Kamis, 30 Agustus 2012

Tugas 5 - Sejarah Perkembangan Sepak Bola


Kemajuan Sepak Bola dari Masa tradisional ke Modern

Sepakbola adalah suatu olahraga yang hanya terdiri dari dua kata yaitu sepak dan bola tetapi kata sepakbola berasal dari sejarah yang sangat panjang dan memiliki cerita yang sangat menarik didalamnya. Mengapa sangat menarik? Karena banyak peristiwa yang jarang terjadi pernah terjadi disepak bola sebagai contoh, kematian sebuah pemain di Liga Arab yang sangat mengerikan karena setelah dia mendapat kartu kuning dia berputar-pura diudara dan tidak ada yang tau penyebabnya apakah itu azab atau sebagainya? Ada juga terkena serangan jantung pada saat bermain bola yang dialami oleh Antonio Puerta yang bermain untuk klub spanyol, Sevilla dan meninggal dunia, ada juga yang pada saat berjalannya pertandingan terdapat badai yang menerbangkan iklah-iklan di sepinggir lapangan yang terjadi di Liga Arika Selatan (Castle League). Dan banyak orang yang belum mengetahui betul bagaimana tepatnya sejarah sepak bola. Sepak bola sendiri merupakan permainan yang terdiri dari 11 orang yang dimainkan oleh 2 pihak yang berbeda menggunakan sebuah bola yang terbuat dari kulit dan dimainkan diatas rumput asli/sintetis.

Antonia Puerta yang meninggal dunia ketika membela untuk timnya Sevilla.


 Sejarah Sepak Bola
Asal muasal sejarah berawalnya sepak bola masih belum pasti karena tiap orang memiliki pendapat yang berbeda-beda tentang asal muasal sepak bola. Ada orang yang beranggapan bahwa sepak bola itu berasal dari Cina, ada yang beranggapan sepak bola berasal dari bangsa Romawi dan bahkan ada yang berependapat bahwa asal muasal sepak bola berasal dari bangsa Jepang. Namun pendapat orang yang banyak dan beragam itu dibenarkan oleh FIFA yang merupakan badan pengurus sepak bola di dunia, bahwa sejarah sepak bola berasal dari daratan Cina yang dimainkan pada abad ke 2 sampai abad ke 3SM. Mereka dahulu mengenal olahraga ini dengan kata tsu chu. Dan dibawah ini merupakan beberapa pendapat orang ketika sejarah sepak bola belum disatukan oleh FIFA.
·      Tertera pada sebuab dokumen militer yang menyebutkan bahwa pada masa pemerintahan Dinasti Tsin dan Han, pada tahun 206SM masyarakat Cina telah mamainkan olahraga sepak bola yang pada masa itu dikenal dengan nama Tsu Chu. Tsu sendiri mempunyai artinya ''menendang bola dengan kaki''. Sedangkan chu, berarti ''bola dari kulit dan ada isinya''. Permainan bola pada masa itu dimain kan dengan cara menggiring dan menendang lalu melepaskan tembakan ke sepasang tiang yang berjauhan. Pada masa itu jarak antara kedua tiang memang belum ditentukan seperti sekarang ini. Bola pada masa itupun masih menggunakan kulit binatang sebagai bahannya.
·      Ada suatu versi sejarah kuno yang menyebutkan bahwa sepak bola datangnya dari bangsa Jepang, yang mulai dimainkan pada abad ke 8. Pada masa itu permainan sepak bola sendiri disebut dengan nama Kemari. Sedangkan bolanya dipergunakan terbuat dari kulit rusa namun ditengahnya sudah dilubangi dan berisi udara.
·      Ada juga sejarahwan sepak bola bernama Bill Murray dalam bukunya The World Game: A History of Soccer, permainan sepak bola sudah mulai dikenal pada awal Masehi. Pada saat itu, masyarakat Mesir Kuno sudah mengenal teknik menggiring dan menendang bola yang terbuat dari buntalan kain linen.
·      Dari sejarah yang lain menyebutkan bahwa bangsa Yunani purba sudah mulai mengenal permainan sepak bola yang disebut dengan nama Episcuro pada masa itu. Bukti sejarah ini tergambar pada relief-relief museum yang melukiskan anak muda memegang bola dan memainkannya kedua kakinya.

Sejarah sepak bola modern berawal dari Inggris dan hal ini pun sudah diakui oleh banyak para sejarahwan sepak bola di dunia. Di Inggris sendiri sepak bola modern telah dimainkan pada pertengahan abad ke 19, dengan berdirinya klub sepak bola tertua sepanjang sejarah persepak bolaan dan klub ini terbentuk dengan nama Sheffield FC pada yahun 1857.
Sheffield FC sebagai klub sepak bola modern tertua.


 Sheffield sekarang sendiri berkembang menjadi Sheffield United dan Sheffiel Wednesday yang bermain di divisi satu liga Inggris.
6 tahun kemudian tepatnya pada tahun 1863 terbentuk badan asosiasi yang mewadahi persepak bolaan di Ingrris yang di sebut FA(Football Association). FA sendiri merupakan asosiasi sepak bola tertua di dunia. Badan ini yang mengeluarkan peraturan permainan sepak bola, sehingga sepak bola menjadi lebih teratur, terorganisir, sportif dan lebih enak untuk dinikmati para penonton sepak bola.
3 tahun berselang pada tahun 1866 terbentuklah sebuah badan yang khusus mengeluarkan peraturan sepak bola modern se dunia, yaitu IFAB(International Football Association Board). IFAB dibentuk oleh FA Inggris dengan Scottish Football Association, Football Association of Wales, dan Irish Football Association di Manchester, Inggris.
IFAB mempunyai tugas-tugas seperti mengeluarkan berbagai peraturan pada permainan sepak bola yang didalamnya mencakup teknik permainan, syarat dan tugas wasit, dan transfer perpindahan pemain dari satu klub ke klub lainnya.
Sejarah Peraturan Sepakbola
Permainan sepak bola yang sudah melintasi puluhan abad memang terus mengalami perkembangan, termasuk didalamnya mengenai aturan yang digunakan dalam permainan sepak bola. Sejarah dunia telah mencatat serangkain peristiwa penting yang berkaitan dengan sepak bola, sebagai berikut:
  • 1815 Eton Collage membuat peraturan baku sepak bola rugby.
  • 1848 Lahir peraturan Cambridge rules, karena disukai oleh banyak kampus di Inggris. Maka akhirnya menjadi aturan sepak bola
  • 1863 Sebelas klub sepak bola London mengadakan pertemuan di Freemason’s Travern untuk menyusun peraturan dasar permainan sepak bola. Saat itu terbentuk Football Association (FA).
  • 1868 FA memunculkan aturan larangan untuk menyentuh bola dengan tangan kecuali dilakukan oleh kiper. Dengan aturan ini maka sepak bola terpisah dengan rugby.
  • 1888 William McGreror (direktur Aston Villa) berhasil mengajak 12 klub menyetujui aturan partai kandang – tandang. Liga Inggris resmi bergulir tanggal 8 september 1888
  • 1904 Pembentukkan Federation International Football Association (FIFA)
  • 1930 Pelaksaan piala dunia I di Uruguay pada tanggal 13-30 Juli, dan hasilnya tuan rumah menjadi juara setelah mengalahkan Argentina 4-2.
  • 1956 Piala Champions digelar pertama kali di Perancis.
Sejarah terbentuknya FIFA
Logo FIFA
Dalam sejarah berabad-abad perkembangan dibidang sepak bola, muncul rasa kekhawatiran oleh para pelaku di setiap tim sepak bola,baik sebagai pemain atau pengurus klub. Mengapa demikian? Karena mereka menyadari belum adanya badan yang benar-benar mengelola sepak bola di dunia dan mereka menyadari pentingnya suatu organisasi yang mewadahi dan mengatur permainan sepak bola di dunia. Akhirnya dari rasa takut tersebut terbentuklah sebuah organisasi yang disebut Fédération Internatinale de Football Association (FIFA) dibentuk di Perancis pada tanggal 21 Mei 1904.Walu FIFA berdiri di Perancis, kantor FIFA bermarkas di Zurich, Swiss. Terdapat beberapa asosiasi dari Negara-negara yang ikut pembentukan FIFA seperti asosiasi dari Perancis, Belgia, Denmark, Spanyol, Jerman, Swedia, Portugal dan Swiss. Presiden pertama FIFA sendiri adalah Robert Guerin yang berkebangsaan Perancis.

Sejak terbentuknya FIFA maka perkembangan sepak bola di dunia menjadi semakin pesat. Karena yang menjadi salah satu tugas utama dari FIFA adalah melakukan promosi dan sosialisasi tentang sepak bola ke seluruh dunia. Jika dilihat dari jumlah negara yang masuk menjadi anggota FIFA, maka sampai saat ini sudah lebih dari 209 negara yang masuk resmi menjadi anggota, bahkan negara-negara yang hanya kepulauan kecil banyak yang sudah terdaftar dalam FIFA.
FIFA juga mempromosikan sepak bola keseluruh dunia, mengatur transfer pemain antar tim, memberikan gelar Pemain Terbaik Dunia FIFA, dan menerbitkan daftar Peringkat Dunia FIFA setiap bulannya. Pringkat Dunia FIFA sendiri dinilai berdasarkan hasil yang diperoleh setiap negara jika melawan timnas negara lain.
Piala Dunia sendiri merupakan kompetisi yang dilakukan setiap 4 tahun dan di adakan oleh FIFA juga memiliki sejarah. Piala Dunia pertama kali diadakan pada tanggal 13-30 Juli 1930. Pada saat itu tuan rumah Piala Dunia adalah Uruguay karena berdasarkan kongres FIFA di Amsterdam , Uruguay mendapat dukungan 23 peserta kongres menjadi tuan rumah Piala Dunia. Pada saat Piala Dunia berlangsung kota Montevideo merupakan kota penyelenggara dan seluruh pertandingan di lakukan di 3 stadion. Ini merupakan satu-satunya Piala Dunia yang tidak ada kualifikasi. Pengikut dari Pildun ini terdiri dari 6 negara Amerika selatan, 2 dari Amerika utara dan  5 negara eropa yang totalnya adalah 13 negara. Final pun dimenangkan oleh Uruguay selaku tuan rumah. Pada final Uruguay mengalahkan Argentia dengan skor cukup telak 4-2 di Stadion Centenario yang disaksikan 100.000 pasang mata. Jules Rimes yang merupakan presiden FIFA  pun menyerahkan trophy ke kapten dari kesebelasan Uruguay Jose Nazassi. Namun sekarang untuk mengikuti Piala Dunia tidak mudah,setiap negara diseluruh dunia harus mengikuti kualifikasi per benua.
Uruguay keluar sebagai pemenang di Piala Dunia pertama.

Sejarah Sepak Bola Indonesia
Memang awal sepak bola masuk ke Indonesia tidak tercatat jelas oleh siapun,bukti dari itu adalah tidak ada sumber yang tepat kapan awalnya sepak bola mulai masuk ke Indonesia. Ini merupakan perkiraan masuknya sepak bola ke Indonesia                                                                               
  1. Para pedagang dari negeri Tiongkok sekitar abad 7 M yang mulai masuk wilayah nusantara khususnya diwilayah kerajaan Sriwijaya. Seperti diketahui permainan masyarakat Cina abad ke-2 sampai dengan ke-3 SM sudah mengenal olah raga sejenis sepak bola yang dikenal dengan sebutan Tsu Chu.
  2. Dibawa masuk ke Indonesia oleh para pedagang dari negeri Belanda, kalau mereka awal masuknya ke Indonesia sekitar tahun 1602 M maka sepakbola lahir dari perkembangan aktifitas dagang mereka di Indonesia.
Sejarah Terbentuknya PSSI
Logo PSSI
PSSI merupakan badan asosiasi yang mewadahi persepak bolaan di Indonesia. Memang PSSI sekarang tidak sesuai dengan semboyan mereka yang menyebutkan badan asosiasi sepak bola di Indonesia mereka sekarang hanya memikirkan jabatan dan kekuasaan yang tak kunjung usia. Sempat terjadi perselisihan atas nama Arifin Panigoro yang katanya ingin merubah wajah sepak bola Indonesia yang semakin hari semakin kacau. Namun inisiatif dia malah menimbulkan keributan. PSSI sendiri terbentuk pada tahun tanggal 19 April 1930 di Yogyakarta. Ini semua berasal dari seorang insinyur sipil bernama Soeratin Sosrosoegondo yang merupan pendiri PSSI. Beliau menyelesaikan pendidikannya di Sekolah Teknik Tinggi di Heckelenburg, Jerman pada tahun 1927 dan kembali ke tanah air pada tahun 1928. Ketika kembali ke tanah air Soeratin bekerja pada sebuah perusahaan bangunan Belanda “Sizten en Lausada” yang berpusat di Yogyakarta. Disana ia merupakan satu - satunya orang Indonesia yang duduk dalam jajaran petinggi perusahaan konstruksi yang besar itu. Namun karena dia berjiwa nasionalis dia lebih memilih mundur dari perusahaan tersebut.
Setelah tidak melanjutkan masa kerjanya di “Sizten en Lausada” ia lebih lebih memilih bergerak dibidang sepak bola, karena ia berpendapat sepak bola adalah tempat yang cocok untuk meningkatkan nasionalisme para pemuda bangsa Indonesia pada saat pemerintahan Belanda.

Soeratin Sosrosoegondo  yang merupakan pendiri PSSI.

Untuk mewujudkan keinginannya itu maka Soeratin leakukan pertemuan dengan tokoh-tokoh sepak bola di Yogyakarta, Solo dan Bandung. Lalu mereka melakukan sebuah pertemuan di hotel yang bertepatan dijakarta bernama hotel Binnenhof di Jalan Kramat. Lalu terjadilah pertemuan dengan Soeri yang merupakan ketua VIJ (Voetbalbond Indonesische Jakarta) dan pengurus persepak bolaan yang lain lalu dibuat dan direncanakan gagasan untuk membuat sebuah organisasi persepakbolaan kebangsaan yang mewadahi sepak bola di Indonesia. Lalu gagasan tersebut dimatangkan oleh tokoh pergerakan nasional seperti Amir Notopratomo, A Hamid, Daslam Hadiwasito, Soekarno. Sementara untuk menjalin komunikasi dikota lain dilakukanya kontak seperti dengan Soediro di Magelang. Kemudian pada tanggal 19 April 1930, yang merupakan tanggal terbentuknya PSSI berkumpulah wakil – wakil dari VIJ, BIVB, Persatuan Sepakbola Mataram VVB, MVB, IVBM,  SIVB diwakili Pamoedji. Dari pertemuan tersebut maka, terlahirnya PSSI (Persatoean Sepakraga Seloeroeh Indonesia) nama PSSI ini diubah dalam kongres PSSI di Solo 1950 menjadi Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia. Pada saat iupun Ir Soeratin mendapat kehormatan untuk menduduki jabatan sebagai ketua umum PSSI.
PSSI yang baru terbentuk pun langsung membuat program yang disebu “Stridji Program” yang merupakan program perjuangan yang pernah dilakukan oleh partai atau organisasi massa yang pernah ada. Stridji Program ini bertujuan untuk menentang pemerintahan Belanda melalui NIVB.  Lalu dijadwalkan kompetisi untuk strata 1 dan 2 dan akan dilanjutkan ke kejuaran yang lebih tinggi yang dikenal dengan “ Steden Tournooi” yang di mulai di Surakarta pada tahun 1931.
Karena semakin banyaknya rakyat-rakyat yang bermain bola di tempat umum,jalanan dan alun-alun, Paku Buwono X membuatkan stadion Sridewi yang diresmikan pada bulan Oktober 1933  lengkap dengan lampu pengerangan, sebagai imbalan atas kebangkitan sepak bola kebangsaan yang dibangun oleh PSSI.
Karena berkeinginan agar bangsa pribumi memiliki keunggulan di bidang olahraga, Ir Soeratin mendirikan ISI yng merupakan singkatan dari “ Ikatan Sport Indonesia” yang berdiri pada tahun 1938. Kemudia ISI mengadakan pekan olahraga pada tanggal 15-22 Oktober 1938 di Solo.
PSSI  pun mengalami perkembangan yang pesat baik kekuatan maupun solidaritas akhirnya NIVB berubah nama menjadi NIVU pada tahun 1936. Terjadilah kerja sama diantara mereka yang program pertamanya adalah mendatangkan tim dari Austria “ Winner Sport Club”.
Pada tahun 1938 Dutch East Indies mengikuti kompetisi Piala Dunia. Namun ada hal yang di protes oleh Ir Soeratin karena pemain yang dibawa adalah pemain yang berasal dari NIVU bukan dari PSSI awalu ada 9 orang yang berasal dari tianghoa. Sebelumnya Ir Soerotin melakukan kerja sama yang dinamakan “gentlemen’s agreement” yang ditandatangani tanggal 5 Januari 1937 di Yogyakarta untuk menentukan siapa yang ikut serta dalam Piala Dunia. Akhirnya terjadilah pemutusan kerja sama secara sepihak yang di tetapkan pada kongres PSSI tahun 1938 tersebut.
Kesebelasan Indonesia di Piala dunia tahun 1938
Soeratin mengakhiri masa kerjanya di PSSI sejak tahun 1942, setelah sempat menjadi ketua PSSI selama 2 tahun, dan terpilih kembali di tahun 1942.

http://en.wikipedia.org/wiki/Fifa
http://en.wikipedia.org/wiki/FIFA_World_Cup
http://rirismuggle.blogspot.com/2012/05/perkembangan-pssi-indonesia.html
http://www.shalimow.com/sepak-bola/sejarah-sepak-bola.html
http://en.wikipedia.org/wiki/The_Football_Association

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar