Jumat, 24 Agustus 2012

Tugas 5 - Sejarah Perkembangan Teknologi


Sejarah Perkembangan "Search Engine"

Sekarang ini, murid murid biasanya mengerjakan tugas dengan menggunakan Internet. Di internet, kita dapat mencari apapun lewat mesin mesin pencari atau Search Engine. Apakah search engine itu?

Sir Tim Berners-Lee
Mesin pencari atau Search engine adalah program komputer yang dirancang untuk melakukan pencarian atas berkas-berkas, dokumen, dan informasi yang tersimpan dalam layanan www, ftp, publikasi milis, ataupun news group dalam sebuah ataupun sejumlah komputer peladen dalam suatu jaringan. Hasil pencarian umumnya ditampilkan dalam bentuk daftar yang diurutkan menurut tingkat ketepatan atau jumlah pengunjung atas suatu berkas yang disebut sebagai hits.

Informasi yang menjadi target pencarian bisa terdapat dalam berbagai macam jenis berkas seperti halaman situs web, gambar, ataupun jenis-jenis berkas lainnya. Beberapa mesin pencari juga diketahui melakukan pengumpulan informasi atas data yang tersimpan dalam suatu basisdata ataupun direktori web.

Mesin pencari itu tercipta saat perkembangan internet. Sir Tim Berners-Lee membuat sebuah situs web yang isinya daftar situs web yang ada di internet melalui halaman website CERN (Organisasi Eropa untuk Riset Nuklir). Dengan semakin banyaknya situs web yang aktif membuat daftar ini tidak lagi memungkinkan untuk dikelola oleh manusia.

Archie : "kakek" dari semua Search Engine

"Kakek" para search engine : Archie
Alat pencari yang pertama kali digunakan untuk melakukan pencarian di internet adalah Archie yang berasal dari kata "archive" tanpa "v". Archie dibuat tahun 1990 oleh Alan Emtage, Bill Heelan dan J. Peter Deutsch, saat itu adalah mahasiswa ilmu komputer Universitas McGill, Amerika Serikat. Cara kerja program tersebut adalah men”download” semua berkas yang terdapat pada layanan ftp publik (anonim) kemudian memuatnya ke dalam basisdata yang memungkinkan pencarian.

Gopher



Pada tahun 1991, Terciptalah Gopher. Gopher diciptakan oleh Mark McCahill yang merupakan University of Minesotta menciptakan Gopher, yang memiliki kemampuan untuk mencari file melalui teks yang ada di dalam file tersebut, tanpa perlu mengetahui nama file dan struktur direktori tempatnya tersimpan. Veronica (Very Easy Rodent-Oriented Net-wide Index to Computerized Archives) dan  Jughead (Jonzy’s Universal Gopher Hierarchy Excavation and Display) diciptakan untuk memungkinkan pencarian berbasis teks pada Gopher Index System.


Tahun 1991 sangatlah penting bagi pengguna internet karena pada tahun tersebut, Sir Tim Bernes Lee dan Robert Caillau menciptakan World Wide Web (WWW) yang menjadi tempat terkumpulnya informasi dan data yang dikumpulkan search engine.

Wandex

Wandex adalah mesin pencari pertama dalam bentuk seperti yang kita lihat saat ini, diciptakan pada tahun 1993 oleh Matthew Gray. Wandex adalah program pertama yang melakukan keduanya hal, menyusun indeks dan melakukan pencarian dalam indeks. Teknologi inilah yang pertama kali menjelajahi jaringan internet.Segera setelah itu, banyak mesin pencari yang bermunculan dan bersaing memperebutkan popularitas.

Aliweb


Pada bulan Oktober 1993 Martijn Koster membuat Archie-Like Indexing dari Web, atau Aliweb dalam menanggapi Wanderer. Aliweb merangkak informasi meta dan memungkinkan pengguna untuk mengirimkan halaman mereka mereka ingin diindeks dengan deskripsi halaman mereka sendiri. Ini berarti dibutuhkan bot tidak untuk mengumpulkan data dan tidak menggunakan bandwidth yang berlebihan. Kelemahan dari Aliweb adalah bahwa banyak orang tidak tahu bagaimana mengirimkan situs mereka.

Excite



Excite berasal dari Architext proyek, yang dimulai pada bulan Februari oleh, 1993 oleh enam mahasiswa undergrad Stanford. Mereka memiliki ide untuk menggunakan analisis statistik hubungan kata untuk membuat pencarian lebih efisien. Mereka segera didanai, dan pada pertengahan tahun 1993 mereka merilis salinan dari perangkat lunak pencarian mereka untuk digunakan pada situs web.

Yahoo


Yahoo! pada awalnya hanyalah semacam bookmark (petunjuk halaman buku), ide itu berawal pada bulan April 1994, saat itu dua orang alumni Universitas Stanford mendapat liburan ketika profesor mereka pergi ke luar kota karena cuti besar. Dua mahasiswa teknik tersebut hanya mempunyai sedikit pekerjaan yang harus dilakukan selain menjelajah internet. Mereka tidak membutuhkan waktu lama untuk mengkompilasi sebuah daftar bookmark yang besar, yang dikelompokkan berdasarkan subyek. Kemudian mereka berpikir untuk memasukannya di web, dan mulai bekerja membuat sebuah program database untuk menanganinya sehingga dapat memberikan hasil secara online.
David Filo and Jerry Yang

Pada bulan April 1994 tersebut, bookmark yang tadinya diberi nama “Jerry and David’s Guide to World Wide Web” diganti menjadi Yahoo!, yang mana berasal dari kata “Yet Another Hierarchical Officious Oracle”.
yahoo.com dibuat pada tanggal 18 Januari 1995. Karena Yang dan Filo menyadari potensi besar yang dimiliki oleh website mereka ini, akhirnya pada tanggal 1 Maret 1995, Yahoo diresmikan sebagai badan hukum.
Seperti kebanyakan mesin pencari pada web, Yahoo pun diversifikasi menjadi portal web. Pada akhir 1990-an, Yahoo!, MSN, Lycos, Excite, dan portal web lainnya mengalami perkembangan yang sangat pesat yang menyebabkan masing-masing portal web berlomba untuk memperluas jangkauan layanan mereka agar para pengguna internet lebih lama singgah pada website mereka. Cara yang mereka lakukan adalah dengan membeli perusahaan-perusahaan lain yang bisa menyediakan servis yang mereka inginkan

Ask.com (Sebelumnya Ask Jeeves)



Pada bulan April 1997 Ask Jeeves diluncurkan sebagai mesin pencari bahasa alami. Ask Jeeves menggunakan editor manusia untuk mencocokkan permintaan pencarian. Ask ini didukung oleh DirectHit, yang bertujuan untuk peringkat hasil berdasarkan popularitas mereka. Pada tahun 2000 mesin pencari Teoma dirilis, yang menggunakan pengelompokan untuk mengatur situs dengan Popularitas khusus Subyek, yang merupakan cara lain untuk mengatakan mereka mencoba untuk menemukan komunitas web lokal. Pada tahun 2001 Ask Jeeves membeli Teoma untuk menggantikan teknologi pencarian DirectHit.

Pada tahun 2004, Ask Jeeves setuju untuk mengakuisisi Holdings Pencarian Interaktif untuk 9,3 juta saham biasa dan pilihan dan membayar $ 150 juta tunai. Pada 21 Maret 2005 Barry Diller setuju untuk mengakuisisi Ask Jeeves 1,85 miliar dolar. IAC memiliki website populer seperti Match.com, Ticketmaster.com, dan Citysearch.com, dan mempromosikan Ask di properti mereka yang lain. Pada tahun 2006 Ask Jeeves diubah namanya menjadi Ask, dan mereka membunuh merek Teoma terpisah.

Google


Pada tahun 1998 terciptalah Google. Google berawal dari proyek penelitian dua mahasiswa Ph.D. Universitas Stanford, Larry Page dan Sergey Brin pada awal 1996 yang mengembangkan teori bahwa sebuah mesin pencari berdasarkan analisis matematika hubungan antar situs web akan memberikan hasil yang lebih baik daripada dengan menggunakan teknik-teknik pencarian dasar yang digunakan pada saat itu. Sistem ini pada awalnya dinamakan BackRub karena menggunakan backlink untuk memperkirakan seberapa penting sebuah situs.


Larry Page dan Sergey Brin
Google menjadi populer di antara pengguna Internet karena desainnya yang sederhana serta hasil pencariannya yang relevan. Iklan dijual berdasarkan kata kunci (keyword) sehingga mereka menjadi lebih relevan bagi para pengguna, dan iklan-iklan tersebut diharuskan menggunkan teks saja agar desain halaman tetap rapi dan loading halaman tetap cepat. Dengan ini, Google secara diam-diam semakin memperkuat pengaruhnya dan mendapatkan laba.

Pada September 2001, mekanisme pemeringkatan Google (PageRank) diberikan hak paten Amerika. Hak paten tersebut diberikan secara resmi kepada Leland Stanford University dan mencantumkan nama Lawrence Page sebagai sang pencipta.

Pada Februari 2003, Google membeli Pyra Labs, pemilik Blogger, sebuah situs web pionir dan pemimpin hosting weblog. Akuisisi ini tampak tidak konsisten dengan misi umum Google, namun langkah ini membuat Google dapat menggunakan informasi dari posting-posting blog untuk memperbaiki kecepatan dan relevansi artikel-artikel di Google News.

MSN (Bing Search)


Pada tahun 1998 MSN Search diluncurkan, namun Microsoft tidak mendapatkan serius tentang pencarian sampai setelah Google membuktikan model bisnis. Sampai Microsoft melihat cahaya mereka terutama bergantung pada mitra seperti Overture, Looksmart, dan Inktomi kekuasaan layanan pencarian mereka.

Mereka meluncurkan preview teknologi mereka mesin pencari mereka sekitar Juli-1 2004. Mereka secara resmi beralih dari hasil pencarian Yahoo! organik mereka sendiri di rumah teknologi pada 31 Januari 2005.

Pada tanggal 11 September 2006, Microsoft mengumumkan mereka meluncurkan produk mereka Live Search.

Siri
Pada 1 Juni 2009, Microsoft meluncurkan Bing, layanan pencarian baru yang mengubah lanskap pencarian dengan menempatkan saran pencarian inline untuk pencarian terkait langsung dalam hasil set.

Dan sejarah mesin pencari pun sampai sekarang akan tetap berevolusi. yang terakhir adalah SIRI yang merupakan iOS dari Apple yang dapat membuat reservasi, mencari data, dan sebagai reminder pada iPhone/produk Apple lainnya.


Saya berharap bahwa dengan evolusi mesin pencari yang berkembang cukup pesat, kita sebagai pemakai bisa memanfaatkan kemajuan teknologi ini sebagai cara untuk menambah ilmu dan pengetahuan dan juga dapat membuat kita dapat memanfaatkan hal tersebut dengan seefisien mungkin.




sumber :
www.wikipedia.com
www.google.com
www.yahoo.com
www.indosandster.net/2010/11/sejarah-mesin-pencari-search-engine.html
www.flickr.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar