Minggu, 09 September 2012

Tugas 3 - Solusi Labsky Untuk Indonesia


Negara Terkaya Di Dunia Yang Luput Dari Perhatian

Banyak sebenarnya yang tidak tahu dimanakah negara terkaya di planet bumi ini. Ada yang mengatakan Amerika, ada juga yang mengatakan negera-negara di timur tengah. Tidak salah sebenarnya, contohnya Amerika. Negara super power itu memiliki tingkat kemajuan teknologi yang hanya bisa disaingi oleh sedikit negara, contoh lain lagi adalah negara-negara di timur Tengah yang sangat kaya karena penghasilannya di perminyakan. 

Rata-rata negara yang tertutup gurun pasir dan cuaca yang menyengat itu mengandung jutaan barrel minyak yang siap untuk diolah. tapi itu semua belum cukup untuk menyamai negara yang satu ini. Bahkan Amerika, Negara-negara timur tengah, serta Uni Eropa-pun tak mampu menyamainya. Negara ini merupakan Negara kita sendiri, “Indonesia”. Negara terkaya di planet bumi yang luput dari perhatian warga bumi lainya, dan warga negara ini pastilah bangga jika mereka tahu. Tetapi sayangnya masyarakat di negeri ini tidak sadar bahwa mereka "berdiri di atas berlian".
Menurut orang-orang terdekat saya salah satu masalah yang harus Indonesia kurangi adalah masalah penggunaan potensi sumber daya Negara kita sendiri. Sumber daya dan potensi masyarakat dan Negara ini sangat besar, tetapi karena kesalahan-kesalahan yang masyarakat Indonesia perbuat, sekarang banyak masalah yang merajalela di Negara kita ini.
Indonesia merupakan negara yang memiliki kekayaan dan potensi akan sumber daya alam dan sumber daya manusia yang melimpah. Sumber daya alam terbagi dua (SDA), yaitu SDA yang tidak dapat diperbaharui (unrenewable) dan yang dapat diperbaharui (renewable). Sumber daya alam (baik renewable dan non renewable) merupakan sumber daya yang esensial bagi kelangsungan hidup manusia. Hilangnya atau berkurangnya ketersediaan kedua sumber daya tersebut akan berdampak sangat besar bagi kelangsungan hidup umat manusia di muka bumi.
Pemanfaatan sumber daya alam di Indonesia selalu diwarnai dengan berbagai permasalahan. Berbagai macam masalah tersebut antara lain penyelewengan, monopoli, korupsi, penguasaan aset oleh asing, dan masih banyak lagi. Contohnya adalah mengenai penguasaan dan monopoli sumber daya energi Indonesia oleh pihak asing.
Tambang PT Freeport di Papua
Hal tersebut dimulai pada tahun 7 April 1967, beberapa minggu setelah Soeharto dilantik sebagai Pejabat Presiden Republik Indonesia. Pada tanggal tersebut, Soeharto menandatangani Kontrak Karya dengan sebuah perusahaan pertambangan Amerika Serikat, Freeport Sulphur kemudian menjadi Freeport Mc Moran Copper and Gold, yang menjadikan Freeport sebagai kontraktor eksklusif tambang Ertsberg di wilayah Kabupaten Fak-fak, Papua.
Mining di Blok Natuna
Langkah tersebut merupakan pembuka jalan bagi masuknya monopoli modal asing di Indonesia. Kehadiran Freeport diikuti oleh perusahaan-perusahaan lainnya seperti, Caltex, Shell, dan masih banyak lagi. Melalui kebijakan tersebut diharapkan bahwa aset-aset tersebut dapat memberikan pendepatan lebih terhadap pendapatan negara.
            Selain itu terdapat banyak juga kekayaan sumber daya Negara ini yang kurang diperhatikan seperti:
1.    Negara ini punya cadangan gas alam Terbesar di Negara, tepatnya di Blok Natuna. Kandungan gas yang terdapat di Blok Natuna memiliki cadangan gas hingga 202 Trilliun ft3. Dan masih banyak Blok-Blok penghasil tambang dan minyak seperti Blok Cepu dll, yang dikelola oleh perusahaan-perusahaan lain seperti Exxon Mobil yang dibantu oleh Pertamina.

Hutan di Kalimantan
      2.    Juga, Indonesia mempunyai Hutan Tropis terbesar di dunia. hutan tropis ini memiliki luas 39.549.447 Hektar, dengan keanekaragaman hayati terlengkap di dunia. Letaknya di pulau Sumatra, Kalimantan dan Sulawesi. Jika pohon-pohon yang ada di hutan tersebut di tebang, maka akan terjadi ke tidak seimbangan ekosistem dan kehancuran lingkungan, karena bumi ini sangat tergantung sekali dengan hutan tropis ini untuk menjaga keseimbangan. Dan buktinya sekarang mereka sedikit demi sedikit telah mengkancurkan hutan di Indonesia hanya untuk segelintir orang yang punya uang untuk perkebunan dan lapangan Golf.

Laut yang seharusnya kita rawat 
3.    Negara ini juga punya lautan terluas di dunia yang dikelilingi dua samudra, yaitu Pasifik dan Hindia hingga tidak heran memiliki jutaan spesies ikan yang tidak dimiliki negara lain. Karena luas dan kayanya laut negara ini sampai-sampai negara lain pun ikut memanen ikan di lautan negara ini. Jelas sekali bahwa Negara kita sangat lemah dalam bidang perikanan dan perairan, padahal dahulu kala Kerajaan Sriwijaya yang terletak di Indonesia merupakan raja perairan.
Pertanian di Indonesia

      4.    Negara ini memiliki tanah yang sangat subur. karena memiliki banyak gunung berapi yang aktif menjadikan tanah di negara ini sangat subur dan negara ini dilintasi garis katulistiwa yang banyak terdapat sinar matahari dan hujan.  Jika dibandingkan dengan negara-negara timur tengah yang memiliki minyak yang sangat melimpah negara ini tentu saja jauh lebih kaya. Coba kita semua bayangkan karena hasil mineral itu tak bisa diperbaharui dengan cepat. dan ketika seluruh minyak mereka telah habis maka mereka akan menjadi negara yang miskin karena mereka tidak memiliki tanah sesubur negara ini yang bisa ditanami apapun juga. bahkan tongkat kayu dan batu jadi tanaman. 
Masyarakat Indonesia yang
Penuh dengan potensi

5.    Negara ini punya jumlah penduduk terbesar ke 4 didunia. dengan jumlah penduduk sebanyak itu seharusnya banyak orang-orang pintar yang telah dihasilkan negara ini, tetapi pemerintah tidak menghargai mereka. Sebagai sifat manusia yang ingin bertahan hidup tentu saja mereka ingin di hargai. Jalan lainya adalah keluar dari negara ini dan memilih membela negara lain yang bisa menganggap mereka dengan nilai yang pantas. 

Pemandangan Indonesia yang jarang
bisa kita lihat sekarang
     6.    Dan yang terakhir, negara ini punya pemandangan yang sangat eksotis dan lagi-lagi tak ada negara yang bisa menyamainya. dari puncak gunung hingga ke dasar laut bisa kita temui di negara ini. Tetapi masyarakat sekarang sudah tidak memikirkannya dan rela menghancurkannya hanya untuk tempat pemukiman ataupun diambil kekayaannya.

 Selama ini, kekayaan alam Indonesia yang dikelola oleh pihak asing memang menguntungkan Indonesia lewat pendapatan dan bea yang masuk. Tetapi jika melihat hasil keuntungan jangka panjangnya, kita akan dipaksakan kenyataan bahwa perlahan-lahan, kekayaan negara kita mulai dikeruk oleh pihak asing yang jelas mendapatkan keuntungan yang lebih besar dari yang mereka berikan terhadap negara
Selain masalah pemanfaatan sumber daya, ada juga masalah penyelewengan dan penyalahgunaan sumber daya energi. Masalah ini merupakan masalah klasik yang seringkali terjadi. Salah satu contoh saat ini adalah penyalahgunaan BBM bersubsidi yang semestinya digunakan oleh masyarakat kecil tapi malah digunakan oleh orang-orang “berduit”. Kemudian, kasus selanjutnya adalah penyalahgunaan energi listrik. Saat ini banyak praktek “sambung liar” listrik oleh masyarakat yang tidak mampu memasang instalasi listrik. Akibat dari praktek ini sangat berbahaya karena pemasangan listrik illegal dapat menyebabkan korslet (hubungan arus pendek) yang dapat menyebabkan kebakaran.
Beberapa masalah juga terjadi karena kasus korupsi di sektor pemanfaatan sumber daya energi. Kasus ini merupakan penyakit sosial yang paling parah di Indonesia. Hal ini terjadi karena pendidikan moral yang buruk di Indonesia.

SOLUSI

1.    Menurut saya maslah-masalah ini terjadi karena lemahnya pendidikan di Indonesia. Hal ini diakui oleh banyak orang di dunia, bahkan oleh masyarakat Indonesia sendiri. Boleh Dibilang, pendidikan di Indonesia adalah salah satu yang kurang maju dari semua negara di dunia.

Hal ini disebabkan karena banyaknya masalah pendidikan di Indonesia yang masih sangat sulit untuk diatasi. Adapaun beberapa masalah utama pendidikan di Indonesia adalah :
Pentingnya pendidikan bagi bangsa Indonesia
  •          Mahalnya Biaya pendidikan: Inilah masalah utama pendidikan di Indonesia, yaitu mahalnya biaya pendidikan dari tingkat dasar sampai perguruan tinggi. Hal inilah yang kemudian banyak memunculkan fenomena putus sekolah di kalangan anak-anak Indonesia. Jangankan untuk sekolah Swasta, Untuk sekolah negeri pun, biaya pendidikanya tetap tinggi. Program 9 tahun wajib sekolah pemerintah pun kurang efektif.
  •          Kurangnya Pemerataan Pendidikan di Indonesia: Bagi sebagian orang, pendidikan adalah hal yang biasa, namun bagi banyak orang yang berada di wilayah terpencil, pendidikan adalah barang mewah dan sangat berharga. Di Indonesia, pendidikan lebih difokuskan di wilayah-wilayah pokok yang lebih potensial. Hal inilah yang kemudian menimbulkan kurangnya pemerataan dan menjadikan kesenjangan dalam pendidikan.
  •         Rendahnya Kualitas Sarana dan prasarana pendidikan: Kita tentu sudah banyak mendengar berita tentang sekolah roboh, atau sekolah rusak karena bangunanya yang sudah lapuk namun tidak mendapat bantuan dari pemerintah. Inilah salah satu bukti betapa Rendahnya Kualitas Sarana dan prasarana pendidikan di Indonesia.
  •         Masih rendahnya kesejahteraan Guru: Salah satu acuan yang bisa diukur untuk menentukan Keberhasilan pendidikan adalah tingkat kesejahteraan para Guru. Namun apa bisa dikata, Di Indonesia masih banyak guru yang dibayar dengan upah yang kurang layak atau bahkan tidak layak. Walaupun banyak orang beranggapan bahwa guru itu adalah profesi yang mewah, namun tetap saja masih banyak guru yang belum bisa menerima hasil jerih payahnya secara adil.
  •         Rendahnya Prestasi Siswa: Dari penelitian Balitbang, Daya tangkap materi siswa di Indonesia hanya sekitar 30% dari semua materi yang diajarkan. hal ini dipengaruhi oleh banyak faktor, diantaranya kurangnya kepedulian dalam dunia pendidikan dan juga masih kurangnya pengetahuan para siswa tentang arti sebuah pendidikan.
Agar masalah-masalah penggunaan dan penyelewengan sumber daya dapat diatasi, pendidikan harus ditingkatkan mulai dari pemerataan pembelajaran di seluruh Indonesia, menaikan kesejahteraan siswa dan guru, menambah sarana dan prasarana pendidikan, penggratisan sekolah, serta meningkatan mutu pendidikan di Indonesia.

Jika kita dapat memajukan pendidikan dan menghilangkan masalah-masalah pendidikan serta Jika masyarakat Indonesia sudah terpelajar dan terdidik, mungkin masalah penggunaan dan penyelewengan sumber daya.

2.      Pemerintah (kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral, kehutanan, kelautan dan perikanan, pariwisata, dan lain-lainnya) dan organisasi-organisasi lingkungan hidup masyarakat seperti Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) untuk melarang serta mengurangi penyelewengan dan penggunaan sumber daya yang salah di Indonesia.

3.      Pemerintah harus membuat UU yang melanggar penyalah gunaan sumber daya serta mengurangi kontrak kerja dengan perusahaan-perusahaan asing agar mereka tidak menghabiskan seluruh sumber daya yang ada di Indonesia.

Demikianlah pembahasan ini mengenai ‘Solusi Labsky Untuk Indonesia’. Semoga tugas ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat bagi para pembaca.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar