Jumat, 21 September 2012

Tugas-4 Solusi Labsky untuk Kemanusiaan

Setiap Manusia Memiliki Hak Yang Sama



"Kemudian daripada itu untuk membentuk suatu pemerintah negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial, maka disusunlah kemerdekaan kebangsaan Indonesia itu dalam suatu Undang-Undang Dasar negara Indonesia, yang terbentuk dalam suatu susunan negara Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat dengan berdasar kepada :

     1. Ketuhanan Yang Maha Esa
     2. kemanusiaan yang adil dan beradab
     3. persatuan Indonesia, dan
     4. kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan,
     5. serta dengan mewujudkan suatu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia."

Dalam pembukaan UUD 1945 alinea keempat tersebut, dapat dilihat bahwa dari lima sila dasar negara Indonesia, salah satunya, yaitu sila kedua, mendukung kemanusiaan yang adil dan beradab. Dalam kemanusiaan (humanity) terdapat tiga kekuatan yang berhubungan, yaitu cinta, kebaikan manusia, dan kecerdasan sosial. Menurut Christopher Peterson dan Martin Seligman dalam buku yang mereka tulis yang berjudul Character Strengths and Virtues, ketiga kekuatan-kekuatan tersebut harus dimiliki untuk mencapai "kemanusiaan yang adil dan beradab". Mungkin hal itu terdengar mudah karena kita hanya perlu memiliki tiga hal tersebut untuk mencapai kemanusiaan yang sesuai dasar negara kita. Tetapi, ternyata mencapai hal tersebut tidaklah mudah. Buktinya, masih banyak orang-orang kaya yang semakin kaya sedangkan orang-orang yang miskin semakin miskin. Masalah kemanusiaan tersebut hanya satu dari banyak sekali masalah-masalah kemanusiaan di dunia, tidak hanya di Indonesia.

Poverty, atau kemiskinan adalah masalah kemanusiaan yang paling banyak muncul di negara manapun di dunia ini. Di negara-negara maju sekalipun, seperti Amerika Serikat, Inggris, Jepang, dan lain-lain pasti terdapat masalah kemiskinan walaupun tidak seserius masalah kemiskinan di negara-negara berkembang seperti India, Indonesia, Ethiopia, dan lain sebagainya. Tetapi, masalah kemiskinan yang paling parah adalah kekurangan pangan yang dapat ditemukan di seluruh dunia, contohnya di Afrika Utara dan Afrika Tengah yang paling terlihat jelas. Kekurangan pangan ini dapat disebabkan karena negara-negara tersebut tidak mampu membeli makanan untuk penduduk-penduduk negara-negara tersebut. Selain tidak mampu membeli pangan, kemiskinan juga dapat menyebabkan negara-negara tidak mampu membeli sandang dan papan, yaitu pakaian dan tempat tinggal. Hal itu adalah hal yang menyebabkan banyaknya homeless people atau orang-orang yang tidak mempunyai rumah di negara-negara miskin. Selain pangan, sandang, dan papan, ada satu masalah lagi yang harus dihadapi masyarakat negara-negara miskin yaitu masalah kesehatan karena negara-megara miskin tidak mampu untuk mendapatkan perawatan kesehatan. Harga alat-alat untuk perawatan kesehatan tidak murah. Maka dari itu, negara-negara miskin akan kesulitan untuk mendapatkan alat-alat tersebut. Dari masalah-masalah poverty di atas, terdapat banyak akibat-akibat yang sangat merugikan penduduk-penduduk negara-negara miskin. Akibat dari kekurangan pangan adalah kelaparan. Akibat dari kelaparan adalah kematian. Dan akibat dari kematian adalah kurangnya penduduk di negara tersebut. Jika terjadi kekurangan penduduk di suatu negara, negara tersebut akan kekurangan tenaga kerja dan hal itu dapat menghambat kemajuan negara tersebut. Kekurangan sandang dan pangan juga dapat mengakibatkan kematian mungkin karena mereka kedinginan ketika musim dingin, atau karena faktor-faktor yang lain. Menurut saya, hal yang paling mencemaskan adalah kekurangan alat-alat perawatan kesehatan karena banyak negara-negara miskin yang tidak mampu membeli alat-alat perawatan kesehatan yang baik yang merupakan negara yang rawan penyakit yang sulit disembuhkan tanpa teknologi perawatan kesehatan yang tinggi.

Kemiskinan mungkin terjadi karena lokasi atau letak geografis suatu negara yang tidak strategis, tetapi kemiskinan juga dapat terjadi karena terjadinya perang. Perang adalah sesuatu yang sangat tidak manusiawi. Mengapa? Karena mereka yang menyatakan perang adalah orang-orang yang menghancurkan ras manusia atau the human race dan juga peradaban manusia. Orang-orang atau negara-negara kaya yang menyatakan perang terhadap negara-negara miskin adalah orang-orang yang menginginkan kekuasaan yang lebih daripada yang sudah mereka punyai. Mereka adalah orang-orang yang hanya ingin mementingkan diri sendiri tanpa memikirkan orang lain yang menjalani hidup yang lebih susah daripada dirinya dan tidak mau membantu sesama manusia. Perang tidak hanya menyebabkan kerusakan akibat dari tembakan-tembakan senapan, ledakan-ledakan bom, dan granat yang meledak ketika sedang terjadinya perang, tetapi juga menyusahkan dan merugikan keluarga-keluarga dari pihak negara yang miskin karena para kepala-kepala keluarga yang terpaksa harus mengikuti perang tanpa adanya pilihan banyak yang gugur dalam peperangan. Ada juga kemungkinan bahwa kepala-kepala keluarga tersebut berhasil pulang ke keluarga mereka dengan selamat, tetapi dapat dipastikan bahwa mereka akan mengalami shock karena perang tersebut karena tidak semua kepala keluarga telah mengikuti perang sebelumnya. Sehingga, banyak keluarga yang kehilangan pencari nafkah dan juga kegiatan produksi terhenti karena banyak pabrik dan infrastruktur yang rusak. Efek shock dari perang tidak hanya dirasakan oleh para kepala-kepala keluarga. Anak-anak kecil yang tinggal di dekat daerah perang juga pastinya akan mengalami hal tersebut.

Perang dan kemiskinan adalah contoh-contoh masalah kemanusiaan yang hanya dapat diselesaikan dengan bantuan pemerintahan. Contoh yang tidak terlalu luas dan sangat sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari adalah bullying. Bullying ini biasanya sering ditemukan di sekolah-sekolah. Kelompok murid yang lebih berkuasa atau senior yang biasanya membully murid-murid yang lebih tidak berdaya. Bullying tidak hanya terjadi di sekolah atau terjadi secara langsung atau face-to-face tetapi dapat juga terjadi melalui internet. Hal tersebut dinamakan cyber-bullying. Cyber-bullying dapat terjadi melalui komentar (comment) di situs-situs social-networking seperti Facebook, Twitter, YouTube, dan lain-lain karena komentar-komentar orang di situs-situs tersebut dapat menyakiti perasaan orang lain. Mungkin menurut beberapa orang, bullying dan cyber-bullying bukanlah masalah yang serius, tetapi sebenarnya bullying dapat menyebabkan akibat-akibat yang serius. Tidak sedikit orang yang depresi karena mendapatkan komentar yang tidak pantas diterima olehnya ataupun karena mendapat perlakuan yang tidak pantas juga di sekolah. Akibat dari kedepresian yang sangat tinggi, orang-orang yang tidak kuat dapat melakukan hal apa saja yang merugikan dirinya dan orang-orang disekitarnya. Contoh yang paling parah adalah bunuh diri dan tidak sedikit orang-orang yang melakukan bunuh diri yang disebabkan oleh bullying dan cyber-bullying.

Child abuse atau penyiksaan anak tidak banyak ditemukan di Indonesia walaupun mungkin terdapat hal tersebut yang tidak terdengar oleh publik. Tetapi, di negara lain seperti di Amerika Serikat, child abuse adalah hal yang tidak jarang ditemukan. Penyiksaan anak berupa kekerasan seperti salah satu contohnya pemukulan. Akibat penyiksaan terhadap anak tersebut dapat menyebabkan keterbelakangan mental, ketidakpercayaan diri, dan memungkinkan masa depan anaknya menjadi hancur. Orang tua yang melakukan child abuse ini kemungkinan besar beralasan karena tingkat ekonomi dan sosial yang rendah.

Poin yang terakhir dalam masalah kemanusiaan pada artikel saya adalah human trafficking atau perjualbelian manusia untuk dijadikan budak. Human trafficking adalah bentuk masalah kemanusiaan yang paling saya tentang karena orang-orang melakukan perjualbelian budak ini memaksa sesama manusia untuk dijual dan dijadikan budak dengan harga yang sudah ditentukan oleh para penjual. Orang-orang yang melakukan hal tersebut termasuk orang-orang yang egois karena mereka tidak mementingkan perasaan orang-orang yang mereka jual untuk menjadi budak dan mereka tidak mempedulikan bahwa orang-orang yang mereka jual termasuk dalam ras yang sama dengan mereka. Orang-orang yang diperjualbelikan dalam human trafficking ini berbeda dengan contohnya TKI (Tenaga Kerja Indonesia) atau TKW (Tenaga Kerja Wanita) karena para TKI dan TKW mempunyai pilihan untuk menjadi TKI dan TKW, tetapi orang-orang yang diperjualbelikan dalam human trafficking tidak mempunyai pilihan sama sekali, melainkan mereka didapatkan dengan cara diculik, ditipu, atau dengan diambil secara paksa.

Selain kelima masalah kemanusiaan yang telah saya jelaskan di atas, masih banyak lagi masalah-masalah lain yang terjadi di dunia. Mengapa terjadi banyak masalah kemanusiaan? Karena banyak orang yang sudah tidak peduli bahwa mereka yang menjadi korban adalah manusia juga. Mengapa mereka tidak peduli? Karena mereka adalah orang-orang egois yang hanya memikirkan kebutuhan diri mereka sendiri. Saya sangat menentang orang-orang yang melanggar HAM (Hak Asasi Manusia) dan tidak bisa mentoleran mereka karena korban-korban dari masalah-masalah kemanusiaan banyak yang masih dibawah umur. Menurut saya, solusi untuk menghilangkan permasalahan-permasalahan ini harus datang dari diri kita sendiri. Kita harus sadar akan apa yang terjadi di dunia ini. Jika kita tidak dapat melakukan apapun yang sangat mempengaruhi pencegahan masalah-masalah tersebut, contoh hal yang dapat kita lakukan dengan mudah adalah menandatangani petisi-petisi mengenai hak asasi manusia. Hal itu mungkin sudah dapat sangat membantu. Menurut saya, kita harus lebih terlibat dalam membantu menghilangkan masalah-masalah kemanusiaan ini, walaupun hanya mengisi petisi atau paling tidak mengetahui apa yang sedang terjadi yang berhubungan dengan kemanusiaan karena jika kita tidak mempedulikan hal ini, kita termasuk orang-orang egois yang sama saja dengan orang-orang yang melanggar hak asasi manusia tersebut. Hal lain yang juga dapat kita lakukan adalah menjadi anggota dalam situs-situs yang membantu meningkatkan kesadaran manusia atas masalah-masalah kemanusiaan. Selain menjadi anggota dalam situs-situs tersebut, kita juga dapat volunteer atau menjadi sukarelawan dalam kegiatan-kegiatan yang membantu korban-korban pelanggaran hak asasi manusia. Banyak situs yang mendukung human rights yang dapat ditemukan hanya dengan dicari melalui http://google.com/. Salah satu contoh situs yang saya ketahui mengenai human rights adalah http://theelders.org/ yaitu situs organisasi yang ditemukan oleh Nelson Mandela. Tidak hanya itu situs yang bergerak di bidang organisasi pendukung hak asasi manusia. Banyak sekali organisasi-organisasi di internet yang beranggotakan orang-orang berumur tidak lebih dari umur murid-murid kuliah, yang membuktikan bahwa generasi kita tidak sepenuhnya tidak peduli terhadap hal-hal seperti ini. Menurut saya, generasi yang peduli adalah generasi yang terbaik.

"I hope that people will finally come to realize that there is only one 'race' - the human race - and that we are all members of it." - Margaret Atwood

Tolong buka dan baca situs-situs ini untuk mengetahui lebih banyak mengenai kasus-kasus yang terjadi dan untuk membantu orang-orang yang kurang beruntung:


Sumber:



Tidak ada komentar:

Posting Komentar