadi lingkungan yang lebih baik. Sarana Alternatif lainnya yaitu penggunaan panel surya untuk pembangkit listrik, disini pemerintah harus membuat sebuah panel surya yang besar sehingga dapat menyerap cukup banyak kalor dan mengkonversinya menjadi listrik, cara alternatif ini dapat menambah kapasitas listrik yang ada pada hari ini, sehingga listrik yang kita pakai akan bertambah banyak dari biasanya. Juga penggunaan energi kinetik untuk di konversi menjadi energi listrik seperti baling baling yang di taruh secara strategis dengan sudut arah angin sehingga angin yang meniup baling baling tersebut akan di konversi menjadi listrik dan lagi lagi menambah kapasitas listrik kita menjadi lebih besar dari biasanya dan menghemat listrik listrik yang ada. Sarana alternatif lainnya yang sangat mudah dan sudah di dukung oleh pemerintah adalah penggunaan gas dibanding minyak tanah untuk memasak, karena gas alam cenderung lebih banyak dibanding minyak tanah yang ada, dan ini juga akan menghemat penggunaan minyak tanah, kendala dari sistem ini adalah mindset kita yang masih menggunakan kompor minyak dan tidak mau mengambil pusing dengan berubah ke gas, dan lagi lagi kita harus menanamkan mindset bahwa semua ini demi lingkungan kita, agar lingkunga kita menjadi lingkungan yang lebih baik dari sebelumnya.

Kurangnya Partisipasi Pada Kegiatan Lingkungan

Untuk masalah kurangnya partisipasi pada kegiatan lingkungan ini kita harus mulai menanamkan sikap bahwa semua yang untuk lingkungan adalah lebih baik, dan kita harus mendukung gerakan semacam ini agar kita juga dapat mendapatkan lingkungan yang lebih baik dari sebelumnya. Kita harus mulai berpartisipasi pada kegiatan kegiatan lingkungkan seperti menanam pohon, bergotong royong membersihkan komplek, dan kita harus memulainya juga pada diri sendiri untuk berpartisipasi menjaga lingkungan dengan tidak merusaknya ataupun mengotorinya dengan cara membuang sampah pada tempatnya, tidak merusak tanaman, dan juga menggunakan energi atau sarana sarana alternatif yang dapat membuat lingkungan kita menjadi lingkungan yang lebih baik. Jadi hanya dengan anda membaca artikel ini, anda mulai di buka kesadaran lingkungan yang ada pada diri anda dan kita harus merubah kesadaran lingkungan di dunia agar lingkungan yang kita duduki sekarang, lingkungan yang kita tinggal didalamnya sekarang, lingkungan yang selalu ada di sekeliling kita sekarang, harus kita jaga agar lingkungan kita menjadi lingkungan yang baik, bersih, dan nyaman untuk di tinggali.

sumber:
bukagambar.info
d3wdr0p.com
nwscycling.com
taufik79.wordpress.com
the-marketeers.com
tyachiet-gress.blogspot.com 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar