Jumat, 21 September 2012

Tugas 2 - Plus Minus Labsky


Kelebihan dan Kekurangan SMA Labschool Kebayoran

            Kata banyak orang, masa SMA adalah masa yang paling tak terlupakan. Karena pada masa ini banyak hal-hal yang dapat dilakukan bersama teman. Pada masa-masa ini sekolah adalah salah satu hal terpenting. Tetapi, setiap sekolah pasti mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing            SMA Labschool Kebayoran sendiri, sekarang sudah mencapai angkatan 12. Sehingga sudah ada 9 angkatan yang lulus dari sekolah ini dan sudah membuktikan sekolah ini di perguruan tinggi-perguruan tinggi. Semua dari mereka mengatakan puas berada di SMA Labschool Kebayoran walaupun dengan berbagai kekurangannya.  Tetapi, menurut mereka kekurangan SMA Labschool Kebayoran dapat tertutupi oleh segala kelebihannya. Beberapa dari kelebihan itu membantu mereka diperguruan tinggi kemudian.
            Di SMA Labschool Kebayoran sendiri terdapat organisasi sekolah seperti OSIS dan MPK. Sedangkan untuk kegiatannya sangatlah banyak seperti MOS, Pilar, PRA TO, TO, Bintama dan lainnya. Hal-hal inilah yang membedakan SMA Labschool Kebayoran dengan sekolah lain. Di SMA Labschool Kebayoran juga terdapat Lalinju atau Lari Lintas Juang bagi mereka yang ingin naik atau turun jabatan dari OSIS dan MPK. Jelas, disekolah lain hal ini tidak ada.
            Untuk kemauan sekolah ini dibutuhkan masukan dan saran dari alumninya sendiri yang telah membantu membangun sekolah ini dan menaikkan derajatnya dibanding sekolah lain. . Dalam kesempatan ini saya mewawancarai 4 orang alumni SMA Labschool Kebayoran yaitu Kak Rineke Rafelia Bermawi, Kak Filza Munir, Kak Bentley Addisajjana dan Kak Gati Setyorini.
Saya mewawancarai Kak Rineke Rafelia atau Kak Riri melaui Blackberry Messenger. Kak Riri dari angkatan Nawastra, dia juga salah satu MPKnya. Sekarang, dia berkuliah di  Prasetiya Mulya jurusan Marketing.
            Berdasarkan Kak Riri, kelebihan dari SMA Labschool Kebayoran adalah kita sudah mendapatkan pengalaman di bidang non akademik, karena Labschool Kebayoran sudah memberikan kebebasan bagi kita yang ingin dan mau aktif dibidang non akademik. Serta, menurutnya kegiatan Trip Observasi atau TO telah melatih rasa kepemimpinan dan rasa ingin bekerja keras untuk mendapatkan apa yang diinginkan. Sedangkan menurutnya, kekurangan dari SMA Labschool Kebayoran adalah kegiatan-kegiatan tersebut banyak menyita waktu. Memang SMA Labshool Kebayoran memiliki beberapa kegiatan yang tidak dimiliki oleh sekolah lain dan terlihat unik dibanding sekolah lain dalam hal kegiatannya.
            Menurut Kak Riri, manfaat yang dirasakan setelah lulus dari SMA Labschool Kebayoran adalah kita sudah lebih dewasa sehingga saat memasuki dunia perkuliahan kita lebih siap. Pada bidang akademik lulusan SMA Labschool Kebayoran juga mempunyai nilai akademik yang lebih tinggi. Pada intinya lulusan SMA Labschool Kebayoran lebih siap disbanding lulusan dari sekolah lain. Ini juga karena sebelum perkuliahan murid-murid SMA Labschool Kebayoran sudah dibekali untuk membuat Karya Tulis sehingga terbiasa saat perkuliahan membuat skripsi.



            Berdasarkan Kak Riri, ekskul di SMA Labschool Kebayoran harus ditambah, karena ekskul seperti Baseball sudah tidak ada lagi. Menurutnya juga, sekolah di SMA Labschool Kebayoran sudah sangat membantu untuk perkuliahan.
            Sedangkan menurutnya kegiatan yang kurang berguna yang sebaiknya dihapus adalah jasa fotokopi di OSIS karena tidak terlalu berguna. Tapi untuk yang lainnya sudah baik dan tidak perlu ada yang dihapus.
            Sedangkan dibawah ini adalah pembicaraan saya dan Kak Riri via Blackberry Messenger :
Participants:
-------------

Naila, RiriRafelia

Messages:
---------
Naila:
Kak, maaf ganggu sblmnya saya ingin bertanya berkaitan dengan tugas sejarah. Boleh gak kak?
RiriRafelia:
Boleeh koo ahaha santai aja sm akuuu
Naila:
Apa plus dan minus sekolah di labsky?
RiriRafelia:
Plus nya itu kita sudah berpengalaman di bidang non akademik, karena labsky udah memberikan kebebasan bagi kita yang mau aktif di bidang non akademik. Kita sdh dilatih berorganisasi. Serta acara Trip Observasi telah melatih rasa kepemimpinan dan rasa ingin bekerja keras untuk apa yang diinginkan
RiriRafelia:
Minus nya dari kegiatan2 tsb terlalu menyita waktu
Naila:
Apa manfaat yang  dirasakan setelah lulus dari labsky?
RiriRafelia:
Kita udh lbh jadi dewasa jd pas masuk dunia perkuliahan kita lbh siap , akademik juga lbh tinggi dr skolah2 lainnya, trs pokoknya scara garis besar kita udh lbh berpengalaman gt
Naila:
Apa yang harus diperbaiki/ditambahkan di labsky?
RiriRafelia:
Kita udh lbh jadi dewasa jd pas masuk dunia perkuliahan kita lbh siap , akademik juga lbh tinggi dr skolah2 lainnya, trs pokoknya scara garis besar kita udh lbh berpengalaman gt
RiriRafelia:
Duuh pending niih maaf yaaa kalo kekirim dua kali
Naila:
Gak apa2 kakk
Naila:
Apa yang harus diperbaiki/ditambahkan di labsky?
RiriRafelia:
Di labsky mungkin lbh di variasiin ekskulnya kali yaaa, kyk baseball dll kan udh pada tutup tuuh
RiriRafelia:
Tp overall labsky tuh udh bagus bgt dan helping bgt buat perkuliahan hahaha
RiriRafelia:
Asal selalu aktif di labsky sih udh helping bgt buat dunia perkuliahan
Naila:
Pertanyaan terakhir kak, Apa saja kegiatan/acara yang kurang membuahkan hasil sehingga perlu dihapuskan?
RiriRafelia:
Yg pasti jasa fotokopi osis wktu itu ga guna bgtt hahaha tp udh dihapuss kan, tp yg lain guna sih hmmmm
Naila:
Makasih banyak ya kakk :D
RiriRafelia:
Iyaa sama2 :)

            Selain Kak Riri, saya juga mewawancarai Kak Filza Munir via Blackberry Messenger juga. Kak Filza sendiri, juga satu angkatan dengan Kak Riri, yaitu Nawastra atau angkatan 9. Sekarang Kak Filza sedang berkuliah di Institut Teknologi Bandung atau ITB.

            Menurut Kak Filza, keuntungan yang didapat dari bersekolah di SMA Labschool Kebayoran adalah Labschool Kebayoran sendiri adalah sekolah swasta sehingga tidak ada yang namanya tawuran atau senioritas yang biasanya dapat kita lihat dibeberapa sekolah negeri. Karena sekolah swasta sendiri mempunyai peraturan yang lebih ketat sehingga murid lebih diatur agar tidak menyeleweng. Karena itu juga guru-guru di sekoalah swasta cendrung lebih care dan peduli terhadap muridnya sendiri dan lebih mengenal murid-muridnya sendiri.
            Sedangkan kekurangan bersekolah di SMA Labschool Kebayoran adalah susahnya mendapatkan PTN, karena PTN sendiri kuotanya lebih bear dari SMA-SMA Negeri. Dan di SMA Labschool Kebayoran juga sangat susah mendapatkan nilai.
            Dibawah ini adalah wawancara saya dengan Kak Filza via Blackberry Messenger:
Participants:
-------------
Naila, Filza Munir

Messages:
---------
Naila:
Kak, maaf ganggu sblmnya saya naila&ristya ingin bertanya berkaitan dengan tugas sejarah. Boleh gak kak?
Filza Munir:
Boleh2
Filza Munir:
Mau nanya apaa?
Naila:
Apa plus dan minus sekolah di labsky?
Filza Munir:
Waduh, malem aja boleh ga aku jawabnya? Bbku mau off soalnyaa
Filza Munir:
Hehehe
Filza Munir:
Panjang soalnya kayanya jawabannya
Filza Munir:
Kalo mau sekalian skype ajaa
Naila:
Ohh gak apa2 kak malem jg
Filza Munir:
Sipp
Filza Munir:
Eh, sorryyy, gue lupa bales malem ituuu
Filza Munir:
Ni, plusnya labsky itu sekolah swasta terus aturan jalan jadi tawuran gitu2 gaada..guru2nya juga lebih care sama kita..senioritas bisa dibilang gaada
Filza Munir:
Minusnya karna labsky sekolah swasta rada susah dapet ptn karna ptn kuotanya lebih besar sma negri
Filza Munir:
Terus di labsky juga rada susah dapet nilai

            Wawancara terakhir saya adalah dengan Kak Bentley Addisajjana dan Kak Gati Setyorini bersama kelas XI IPA 2. Mereka berdua sekarang sedang berkuliah di Asia Pasific University atau APU yang berada di kota Beppu, Jepang. Mereka berdua yang sedang berlibur ini mengunjung SMA Labschool Kebayoran SMA mereka dulu.
            Menurut mereka, keuntungan bersekolah di SMA Labschool Kebayoran adalah mereka sudah dapat berorganisasi dengan benar dan teratur karena organisasi yang ada di SMA Labschool Kebayoran sendiri tidak asal-asalan dan terorganisir dengan baik. Keunutungan yang lain adalah mereka sudah membuat karya tulis sehingga memudahkan diperkuliah jika ditugaskan untuk membuat skripsi atau hal-hal sejenisnya,
            Sedangkan kekurangan SMA Labschool Kebayoran sendiri adalah belnya yang aneh dibandingkan dengan SMP Labschool Kebayoran. Bel di SMA Labchool Kebayoran sendiri memang tergolong aneh karena bukan bunyi bel seperti biasa tetapi kadang lagu atau yang lainnya. Menurut mereka juga, toilet SMA Labschool Kebayoran juga harus lebih sering dibersihkan dan diberi wewangian karena bau yang kurang sedap. Toilet memang hal vital dari sebuah sekolah dan toilet adalah fasilitas sekolah yang harus ada dan bersih disebuah sekolah. Kekurangan lainnya adalah gurunya yang terkadang suka tidak ada dikelas, sehingga murid tidak melakukan apa-apa dikelas.

            Saran dari mereka untuk SMA Labschool Kebayoran adalah untuk jangan memberi tugas yang aneh-aneh kepada muridnya sendiri sehingga menyita waktu. Saran lainnya adalah untuk membereskan toiletnya agar lebih bersih dan wangi. Saran terakhir dari mereka adalah untuk mengganti belnya dengan bel yang lebih baik.
            Tentu semua sekolah mempunyai kelebihan dan kekurangan. Dari wawancara saya dengan alumni-alumni SMA Labschool Kebayoran ini diharapkan agar keuntungan SMA Labschool Kebayoran menjadi nilai positif sehingga makin banyak orang yang berminat untuk masuk ke SMA Labschool Kebayoran. Sedangkan, untuk kekurangannya dijadikan patokan agar SMA Labschool Kebayoran dapat membenahi diri dan menjadi SMA yang lebih baik dibanding SMA yang lain. Jika bukan dari murid dan alumninya sendiri siapa yang dapat membangun sekolah ini agar menjadi lebih baik ?
           


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar