Sabtu, 15 September 2012

Tugas 1 - Autobiografi Fariz Cahyaprana

“PERJALANAN HIDUP YANG TAK TERLUPAKAN”


Hidup merupakan anugerah yang tidak ada duanya yang telah di karuniai oleh Tuhan.Hidup di dunia ini juga merupakan suatu tahapan bagi kita untuk mencari dan menabung bekal sebanyak-banyaknya untuk fase kehidupan di akhirat nanti.Menurut saya,Kebahagiaan seseorang itu tergantung dari dalam dirinya sendiri,Karena tidak ada kebahagiaan yang datang dengan sendirinya.kebahagiaan di dunia dan di akhirat merupakan hasil usaha masing-masing manusia,Karena manusia memiliki pilihan untuk mengisi perjalanan hidupnya dengan hal-hal yang baik atau buruk.Saya ingin membuat suatu pembukuan masa silam saya,untuk mengingaat apa-apa saja yang telah saya lakukan selama perjalanan hidup saya ini.

Nama saya Fariz cahyaprana,saya biasa dipanggil Fariz.Saya berumur 16 tahun.Saya lahir pada tanggal 17 desember 1995.saya tinggal di perumahan kemang kedaung,yaitu di daerah sekitar pamulang dan ciputat.Saya mempunyai hobi yang berkaitan dengan sepak bola.Saya punya 2 orang kakak,yang kedua-duanya perempuan.Saya berbeda 6 tahun Dengan kakak saya yang pertama dan dengan kakak saya yang kedua saya berbeda 4 tahun.Kakak saya yang pertama sekarang sudah bekerja dan kakak saya yang kedua sekarang masih berkuliah di Universitas Atmajaya di Jakarta.Sekarang saya mau bercerita tentang masa lalu saya,tentang apa-apa saja yang sudah saya alami dan saya lakukan dari balita sampai sekarang ini.

MASA BALITA


Sekitar 16 tahun lalu saya lahir,dirumah sakit UIN pada Minggu pagi setelah subuh.Saya tidak terlalu ingat mengenai apa saja yang saya lakukan dirumah atau dimanapun selama saya balita. 

FOTO KELUARGA SAAT BALITA
Saat foto keluarga tersebut saya berumur sekitar 3 tahun.
Selain itu saya juga sempat berfoto dengan kedua kakak saya saat balita.


                        Selanjutanya saya mulai bersekolah.Saya masuk TK sekitar umur 5 tahun.Saya bersekolah di TK Pertiwi,pamulang.TK Pertiwi tidak terlalu besar tetapi cukup nyaman.Saya mendapat banyak teman yang sangat baik di TK itu.Saya masih ingat beberapa nama teman TK saya.Saat masuk ke TK A saya mendapat wali kelas bernama Ibu Sri dan saat TK B wali kelas saya bernama Ibu Tati.Saat TK b saya mulai belajar menghafalkan huruf-huruf dan membaca.Saat TK B saya juga mulai belajar hitung-hitungan dengan media sempoa. Saat TK saya pernah mengikut beberapa lomba,seperti lomba olahraga,lomba busana,dan lomba menggambar.


2 foto itu merupakan foto ketika saya mengikuti perlombaan busana dan lomba berolahraga.Sebenarnya masih begitu banyak hal-hal yang telah saya lewati di TK tersebut yang tidak bisa dilupakan dan memberikan banyak pelajaran pada saya untuk memasuki tahapan sekolah selanjutnya.

MASA SD

Saya memilih SD Muhammadiyah 12 sebagai tempat saya bersekolah selanjutnya,sekolah ini terdapat disekitar pamulang.Sekolah Muhammadiyah tersebut merupakan salah satu sekolah terluas karena didalam lingkungan tersebut terdapat 3 sekolah sekaligus,SD muhammadiyah 12,SMP muhammadiyah 22,dan SMA muhammadiyah 25.Sebelumnya kedua kakak saya juga bersekolah di Muhammadiyah dan berdasarkkan saran mereka saya juga memilih sekolah ini.Di hari pertama saya sekolah,saya sudah mendapat banyak teman.Karena di hari pertama itu wali kelas saya memang mengharuskan agar setiap murid mengenal satu lama lain. Setiap hari saya masuk sekolah,semakin banyak ilmu yang saya dapatkan,begitu juga semakin banyak teman yang saya dapat.

Akhirnya saya naik ke kelas 2.Saya mendapat berberapa teman baru saat masuk ke kelas 2.Saat saya kelas 2 sd,saya pernah pergi ke Padang.Padang merupakan tempat kelahiran Ayah saya.Saat itu saya dan keluarga saya pergi ke Padang untuk menghadiri acara pernikahan Om saya.Ia mengadakan acara pernikahannya di daerah Muara Labu.Setelah kami menghadiri acara pernikahan tersebut,barulah kami semua pergi sekaligus berjalan-jalan untuk menikmati kota padang.Banyak tempat wisata di Padang yang kami kunjungi.Daerah Bukit tinggi,ngarai sianok,goa Jepang,air terjun lembah anai,dan masih banyak lagi.Semua tempat-tempat wisata di Padang yang telah kami kunjungi sangat menarik.Kami juga menyempatkan diri untuk mengunjungi Istana Pagaruyung.


Istana itu memang sengaja dibuka bagi para pengunjung.Disana juga disediakan beberapa baju daerah padang yang disewakan.

Setelah pulang dari padang saya kembali masuk sekolah dan menjalani hari seperti biasa lagi.Setiap harinya kegiatan disekolah berjalan lancar dan saya merasa semakin dekat dengan teman-teman.Tahun demi tahun saya lewati di SD tersebut.Kelas 1,2,3,4,5,6.Setiap tahapan kelas itu saya lewati dengan senang dan bangga.Karena setiap harinya  saya selalu bertambah teman,dan saya juga semakin dekat dengan masa remaja.Di SD saya dulu terdapat satu kegiatan yang dinamakan HW atau kependekan dari Hizbul Wathan.Kegiatan ini semacam kegiatan Pramuka.Kegiatan ini dilangsungkan setiap hari jumat. Disetiap kegiatan HW tersebut selalu ada keceriaan dan kebersamaan.Ada kegiatan games dan banyak kegiatan lainnya yang berkaitan dengan pramuka.Murid diajarkan untuk mandiri dan tidak egois dalam Kegiatan ini.Kegiatan HW pernah mengajak saya dan teman-teman untuk camping sebanyak 3 kali.2 kali dilaksanakan disekolah,dan 1 lagi diadakan di Bumi perkemahan Cibubur.Dengan mengikuti kegiatan-kegiatan tersebut,kami benar-benar dilatih untuk mandiri,kerjasama,dan hidup sederhana.Kegiatan Camping itu diadakan saat kelas 4,5,dan 6.

Dan di kelas 6 saya harus menghadapi UASBN.Terdapat 3 pelajaran yang diujikan,yaitu matematika,IPA,dan bahasa Indonesia.Saya berhasil lulus di ujian itu dengan nilai yang cukup memuaskan.Saat diakhir kelas 6,sekolah saya mengadakan acara perpisahan. 


Foto tersebut merupakan foto saat acara perpisahan kelas 6.Banyak sekali kenangan-kenangan selama saya bersekolah di Sd Muhammadiyah 12.Dan akhirnya saya harus melanjutkan hidup saya di bangku SMP.

MASA SMP

Madrasah Pembangunan UIN Jakarta merupakan sekolah yang saya pilih untuk melanjutkan proses belajar saya.Hari pertama MOS,saya mendapat banyak teman-teman baru dan kami diperkenalkan dengan lingkungan sekolah tersebut.MOS berlangsung selama tiga hari. 

Kelas 7,saya mendapat kelas 7b.Seluruh warga kelas 7b sangat kompak dan memiliki rasa kekeluargaan.Saat kelas 7, diadakan kegiatan jamboree eskul dan bakti sosial,kegiatan ini diadakan di desa Ciasihan Jawa Barat.Tujuan kegiatan ini adalah untuk melatih kami hidup sedehana.Hari demi hari saya lewatkan bersama teman-teman saya dikelas 7.Tetapi akhirnya tiba saat naik kelas dan kami harus berpisah.

Akhirnya saya naik ke kelas 8.Saya mendapatkan kelas 8d.Tidak berbeda jauh dengan kelas sebelumnya,kelas ini juga sangat kompak.Selama kelas 8 terdapat kegiatan manasik haji,wisata ke bandung,dan buka puasa bersama.


Foto tersebut merupakan foto saat kelas 8d mengadakan kegiatan buka puasa bersama.Dan tidak terasa tiba saatnya naik ke kelas 9.

kelas 9E merupakan kelas saya selanjutnya.Diawal kelas 9,diadakan kegiatan lomba short movie tentang kemerdekaan.Saya dan teman-teman merancang cerita untuk film tersebut sedemikian rupa,dan kami mengambil lokasi pengambilan gambar di daerah pondok petir.Proses pembuatan short movie ini membuat hubungan di antara murid-murid 9E semakin erat.


Foto tersebut merupakan foto murid-murid di kelas 9E.

Untuk bisa lulus,saya harus mengikuti ujian nasional.Saya dan teman-teman sudah dipersiapkan dari jauh-jauh hari untuk menghadapi UAN.Setiap selasa,rabu, dan kamis kami semua harus mengikuti bimbel,dan beberapa kali mengikuti try out.Dan tidak sia-sia,Nilai UAN saya cukup memuaskan.Angkatan saya pun berhasil lulus 100%.

Setelah selesai UAN,sekolah mengadakan kegiatan tour ke jogja.


Foto tersebut merupakan foto ketika kami berlibur ke jogja.kami mengunjungi banyak tempat wisata di Jogja.Dan setelah beberapa minggu pulang dari Jogja,saya datang ke acara wisuda.Acara itu bertempat di UT parung.


Wisuda juga merupakan acara perpisahan bagi murid-murid kelas 9. Begitu banyak pelajaran yang saya dapatkan di MP untuk dijadikan bekal saya melanjutkan hidup di bangku SMA.

MASA SMA

Pada tanggal 11 juli 2011 saya telah resmi menjadi bagian dari angkatan 11 SMA Labschool Kebayoran dan ini merupakan tahapan baru dalam kehidupan saya.Saat awal masuk sebagai  anak baru di SMA Labschool Kebayoran,saya merasakan hal-hal yang tidak mudah.Karena di SMA Labschool Kebayoran terdapat program program yang sebenarnya bertujuan baik yaitu mendidik muridnya agar dapat menjadi individu yang lebih baik akan tetapi dengan cara yang sedikit menguras fisik dan mental,karena Labschool tidak hanya mementingkan pengembangan potensi akademik tetapi juga potensi non akademik.

Program pertama yang harus saya dan teman teman angkatan 11 lalui di SMA Labschool Kebayoran adalah Masa Orientasi Siswa atau yang biasa disebut dengan istilah MOS.MOS bertujuan untuk memperkenalkan lingkungan dan kehidupan di SMA Labschool Kebayoran kepada murid-murid baru khususnya yang bukan berasal dari SMP Labschool Kebayoran.MOS juga bertujuan untuk mengeratkan hubungan antar siswa satu sama lain yang akan bersama-sama menuntun ilmu di SMA ini sampai 3 tahun kedepan.pada saat MOS ini,seluruh murid baru pria diharuskan untuk memotong rambut kami hingga botak sepatu 3 dan bagi murid perempuan diharuskan mengenakan ikat rambut dari pita berwarna-warni.

Program lainnya yaitu Pilar (Pesantren Kilat Ramadhan),TO (Trip Observasi) dan BINTAMA (Bina Mental Kepemimpinan Siswa).Pilar dilaksanakan di SMA Labschool Kebayoran dengan bimbingan khusus yang didatangkan dari Pesantren Daarut Tauhid Bandung.Di Pilar ini kami diajarkan tentang bagaimana cara menjadi siswa yang berteladan baik dan berakhlak mulia sesuai dengan syariat agama islam.

Selanjutnya yaitu program Trip Observasi atau yang biasa disebut TO.program ini bertujuan agar murid-murid SMA Labschool Kebayoran dapat mengetahui dan meneliti langsung kehidupan di pedesaan serta belajar hidup sederhana sesuai dengan kehidupan warga desa yang sederhana tapi bahagia.sebelum program TO dilaksanakan,terlenih dulu diadakan persiapan TO yang disebut dengan Pra-TO.Pada Pra-TO ini kami benar-benar harus menguras fisik dan mental agar nanti saat TO,kami bisa mandiri dan istilahnya dapat bergotong-royong dengan siswa lainnya.pada saat Pra-TO inilah ditentukan nama angkatan kami,yang akhirnya lahirlah sebuah nama,yaitu “Dasa Eka Cakra Bhayangkara” yang berarti angkatan 11 yang dapat menjaga keseimbangan roda kehidupan.

Program selanjutnya dan yang terakhir yang harus kami lalui di kelas 1 ini adalah Bina Mental Kepemimpinan Siswa atau BINTAMA yang dilaksanakan di Grup 1 Kopassus di bilangan Serang.di Bintama ini,kami dilatih mental dan sifat sebagaimana seorang pemimpin.saya merasakan bahwa pelatihan di BINTAMA ini merupakan yang terberat yang pernah saya alami, 6 hari 5 malam dibawah pelatihan dan pengawasan Kopassus dengan gaya ala militer yang keras,tegas dan sangat disiplin.Kami bagaikan dilatih sebagai seorang tentara.akan tetapi,kegiatan ini banyak sekali membawa pengaruh terhadap kehidupan para siswa SMA labschool yang memang tujuan SMA Labschool Kebayoran adalah menciptkan pemimpin-pemimpin masa depan.

Di tahun 2012 ini saya berstatus masih pelajar SMA Labschool kebayoran,tepatnya kelas 11.Dan perjalanan hidup saya tidak berhenti hanya sampai disini.Saya akan meniti langkah demi langkah mengarungi kehidupan hingga akhirnya mencapai kesuksesan.

FOTO SAAT TRIP OBSERVASI BERSAMA KELOMPOK 9

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar