Selasa, 18 September 2012

Tugas 5 - Perkembangan Skateboard


Perkembangan Skateboard






Skateboard pertama kali dikenalkan dan dibuat pada tahun 1950. Para peselancar di California memiliki ide untuk membuat mereka dapat tetap berselancar, walaupun di jalan raya. Tidak diketahui siapa penemu skateboard sebenarnya, banyak orang yang mengklaim bahwa mereka penemu skateboard, tetapi orang yang sesungguhnya masih belum diketahui.


1940 - 1960

Skateboard dulu disebut sebagai Sidewalk Surfing. Dahulu, skateboard yang dibuat masih berbentuk kayu batangan yang tidak di press tidak di potong, lalu ditambahkan dengan trucks dan roda dari sepatu roda. Banyak dan sering sekali orang mengalami kecelakaan dalam era tersebut, karena skateboard adalah olahraga yang baru saja ditemukan, tidak mudah untuk menguasainya hanya dalam beberapa waktu. Lalu beberapa orang membuatnya menjadi sebuah papan datar, yang benar – benar berbentuk rata tanpa ada lekukan lekukan seperti papan yang ada sekarang ini. Dan akhirnya beberapa perusahaan skateboard mulai membuat papan yang sudah di press, memili concave (lekukan) dan mulai berbentuk seperti skateboard yg ada sekarang ini.

Papan skateboard pertama yang dipesan berasal dari California Surfshop dimaksudkan untuk digunakan para peselancar pada masa – masa ombak yang tidak baik. Pemiliknya Bill Richard membuat sebuah kerja sama dengan perusahaan Chicago roller skate untuk membuat beberapa set roda skateboard.  Salah satu brand papan skateboard yang terkenal adalah Powell, diambil dari Powell Peralta, diambil dari George Powell Sebelumnya dia juga adalah seorang peseluncur, ia lalu membuat brand atau merk ini bersama Stacy Peralta. Sekarang brand ini bernama Powell karena Peralta meninggalkannya pada tahun 1991.

1963



Pada tahun 1963, beberapa perusahaan seperti Jack’s, Hobie, dan Mahasi mulai mengadakan komptisi – kompetisi. Pada masa lalu lomba yang diadakan seperti lomba slalom & freestyle. Torger Johnson, Woody Woodward, dan Danny Berer adalah nama dari beberapa ‘skater’ terkenal pada masa tersebut. Tapi mereka bermain skateboard berbeda dengan yang skater lakukan sekarang. Type permainan yang mereka mainkan adalah freestyle, seperti menari diatas skateboard.




1965

Pada tahun 1965, skateboard mengalami penurunan dan mulai menghilang. Semuanya diakibatkan karena banyak orang yang menganggap skateboard sudah ketinggalan jaman, dan mereka tidak memainkannya lagi. Banyak perusahaan – perusahaan skateboard menghilang dari pasaran, bankrut, dan mengalami masalah – masalah lainnya. Skateboard mengalami kehancuran seperti hoola hoop. Akibat banyaknya perusahaan perusahaan skateboard yang tutup, para skater yang ingin bermain dengan papan mereka harus membuat papan mereka sendiri dari sebuah potongan kayu sendiri.

1970

Walaupun skateboard mengalami penurunan peminat, tetapi para pemain skateboard tidak menyerah dan tetap bermain walaupun bagian – bagian skateboard susah ditemukan, dan papan buatan mereka sendiri. Mereka menggunakan roda yang terbuat dari tanah liat yang termasuk berbahaya dan sulit untuk di control. Tetapi, pada tahun 1972, Franks Nasworthy membuat sebuah perusahaan roda yang menggunakan bahan urethane yang hingga saat ini masih digunakan oleh skater – skater, bahkan inilah roda standard yang digunakan hingga saat ini. Perusahaan tersebut bernama Cadillac Wheels. Penemuan ini pun membuat banyak orang – orang yang kembali bermain skateboard. Lalu beberapa perusahaan membuat sebuah brand trucks untuk skateboard. Salah satunya adalah Tracker Trucks yang dibuat pada gtahun 1976. Lalu skateboard pun mulai berubah bentuk dan bahan. Banyaka orang mencoba untuk membuat skateboard dari besi, fiberglass, dan aluminium. Tetapi rata – rata skateboard menggunakan bahan kayu Maple.

Beberapa skater terkenal seperti Ty page, Bruce Logan, Bobby Piercy, Kevin Reed, dan The Z Boys (Dari Zephyr Skateshop) memulai cara bermain skateboard yang baru yang disebut “Vert Style” skateboard. Mereka memulai untuk melakukan trick – trick di di dinding kolam renang berbentuk bulat yang dikeringkan. Dengan diciptakan gaya baru dalam skateboard, mereka membuat skateboard lebih mengasyikan tapi lebih berbahaya. Yang membuat banyak skatepark atau taman untuk bermain skateboard menambah biaya untuk asuransi – asuransi. Para pemain freestyle skateboard mulai berkembang dan memulai disiplin baru, ditandai dengan banyaknya trick ‘flatground’ baru yang dibuat. Sebagai akibat dari vert style skateboarding, banyak skatepark yang tutup karena biaya tinggi karena banyak dan tingginya kewajiban untuk membayar beberapa asuransi dan hal-hal tambahan. Pada akhirnya, vert skater mulai membuat tempat untuk mereka bermain sendiri, dan freestyle skater melanjutkan membuat trick – trick baru selanjutnya. Sekali lagi skateboard ditolak oleh masyarakat.



1980

Pada tahun 1980, banyak perusahaan – perusahaan skateboard yang mulai dikembangkan. Dan mereka rata membuat untuk para vert skater. Lalu ditemukanlah trick yang dapat membuat skateboard melayang dan terbang yang di sebut ‘Ollie’. Orang yang menemukannya adalah Alan Gelfand di California tahun 1976.  Dia melakukannya di sebuah ‘Ramp’ (lekukan).  Tetapi pada tahun ini juga banyak orang yang tidak dapat melakukan vert skateboarding, karena mereka tidak memiliki uang untuk membuat Ramp sendiri ataupun terlalu jauh untuk ketempat yang memilikinya. Lalu mulai berkembanglah Street Skating.


Pada masa ini pun freestyle skateboard masih berjalan dengan lancar. Ditambah lagi dengan penemu trick – trick freestyle dan street seperti Rodney Mullen. Ia menemukan banyak trick basic yang sekarang digunakan skater – skater masa ini. Tetapi papan yang digunakan masih sama seperti tahun – tahun sebelumnya. Dan street skateboarding akhirnya mulai mendominasi generasi – generasi selanjutnya.


Era 1990 - Sekarang

Pada era sekarang ini, papan yang digunakan berukuran lebar 7.25 hingga 8 inch, dengan panjang 30 hingga 32 inch. Roda yang digunakan dibuat dari urethane yang sangat keras dengan tingkat kekerasan 99A. ukurannya tetapi mengecil yang membuat papan menjadi lebih enteng. Papan skateboard sudah berbentuk jauh berbeda dari tahun 1970 tetapi tidak terlalu jauh dari bentuk di pertengahan1990. Pada akhirnya, di tahun 2004, tanggal 21 Juni, group dari perusahaan – perusahaan skateboard menyatakan bahwa pada tanggal tersebut, adalah hari Go Skateboarding Day atau hari perayaan untuk skateboard. Pada hari ini seluruh skater di dunia akan merayakannya dengan melakukan kegiatan skateboarding di jalanan – jalanan. Banyak pula brand – brand skateboard yang mengadakan acara – acara tertentu.Indonesia pun merayakannya sejak beberapa tahun lalu. Biasanya beberapa sponsor akan menunjuk suatu tempat dan waktu yang akan digunakan untuk acara tersebut. Untuk Jakarta, pada tahun 2010 dan 2011, dirayakan di Taman Mini Indonesia Indah, dan pada tahun 2012 dirayakan di Plaza Kementrian Pemuda dan Olahraga.


Basic atau permulaan dalam skateboard:


Stance atau posisi berdiri diatas skateboard:
Kita dapat memilih stance kita sendiri, dan itu kita pilih saat pertama kali kita naik diatas board kita. Stance terdiri dari: Regular & Goofy. Lalu cara berdiri atau melakukan trick pun terdiri dari beberapa cara seperti: Normal, Switch, Nollie, dan Fakie. Dalam sebuah kompetisi, stance dan posisi berdiri sangat penting, bahkan dalam pemberian score, nilai-nya akan berbeda – beda tergantung dengan posisi berdirinya.

Stance:
Reguler : regular adalah saat dimana seseorang meletakan kaki kiri di depan dan kaki kanan di belakang. Pada masa – masa awal skateboard, banyak orang yang memiliki stance regular

Goofy: goofy adalah saat dimana seseorang meletakan kaki kanan di depan dan kaki kiri di belakang. Kata goofy digunakan karena pada film singkat dari Disney, goofy berseluncur dengan kaki kanan di depan.

Posisi kaki diatas board:



Normal (regular): Regular disini bukan berarti meletakan kaki kiri di depan, tetapi berdiri dengan stance yang pada awal kita gunakan.

Switch: jika seorang skater regular mengendarai boardnya dengan posisi goofy, maka itu dihitung sebagai switch, begitu pula sebaliknya. Switch memiliki score yang tertinggi dalam skateboard karena sama aja seperti mencoba menulis dengan tangan kiri (bagi yang menggunakan tangan kanan), sama saja belajar dari awal kembali.

Nollie: Posisi dimana kaki depan kita berada di ujung nose atau hidung dari board. Diberi nama dari Nose Ollie. Sama saja berjalan switch mundur

Fakie: Fakie berarti mengendarai board dengan switch dan meletakan kaki depan kita (dalam posisi switch) di nose. Bisa disebut berjalan mundur

Bagian – bagian skateboard:


1: Deck / Papan:

Deck yang biasa digunakan terbuat dari kayu Maple, seperti, Canadian Maple. Dalam memilih ukuran board, kita harus memikirkan dengan baik. Jika kita ingin menggunakannya untuk vert seperti di bowl (tempat seperti mangkuk), lebih baik menggunakan board yang lebar agar kaki kita tidak mudah terlempar dari board. Contoh size yang rata – rata digunakan untuk vert skateboarding adalah 7.80 inci keatas. Ukuran kaki pun berpengaruh, jika kaki kalian kecil, gunakan board yang berukuran pas seperti ukuran >8.0 jika ukuran kaki anda besar lebih baik gunakan board dengan ukuran 8.0< . Tetapi banyak juga skater yang berukuran kaki kecil menggunakan size yang besar, semua terserah dari skater itu sendiri.

Deck terdiri dari 8 lapis kayu. Bagian dari deck itu sendiri terdiri dari nose, tail & concave. Nose adalah bagian dari skateboard yang lebih panjang dan lebih lebar. Dan tail adalah kebalikan dari nose. Concave adalah lekukan yang terdapat pada skateboard. Concave yang pas dapat membuat board lebih mudah di control dalam trick flip atau putaran.

2.Trucks:

Trucks adalah bagian dari board yang menyambungkan roda dengan papan. Setiap papan memiliki 2 buah trucks, depan dan belakang yang terbuat dari besi. Mencari ukuran trucks juga sama dengan mencari ukuran board. Kita harus mencari size yang sama dengan board kita. Bagiannya tambahannya terdiri dari bushing. Bushing adalah bagian berbentuk karet yang membuat board dapat berbelok dengan baik yang juga merupakan fungsi keseluruhan trucks.

3.Wheels / Roda:

Wheels atau roda yang ada pada saat ini terbuat dari polyurethane yang membuatnya menjadi sangat keras. Sudah banyak orang yang mencoba membuatnya dari bahan bahan berbeda tetapi tidak semuanya mengalami kesuksesan wheels terdiri dari berbagai ukuran juga sesuai keperluan. Bagian di dalam roda adalah bearing. Bearing berbentuk lingkaran besi kecil dengan bola-bola kecil di dalamnya. Bearing di skateboard diurutkan berdasar abec. Abec 9 adalah yang tercepat.

4.Grip Tape

Grip tape adalah kertas kasar / kertas amplas yang ditempelkan diatas board. Hal ini dilakukan agar kaki kita dapat menempel di board dan tidak berpindah tempat kemana-mana. Ini digunakan pada era skateboard modern.

Style atau gaya dalam skateboard:

Freestyle:


freestyle sudah dilakukan dari awal bermulanya skateboard pada tahun 1960. Trick yang dilakukan menggunakan tangan dan kaki dan dilakukan di tanah yang datar. Pada tahun 1980 saat ditemukannya trick Ollie, trick freestyle berubah sangat jauh. contoh trick – trick dalam freestyle adalah:  360 spin, casper, pogo, fingerflip, handstand, impossible, no comply, dan banyak trick lain-nya.

Transition / vertical (Tranny / vert):

Tranny / vert dilakukan di sebuah tempat berbentuk mangkuk besar (bowl), dinding landai (ramp), atau apapun yg setipe dengan quarter pipe atau benda berbentuk seperempat lingkaran. Trick yang biasa dilakukan adalah trick udara (air tricks: Indie, benihana, Madonna, melon dll), menjaga kesembangan di bibir obstacle/rintangan (lip tricks: axles stall, disaster, dll) , maupun trick grind (berseluncur dengan bagian trucks pada bibir obstacle) .


Street:


Tipe street skateboarding menggunakan segala rintangan yang ada di jalanan, seperti bangku taman, tangga, lubang, pinggiran – pinggiran, dinding, maupun handrail (pegangan dari besi yang ada di tangga). Mereka melakukan trick dan melewati, maupun melakukan grind atau manual pada rintangan – rintangan tersebut. Hal ini dapat dilakukan dimana saja, dan yang paling sering dilakukan oleh skater – skater saat ini.

Tipe trick yang dapat dilakukan:


Ollie: 

Ollie adalah trick basic yang wajib dipelajari skater untuk melanjutkan ke trick - trick selanjutnya. Ollie dilakukan dengan kaki belakang menginjak board pada bagian tail atau belakang lalu kaki menyeret board dari tengah ke bagian depan board yang akan membuat board dan badan kita dapat naik secara bersamaan. Trick ini memiliki banyak variasi seperti: frontside Ollie, backside Ollie, north Ollie, dll

Shove it: 


Shove it merupakan trick dimana kita menggunakan kaki belakang untuk merotasi board. Kita dapat merotasinya ke depan maupun belakang. Terdapat variasi seperti frontside shove it, dll

Aerials:

 Atau sering disebut air tricks merupakan trick yang dilakukan diudara dimana biasanya seorang skater memegang boardnya lalu merotasi tubuhnya. Trick ini biasa dilakukan di quarter pipe, bowls, ramp, maupun tempat yang memiliki ketinggian yang cukup. Contoh trick yang termasuk trick aerials: melon, indy, cannonball, rocket air, dll.

Flip: 

berarti melakukan trick dengan memutar board, berbeda dengan shove it, jika shove it membuat board bagian depan berpindah atau berotasi ke bagian belakang, flip trick hanya memutar board. Trick yang menjadi jenis flip trick adalah: kickflip, heelflip, 360 flip, laser flip, dll.

Slides atau grind: 


merupakan trick yang dilakukan di ledge / pinggiran – pinggiran menyerupai dinding pendek, ataupun handrail. Trick ini dilakukan dengan melakukan Ollie, atau shoveit/kickflip naik ke atas ledge atau rail, lalu berseluncur tanpa menggunakan roda, hanya bagian trucks ataupun sisi badan papan yang terkena handrail maupun pinggiran.

Manual tricks: trick manual dilakukan dengan mengangkat bagian depan board dan berjalan seperti itu dengan menjaga keseimbangan. Jika yang diangkat bagian belakang, dinamakan nose manual.

Tokoh – tokoh dalam dunia skateboard:

Skateboarder:

Erick koston:



Lahir pada tanggal 29 april 1975. Ia mulai bermain pada tahun 1986. Ibunya merupakan keturunan Thailand yang menikah dengan orang America yg kemudian pindah ke usa pada saat Eric berumur 9 bulan. Ia merupakan seorang skater yang hebat dan tidak takut pada masanya. Ia mendapat penghargaan pada tahun 2005 dalam 15 skater yang paling dicintai dalam majalah Thrasher. Beliau juga merupakan orang yang membuat sebuah skatepark bernama The Berrics yang diciptakan bersama Steve Berra.

The Berrics merupakan sebuah dorongan besar yang terjadi dalam dunia skateboard. The berrics bukan hanya sebuah skatepark, tetapi juga sebuah program tersendiri yang selalu meliput tentang skateboard, salah satu program kerja yang sangat ditunggu – tunggu oleh seluruh skater di seluruh dunia adalah Battle Of The Berrics yang tahun ini telah menjadi tahun ke 5 acara tersebut. Walaupun itu hanya perlombaan Game of Skate / GOS, hal ini dijadikan ajang untuk para skater menunjukan teknik – teknik atau skill flatground mereka. Bagi orang yang tidak bermain skateboard, mungkin ini hanya suatu hal biasa, tetapi bagi kami, ini merupakan sebuah kegiatan yang menakjubkan. Eric Koston juga menunjukan betapa ia menghargai skater – skater lain dengan membuat sebuah video berjudul Battle Commander (bagi para pro skater) dan Recruit (bagi para amateur skater) dimana mereka membuat video skate dan menunjukan skill – skill mereka. Website: www.theberrics.com




Paul Rodriguez jr:


Atau biasa disebur Prod lahir di Tanzania, California pada tahun 1984. Ayahnya yang juga bernama Paul Rodriguez merupakan seorang pelawak yang cukup terkenal. Ia adalah seorang skateboarder yang merupakan salah satu yang terbaik. Dia sudah mulai bermain skateboard sejak dirinya berumur 11 tahun. Pada umurnya yang ke 16, ia mendapatkan sponsor dari City Stars. Lalu pada tahun 2002 dia mendapat sponsor dari Girl Skateboard.

Ia merupakan skater yang sangat terkenal dan dapat ditemukan dalam banyak game – game skateboard. Ia sendiri sekarang telah memilih banyak sponsor, salah satunya adalah Nike SB dan ia memiliki banyak barang yang diatas namakan namanya atau biasa disebut Signature Model.

Dia pernah bermain disebuah film bernama Street Dreams bersama Rob Dyrdek. Ia menjadi pemeran utama dalam film tersebut. Seorang pelajar SMA yang meninggalkan sekolah, dan hal lainnya untuk skateboard. Hal ini banyak terjadi bahkan hingga saat ini. Tetapi mereka tidak hanya melakukan skateboarding untuk senang – senang, mereka melakukannya dengan sangat serius. Dan banyak dari mereka mendapat hasil yang melebihi impian mereka. Mereka mendapatkan sponsor, uang, dan banyak hal lainnya hanya dengan mengikuti lomba dan membuat video – video tertentu.


Art:




Haroshi:
Haroshi adalah seorang skater berkebangsaan jepang. Ia juga merupakan pemahat atau pembuat patung. Tetapi hal yang ia buat bukanlah hanya dari sepotong kayu biasa, ia menggunakan skateboard bekas yang sudah tidak terpakai karya – karyanya rata – rata dibuat dalam potongan – potongan kecil skateboard yang disatukan, dan hal itu tidaklah mudah.


Jika dilihat, seluruh skateboard mungkin terlihat sama, tetapi jika kita memahaminya lebih dalam, semuanya merupakan hal yang berbeda, seperti concave, panjang tail, dan panjang nose, hingga kelebarannya semua berbeda tergantung dengan brand, pro model, size, dan hal – hal yang mendetail lainnya. Tetapi dengan kegilaan dan ilmu yang ia miliki tentang skateboard, ia dapat memilih mana papan yang tepat untuk disatukan dengan papan lainnya. Setelah itu dia menyatukannya, memotongnya, & menghaluskannya. Dan tanpa disengaja teknik ini merupakan teknik yang digunakan untuk membuat patung – patung Buddha. Ia mendaur ulang seluruh bagian dari skateboard, bahkan trucks, maupun bagian lainnya yang sudah rusak akan dia jadikan sebuah karya yang sangat hebat. Dia bahkan telah membuat sebuah piala untuk perlombaan Battle of The Berrics dan itu merupakan sebuah piala yang terbuat dari hal yang berhubungan dengan skateboard, bahkan dasarnya dapat kita gunakan untuk berlatih grind untuk techdeck (skateboard kecil).




Tidak ada komentar:

Posting Komentar