Selasa, 18 September 2012

Tugas 4 - Solusi Labsky Untuk Kemanusiaan


“Manusia Makhluk yang Paling Sempurna, tapi…”

Manusia merupakan makhluk paling sempurna di dunia ini, ya itu terbukti benar manusia mempunyai rupa wajah yang unik berbeda satu dengan yang lainnya kemudian manusia mempunyai akal pikiran untuk berpikir mengenai banyak hal di dunia ini manusia juga makhluk paling pintar di dunia ini, itu adalah fakta konkrit yang kita semua ketahui. Namun dibalik kesempurnaan manusia tersebut sudahkan kita, manusia, berlaku sebagaimana seharusnya? Berlaku sebaik-baiknya menggunakan akal pikiran yang kita miliki?
Kemanusiaan merupakan sebuah rasa saling menghormati, menyayangi, dan melindungi sesama umat manusia. Rasa kemanusiaan tidak mungkin dihilangkan ataupun dimusnahkan di dunia ini karena kita manusia merupakan makhluk social yang pastinya membutuhkan manusia lain di dalam kehidupan ini dan jika tidak ada rasa kemanusiaan tidak mungkin tercipta hubungan yang damai dalam bersosialisasi antar umat manusia. Kemanusiaan sekarang ini tidaklah hilang namun sudah banyak disalah artikan oleh manusia itu sendiri karena itulah terjadi berbagai kasus kejahatan dalam kemanusiaan baik di Indonesia maupun di dunia ini. 
Ada berbagai macam masalah dalam bidang kemanusiaan beberapa diantaranya yaitu  kemiskinan, korupsi, penganiayaan, pemerkosaan, perdagangan manusia atau human trafficking dan masih banyak lagi contoh-contoh yang lainnya. Dalam kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai beberapa masalah kemanusiaan yang ada dan juga saya akan memaparkan solusi untuk beberapa permasalahan tersebut.

1. Human Trafficking
Jual-beli manusia atau human trafficking merupakan salah satu masalah kemanusiaan yang ada di dunia ini, human trafficking merupakan transaksi jual beli illegal terhadap manusia untuk tujuan perbudakan, eksploitasi seksual komersial, atau kerja paksa. Perdagangan manusia biasanya terjadi karena terkait dengan kemiskinan atau kurangnya ekonomi di kalangan tersebut, perdagangan manusia bisa dilakukan dengan cara penculikan, hipnotis atau muslihat atau tipu daya oknum tersebut, ataupun dilakukan oleh orang tua yang sangat kekurangan dan merelakan menjual anaknya yang masih kecil ataupun dibawah umur untuk hanya sekedar mendapatkan uang sejumlah jutaan rupiah. Memang jual-beli manusia merupakan hal yang sangat tidak wajar dan juga tidak manusiawi namun kenyataannya ada oknum-oknum yang berpikir untuk mendapatkan keuntungan dengan memperdagangkan manusia. 
Menurut perkataan Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak “Setiap tahun korban human trafficking meningkat dan solusinya harus melibatkan lintas kementerian karena perdagangan orang yang mayoritas korbannya perempuan dan anak itu merupakan sindikat nasional, regional, bahkan internasional”. Perkataan Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak tersebut merupakan sebuah bukti bahwa bahkan di Indonesia pun terjadi kasus perjual-belian manusia yang mayoritas korbannya adalah wanita dan anak-anak. Seperti yang sudah saya bilang diatas, korban human trafficking dapat dipergunakan untuk dijadikan budak tanpa upah ataupun pekerja seks komersial, mungkin karena itulah kebanyakan korban dari human trafficking merupakan kaum hawa, dan juga anak-anak diperjual-belikan karena masalah ekonomi yang menjerat keluarganya sehingga anak mereka lah yang dijadikan korban untuk mendapatkan sejumlah uang untuk menutupi kebutuhan ekonomi keluarga tersebut.
Human trafficking ini adalah permasalahan serius yang harus kita tangani, di Indonesia sendiri sudah ada peraturan tentang jual-beli manusia yaitu UU No 21/2007 tentang pemberantasan tindak pidana perdagangan orang, dan juga Perpres No 69/2008 yang telah dibentuk oleh Satuan Tugas Pemberantasan Tindak Pidana Perdagangan Orang. Selain itu juga diadakan pemberian informasi mengenai apa itu human trafficking kepada masyarakat luas dengan diadakannya pemberian informasi masyarakat akan mengetahui penyebab human trafficking dan juga bagaimana solusinya, kemudian juga kita dapat ikut berperan serta aktif dengan cara melaporkan jika kita mengetahui informasi kasus jual-beli manusia ke Koalisi Nasional Penghapusan Eksploitasi Seksual Komersial Anak (ECPAT Affiliated in Indonesia), Komisi Nasional Perlindungan Anak, ataupun ke Mabes Polri, dan juga kita harus bisa melindungi korban human trafficking dengan cara membangun ousat rehabilitasi dan perlindungan bagi korban-korban tersebut.

2. Korupsi
Korupsi  merupakan salah satu kata yang sering muncul dalam pemberitaan di Indonesia ini, korupsi dilakukan oleh pejabat negara, korupsi memakan uang rakyat, korupsi mengambil uang yang bukan miliknya, korupsi merupakan perbuatan criminal namun sudah dianggap biasa oleh masyarakat di Indonesia sehingga hampir setiap hari kita mendengar pemberitaan tentang korupsi namun kita tetap tenang saja mendengarnya. Namun apakah kita sudah tau arti dari korupsi sebenarnya?
Berasal dari bahasa latin yaitu corruptio, korupsi mempunyai makna yaitu perilaku pejabat public yang secara tidak wajar atau legal memperkaya diri sendiri dengan menyalahgunakan kekuasaan public yang dipercayakan kepada mereka. Seperti yang sudah kita ketahui dan biasa kita dengar, pejabat ataupun oknum yang melakukan korupsi menyalahgunakan kekuasaan mereka dengan cara mengambil uang rakyat ataupun mengambil uang proyek infrastruktur negara untuk mereka timbun sendiri, para koruptor tersebut tanpa mereka sadari sudah mengambil hak-hak warga negara dan mengakibatkan terhambatnya beberapa proyek besar yang disebabkan oleh keegoisan mereka sendiri untuk memperkaya diri mereka. 
Namun korupsi tidak hanya sekedar pengambilan uang rakyat saja namun juga berupa pemberian hadiah atau penyuapan, penyalahgunaan kekuasaan, pemerasan dalam jabatan, dan menerima gratifikasi. Apapun bentuk korupsi tersebut merupakan hal yang tidak patut dicontoh dan merugikan berbagai kalangan di Indonesia dan hanya menimbulkan keuntungan dalam bentuk materi maupun kekuasaan bagi kalangan para koruptor tersebut.
Berbagai macam kasus korupsi telah terjadi di Indonesia diantaranya yang paling popular yaitu penggelapan uang pajak yang dilakukan oleh Gayus Tambunan, kasus dugaan korupsi yang dilakukan oleh mantan presiden kita yaitu Soeharto, kasus korupsi proyek reboisasi, korupsi dana BLBI dan lain-lain, dan diantara banyaknya kasus korupsi yang ada di Indonesia tidak sedikit kasus yang pada ujungnya tidak membuahkan hasil yang maksimal ataupun ditelantarkan di tengah jalan dan tidak terselesaikan dengan baik di meja hukum.
Di Indonesia sendiri sudah ada badan yang menangani kasus korupsi yaitu KPK atau Komisi Pemberantasan Korupsi yang sudah beberapa tahun terakhir ini bertugas untuk menyelidiki tindak pidana korupsi yang terjadi di Indonesia ini. Di negara ini pula sudah diciptakan beberapa undang-undang mengenai tindakan korupsi yaitu UU No 7 tahun 2006, UU No 30 tahun 2002, UU No 31 tahun 1999, UU No 20 tahun 2001, dan UU No 28 tahun 1999 semua undang-undang tersebut mengatur dan berisi tentang tindak pidana korupsi yang terjadi. Kita sebagai warga negara pun dapat mengatasi ataupun memberikan pengetahuan mengenai korupsi sebagai salah satu solusi untuk masalah korupsi yang terjadi di Indonesia ini yaitu dengan cara memberikan pengetahuan dan informasi tentang tindakan korupsi dan bagaimana bahayanya yang akan terjadi jika kita tetap membiarkan korupsi terjadi di Indonesia ini, kemudian kita juga bisa melaporkan kasus korupsi yang terjadi di sekitar kita agar kasus korupsi sekecil apapun dapat terberantas.

3. Kemiskinan
Tingkat kemiskinan di Indonesia tidaklah sedikit, ya kemiskinan ada di daftar 10 teratas masalah nasional yang harus cepat kita berantas dan kita perbaiki lagi. Kemiskinan merupakan suatu masalah yang tiada habisnya karena penyebab dari masalah yang satu ini tidak pernah diketahui asal-usulnya. Kemiskinan di negara ini tercermin dari banyaknya pemukiman kumuh yang contohnya terletak di pinggiran Kota Jakarta ini, kemudian pula banyaknya jumalah pengamen dan pengemis di jalan raya yang turut mencerminkan angka kemiskinan di Indonesia. 
Salah satu factor adanya kemiskinan adalah pembagian lapangan kerja yang kurang dan tidak merata sehingga banyak warga negara yang tidak mendapatkan pekerjaan yang layak dan dapat mencukupi kebutuhan sehari-hari mereka. Selain itu factor pendidikan juga mempunyai peran dalam kasus ini karena minimnya pendapatan mengakibatkan banyak orang yang mendapatkan pendidikan yang tidak layak sehingga tidak banyak mempunyai keahlian dan pada akhirnya susah mencari pekerjaan. 
Di ibu kota Indonesia ini kesenjangan antara si kaya dan si miskin terlihat jelas sehingga yang kaya di kota ini semakin kaya namun tidak sama halnya dengan yang miskin, mereka tetap saja harus bersusah payah membanting tulang untuk hanya mendapatkan makanan untuk hari itu saja. Lihat saja di Jakarta ini berbagai macam merek mobil bertebaran di jalan raya mulai dari yang biasa-biasa saja sampai ada pula yang punya mobil Rolls Royce di Jakarta ini namun jika kita lihat sisi lain dari kemewahan kota Jakarta ini kita akan melihat ada banyak sekali pengamen dan pengemis di ruas-ruas jalan raya Kota Jakarta, ada pula kardus-kardus bekas yang ditumpuk di sekitaran TPA (Tempat Pembuangan Akhir) dan dijadikan untuk tempat tinggal oleh pemulung-pemulung yang berada di Jakarta. Banyak sekali kejadian di sekitar kita yng menggambarkan kemiskinan yang ada di Indonesia ini.
Kita dapat membantu meminimalisir jumlah angka kemiskinan di Indonesia ini dengan cara memberikan pendidikan gratis yang layak untuk orang-orang tidak mampu sehingga mereka dapat belajar sebagaimana seharusnya dan mereka juga mendapatkan suatu keterampilan yang dapat dipakai kerja. Kemudian jika ada keluarga kita yang wiraswasta juga dapat meminimalisir angka kemiskinan yang ada dengan cara membuka lapangan kerja seluas-luasnya dan dapat memberikan pekerjaa kepada mereka yang kurang mampu. 

4. Pembunuhan
Pembunuhan merupakan suatu kegiatan yang menghilangkan nyawa seseorang dengan sengaja ataupun tidak sengaja. Ada berbagai macam alasan seseorang melakukan pembunuhan seperti balas dendam, cemburu, berselisih paham, membela diri, dan masih banyak lagi alasan mengapa seseorang dapat melakukan pembunuhan yang tentu saja melanggar hukum dan juga menghilangkan nyawa si korban tersebut. Pembunuhan juga salah satu kasus yang sering kita temui dalam berbagai macam berita di Indonesia maupun mancanegara, dan yang memprihatinkannya adalah motif dari pembunuhan tersebut terkadang hanyalah untuk membalaskan dendam semata sehingga menghilangkan nyawa seseorang.
Memang sangat memprihatinkan jika seseorang dapat berpikir untuk menghilangkan nyawa seseorang hanya karena emosi semata namun itulah yang terjadi sekarang ini. Kasus pembunuhan merupakan suatu kasus yang menyinggung HAM (Hak Asasi Manusia) karena menghilangkan nyawa seseorang dengan sengaja ataupun tidak sengaja maupun terencana ataupun tidak terencana.
Untuk meminimalisir atau bahkan menghilangkan kasus pembunuhan di dunia ini hendaknya kita haruslah memulai dari diri sendiri dengan cara menghapuskan segala dendam yang ada dalam hati kita sehingga kita tidak ada suatu niatpun untuk mencelakakan sesorang yang dapat berujung dengan menghilangkan nyawanya, dan juga bagi pihak kepolisian harus menindaklanjuti dengan serius kasus pembunuhan yang ada dan membuat suatu tempat rehabilitasi agar sang pelaku dapat mengintrospeksi diri dan tidak menulangi perbuatannya lagi. 

Inilah beberapa masalah kemanusiaan yang ada di dunia ini dan juga solusi yang dapat saja paparkan dan tawarkan mengenai permasalahan tersebut. Semoga solusi ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Sumber:
Id.wikipedia.org
Indopos.co.id
Yudhim.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar