Senin, 24 September 2012

Tugas-1 Autobiografi Ghifari Ikhwan Taher

Hidup saya 16 tahun yang penuh makna

Saya mulai ingin berdiri

SAAT KELAHIRAN 

Nama saya adalah Ghifari Ikhwan Taher, atau yang sering dipanggil "Egi" oleh teman- teman saya, tetapi beberapa keluarga saya memanggil saya "Egol"  karena waktu kecil saya katanya kalau jalan lucu, megal-megol. Saya lahir pada tanggal 20 Juli 1996 tepatnya disebuah  Rumah Sakit yang terletak di Kota Jakarta. Saya dilahirkan dari pasangan suami isteri yang bernama Akmal Taher dan Lenggo Geni. Ayah saya adalah anak ke dua dari  4 bersaudara, sedangkan ibu saya anak ke empat dari 5 bersaudara   Saya merupakan anak tunggal. Saya dilahirkan dengan berat 2,9 kg dan dengan panjang 49 cm. Saya lahir jam 3 pagi.  





Saya memiliki kakak sepupu sebanyak 7 orang dan saya adalah yang paling kecil diantaranya, karena kakak sepupu saya yang pertama lahir pada tahun 1980 dan kakak sepupu saya yang paling dekat umurnya dengan saya lahir pada tahun 1993.    


Foto saat saya baru lahir
                                                                            



Saya bersama Ayah saya

Saya belajar merangkak
MASA BALITA
Masa balita saya ada di Jakarta. Disini saya tinggal di rumah yang beralamat di jalan Bangka 2 no 16 Kelurahan Pela Mampang, Jakarta Selatan. Pada saat saya berumur 4 tahun, ibu saya mencari kelompok bermain untuk saya, karena ibu saya harus bekerja sehingga tidak dapat dirumah terus dan  akhirnya ibu saya mendapatkan kelompok bermain yang pas untuk saya bermain sehari-hari dan memasukkan saya kesana. Kelompok bermain saya bernama  KB  Kembang, terletak di jalan Kemang Raya Jakarta Selatan. Saat saya berada di kelompok bermain saya masih  takut sehingga belum bisa beradaptasi dan  mengenal teman-teman saya karena malu, setelah saya bersekolah selama 4 hari saya mulai berani berkenalan dengan teman-teman baru saya, saya ingat bahwa saya memiliki teman yang sangat baik dan dekat dengan saya yaitu Reza dan Akbar, mereka selalu main dengan saya sampai bel tanda untuk pulang berbunyi. Tidak banyak yang saya ingat ketika saya bersekolah di Kembang, saya hanya ingat kalau disana kegiatan sehari-harinya hanya bermain dan bernanyi bersama teman- teman. Dulu saya sangat susah bangun pagi kalau belum diputarkan CD Joshua yang berjudul "diobok- obok" untungnya sekolah saya tidak terlalu jauh dari rumah sehingga saya bisa tepat waktu sampai di KB Kembang. Dulu ketika saya masih bersekolah di KB Kembang saya sempat tinggal di Apartemen Sudirman selama kurang lebih 1 tahun karena rumah saya yang di Jalan Bangka sedang direnovasi. Ketika saya tinggal di apartemen saya sering sekali tidak masuk  sekolah karena susah bangun pagi, tetapi kata guru saya di Kembang "tidak apa-apa maklum baru berumur 4 tahun" sehingga saya hanya masuk sekolah jika saya bisa bangun pagi.  


                             Saya (ke 2 dari kiri bawah baju biru) di playgroup Kembang



Pada tahun 2000  saya masuk  taman kanak-kanak (TK A) karena umur saya sudah mencukupi syarat-syarat memasuki TK A. Ibu saya memasukan saya di TK ISLAM AL-AZHAR PUSAT yang terletak di jalan Sisingamangaraja. Saya ingat waktu di TK AL -Azhar kegiatan sehari -hari adalah menghafal surat-surat pendek dan menghafal doa-doa harian seperti doa mau tidur, doa bangun tidur, doa mau makan, doa sesudah makan, dan doa masuk kamar mandi. Sedangkan surat-surat  pendek yang diajarkan semasa saya di TK A adalah surat Al- Kautsar, Al-Ikhlas, An-nas, dll. Ada juga kegiatan-kegiatan lain yang saya lakukan di TK A seperti menggambar, mewarnai, melipat kertas, kalau ada kegiatan mengggambar saya pasti menggambar mobil, sampai bu Nur guru saya berkata "Egi kamu kok gambarnya belum ada kemajuan dari awal masuk. Teman -teman kamu sudah bisa menggambar pemandangan sedangkan kamu masih menggambar mobil saja?" Terus sayapun menjawab "ya saya suka  gambar mobil karena saya suka sama mainan mobil-mobilan, jadi saya ingin menggambar mobil mainan saya yang ada dirumah". Akhirnya guru saya membiarkan saya tetap menggambar mobil karena itu sudah menjadi hobi saya. Waktu itu saya suka sekali sama yang namanya Indomie goreng  sehingga hampir setiap hari ibu saya membawakan bekal untuk makan siang Indomie goreng telur yang kadang-kadang dicampur dengan nasi putih agar  perut saya kenyang. Ketika saya masih TK A saya izin tidak masuk selama dua minggu karena saya diajak oleh ibu saya terbang ke Los Angeles karena ayah saya ada acara seminar disana dan selama disana saya hanya jalan-jalan saja. Disana ternyata ada teman dari ayah saya yang sudah tinggal lama di Amerika, sekitar 5 tahunan, sehingga saya tidak usah menginap di hotel lagi. Dihari ketiga saya diajak ke Disneyland di kota Annaheim dan Universal Studio di Los Angeles. Saat saya sampai di Universal Studio saya melihat pintu masuk wahana Jurassic Park, saya pun langsung lari masuk ke wahana itu karena saya sangat suka dengan film Jurassic Park, tapi seketika saya ditegur oleh petugas pintu masuk karena katanya saya tidak diizinkan masuk berhubung tinggi badannya belum memenuhi syarat untuk bisa bermain didalam wahana tersebut. Akhirnya sayapun menangis dan minta pulang. 
Saya masuk sekolah TK B pada tahun berikutnya, yang tempatnya masih sama hanya berpindah gedung. Waktu saya di Tk B saya ingat  bahwa kalau setiap hari Sabtu ada acara makan bersama dikelas masing- masing . Suatu ketika, saat giliran saya untuk membawa makanan, saya lupa memberitahu ibu saya kalau besoknya harus membawa ayam goreng untuk sekelas, akhirnya karena saya lupa saya tidak boleh ikut makan bersama saat itu, akibatnya: saya terpaksa menahan lapar.  
di trowongan Sea World






foto saya bersama Zhafran di Tk A


saya di TK B

ulang tahun saya saat kelas 2 SD

dulu saya sangat 'subur'

liburan ke San Diego



MASA SEKOLAH DASAR




Saya bersekolah di SD Islam AL-Azhar Pusat atau yang biasa disebut ALPUS 01. Saya masuk SD saat saya berumur 7 tahun. Saya berpikir bahwa masa  SD ini adalah masa dimana saya bisa mengenal banyak teman  dan bersemangat untuk belajar. Pada masa ini pula saya memperoleh banyak sekali prestasi yang dapat mengharumkan nama baik sekolah. Teman-teman saya di SD cukup menyenangkan. Kami semua kompak serta akrab satu sama lain. Mungkin salah satu penyebab kekompakan kami karena jumlah anak pada satu kelas kami hanya kurang lebih 25 orang dan saat itu hanya terdapat 5 kelas pada satu angkatan. Kelas di SD saya dulu memakai nama kota-kota di Arab Saudi, contohnya: kelas A (Jeddah), KelasB (Mekkah), Kelas C (Madinnah), Kelas D (Musdalifah) dan kelas E (Arafah). Jadi satu angkatan kami hanya terdiri dari 5 kelas. Ketika saya berada dikelas 3 SD, saya mengikuti lomba hafalan surat-surat pendek, dan alhamdulillah saya mendapat juara ke 3. Betapa senangnya hati ini saat itu karena pertama kalinya saya mendapat piala. Waktu kelas 6 SD saya sering kabur saat ekskul bersama 6 teman saya yaitu Fadhil, Klinsman, Defri, Reza, Dhimas dan Arya. Suatu hari saat sedang bersembunyi dibasement bersama teman-teman, tiba-tiba ada guru agama yang sedang "patroli" memeriksa anak-anak yang suka kabur pada saat ekskul berlangsung dan kamipun langsung menyebar ke berbagai tempat. Pada saat itu saya hanya sempat sembunyi dibalik mobil, dan tiba-tiba ada yang mencolek saya dari belakang. Pas saya tengok ke belakang, wah ternyata guru agama yang sedang berdiri dibelakang saya, perasaan saya langsung tidak enak, saya pun langsung dibawa ke ruang BK  dan  dinasihati oleh guru BK. 
Bagi saya masa SD adalah masa yang paling menyenangkan.    



MASA  SMP 


SMP Labschool Kebayoran menjadi pilihan saya setelah lulus SD. Untuk dapat menjadi murid SMP Labschool Kebayoran terlebih dahulu saya harus mengikuti tes seleksi masuk. Pada saat saya memasuki ruangan  tes tiba - tiba saya mendapati kursi yang paling dekat dengan meja guru, saya pun berpikir "wah paling depan nih tidak bisa saling membantu" akhirnya ketika saya membuka soal tes saya pun terkaget-kaget karena ada 100 buah soal yang lumayan sulit. Saya berusaha mengerjakan soal semaksimal mungkin, dan Alhamdulillah seminggu kemudian pada saat pengumuman hasil tes seleksi ada nama saya di papan pengumuman, saya pun merasa lega karena sudah menjadi siswa smp Labschool Kebayoran. Tiga minggu kemudian siswa baru SMP Labsky diwajibkan untuk mengikuti masa orientasi siswa (MOS) selama lima hari. Pada saat mos hari ke tiga saya berkenalan dengan Kahfi, Maga, dan Alen,  mereka merupakan teman saya yang pertama saat SMP. 

                                                            Saya di kelas 8D (e8uddy)




 Awal kelas 7 saya duduk dibangku kelas 7B, saat saya memasuki ruang kelas saya hanya kenal dengan Maga dan Fakhri sampai akhirnya wali kelas saya yang bernama miss Tami memberikan sebuah permainan untuk mengawali perkenalan dan akhirnya  kita jadi kenal satu sama lain. Saat kelas 7 di Labsky banyak sekali kegiatan yang sangat menarik dan wajib diikuti oleh seluruh siswa, yaitu studi lapangan di Pasir Mukti, SSN, dan kajian islam Ramadhan selama 3 hari 2 malam (Kalam) kegiatan ini adalah kegiatan yang menginap di sekolah, Saya mengatakan bahwa itu semua adalah kegiatan yang sangat menyenangkan.  

                                                         
                                                    gowess bersama
                                       

Dulu saya hampir setiap minggu bersepeda di hari car free day ( hari bebas kendaraan bermotor) di sepanjang jalan Jend Sudirman sampai bundaran Hotel Indonesia, saya biasa bersepeda bersama teman - teman, karena dengan sering bersepeda setiap minggu badan saya menjadi terasa segar. Kami biasanya berangkat  dari Labschool Kebayoran dan berakhir di Monas.


                                   saya (kanan belakang baju biru) di Monas

Lanjut ke kelas 8, di kelas 8 ini saya sudah banyak mengenali satu sama lain, dan di kelas 8 ini banyak sekali kegiatan yang terbilang sangat seru seperti: BIMENSI (bina mental siswa) yang lokasinya di SPN Lido Jawa Barat, disini kami sangat di ajarkan untuk kedisiplinan, tangguh, gerak cepat, tepat waktu oleh, ini semua dibimbing oleh polisi,  yang ke-2 exasky, ini adalah sebuah kegiatan drama untuk masing-masing tiap kelas yang biasanya diadakan pada hari Jumat  setelah lari pagi, kegiatan ini diadakan agar dapat mengembangkan kreatifitas para siswa.    
                                              DI Singapore bersama sepupu  
Saat celebration day kelas 9


Saat naik ke kelas 9 saya mulai belajar untuk managemen waktu sehari-hari saya karena saya takut saat mengahadapi UAN (ujian akhir nasional), dan ujian sekolah  yang katanya soalnya cukup susah. Ini merupakan saat pertama kalinya saya full belajar private di rumah dan ditempat bimbel,  karena hampir setiap minggu ada try out untuk mata pelajaran yang diujikan dan itu tidak mudah. Saya pun sering mendapatkan hasil try out dibawah kkm terutama mata pelajaran fisika dan matematika, akhirnya saya berusaha semaksimal mungkin untuk sering berlatih dan fokus terhadap 2 mata pelajaran itu. Saya pun sangat cemas ketika sudah mendekati hari UN dan akhirnya saya pun bisa mengerjakan soal UAN tersebut dan saat pengumuman kelulusan berlangsung sekolah smp Labschool Kebayoran berhasil meluluskan 100% muridnya dan saya pun sangat gembira karena saya terlepas dari beban belajar selama kurang lebih 1 tahun selama di kelas 9. Setelah pelulusan, kelas saya mengadakan liburan ke Marbella Anyer selama 2 hari 1 malam untuk melepas semua beban selama di kelas 9 (refreshing).   
                                        saya (celana hitam barisan tengah)
                            saat liburan di Anyer, (saya paling kanan bawah)
        
MASA SMA
Masa SMA sudah tiba dimana orang bilang ini adalah masa yang paling menyenangkan dalam hidup ini. Saya melanjutkan sekolah di SMA Labschool Kebayoran, karena saya sudah merasa nyaman bersekolah di lingkungan Labschool Kebayoran ini. Di sma kelas satu ini saya menduduki kelas XC yang terbilang anak-anaknya sangat asik dan seru. Di kelas satu ini sangat banyak kegiatan yang sangat menarik seperti MOS, Pesantren Ramadhan selama 3 hari 2 malam, Trip Observasi (TO), Skybattle, Bintama, dan semua kegiatan tersebut wajib diikiuti oleh seluruh siswa tanpa terkecuali saya pun mengikuti semua kegiatan wajib  tersebut dengan senang.  
  
Program pertama yang harus saya lakukan bersama teman-teman saya adalah masa orientasi siswa (Mos) selama 3 hari, kegiatan ini dilakukan agar seluruh siswa baru mengenal satu sama lain. Pada kegiatan ini semua siswa yang laki-laki wajib memotong rambutnya sampai 1cm saya pun cukup kesal untuk memtonong rambut sampai botak karena saya tidak biasa tapi mau gimana lagi daripada nanti di marahin gara-gara tidak kompak yasudah botak aja untuk sementara waktu.   
Kegiatan yang ke 2 adalah Pilar (pesantren Ramadhan) kegiatan ini adalah kegiatan yang menginap di sekolah selam 3 hari 2 malam.

Yang ke 3 adalah Bintama. Kegiatan Ini adalah kegiatan semacam pelatihan militer yang dilaksanakan di Grup 1 Kopasus Serang Banten selama satu minggu. Disana kami sangat diajarkan dan dilatih untuk tepat waktu, gerak cepat, makan cepat, kompak, dan keberanian mental. Ketika apel pembukaan tiba-tiba ada terdengar suara ledakan yang cukup keras yang artinya "disini kalian akan di latih mentalnya untuk berjuang di masa yang akan datang" saya pun kaget mendengarnya tetapi suara itu membuat saya lebih siap untuk dilatih selama satu minggu ke depan walaupun badan saya sangat lelah.
Yang ke 4 adalah  kegiatan di sma Labsky yang paling berkesan adalah Trip Observasi yang akan diadakan di Purwakarta Jawa Barat Desa Parakan Ceuri. Kegiatan ini dilakukan agar para siswa-siswi SMA Labschool Kebayoran dapat mengetahui dan meneliti langsung kehidupan di desa serta belajar hidup sederhana sesuai dengan warga desa yang bahagia selalu. Sebelum kegiatan To berlangsung kami semua harus mengikuti kegiatan PRA TO yang dilaksanakan selama 2 hari. Di pra To ini kami benar-benar menguras tenaga agar kami dapat hidup secara mandiri disana setidaknya agar kami kompak dan saling mengingatkan satu sama lain. Dan kami  diajarkan untuk memasak karena selama To kami harus memasak sendiri, membuat tongkat, mengecat tongkat, membuat nametag yg cukup sulit.  Dari dua ratus empat puluh anak di bagi menjadi satu kelompok 7 sampai 8 orang, saya masuk ke kelompok 13 yang kakak pdp nya kak Gevin sama kak Bella, guru pendampingnya pak Dodhi, kelompok saya beranggotakan  tujuh  orang yaitu: saya Egi, Jako, Rafi, Karim, Jasmine, Fiera, dan Fitri. ketua dari kelompok suwe ora jamu adalah Jako Aprilio.          

                                                              
                                                                
                                        kelompok 13 saat TO suwe ora jamu  

Pada akhir semester di kelas X ada suatu kegiatan yaitu LAPINSI. LAPINSI adalah kegiatan yang membangun jiwa pahlawan dan kedisiplinan. Dalam kegiatan ini kami harus menguras tenaga dan keringat untuk mempersiapkan sebuah perjuangan yang akan datang. kegiatan ini diwajibkan bagi siswa yang ingin menjadi pengurus OSIS atau pengurus MPK. Saya mengikuti kegiatan ini dengan penuh semangat, dalam kegiatan ini saya mendapatkan wawasan tentang bagaimana membuat sebuah organisasi menjadi sangat berarti bagi banyak orang, dan juga saya mendapatkan materi tentang kepemimpinan yang disampaikan oleh narasumber. Setelah LAPINSI bagi siswa yang ingin menjadi pengurus osisi diwajibkan mengikuti kegiatan TPO. TPO adalah tes kemampuan fisik seperti lari 600m, push up, sit up, lompat, lari mengelilingi lapangan, dan tes makalah. Saya pun mengikuti semua tes tersebut dengan penuh semangat. Pada saat pengumuman hasil tes tiap siswa mendapatkan sebuah amplop, ketika nama saya dipanggil saya pun langsung maju kedepan untuk mengambil amplop tersebut, ketika dibuka ternyata saya tidak lolos dalam sleksi osis tahun ini, tetapi saya percaya bahwa ada hal yang lebih baik lagi yang dapat saya lakukan.   


 
Foto bersama xc

Svarnabhadaya di Denata kitchen

 
di Paris bersama (Dwiki, Dicky, Hasif, Badra, Ip, Kigung, saya, Omes, Avi, kannia)


Ketika liburan kenaikan kelas saya mengikuti Misi Budaya ke Buyukcekmece Turki, disana saya berperan sebagai pemusik yang memainkan gendang untuk mengiringi para penari. Tim kami yang bernama  Svarnabhadaya Balawandipta memiliki sepuluh orang pemusik yaitu: Hasif, Badra, Dwiki, Egi, IP, Kigung, Dicky, Rayhan, Avi, Kannia, dan selebihnya adalah penari. Kami berangkat pada tanggal 28 juni menggunakan pesawat emirates menuju Dubai untuk transit dan dilanjutkan ke Istanbul Turki, kami disana selama 10 hari untuk melakukan festival dan kompetisi. Alhamdulillah tim kami menang dan mendapatkan penghargaan the best female dancer dan sebuah piala yang berbentuk jembatan Buyukcekmece. Setelah festival dan kompetisi tim kami melakukan touring di Eropa yang dimulai dari perancis >Brussels >Amsterdam > Frankfurt> Swiss> milan> dan yang teralhir adalah Venice dengan menggunakan Bus pariwisata. Sungguh pengalaman yang sangat berkesan bagi saya, dan seumur hidup tidak akan bisa melupakannya.            


Alhamdulillah saat ini saya sudah berada di kelas XI IPS, tepatnya di IPS 3, saya sangat senang karena pada akhirnya saya masuk jurusan yang selalu saya inginkan yaitu IPS, karena itu memang minat saya kedepannya nanti, untuk memilih jurusan ekonomi.  Mudah-mudahan Allah meridhoi...... Aamiin

                                     
                                                 
Svarnabhadaya Balawandipta 

                                      





1 komentar:

  1. HARGA PROMO TERMURA TERBESAR SE INDONESIA PIN BB : 264093EF .HP : 085-756-676-237 website:http://ardhanionlineshop.blogspot.com/ Produk dijamin asli Ready Stock ! Ready Stock! Apple iPhone 5 32GB Rp.2.500.000
    Ready Stock! Apple iPhone 5S 32GB Rp.3.000.000
    Ready Stock! Samsung Galaxy A3 A300H Rp.1.500.000
    Ready Stock! Samsung Galaxy A5 A500F Rp.2.000.000
    Ready Stock! Samsung Galaxy E5 E500H Rp.1.500.000
    Ready Stock! Samsung Galaxy Grand Prime SM-530H Rp.900.000.
    Ready Stock! Asus Zenfone 2 ZE551ML RAM 4GB Rp.2.000.000

    BalasHapus