Kamis, 27 September 2012

Tugas 2 - Plus Minus Bersekolah di Labsky

"Mimpi yang Terindah Selama Bersekolah di Labsky"


Itulah kata-kata yang telah dilontarkan oleh kakak-kakak atau alumni dari Labschool Kebayoran yang sedang menjalani masa kuliahnya di fakultas dan universitas yang diinginkan oleh mereka. bagi mereka bersekolah di Labschool Kebayoran adalah suatu kesan yang tak akan pernah bisa dilupakan dan menurut mereka kesan dan impian tersebut tidak bisa didapatkan di sekolah mana pun selain di SMA Labschool Kebayoran. Rata-rata dari mereka mengatakan bahwa bersekolah di SMA Labschool Kebayoran adalah pengalaman yang cukup menarik. Alumni yang telah saya wawancarai diantaranya adalah kak Dimitri Alvin Wirjowerdojo, kak Nabel Ihsan Muhammad, dan kak Farhah Abidah. Dan rata-rata pendapat dari mereka bertiga hampir sama yaitu Labschool Kebayoran yang memiliki kegiatan yang cukup banyak dan sangat menguras waktu luang bagi murid-muridnya. Namun, dibalik semua ini ternyata ada beberapa hasil positif yang mereka rasakan pada saat duduk dibangku kuliah pada saat ini.Dan hasil wawancara antara saya dengan mereka bertiga akan saya jelaskan dibwah ini, diantaranya:

KAK DMITRI ALVIN WIRJOWERDOJO

Kak Dimitri adalah alumni yang dahulu ia masuk dalam angkatan ke sepuluh atau yang sekarang disebut dengan nama angkatan Daswira. Namun karena ia mengikuti kelas aksel ia lulus bersama angkatan Nawastra yaitu angkatan ke sembilan. Dan sekarang ia telah menjadi salah satu mahasiswa di University of Leeds , Inggris, dengan jurusan Chemical Nanotechnology. Menurutnya, Labschool Kebayoran adalah sekolah yang dapat dibilang adalah sekolah yang sangat menguras waktunya , apalagi kak dmitri ini dahulunya mengikuti kelas aksel yang jika kita ukur jadwalnya lebih padat dibandingkan dengan kelas reguler. Dan selain itu kak Dimitri ini dahulunya juga pernah menjabat sebagai OSIS Agramanggala Kartapradhana yang duduk diseksi edukasi, maka dari itu, jadwal yang dahulu dimiliki oleh kak Dimitri tidak dapat dikatakan renggang, walaupun pada akhirnya kak Dimitri harus melepas jabatannya setelah semester kedua yang dikarenakan harus lebih konsentrasi terhadap Ujian Nasional yang pada saat iyu akan ia lewati.

Sisi Positif


Menurut kak Dimitri bersekolah di Labschool itu ada dampak positifnya bagi dia di kehidupan sebagai mahasiswa. Diantaranya, ia dapat hidup lebih mandiri lagi dari waktu sebelum ia mengenal apa itu yang namanya Trip Observasi (TO), lalu ia dapat hidup lebih disiplin , menahan rasa lapar dan haus dari waktu sebelum ia mengenal apa itu yang namanya Bina Mental Kepemimpinan Siswa (BINTAMA), dan ia dapat lebih memanajeman waktu yang ia miliki sebelum ia duduk dibangku aksel dan sebagai anggota pengurus OSIS Agramanggala Kartapradhana. Selain itu, jika dalam segi pelajaran, menurut kak Dimitri jika di Labschool Kebayoran guru-gurunya menerangkan pelajaran secara men-detail. Namun, di universitas dosen-dosennya hanya memberika pelajaran dalam segi garis besar, jadi jika kita ingin lebih mengetahui tentang pelajaran tersebut kita harus mencarinya sendiri.

Sisi Negatif


Selama bersekolah di Labschool Kebayoran, ia pun memiliki kesulitan dalam memanajemen waktu yang karena belum terbiasa dengan lingkungan labschool, karena bersekolah di Labschool hal yang harus kita terima adalah menguras banyak waktu dan tenaga karena Labschool Kebayoran memiliki segudang kegiatan. Dan jika kita berbicara dalam segi hal pelajaran, kak Dimitri memiliki kendala dimana guru-guru di Labschool Kebayoran dalam sistem pengajaran mereka lebih men-detail dibandingkan dengan guru di sekolah manapun. Dan jika hari dimana ulangan datang maka soal yang dikasih oleh guru yang telah mengajar dapat dikatakan tidak gampang.

Pesan - Pesan

Dan diakhir wawancara kak Dimitri memiliki pesan-pesan yang ditujukan bagi angkatan kami yaitu Dasecakra dan untuk angkatan Daswira, yaitu:

Sukses selalu!!! Semoga angkatan Daswira dan angkatan Dasecakra sukses selalu dan diterima di universitas yang diinginkan dan juga di fakultas yang diinginkan...Amin!


KAK NABEL IHSAN MUHAMMAD

Kak Nabel adalah alumni dari SMA Labschool Kebayoran yang dahulu masuk dalam angkatan ke sembilan atau yang dahulu disebut Nawastra. Selain itu dahulu ia adalah ketua angkatan Nawastra dan sekaligus ketua OSIS angkatan ke sembilan. Dan sekarang ia sudah diterima di Universitas Institut Teknologi Bandung (ITB) dengan jurusan fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan. Menurutnya bersekolah di Labschool Kebayoran adalah hal yang sangat menyenangkan karena dapat berkumpul bersama dengan teman teman yang dapat dihitung hampir tiap hari. Namun, di lain dari hal bersenang-senang bersama dengan teman-temannya, Labschool memiliki banyak sekali kegiatan yang harus kita ikuti atau pun berpartisipasi didalamnya, mau itu dari pihak sekolah yang mengadakan atau dari pihak OSIS yang mengadakan. Dan hal seperti inilah yang menurutnya sangat menguras waktu luang baginya.

Sisi Positif


Di wawancara yang telah saya lakukan bersama dengan kak Nabel. Ia membagi dampak positif baginya menjadi beberapa point, diantaranya:

-  Menurutnya, Labschool Kebayoran bukanlah sekolah yang selalu sibuk dalam hal pelajaran, namun di Labschool kita dapat belajar cara berorganisasi yang baik dan benar, serta berhubungan dengan orang lain yang akan mempererat tali persaudaraan kita. Dan itu dari point ini yaitu anak Labschool kebayoran bukanlah orang yang individualis. Namun, anak yang dapat bersosialisasi dengan baik.

-  Selanjutnya, bersekolah di Labschool Kebayoran dapat memberi hal-hal positif pada saat kita duduk di bangku kuliah nanti. Seperti banyak alumni Labschool Kebayoran yang umumnya memiliki percaya diri yang kuat, yang dapat berkomunikasi dengan baik kepada anak dari sekolah atau dari universitas lainnya.

-  Dalam segi pelajaran, di Labschool guru yang mengajar selalu memberi tugas yang tidak dapat dikatakan mudah, namun dari hal ini kita dapat terbiasa mendapatkan tugas yang begitu banyak dan susah yang nantinya dapat kita kerjakan dengan mudah.

-  Jika dalam segi disiplin, anak-anak labschool maupun alumni, memiliki disiplin yang cukup tinggi karena dahulu kita pernah menjalani masa-masa yang cukup susah yaitu Trip Observasi (TO) dan Bina Mental Kepemimpinan Siswa (BINTAMA).

- Selain itu, Labschool Kebayoran adalah sekolah yang sangat jauh dari kata tawuran yang biasanya dilakukan antar SMA maupun antar SMP. Hal ini dikarenakan anak-anak di Labschool adalah anak-anak yang telah terdidik dengan rapi.

-  Dan yang terakhir bersekolah di Labschool Kebayoran bisa menjadi modal awal untuk meraih sukses dimasa depan, pada saat kuliah nanti dan di kehidupan selanjutnya. Bukti nyatanya banyak alumni Labschool Kebayoran yang aktif dalam himpunan dan kabinet di perguruan tinggi.

Sisi Negatif


-  Menurut kak Nabel, anak-anak di Labschool tidak peka terhadap lingkungan sekitar. Bukti nyata yang ada sekarang adalah anak-anak Labschool tidak mementingkan kebersihan di area Labschool Kebayoran.

- Dan yang terkahir, anak-anak Labschool Kebayoran pada umumnya konsumeris, padahal banyak anak-anak diluar sana yang lebih tepatnya di luar Labschool kebayoran yang untuk bayar biaya sekolah saja sudah sangat sulit.

Kesan dan Pesan

- Kesan: Labschool Kebayoran adalah sekolah yang bagus yang bukan hanya isinya anak-anak yang memiliki nilai akademik yang cukup tinggi saja. Namun juga anak-anak Labschool Kenayoran adalah anak-anak yang memiliki kreatifitas yang tinggi yang sebagai bukti yaitu sudah dapat memiliki acar-acar yang dapat dibilang cukup besar yang memerlukan dana yang tidak dapat dikatakan mudah.

- Pesan: Untuk seluruh anak-anak Labschool Kebayoran tetap harus rajin belajar, buatlah kegiatan yang bermanfaat, dan juga jangan menjadi orang yang konsumtif dan harus peka terhadap lingkungan sekitar.


KAK FARHAH  ABIDAH

Kak Farhah Abidah atau yang biasa dipanggil kak Rara adalah alumni dari Labschool Kebayoran yang dahulu masuk dalam angkatan ke delapan atau yang disebut dengan Hastara. Sekarang ia menjadi mahasiswi di Universitas Indonesia jurusan Fakultas Ekonomi (FE). Menurutnya, Labschool Kebayoran adalah sekolah yang menanamkan ajaran tentang iman, ilmu dan amal yang nantinya akan memberikan dampak positif kepada diri kita sendiri. Diantaranya seperti iman, dimana iman adalah suatu hal yang akan kita bawa saat kita mati dan hal ini adalah suatu hal yang kita lakukan sehari-hari dan akan dipertanggungjawabkan pada saat kita mati nanti. Ilmu, ilmu adalah pengetahuan yang akan kita dapatkan selama kita dididik di Labschool Kebayoran. dan yang terakhir adalah amal, amal yang dimaksud disini adalah bagaimana kita mengamalkan ilmu yang kita miliki kepada orang yang tidak mengetahui ilmu tersebut selain kita.

Sisi Positif


Menurut kak Rara, Labschool Kebayoran itu memiliki kegiatan yang cukup banyak dan out of the box. Jika dilihat-lihat level kegiatan yang diadakan setiap tahunnya dapat dikatakan cukup tinggi dibandingkan dengan sekolah lain. Dan dari banyak kegiatan di Labschool Kebayoran seperti Trip Observasi (TO), Bina Mental Kepemimpinan Siswa (BINTAMA), banyak sekali yang bermanfaat pada saat kita duduk di bangku kuliah, apalagi yang pernah ikut serta menjadi pengurus OSIS/MPK dan aktif menjadi panitia pada saat ada acara atau kegiatan besar, itu menjadi modal tambahan pada saat kuliah nanti, seperti bisa memanajemen waktu dengan baik, nilai pelajaran tidak turun, dll.

Sisi Negatif


Menurut kak Rara, pada zamannya ia dahulu Labschool Kebayoran kurang memiliki prestasi akademik yang cukup memuaskan. dan kebanyak hanya pada prestasi non akademik seperti dance, LAMURU, dan abang none cilik. Sedangkan pada olimpiade ilmiah sangat minim yang menjadi juara, padahal zaman sekarang kita perlu karya-karya ilmiah yang dapat bangga negara ini. Solusi yang disarankan oleh kak Rara adalah dengan cara membuat suatu ekskul yang dimana ekskul tersebut membicarakan, mempelajari, menerapkan, mempraktekkan tentang bagaimana cara membuat karya ilmiah. Dan diharapkan dengan adanya ekskul seperti ini murid-murid SMA Labschool Kebayoran dapat lebih kreatif lagi dalam meningkatkan kecerdasan pikiran dalam menciptakan sebuah karya ilmiah.

Pesan dan Saran

"Labschool Kebayoran harus ditingkatkan dan dipertahankan lagi kualitas dalam prestasi akademik maupun non akademik dan menjadi sekolah yang lebih baik dari pada sekolah lain dan terus berprestasi."

KRITIK

Dari ketiga narasumber yang telah saya wawancarai, mereka rata-rata mengkritik tentang SMA Labschool Kebayoran yang memiliki kegiatan yang cukup banyak. Dan kritikan mereka berisi tentang kurangilah kegiatan sekolah agar murid-murid dapat memiliki waktu luang untuk bersantai, walaupun mereka memiliki waktu luang pada hari sabtu dan minggu, namun belum tentu jika mereka di hari sabtu dan minggu tidak memiliki pekerjaan rumah dari guru-guru di sekolah. Mereka pun juga mengkritik tentang kurangnya partisipasi murid-murid SMA Labschool Kebayoran dalam menjaga lingkungan SMA Labschool Kebayoran tetap terjaga. Ini dikarenakan banyak sekali sampah yang biasa ditemukan dikolong-kolong meja dan langkah ini akan membantu pramubakti secara langsung dan meringankan beban mereka.

KESIMPULAN

Menurut saya hasil dari wawancara diatas menunjukan bahwa dibalik SMA Labschool Kebayoran yang memiliki begitu banyak kegiatan tapi memiliki hal-hal positif bagi mereka. Saya mengambil kesimpulan bahwa Labschool Kebayoran adalah sekolah yang memiliki segudang kegiatan dan cukup menguras banyak waktu luang. Namun, di lain sisi, kegiatan yang banyak ini akan memberikan dampak positif bagi kita semua pada saat kita duduk di bangku kuliah kelak. Dan bagi pengurus OSIS/MPK dan orang-orang yang aktif dan ikut serta atau berpartisipasi secara aktif dalam acara-acara atau kegiatan yang diadakan oleh sekolah maupun oleh OSIS, walaupun selama satu tahun kedepan banyak hal-hal yang sedang menanti kita dan nantinya akan kita lewati bersama. Namun hasil kerja keras kita nanti akan membawakan hasil yang positif pada saat kita duduk dibangku kuliah nanti. Dan yang terakhir, selain kita ikut serta secara aktif atau berpartisipasi secara aktif dalam acara-acara sekolah, namun kita juga harus memantau perkembangan hasil belajar kita. Jika menurun kita harus meningkatkan sistem belajar kita agar mendapatkan hasil yang maksimal sesuai yang kita inginkan dan hasil ini akan menentukan kita dalam masuk ke perguruan tinggi yang kita inginkan nantinya.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar