Rabu, 19 September 2012

Tugas 5 - Perkembangan Media Penyimpanan Data



Benda Kecil Mempermudah Kehidupan


     Sebelum kita terjun lebih dalam ke inti pembahasan, kita harus tahu terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan “data”.  Secara singkat, data adalah catatan atas kumpulan fakta. Kata “data” itu sendiri berasal dari bahasa yunani “datum” yang berarti fakta.  Sedangkan informasi adalah data yang telah diolah menjadi sebuah bentuk yang berarti bagi penerimanya dan bermanfaat bagi pengambilan keputusan saat ini atau saat mendatang. 

     Telah kita ketahui bahwa dunia ini menyimpan banyak misteri dari peradaban - peradaban kuno yang pernah eksis di bumi ini berribu - ribu tahun yang lalu, bahkan mungkin bisa lebih.  Kita bisa mengetahui bahwa ada tidaknya peradaban pada waktu tertentu salah satunya adalah dengan data yang ditinggalkan mereka.  Seperti gambar - gambar pada dinding goa, prasasti - prasasti, tulisan - tulisan pada papirus (media tulis yang terbuat dari kulit kayu.  Dan ternyata sejak zaman lampau itu manusia sudah memulai meninggalkan jejaknya atau meninggalkan data bahwa ia pernah tinggal di area tersebut dengan mencantumkan gambar, goresan, tulisan, atau apapun di sebuah media.  Dan sebagian besar media tersebut ditemukan pada masa sekarang dan dijadikan suatu motivasi bagi manusia modern untuk membuat suatu media penyimpanan yang praktis dan bisa memuat banyak informasi maupun data dalam suatu wadah yang tidak terlalu besar dan berat.   
Contoh Punch Card




     Media penyimpanan yang pertama bernama Punch Card.  Punch ard ini dirancang dan diperkenalkan oleh seorang tokoh bernama Basile Bouchon.  Media penyimpanan ini menggunakan sebuah kertas berforasi untuk menyimpan pola yang digunakan pada kain.  Tetapi media ini pertama kali dipatenkan untuk penyimpanan data sekitar 23 september 1884 oleh seseorang bernama Herman Hollerith.  Penemuan ini digunakan lebih dari 100 tahun hingga pertengahan 1970.  Punch card ini memiliki 90 kolom dan jumlah data yang bisa disimpan (kapasitas) di dalam media penyimpanan ini sangatlah kecil dan juga fungsi utama media ini bukan untuk menyimpan informasi atau data untuk manusia, melainkan untuk menyimpan pengaturan mesin                                                                                                           

     Media penyimpanan selanjutnya adalah Punch Tape.  Orang pertama yang mengetahui penggunaan paper tape yang biasanya digunakan untuk mesin faksimili dan mesin telegram tahun 1846 ini bernama Alexander Bain.  Setiap baris tape menampilkan satu karakter, tetapi karena kita bisa melipatnya dengan mudah maka media ini dapat menyimpan data secara lebih signifikan daripada punch card   

    
Contoh Punch Tape
 Yang ketiga adalah Selectron Tube.  Pada tahun 1946 RCA mulai mengembagkan Selectron Tube yang merupakan awal format memori komputer dan Selectron Tube terbesar berukuran 10 inci yang dapat menyimpan 4096 bits.  Tetapi harga satu buah selectron tube ini sangatlah mahal dan umurnya pun sangat pendek di pasaran.     
Contoh Selectron Tube

     Setelah itu, lahirlah magnetic tape. Media penyimpanan ini telah digunakan pertama kali oleh IBM untuk menyimpan data pada tahun 1950-an. Sebuah roll magnetic tape dapat menyimpan data setara dengan 10.000 punch cards, fenomena ini membuat magnetic tape menjadi sangat populer sebagai cara menyimpan suatu data komputer hingga pertengahan 1980-an.                                  



    
Contoh Magnetic Tape
      Media penyimpanan selanjutnya ini adalah salah satu media penyimpanan yang tidak kalah populernya dengan magnetic tape, media penyimpanan ini disebut dengan compact cassette.  Compact cassette ini merupakan salah satu bagian dari magnetic tape. Media penyimpanan ini dikenalkan oleh philips pada tahun 1963, namun tidak sampai tahun 1970 menjadi populer.  Komputer - komputer, seperti ZX spectrum, commodore 64 dan amstrad CPC menggunakan compact cassette ini atau yang lebih sering disebut dengan kaset ini untuk menyimpan data. Standar 90 menit compact cassette dapat menyimpan sekitar 700kb hingga 1mb dari data tiap sisinya.  Jika disetarakan dengan DVD, maka data dalam compact casette ini dapat dijalankan selama 281 hari.                                                                         

Contoh Compact Cassette
     Yang keenam ini bernama magnetic drum.  Magnetic drum memiliki panjang 16 inch yang bekerja 12.500 putaran per menit (12.500RPM).  Media penyumpanan jenis ini digunakan untuk menunjang komputer IBM 650 sekitar 10.000 karakter dari memori utama.                                              

Contoh Magnetic Drum
     Floppy disk atau yang lebih sering disebut sebagai disket ini diperkenalkan pertama kali pada tahun 1969. Saat itu media ini hanya bisa membaca saja atau istilahnya adalah read only.  Maksudnya adalah, ketika data tersimpan, data tidak lagi bisa dimodifikasi ataupun di hapuskan dari dalam floppy disk ini. Ukuran media ini hanya sektar 8 inch dan hanya dapat menyimpan data sekitar 80kb.  Empat tahun kemudian, floppy disk yang sama muncul dan dapat menyimpan data sebanyak 256kb. Perkembangan selanjutnya terjadi pada tahun 1990, lahir sebuah disk dengan ukuran 3 inch yang dapat menyimpan data sekitar 250mb atau biasa disebut zip disk.                              

Contoh Disket atau Floppy disk
     Pada tanggal 13 september 1956, komputer IBM 305 RAMA dalam kondisi tidak terselubingi. Komputer tidak mengalami perubahan sejak dapat menyimpan data sekitar 4.4mb (kira - kira, besar jumlah penyimpanan ini setara dengan 5 milyar karakter).  Pada saat itu, hal ini sudah menjadi hal yang sangat menakjubkan. Data tersimpan dalam 50 buah magnetic disk yang berukuran 24 inch, dan inilah hard drive pertama di dunia. Lebih dari 1000 sistim dibangun dan diproduksi pada akhir tahun 1961. IBM mengeluarkan seharga $3,200 per bulan untuk memproduksi komputer
Contoh Hard Drive Pertama
  
     Perkembangan dari hard drive terus berlangsung. Hard drive pertama yang berkapasitas 500gb adalah hitachi dekstar 7k yang jika dibandingkan dengan hard drive pertama adalah 1 hard drive hitachi ini setara dengan 120.000 hard drive pertama di dunia dari IBM 305 RAMA. Hal ini cenderung tiap tahun kitadapat memperoleh drive yang dapat menyimpan data secara cepat dengan harga yang relatif lebih murah.                           

Contoh Hard Disk Drive
     Tahun 1958, laser disk ditemukan tetapi tidak sampai tahun 1972 untuk pertama kalinya video disk didemonstrasikan kepada publik.  Enam tahun kemudian, sekitar tahun 1978, media ini telah tersedia di pasaran.  Hal yang tidak mungkin manusia simpan pada tahun sebelumnya dapat di simpan di media penyimpanan yang disebut laser disk ini.  Kualitas gambar pada video pun lebih signifikan perubahannya dan lebih tinggi dibandingkan dengan VHS.                                                                                                                      

Contoh Laser Disk
     Setelah ditemukannya laser disk, media penyimpanan mengalami revolusi bentuk besar yaitu perubahan dari media yang berbentuk sudut, seperti kubus, balok, maupun pita, menjadi lingkaran atau yang lebih sering disebut Disk.  Perkembangan lebih lanjut dari laser disk adalah compact disk.  Media penyimpanan ini muncul pada tahun 1979 hasil kerja sama philips dengan sony.  Ukuran compact disk ini lebih kecil dibandingkan laser disk.  Penjualan compact disk ini pun mulai meledak di pasaran pada tahun 1982.  Tipe compact disk seperti ini dapat menyimpan sampai 700mb

Contoh Compact Disk
     Perkembangan disk melompat lebih jauh hingga ditemukannya teknologi laser yang berbeda.  Panjang gelombang laser ini menggunakan 780nm sinar inframerah (pada compact disk, panjang gelombang laser yang digunakan hanya sekitar 625nm sampai 650nm sinar infra merah) yang membuat media yang disebut - sebut sebagai DVD (Digital Versatile Disc atau Digital Video Disc) ini memungkinkan untuk menyimpan data hingga 8.5gb dengan ukuran yang sama dengan compact disk.                                                                 

Contoh DVD
     Sampai pada pertengahan tahun 1990-an, ketika televisi definisi tinggi (high definition atau HD) mulai berkembang di pasaran, media penyimpanan HD DVD mulai dirancang utuk menggantikan format DVD.  Dikarenakan bahwa film - film berresolusi tinggi membutuhkan kapasitas yang lebih besar dari DVD. HD DVD ini dapat menampung tiga kali lebih besar dari kapasitas yang dimiliki DVD.  HD DVD ini dikembangkan microsoft sebagai media penyimpanan game di konsolnya yang bernama XBOX 360.

     Tetapi perusahaan sony juga tidak mau kalah, mereka mengembangkan dan mengeluarkan bentuk format lain dari sebuah disc dengan teknologi yang baru, yaitu blu-ray disc.  Nama blu-ray disc ini diambil dari laser biru ungu yang digunakan untuk membaca dan menulis disc jenis ini.  Panjang gelombang biru ungu yang dipakai pun lebih kecil, hanya sekitar 405nm.  Disc jenis ini berkapasitas 25gb pada setiap lapisnya.  Beberapa perusahaan dan pabrik juga mengeluarkan blu ray satu lapis dan dua lapis (50gb) yang dapat di tulis ulang.  Pada awalnya blu-ray di kembangkan untuk menyimpan data berupa film dan game untuk playstation 3.  Dengan kapasitas yang jauh lebih besar dari media penyimpanan apapun, blu ray sampai saat ini adalah media penyimpanan berbentuk disc yang paling besar kapasitasnya sehingga dapat menampilkan berbagai data maupun informasi secara high definition.                                                                    
Contoh Blu-Ray

     Diluar dari media penyimpanan itu semua, masih ada media penyimpanan lainnya yang berkembang seiring dengan berkembangnya media penyimpanan utama di atas.  Memory card juga berkembang pesat bersamaan dengan berkembangnya CD, DVD, HDVD, dan Blu-ray.  Pertama kali dikeluarkan sekitar tahun 1990-an.  Memory card mengalami evolusi yang cukup besar juga dari segi ukuran dan besar data penyimpanan.  Media ini biasanya dipakai pada device atau alat elektronik yang bersifat praktis atau portable seperti, handphone, kamera, gameboy, psp, psvita, dan lainnya.  Perkembangan memory ini juga merangsang keluarnya flashdisk

Contoh SD Memory Card
SD Memory Card Kapasitas Tinggi
     Pada tahun 1999, Amir Ban, Dov Moran dan Oron Ogdan menemukan sistem penyimanan data terbaru, USB flash drive. Tidak seperti memory card yang sering digunakan pada media elektronik portable, media ini biasanya digunakan untuk memindahkan data dari satu komputer ke komputer lainnya atau untuk menyimpan data komputer sebagai backup (cadangan). Perkembangan USB ini mengalami perubahan pesat.  Dari kapasitasnya yang dulu hanya sampai beberapa megabyte saja, sekarang ini media usb flash drive dapat menyimpan sampai 16gb.  Teknologi usb bus port juga memungkinkan adanya external hard drive, hard drive yang bisa kita bawa kemana saja untuk kepentingan apa pun dalam menyimpan data.  Dan besar hard drive itu bisa sampai 5 terrabyte. 

Flash Disk Kapasitas Tinggi
Contoh External Hard Disk
     Dimulai dari penulisan data pada batu, dinding goa lalu memasuki era modern, manusia mulai berpikir cerdas dan sampai saat ini sebuah data atau banyak data dapat kita akses dengan cepat dan dengan jumlah yang besar dalam suatu media penyimpanan yang relatif lebih kecil dari zaman dahulu.  Terobosan - terobosan besar ataupun penemuan - penemuan besar selalu diawali dengan pemikiran tentang hal - hal yang kecil.  Mulailah berpikir dari sekarang, siapa tahu pemikiran kecil kita dapat merubah dunia modern di era mendatang.

Sumber:

http://blog.its.ac.id/taufikdahlan/2010/02/12/apa-itu-data-dan-informasi-apa-hubungan-dari-keduanya/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar