Kamis, 20 September 2012

Tugas 3 - Solusi Labsky Untuk Indonesia

Terjajah Secara Tidak Sadar

MASALAH, ALASAN DAN DAMPAK

1. Perusahaan Asing di Indonesia
Beberapa nama, jenis, dan negara asal perusahaan asing yang beroperasi di Indonesia :
No
Nama Perusahaan
Bidang Usaha
Asal Negara
1
Caltex
Pengeboran Minyak
Amerika Serikat
2
British Petroleum
Pengeboran Minyak
Inggris
3
Freeport di Papua
Pertambangan Emas dan Tembaga
Amerika Serikat
4
Sony
Elektronika
Jepang
5
Samsung
Elektronika
Korea Selatan
6
Siemens
Komunikasi
Jerman
7
Adidas
Sepatu
Jerman
8
Carrefour
Ritel (Perdagangan Eceran)
Prancis
9
Toyota/ Yamaha/Honda
Kendaraan
Jepang
10
Newmont
Pertambangan Emas
Amerika Serikat
Selain nama-nama perusahaan asing diatas, masih banyak lagi perusahaan asing yang berada di Indonesia.
2.  Alasan Berdirinya Perusahaan Asing

a. Indonesia banyak memiliki sumber daya alam (SDA)  sebagai bahan baku.
Indonesia adalah negara yang sangat kaya akan sumber daya alam, maka tidak mustahil jika negara-negara maju dengan modal yang besar mencari negara yang dapat digunakan untuk menjadi sumber bahan mentah dari perusahaan mereka dan menjadikan Indonesia sebagai tempat mendirikan usaha. Dengan kekayaan alam kita ini mereka tidak perlu mencari bahan baku ke tempat lain, karena bahan baku apapun yang mereka inginkan tersedia di negeri ini. Maka dari itu, mereka mendirikan perusahaan-perusahaan mereka disini karena lebih mudah untuk mengambil sumber daya yang ada di Indonesia.
b. Indonesia adalah negara yang termasuk berpenduduk besar sehingga banyak konsumen dan termasuk negara yang konsumtif.
Penduduk Indonesia yang besar sangat berpotensi untuk pemasaran sebuah produk barang dan jasa karena banyaknya penduduk yang ada di Indonesia itu sendiri. Ditambah dengan penduduk-penduduk di Indonesia yang termasuk sangat konsumtif terhadap barang-barang yang ada dan baru. Dikarenakan mudahnya penduduk Indonesia terpengaruh pada suatu hal, maka mudah juga untuk produk-produk luar masuk ke Indonesia. Apalagi barang dari luar negri yang datang ke Indonesia sekarang lebih diminati oleh warga Indonesia karena lebih bergengsi dan menarik karena jenis barang yang lebih update.
c.  Indonesia memiliki banyak tenaga kerja yang murah dan mudah untuk didapatkan.
Tingkat pendidikan masyarakat Indonesia yang tergolong rendah, tidak adanya keahlian dan kurangnya lapangan pekerjaan yang ada di Indonesia menjadikan tenaga kerja Indonesia melimpah dan murah. Dengan tenaga kerja yang melimpah dan upah yang murah para pengusaha asing banyak yang akan dan sudah mendirikan perusahaan di Indonesia. 
d. Stabilitas keamanan di Indonesia terjamin.
Adanya stabilitas keamanan membuat perusahaan asing menjalankan usahanya di Indonesia dengan aman, nyaman dan lancar.

3. Keuntungan dan Kerugian Berdirinya Perusahaan Asing di Indonesia
Keuntungan
a. Mengurangi  pengangguran
Dengan adanya banyak perusahaan asing di Indonesia maka otomatis angka pengangguran di Indonesia dapat dikurangi, karena akan bertambahnya kesempatan kerja bagi para pencari kerja. Dan karena banyaknya pengangguran di Indonesia, maka dengan berdirinya perusahaan asing di Indonesia akan mengurangi pengangguran yang ada.
b. Meningkatkan kesejahteraan rakyat
Adanya perusahaan asing di Indonesia dapat menambah kesejahteraan rakyat, karena kita tidak perlu mendatangkan barang dari luar negeri, karena barang – barang tersebut diproduksi di Indonesia sehingga lebih mudah untuk didapatkan. Dan karena barang-barang luar negri yang biasanya lebih update dan praktis lebih mudah didapatkan jika berada di Indonesia, maka banyak warga Indonesia yang membeli dan itu dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Indonesia karena lengkapnya fasilitas barang yang tersedia di Indonesia.
c. Meningkatkan pendapatan negara
Negara akan mendapatkan sumber penghasilan dari pajak yang dibayarkan oleh perusahaan asing tersebut. Dengan meningkatnya angka perusahaan asing yang berdiri di Indonesia, otomatis semakin banyak pula pajak yang didapatkan. Dan karena sebagian besar pendapatan Indonesia juga dari pajak, maka itu merupakan keuntungan bagi Indonesia.
d. Penerapan teknologi
Mereka yang bekerja di perusahaan asing dapat menerapkan keahlian teknologinya karena akan mendapatkan pelatihan terlebih dahulu di tempat ia bekerja. Dan karena banyaknya perusahaan asing yang lebih mengerti teknologi, Indonesia jadi bisa mengikuti perkembangan teknologi di dunia dan bisa mengikuti pendidikan teknologi yang ada.
Kerugian
a. Tercemarnya lingkungan
Perusahaan asing di Indonesia dapat menimbulkan pencemaran, baik pencemaran air, udara bahkan pencemaran air laut. Karena limbah dari pabrik yang ada dibuang di wilayah Indonesia, itu berarti merugikan Indonesia karena tercemarnya daerah Indonesia. Dan pencemaran yang ditimbulkan oleh perusahaan-perusahaan asing itu sendiri tidak sedikit. Jadi sebenarnya sangat merugikan bangsa Indonesia sendiri karena bukan bangsa Indonesia yang menggunakan lahannya, tetapi yang terkena pencemarannya warga Indonesia. Dan pencemaran tersebut dapat menyebabkan berbagai macam penyakit. Jadi dapat merugikan di aspek lingkungan, dan masyarakat Indonesia itu sendiri.
b. Perubahan fungsi lahan dan berkurangnya lahan
Adanya perusahaan asing di Indonesia dapat menimbulkan perubahan fungsi lahan. Misalnya yang seharusnya untuk lahan pertanian tetapi fungsinya akan beralih menjadi pabrik tempat perusahaan asing itu  berdiri. Dan dengan berdirinya perusahaan asing di Indonesia, lahan-lahan di Indonesia pun berkurang, tempat pemukiman menjadi sangat padat karena lahan banyak yang dipakai untuk perusahaan asing tersebut.
c. Rakyat tidak menikmati hasil alam dengan sepenuhnya.
Karena yang berdiri adalah perusahaan asing maka kekayaan alam yang seharusnya digunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat, maka tidak sepenuhnya di nikmati oleh rakyat, karena harus berbagi dengan yang punya modal atau si perusahaan asing itu sendiri. Terlebih, perusahaan asing tersebut juga tidak hanya menjual di Indonesia, tetapi negara-negara lain juga. Jadi seperti berbagi Indonesia untuk dunia. Dengan banyaknya perusahaan asing yang berdiri di Indonesia, seperti contohnya salah satu perusahaan asing air di Indonesia, ia mengambil air dari Indonesia tetapi menjual lagi ke orang Indonesia. Seharusnya, kita bisa memanfaatkan sendiri tanpa harus terjajah seperti sekarang.
d. Masyarakat menjadi lebih konsumtif.
Dengan banyaknya perusahaan asing yang datang ke Indonesia, seperti contohnya merk pakaian yang semakin beragam dan bergengsi karena harganya yang mahal dan teknologi yang semakin canggih, maka masyarakat Indonesia menjadi tertarik dan membeli terus barang-barang produk luar negri tersebut dikarenakan belum ada produk dalam negri yang menciptakan barang seperti barang luar negri dan barang luar negri biasanya kualitasnya lebih bagus dan barangnya lebih awet dan bagus.
e. Berkurangnya kreatifitas warga Indonesia.
Dengan banyaknya produk luar yang semakin banyak dan menarik, maka dapat mengurangi kreatifitas masyarakat Indonesia. Karena semakin lengkap barang yang ada, masyarakat akan semakin berkurang untuk membuat inovasi baru. Karena takut akan tidak laku atau tidak dapat sukses karena barang yang akan dijual sudah dijual oleh produk luar, atau jadinya hanya meniru produk luar yang sudah ada jadi tidak berpikir untuk inovasi produk yang baru yang akan diciptakan.

Dengan data-data tentang beberapa nama-nama perusahaan yang berdiri di Indonesia, alasan mengapa mereka berdiri di Indonesia, dan dampak dari berdirinya perusahaan-perusahaan tersebut di Indonesia, menurut saya mereka secara tidak langsung menjajah Indonesia tanpa disadari oleh warga Indonesia sendiri. Dengan berdirinya mereka disini, mereka dapat mengambil sumber daya alam yang sangat banyak dari Indonesia dan pekerjanya pun dari Indonesia dan barang hasil dari pabrik mereka pun akan dibeli oleh orang Indonesia. Sebenarnya, jika orang-orang Indonesia dapat memanfaatkan sumber daya alam yang sangat kaya yang berada di Indonesia ini dengan baik dan benar, kita bisa lebih kaya dari negara yang lain. Karena sumber daya yang sangat banyak dan sangat dibutuhkan, banyak negara-negara lain yang mengincar sumber daya Indonesia. Pendapat saya tentang penjajahan secara tidak lagsung dengan datangnya para perusahaan asing di Indonesia ini adalah kita harus memberhentikan dengan meningkatkan kualitas sumber daya manusia bangsa Indonesia sendiri.

SOLUSI
Solusi dari masalah yang sudah tertera diatas adalah dengan meningkatkan kualitas sumber daya manusia dari masyarakat Indonesia itu sendiri. Dengan pendidikan yang tinggi, masih mungkin untuk Indonesia menjadi negara yang maju dan menjadi negara yang mendirikan banyak pabrik di negara-negara lain. Bukan negara yang ditumpangi untuk memproduksi dari produk-produk asing. Dengan sumber daya manusia yang tinggi, maka bisa membuat kualitas produk-produk Indonesia juga tinggi. Banyak sumber daya manusia berkualitas tinggi lari ke luar negri dan bekerja disana karena jika di Indonesia kurang terjamin. Jadi, selain meningkatkan kualitas dari sumber daya manusia, bangsa ini juga harus mengurangi kecurangan-kecurangan yang terjadi. Seperti misalnya, kita jangan mau disogok atau dibayar untuk memilih pemimpin yang sepertinya tidak bagus. Kita harus bisa meniru luar negri dan memperbaikinya. Karena luar negri banyak yang lebih sukses dan maju dikarenakan kualitas sumber dayanya yang berkualitas juga. Lalu mulai dari sekarang, kita menggunakan produk-produk yang sudah ada di Indonesia. Karena jika kita menggunakan produk Indonesia, maka produk Indonesia bisa berkembang dan menembus pasar luar negri. Memulai dengan membeli produk pakkaian dari Indonesia, sepatu, baju, makanan dan lain-lain. Jika barang-barang tersebut laku di pasaran Indonesia, maka modal dan keuntungan mereka akan banyak dan keinginan untuk mengemmbangkan usaha keluar negeri akan bertambah. Jika sudah ada keinginan untuk menembus pasar luar negeri, tidak mustahil jika banyak perusahaan yang memiliki keinginan dan berusaha untuk menembus pasar luar negeri akan tembus dan banyak perusahaan Indonesia yang masuk ke luar negeri. Jika kita lihat, sudah mulai ada perusahaan-perusahaan yang masuk ke luar negri. Seperti contohnya Sampoerna, lalu ada pula produk Indonesia yaitu bagteria yang sudah mulai dipakai Paris Hilton dan Emma Bunton. Lalu ada produk kacamata dari Fahrani Empel yang bernama cast eyewear yang dipakai oleh Lady Gaga. Ini membuktikan bahwa produk Indonesia sudah semakin berkembang. Jika orang Indonesia sendiri sudah memulai membeli produk Indonesia dan menghargai akan lebih besaar kemungkinan bahwa nanti kita yang akan membuka pabrik diluar negri. Karena sebenarnya kreatifitas orang-orang Indonesia itu sangat tinggi jadi hanya harus diasah. Jadi, kita tidak boleh hanya diam melihat, menikmati, dan membeli produk-produk luar tanpa memperdulikan kondisi bangsa dan produk-produk bangsa yang tidak maju-maju karena dari warga Indonesia sendiri saja membelinya produk luar. Jadi, pertama kita harus mendukung produk Indonesia dengan memulai memmakai produk-produk Indonesia. Setelah memakai, maka perusahaan tersebut pasti mendapat untung dan memiliki modal untuk memperluas usaha ke luar negeri. Jika sudah menembus pasar luar negeri, maka bisa jadi akan berkembang pesat di luar negeri karena kualitas dan barang yang menarik. Lalu, makin lama akan makin membesar produknya dan makin diminati. Jika produk tersebut sudah besar, banyak orang yang akan mencari. Dan mereka akan tahu itu buatan Indonesia. Lalu, mereka jadi menyukai produk-produk Indonesia. Dengan itu, perusahaan-perusahaan Indonesia semakin percaya diri mengembangkan produknya. Lalu, bisa saja nanti produk Indonesia yang mendunia akan semakin banyak, perusahaan Indonesia tertanam di negara-negara luar yang banyak. Jadi, tidak hanya Indonesia yang terjajah secara tidak langsung. Kita juga harus bisa membuktikan bahwa bangsa Indonesia bisa mengembangkan usaha dalam negerinya sendiri.
Paris Hilton memakai produk tas Indonesia, Bagteria


Tidak ada komentar:

Posting Komentar