Rabu, 19 September 2012

Tugas 3 - Solusi Labsky untuk Indonesia


Masalah Kemanusiaan di Indonesia

            Indonesia saat ini bukanlah Indonesia yang kita kenal seperti dulu, seperti di masa Presiden Soekarno dimana setiap orang bebas berpendapat dan pemerintah masih menampung aspirasi rakyat serta sedikitnya terjadi kasus korupsi, kasus pembunuhan , kasus kemiskinan.  Beranjak ke Masa Presiden soeharto dimana semakin minim orang yang menderita kemiskinan walau saat Era Soeharto terjadi krisis ekonomi yang menggoyangkan perekonomian Indonesia.
            Setiap era-era pemerintahan di Indonesia tentu memiliki masalah - masalah besar yang sampai sekarang belum bisa diberhentikan dan terus berlanjut.  Dari sekian banyak masalah - masalah tersebut terdapat beberapa masalah yang harus segera diselesaikan atau diberhentikan apabila Indonesia ini ingin maju dan kembali menjadi "Macan Asia", masalah tersebut yaitu :
1. Korupsi
            Korupsi sudah terjadi di Indonesia sejak Belanda masih menjajah tanah Indonesia.  Pada tahun 1951 - 1956 isu - isu korupsi di Indonesia mulai dicantumkan dan diberitakan melalui surat kabar.  Pada hakikatnya korupsi merupakan sebuah perbuatan yang jelas menentang hukum di Indonesia dan menentang pula ajaran agama. Korupsi di Indonesia ini paling sering terjadi yaitu dikalangan orang - orang terpandang, dimana seharusnya uang itu digunakan untuk pembangunan bangsa ini tetapi yang terjadi dilapangan uang tersebut berkurang.  Korupsi di Indonesia juga terjadi akibat gencatan ekonomi yang semakin hari semakin merugikan.  Faktor lain yang menyebabkan terjadinya korupsi yaitu Pemberian dana proyek dalam jumlah yang besar, contoh kongkrit dari dana proyek tersebut di Indonesia adalah Kasus Korupsi Wisma Atlet yang tersangkanya tak lain adalah orang terpandang.  Pada intinya korupsi memberikan image jelek terhadap bangsa Indonesia dan membuat pembangunan di Indonesia ini menjadi terhambat.
            Solusi untuk kasus Korupsi di Indonesia ini yaitu, mendukung KPK dalam memberantas kasus - kasus korupsi yang terjadi di sekitar masyarakat. Mencanangkan kepada generasi - genarasi muda tentang bahayanya korupsi. Memberikan hukuman berupa penyitaan harta dan hukuman penjara dalam jangka yang panjang.

2. Masalah Kemiskinan dan Lapangan Pekerjaan
            Kemiskinan merupakan masalah yang sudah sangat lama terjadi di Indonesia. Masalah kemiskinan di Indonesia belum dibenahi semaksimal mungkin oleh pemerintah, padahal Indonesia merupakan negara dengan tingkat kemiskinan di peringkat 111 dalam daftar kalangan negara berkembang.
            Masalah utama yang menyebabkan tingkat Kemiskinan di Indonesia tinggi yaitu terbatasnya tingkat pendidikan atau tingkat pendidikan yang rendah. Tingkat pendidikan yang rendah menghasilkan keterbatasan skill dan kemampuan dalam bekerja sehingga membuat seseorang susah mendapatkan pekerjaan dan menghasilkan kemiskinan akibat tidak ada yang memberikan Kesempatan kerja.
            Masalah lainnya yaitu Penggunaan teknologi yang masih kurang. Faktor ini berkaitan dengan faktor pendidikan yang rendah.  Semakin bangsa ini maju maka pabrik - pabrik dan perusahaan akan menggunakan alat - alat yang mengandalkan teknologi tingkat tinggi, semakin seorang pekerja tidak terdidik makan semakin tidak berguna alat berteknologi tersebut, maka seorang pekerja harus diberikan pendidikan dan pengetahuan akan pentingnya teknologi di masa mendatang.
            Selanjutnya adalah masalah terbatasnya kesempatan kerja dan terbatasnya lapangan kerja yang ada. Perusahaan dan pabrik merupakan satu - satunya sarana bagi para pekerja baru yang ingin mendapatkan pekerjaan layak. 
            Tetapi terbatasnya faktor kesempatan dan lapangan kerja membuat para pekerja tumpan-tindih mencari pekerjaan. Perusahaan - perusahaan saat ini di Indonesia memiliki persyaratan - persyaratan yang cukup berat sehingga meminimalisir orang yang bisa masuk. Peminimalisiran tersebut berdampak pada orang - orang yang kurang mampu atau berpendidikan rendah dan akhirnya menyebabkan krisis ekonomi akibat tidak adanya pekerjaan.
            Selain pendidikan, teknologi, dan ada atau tidaknya lapangan kerja, masalah yang banyak terjadi yaitu persebaran tenaga kerja yang tidak merata. Persebaran yang dimaksud disini adalah persebaran para tenaga kerja sangatlah terpusat di satu kota dan tidak menyebar ke daerah - daerah yang lebih membutuhkan. Di            

            Indonesia ini tenaga kerja kebanyak berpusat di sekitaran Jakarta sampai dengan jawa barat, sedangkan di daerah papua atau kalimantan mungkin membutuhkan tenaga kerja. Pemusatan ini bisa menyebabkan krisis ekonomi dan krisis bagi perusahaan - perusahaan yang kurang tenaga kerjanya.  Pemusatan ini juga mengakibatkan pemisahan secara berlebih antara pekerja yang memiliki skill dan tidak.  Sehigga akibat pemisahan itu meningkatlah krisis kemiskinan di Indonesia ini.
            Berikutnya adalah masalah rendahnya etos kerja dan motivasi pekerja yang rendah.  Artinya adalah orang - orang yang belum memiliki pekerjaan memiliki rasa ingin bekerja yang sangat rendah.  Seperti contoh seseorang ingin mencari kerja, dimulai dengan melamar kerja tetapi tidak ada satu pun perusahaan yang menerimanya, dari tidak diterimanya lamaran tersebut seseorang akan malas untuk mencari kembali pekerjaan karena mereka akan berpikir tidak akan diterima dan tidak akan diterima lagi. 
            Motivasi dan etos kerja dari seorang pekerja inilah yang sekarang sangat dibutuhkan di Indonesia.  Apabila seseorang tidak termotivasi maka perekonomiannya pun akan terganggu.  Akibat tidak bekerja seseorang bisa menderita kemiskinan dan pengangguran walau usianya masih produktif.
            Dari sekian permasalahan yang ada, solusi dari sekian permasalahan tentang kemiskinan dan lapangan kerja yaitu diharapkan kepada perusahaan - perusahaan besar memberikan lapangan pekerjaan semaksimal mungkin bagi orang - orang yang berpengangguran, perusahaan bisa memberikan pelatihan - pelatihan pekerjaan agar orang - orang tersebut memiliki skill yang bisa diandalkan. 
            Selanjutnya pemerintah harus lebih meningkatkan  perhatian terhadap orang - orang yang memiliki status ekonomi menengah sampai kebawah.  Pemerintah bisa mengusahakan dengan cara pemerataan pekerjaan atau membuka Pabrik atau Industri padat karya agar tingkat pengangguran semakin menurun dan dengan menurunnya tingkat pengangguran maka semakin meningkat perekonomian rakyat.

3. Perselisihan Antar Ormas Agama
            Saat ini di Indonesia sedang marak - maraknya pemberitaan tentang peperangan antar ormas agama. Yang paling menggemparkan akhir -  akhir ini adalah Kerusuhan di Sampang yang terjadi di Madura yang tidak lain akibat kesalah pahaman antar 2 ajaran agama.
            Peperangan Antar Ormas ini banyak sekali menimbulkan kecemasan bagi banyak orang, baik untuk kecemasan per-individu atau pun kecemasan antar kelompok.
            Kita ambil contoh kerusuhan Sampang. Yang terjadi di Sampang adalah perselisihan antar saudara yang memiliki perbedaan keyakinan dalam agama nya, masing - masing individu tersebut memiliki banyak pengikut dan terpancing untuk perang.  Perang tersebut seharusnya tidak terjadi apabila sesama ormas agama tersebut memiliki kesamaan dalam hal kesepahaman.
            Pada intinya masalah yang menimbulkan peperangan atau kerusuhan tersebut adalah terjadinya kesalahpahaman yang mendalam antar anggota kelompok dan masing - masing kelompok masih belum bisa melakukan perdamaian secara tenang melainakan perang dan kekerasan adalah cara yang dipilih.
            Solusi untuk masalah ini adalah masing - masing kelompok harus lebih meningkatkan kepahaman antar kelompok dan meminimalisir melakukan kekerasan sebagai cara untuk mendamaikan suasana.  Selain dari itu peran dari aparat pemerintah sangat dibutuhkan disini sebagai sarana penenang dan penahan kekerasan.

4. Pencemaran Lingkungan yang semakin hari semakin parah
            Pencemaran lingkungan di Indonesia terutama di DKI Jakarta bukan lagi masalah biasa melainkan merupakan masalah luar biasa yang harus segera dan secepat mungkin dibenahi oleh pemerintah maupun oleh masing - masing individu yang ada.  Pencemaran di Indonesia banyak terjadi di berbagai aspek kehidupan, mulai dari pencemaran air, pencemaran udara, pencemaran tanah, sampai dengan limbah pabrik.
            Pencemaran air di Indonesia sangat di dominasi oleh pembuangan limbah - limbah pabrik yang dengan seenaknya dibuang begitu saja ke sungai atau danau yang ada.  Pembuangan tersebut menimbulkan aliran air menjadi kotor dan berisi sampah.  Selain itu pembungan sampah - sampah akibat ulah manusia juga merupakan faktor yang memicu terjadinya pencemaran air, sampah yang dibuang terus menerus akan menimbun dan akhirnya menutup aliran air kali atau sungai yang ingin dipecah menuju ke got - got yang ada.  Penimbunan sampah dan pembuangan limbah sama - sama akan berdampak negatif dikemudian hari.  Banjir yang sering terjadi di Jakarta merupakan salah satu contoh akibat penimbunan sampah yang terjadi di sepanjang kali - kali di Jakarta.
            Selanjutnya adalah Pencemaran udara atau biasa disebut Polusi.  Polusi ini merupakan masalah pencemaran terbesar di Indonesia.  Pencemaran Udara membuat oksigen yang ada di udara berkurang dan membuat carbondioksida bertambah di permukaan udara.  Pencemaran ini membuat udara di Indonesia menjadi tidak kondusif untuk dihirup secara dalam.  Polusi terjadi akibat pembungan gas kendaraan bermotor dari bus sampai dengan kendaraan pribadi.  Kita lihat contoh kendaraan bus umum, pembungan gas bus tersebut bisa membuat orang sesek nafas atau sakit mata akibat pembuangan gas yang kotor, bisa dibayangkan apabila semua kendaraan bus umum yang ada di Indonesia membuang gas yang sama, maka oksigen di Indonesia ini akan semakin menipis dan carbondioksida akan meningkat.
Yang terakhir adalah Pencemaran tanah, Pencemaran tanah adalah keadaan di mana bahan kimia buatan manusia masuk dan merubah lingkungan tanah alami. Pencemaran ini biasanya terjadi karena: kebocoran limbah cair atau bahan kimia industri atau fasilitas komersial, penggunaan pestisida, masuknya air permukaan tanah tercemar ke dalam lapisan sub-permukaan, zat kimia, atau limbah. air limbah dari tempat penimbunan sampah serta limbah industri yang langsung dibuang ke tanah secara tidak memenuhi syarat.  Jika suatu zat berbahaya telah mencemari permukaan tanah, maka ia dapat menguap, tersapu air hujan dan atau masuk ke dalam tanah. Pencemaran yang masuk ke dalam tanah kemudian terendap sebagai zat kimia beracun di tanah. Zat beracun di tanah tersebut dapat berdampak langsung kepada manusia ketika bersentuhan atau dapat mencemari air tanah dan udara di atasnya.
          Solusi untuk semua pencemaran lingkungan yang terjadi yaitu yang pertama, peran masing - masing individu sangat dibutuhkan dalam peran pembenahan lingkungan di Indonesia.  Kedua, Peran pemerintah merupakan aspek kedua yang dibutuhkan sebagai penjaga lingkungan agar lingkungan menjadi kondusif, pemerintah harus lebih mencanangkan penanaman - penanaman yang bisa memberikan udara segar agar oksigen yang ada lebih banyak dibandingkan carbondioksidanya.  Yang terakhir, pembuangan - pembuangan limbah ataupun sampah harus lebih dipantau agar tidak terjadi pencemaran yang menyebabkan banjir atau bencana lainnya yang tidak diinginkan.


1 komentar:

  1. ini kisah nyata saya . . . .

    perkenalkan nama saya zalinah aruf, saya berasal dari kota Bandung saya bekerja sebagai seorang karyawan di salah satu perusaan Yogyakarta.dimana saya sudah hampir kurang lebih tiga tahun lamanya saya bekerja di perusaan itu.

    Keinginan saya dan impian saya yang paling tinggi adalah ingin mempunyai usaha atau toko sendiri,namun jika hanya mengandalkan gaji yah mungkin butuh waktu yang sangat lama dimana belum biaya kontrakan dan utan yang menumpuk justru akan semakin sulit dan semakin lama impian itu tidak akan terwujud

    saya coba" buka internet dan saya lihat postingan orang yg sukses di bantu oleh seorang kyai dari sana saya coba menghubungi beliau, awalnya saya sms terus saya di suruh telpon balik disitulah awal kesuksesan saya.jika anda ingin mendapat jalan yang mudah untuk SOLUSI MUDAH, CEPAT LUNASI UTANG ANDA, DAN MASALAH EKONOMI YG LAIN, TANPA PERLU RITUAL, PUASA DLL. lewat sebuah bantuan penarikan dana ghoib oleh seorang kyai pimpinan pondok pesantren shohibul Qur’an. dan akhirnya saya pun mencoba menghubungi beliyau dengan maksut yang sama untuk impian saya dan membayar hutang hutang saya.puji syukur kepada tuhan yang maha esa melalui bantuan beliau.kini sy buka usaha distro di bandung.
    Sekali lagi Saya mau mengucapkan banyak terimah kasih kepada K.h. Muh. Safrijal atas bantuannya untuk mencapai impian saya sekarang ini. Untuk penjelsan lebis jelasnya silahkan >>>>>>>>KLIK SOLUSI TEPAT DISINI<<<<<<<<<
    Anda tak perlu ragu atau tertipu dan dikejar hutang lagi, Kini saya berbagi pengalaman sudah saya rasakan dan buktikan. Semoga bermanfaat. Amin..

    BalasHapus