Kamis, 27 September 2012

Tugas 2 Plus Minus Labsky


"Kerja Keras Lebih Dulu Membuahkan Hasil"

Usai menjalankan pendidikan SMA banyak hal baru yang didapati oleh para pelajar dalam kuliah. Pengalaman di SMA sangat berpengaruh di masa kuliah bagi para alumni, ada hal baik dan buruk SMA yang berkesan di hati para alumni. Tugas ini akan menceritakan kesan dari para alumni yang saya wawancarai. Saya mewawancarai kak Ardelia Djati Safira, kak Bentley Addisajjana, kak Intan Utamawati, dan kak Gati Setyorini. Program-program yang di berikan oleh SMA Labschool Kebayoran bertujuan membentuk karakter dan mengajarkan bagaimana menjadi pemimpin masa depan yang baik dan sukses, seperti PILAR, Pra-Trip Observasi, Trip Observasi, Bintama dan lain-lain. Berikut wawancara dari para alumni tentang kesan mereka di SMA Labschool Kebayoran.

Bentley Addisajjana

Kami bertemu disekolah saat pelajaran Bimbingan Konseling, mereka diundang oleh Pak Herman untuk menjelaskan bagaimana pengalaman mereka dari awal mencalonkan diri untuk mengikuti scholarship yang mereka jalankan sekarang dan kegiatan-kegiatan disana yang dapat membuat kami lebih tau tentang kuliah sehingga dapat menentukan jurusan yang di inginkan. Kak Bentley lulus dengan angkatan Hastara atau nama panjangnya adalah Hasta Praja Sanggakara . Nama panggilannya adalah kak Bentley, sekarang kak Bentley kuliah S1 di Jepang yaitu Ritsumeikan Asia Pacific University bersama kak Gati. Disana kak Bentley kuliah di kota Beppu-shi yang berada di Pulau Kyushu. Saat mewawancarai kak Bentley, waktu jam pelajaran Bimbingan Konseling mulai habis, sehingga pertanyaan yang diberikan sedikit dan komentar yang diberikan sangat singkat. Menurut kak Bentley, kelebihan SMA Labschool Kebayoran adalah memberikan program-program pembelajaran yang bagus. Yang dimaksud oleh kak Bentley adalah Trip Observasi, melatih kemandirian di desa sehingga dapat mempersiapkan diri jika dalam keadaan yang susah. Memasak sendiri, belajar di lingkungan alam dan mengerjakan pekerjaan para penduduk desa yang belum pernah dilakukan. Kemudian kelebihan SMA Labschool lainnya menurut kak Bentley adalah OSIS MPK yang merupakan organisasi yang bagus untuk dijalankan agar membuat pikiran kita terbuka dan lebih nyaman diajak berbicara tentang pembuatan acara-acara besar. Tidak mudah membuat acara dengan jumlah modal yang sangat besar, dengan pengalaman yang sedikit dan harus mengerti dalam mengatur segala aspek acara. Lari pagi salah satu kelebihan juga, membuat kita sehat karena berolahraga setiap minggu sehingga kesehatan terjaga. Kekurangan dari SMA Labschool menurut kak Bentley adalah bel nya yang keras membuat pembelajaran sempat terhenti karena suara bel sekolah mengalahkan suara guru dan durasinya yang lama.
 
Gati Setyorini

Bersamaan dengan kak Bentley yang telah mendapatkan scholarship atau beasiswa ke Jepang di kota Beppu-shi. Kelebihan SMA Labschool Kebayoran menurut kak Gati Setyorini atau yang biasa di panggil kak Gati adalah pembelajarannya yang bagus. Diberikan tugas yang berguna hingga mencapai tahap kuliah. Sibuknya tugas menjadi terbiasa saat tugas di kuliah menumpuk, membuat lebih rajin dan terdorongnya semangat untuk melakukan tugas sangatlah besar. Seperti karya tulis menjadi dasar di kuliah yang biasa diberikan saat pembelajaran. Disiplin yang tinggi di SMA Labschool Kebayoran terhadap peraturan sekolah dan program yang membangun karakter lebih baik untuk di masa depan membuat pengaruh besar bagi kak Gati. Kak Gati di kuliah dapat mengatur kegiatannya sendiri sehingga waktu dapat lebih efisien dan lain-lain. Setuju dengan kak Bentley, Skyavenue dan Skybattle membuat kak Gati terbiasa untuk menjalankan program besar karena telah memiliki dasar yang dilakukan ketika di SMA Labschool Kebayoran. Kemudian, lingkungan pertemanan di SMA Labschool Kebayoran juga berpengaruh positif bagi kak Gati. Kekurangan dari SMA Labschool Kebayoran menurut kak Gati adalah fasilitas kamar mandi. Kamar mandi yang telah digunakan oleh murid-murid Labschool tidak bersih kembali, sehingga menyebabkan bau yang tidak sedap. Selain itu juga, efek dari kotornya kamar mandi membuat udara tidak sehat juga menyebabkan udara lembap dan sesak saat di kamar mandi.
 
Program study tour atau field trip saat kelas 3 menjadi kekurangan yang dialami oleh kak Gati. Menyita waktu belajar saat pentingnya persiapan menuju Ujian Nasional. Seharusnya dapat menggunakan waktu tersebut dengan hal yang lebih berguna, kelelahan juga dialami ketika study tour atau field trip karena harus berjalan kaki yang agak jauh. Liburan ketika kelas 3 tidak apa-apa menurut kak Gati. Karena dapat mengistirahatkan sejenak raga dan jiwa dari kejaran waktu untuk menghadapi Ujian Nasional. Guru yang terkadang tidak masuk kedalam kelas juga menjadi kekurangan bagi para alumni. Tapi, keseluruhan dari pendapat kak Gati SMA Labschool membawa pengaruh positif walaupun kekurangan pun selalu ada.

Ardelia Djati Safira

Kak Ardelia Djati Safira kuliah S1 di Prasetiya Mulya yang berada di Bumi Serpong Damai. Sekarang kak Fira sudah masuk ke semester 5 dan mengambil jurusan finance. Dulu kak Fira lulus dengan angkatan Saptraka atau nama panjangnya Sapta Garuda Adhikara. Ya, setelah bertahun-tahun saya bersama kakak saya di Labschool Kebayoran yang memiliki perbedaan 4 tahun karena program akselerasi di SMP Labschool Kebayoran, kakak saya menjelaskan apa kelebihan dan kekurangan SMA Labschool Kebayoran. Kelebihan dari SMA Labschool Kebayoran menurut kakak saya adalah memberikan banyak pengalaman yang jarang anak SMA harusnya rasakan seperti kegiatan Trip Observasi,Bintama di Kopassus, dan lain-lain. Dari kegiatan pembinaan karakter, sangat berguna untuk kedisiplinan. Dibiasakan untuk kerja dengan banyak tugas dan harus dapat mengatur waktu jika tidak mau tertinggal dibanding yang lain. Kelebihan lainnya menurut kak Fira adalah fisik menjadi terbiasa dengan kegiatan yang berat dan mental menjadi terlatih terhadap kegiatan yang banyak dan lingkungan baru. OSIS dan MPK menjadi tempat dimana kita menguji bakat kita dalam mengorganisasikan acara-acara, cara mencari dana, dan lain-lain. Kakak saya juga merasakan kelebihan sebagai sekretaris umum OSIS, kak Fira membuat laporan akhir dengan membuatnya menjadi dokumen sehingga dapat memberikan contoh kepada angkatan dibawahnya. Laporan yang telah dibuat mendasari bagaimana cara membuat laporan yang baik dan benar pada saat kuliah nanti.

Kekurangan dari SMA Labschool Kebayoran menurut kak Fira beberapa guru ada yang mengajar cepat, terkadang anak yang belum mengerti menjadi tertinggal dan tidak mengerti apa-apa. Saran yang diberikan oleh kakak saya yaitu sebaiknya beberapa guru yang mengajar cepat memperhatikan keadaan murid tidak secara personal, tetapi subjektif dengan memandang semua murid itu sama.
 
Intan Utamawati

Kak Intan Utamawati lulus dengan angkatan 7 yaitu Saptraka, kak Intan adalah teman dekat kakak saya. Menurut kak Intan, salah satu kelebihan di SMA Labschool Kebayoran adalah fasilitas yang memadai. Kemudian, dengan kegiatan-kegiatannya yang beragam menjadikan lebih dekat dengan teman seangkatan karena bekerja sama dalam menjalan tugas pada saat kegiatan tersebut dan menimbulkan rasa kerjasama antar teman sehingga membuat angkatan menjadi lebih kompak. Kelebihan lainnya adalah guru nya baik dalam mengajar walaupun ada yang susah mendapat nilai.
 
Setelah saya mewawancarai keempat alumni, saya mengetahui apa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki SMA Labschool Kebayoran. Kesimpulan yang saya dapat dari para alumni, bahwa pembelajaran di SMA Labschool Kebayoran sangat berguna di kuliah nanti, bekerja lebih keras dibanding SMA lain. Tugas yang lebih banyak, kegiatan yang padat untuk membangun karakter menjadi kelebihan SMA Labschool Kebayoran. Banyak positif yang dapat diambil setelah bersekolah di SMA Labschool Kebayoran walaupun ada kekurangan-kekurangan yang dimiliki oleh SMA Labschool Kebayoran seperti guru yang terkadang tidak masuk, tugas yang banyak dan lain-lain. Semoga yang telah saya pelajari dan saya alami di Labschool dapat berguna di masa depan ketika saya kuliah maupun ketika saya sudah bekerja nanti.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar