Jumat, 21 September 2012

Tugas-2 Plus-Minus Labsky


Berawal Dari Labsky

Saya Rheza Daniswara, biasa dipanggil Rheza. Sekarang saya duduk di kelas sebelas, tepatnya di sebelas ipa 3, di Labschool Kebayoran atau biasa disingkat Labsky. kali ini saya akan menceritakan bagaimana pendapat siswa terhadap kelebihan dan kekurangan bersekolah di labsky.

Labschool Kebayoran atau Labsky merupakan sekolah yang terletak di Jalan Kiai Haji Ahmad Dahlan nomor 14, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Sekolah ini cukup terkenal sehingga banyak mengundang peminat untuk bersekolah di Labsky. Tiap tahunnya, hampir tidak kurang dari 1000-an anak mendaftar untuk tes masuk. Semua berjuang untuk bisa masuk di 200-an anak terpilih.

Saya sudah bersekolah di Labsky selama 4 tahun, 3 tahun SMP dan 1 tahun SMA, dan akan menempuh tahun kelima pada tahun ini. Dari semua anak yang pernah sekolah di Labsky pasti punya tanggapan tersendiri mengenai kelebihan dan kekurangan dari Labsky. Di sini saya akan menyampaikan tanggapan dari 3 orang alumni Labsky yang telah saya wawancarai, diantaranya adalah: kak Kevin Aditya Prathama, angkatan 6, Heksakra ; kak Ladiva Febriani, angkatan 9, Nawastra ; dan kak Aranto Munaf, angkatan 7, Saptraka. Berikut adalah hasil wawancara dari ketiganya.

A.      Kak Kevin


Yang pertama adalah kak Kevin Aditya Prathama, yang dipanggil Kevin dari angkatan 6 atau Heksakra. Dia merupakan saudara saya. Saya mewawancarai dia melalui aplikasi Blackberry Messenger. Menurut dia, kelebihan dari bersekolah di Labschool adalah mudah berteman akrab satu angkatan, lalu acara-acara dan kegiatan-kegiatan sekolah sangat baik untuk pengembangan diri. Lalu untuk kekurangannya, dia merasa peraturan Labschool khususnya Labsky terlalu memaksa atau mengikat, sehingga siswa tidak merasa bebas. Kalau memang peraturan sekolah dibuat untuk menjaga siswanya, kak Kevin berpendapat bahwa peraturannya terlalu berlebihan. 

B.      Kak Diva


Yang kedua adalah kak Ladiva Febriani, yang dipanggil Diva dari angkatan 9 atau Nawastra. Saya mewawancarai dia melalui situs jejaring sosial Facebook. Kelebihan dan keuntungan bersekolah di Labsky menurut kak Diva adalah lingkungan dan fasilitasnya bagus, guru-gurunya baik dan ramah sama muridnya dan kegiatannya banyak berguna. Menurut kak Diva, saat sudah kuliah, sudah biasa sama cara belajar cepat, jadi sudah tidak perlu adaptasi lagi. Lalu sudah kebal mentalnya kalo ada acara ospek atau LDK sama senior karena di Labsky banyak acara yg membuat kita kuat menhadapi acara yang seperti itu. Banyak juga kegiatan yang bisa mengembangkan bakat, kreatifitas dan seni murid-muridnya. Lalu juga dilatih cara membagi waktu dan menjadi displin juga. Beberapa guru ada yang pelit dalam soal memberi nilai, jadi kita harus benar-benar berusaha agar mengerti dan bisa. Intinya sekolah di Labsky itu pantang menyerah. Untuk kekurangannya, kadang-kadang ada guru yang tidak mengajar atau makan gaji buta, padahal saat itu muridnya sedang butuh belajar. Tugas-tugasnya banyak dan cukup merepotkan, padahal waktu untuk mengerjakannya singkat. Suka kebanyakan acara dan terakhir kurangnya tempat untuk parkir. 

C.      Kak Acang


Yang terakhir adalah kak Aranto Munaf, yang biasa dipanggil Acang dari angkatan 7 atau Saptraka. Saya mewawancarai dia melalui aplikasi Blackberry Messenger. Kelebihan atau sisi positif dari labsky menurut kak Acang adalah kita jadi terbiasa dengan banyak kegiatan serta cara berorganisasi yang banyak sekali diadakan di Labsky. Acara-acara seperti itu akan terasa biasa setelah lulus dan lanjut ke universitas. Sementara itu, untuk kelemahan atau sisi negatifnya dari Labsky adalah banyaknya waktu yang tersita karena banyaknya kegiatan di Labsky, dan juga tidak semua siswa suka dengan banyak acara yang diadakan Labsky. Lalu dalam masalah finansial, menurut kak Acang, Labsky merupakan sekolah yang banyak mengeluarkan uang untuk acara-acara yang banyak itu.

Kesimpulannya, semua hal pasti mempunyai sisi positif dan juga sisi negatifnya. Yang perlu kita ambil adalah sisi positifnya, dan mencoba mengurangi sisi negatifnya. Begitu juga dengan Labsky, menurut alumni, sekolah di Labsky berguna di universitas, dan saya harus bisa seperti mereka. Dan dari Labsky kita bisa menaklukan dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar