Sabtu, 25 Agustus 2012

Tugas-5 Perkembangan Restoran cepat-saji McDonald


Restoran merupakan tempat yang menyediakan makanan, fasilitas dan pelayanan. Sekarang ini baik orang tua, anak dan remaja pasti sudah pernah mengunjungi suatu restoran. Keluarga yang jenuh dengan makanan rumah, biasanya menyempatkan diri ke restoran saat weekend atau anak muda yang berkumpul atau hang out di restoran atau kafe.

Sekarang ini, restoran ada berbagai macam ragamnya. Restoran keluarga, masakan Padang, masakan Sunda, masakan Jepang, masakan Italia, dan berbagai macam lainnya. Pengunjung dapat memilih dengan bebas berbagai resto favorit mereka. Di restoran dengan masakan tradisional biasanya masakan akan disediakan dengan memakan waktu yang agak lama. Dengan zaman yang semakin praktis dan berkembang, pengunjung menginginkan makanan dengan penyajian yang cepat dengan rasa yang lezat dan harga terjangkau. Oleh karena itu diciptakanlah restoran cepat saji.

Bagaimanakah sejarah cepat saji?

Restoran sudah ada sejak jaman peradaban manusia. Namun pada zaman dahulu, restoran lebih diutamakan untuk turis atau penduduk yang hanya singgah saja. Dan restoran ini lebih berbentuk seperti bar dan rumah kopi. Bar dan rumah kopi ini sudah terkenal semenjak abad ke-17. Sementara tempat  makan yang menyediakan tempat untuk bersosialisasi mulai terkenal pada abad 18.

Pada zaman pra-modern Eropa,di kota-kota Romawi kuno, banyak penduduk perkotaan tinggal di blok-blok apartemen yang hanya bergantung pada penjual makanan mengenai berapa banyak makanan yang ada. Roti yang di rendam di wine dijadikan sebagai cemilan cepat di pagi hari.        Pada zaman pertengahan Eropa, kota-kota besar seperti London dan Paris memiliki berbagai vendor atau gerai makanan jalanan yang menyediakan waffles,pancake, pai, wafer dan lainnya yang disajikan secara cepat. Demikian pula di kota-kota Romawi kuno, banyak orang yang tidak memiliki fasilitas untuk membuat makanan sendiri. Banyak orang yang tidak memiliki cukup uang untuk memilikii fasilitas dapur di rumahnya, sehingga membutuhkan fasilitas cepat saji. Begitu pula dengan wisatawan dan orang yang berpergian.

Di Inggris, daerah-daerah yang dekat dengan pantai atau pinggir laut, restoran cepat saji biasanya menyajikan  makanan laut seperti kerang dan untuk di London, belut. Biasanya makanan ini dimasak langsung  di dekat dermaga atau sekitarnya.  Makanan cepat saji di Inggris memiliki variasi yang cukup banyak. Ragam hidangan  menjadi bagian dari budaya daerah masing-masing. Isi dari kue makanan cepat saji telah bervariasi, seperti  kalkun. Setelah Perang Dunia II, kalkun telah digunakan lebih sering pada makanan cepat saji. Serta masakan aslinya, Inggris telah mengadopsi makanan cepat saji dari budaya lain, seperti pizza, mie Cina, kebab, dan kari.

Amerika merupakan tempat kelahiran dari beberapa restoran cepat saji seperti: KFC,Wendy’s, Taco Bell, dan McDonald. Perusahaan Amerika White Castle, didirikan oleh Billy Ingram dan Walter Anderson di Wichita, Kansas pada tahun 1921, Billy membuka outlet makanan cepat saji kedua dan hamburger pertama, menjual hamburger dengan harga lima sen. Walter Anderson,telah membangun restoran pertama White Castle di Wichita pada tahun 1916, memperkenalkan menu yang terbatas, dengan biaya rendah, dan penyajian cepat untuk restoran hamburger . White Castle sukses d dan mempunyai banyak pesaing.
Pada abad ke 19, saat Amerika Serikat memasuki era industri,  banyak pekerja yang hanya mempunyai jam istirahat yang pendek dan jam kerja yang panjang. Dengan begitu, para pekerja memilih makanan yang dasajikan di restoran fast food karena kecepatan penyajian dan rasanya yang lezat.

Kelebihan inilah yang membuat restoran fast food semakin menjamur di Amerika Serikat. Pada abad ke-20, bisnis gerai-gerai fast food semakin menyebar hingga ke kawasan benua Eropa, Afrika, Australia dan Asia seperti Indonesia dengan konsep waralaba.

Salah satu restoran cepat saji yang sangat terkenal dan sudah mendunia adalah McDonald.
Bisnis perusahaan ini dimulai pada tahun 1940,sebuah restoran McDonald’s Bar-B-Que dibuka oleh Dick dan Mac McDonald di Fourtheenth and E streets, San Bernandino, California, Amerika Serikat.
Tahun 1948, Dick dan Mac McDonald menutup restoran mereka selama 3 bulan. Kemudian dibuka kembali bulan Desember menjadi restoran dengan konsep self-service drive-in. Menu makanan dikurangi menjadi hanya 9 macam: hamburger, cheeseburger, soft drinks, milk, coffee, potato chips, dan a slice of pie. Mereka memperkenalkan "Speedee Service System" pada tahun 1948, yang kemudian menjadi pinsip dasar restoran siap saji modern. Pada tahun 1949, potato chips digantikan oleh French Fries dan menu ditambah dengan adanya Triple Thick Milkshakes.

Maskot awal McDonald's, yang bernama Speede, adalah seorang pria dengan kepala berbentuk hamburger yang menggunakan topi koki. Speede digantikan oleh Ronald McDonald pada tahun 1963.
Tetapi McDonald's tidak menjadikan tahun 1940 sebagai tahun kelahiran restoran McDonald's. Melainkan 15 April 1955, ketika Ray Kroc membeli  waralaba McDonald's dari Dick dan Mac di Des Plaines, Illinois, sebagai hari kelahirannya.Kroc kemudian membeli saham dari McDonald's bersaudara dan memimpin perusahaan ini melakukan penyebaran ke seluruh dunia.

Ray Kroc
Ray Kroc mengawali karirnya sebagai pengemudi ambulans Palang Merah di tahun 1917, meski saat itu sebetulnya ia belum memenuhi syarat untuk terjun ke medan perang karena usianya yang baru menginjak 15 tahun. Namun niat mulia pria kelahiran Illinois ini tidak pernah terwujud karena perang telah terlebih dulu berakhir sebelum ia sempat menyelesaikan masa pelatihannya. Pada masa pasca Perang Dunia I, Ray mencoba beberapa macam pekerjaan sebelum akhirnya ia memfokuskan diri sebagai seorang salesman.
Di tahun 1954 Ray dikejutkan dengan datangnya pesanan dalam jumlah besar berupa 8 multi-mixer dari sebuah restoran di San Bernardino, California. Di sana ia menemukan sebuah restoran yang berskala tidak terlalu besar namun terbilang sukses yang dikelola oleh Dick dan Mac McDonald, dan Ray mengagumi efektifitas pengoperasian restoran tersebut. Restoran ini memiliki menu yang terbatas, dengan memfokuskan pada beberapa jenis, yaitu burger, fries, dan minuman dimana dengan menu terbatas mereka dapat fokus pada setiap detil tahap produksi agar sesuai dengan standar kualitas yang tinggi.

Restoran McDonald’s milik Kroc pertama kali dibuka di Des Plaines, Illinois, Amerika Serikat pada 15 April 1955. Restoran tersebut bernuansa warna merah dan putih yang sangat menarik perhatian. Gedung tersebut juga dihiasi dengan dua Lengkungan Emas (Golden Arches) yang didesain oleh seorang arsitek Stanley Meston di tahun 1953. Penjualan hari pertama mencapai $316.12. Dalam kurun waktu sepuluh tahun jumlah gerai restoran McDonald’s bertambah menjadi lebih dari 700 gerai tersebar di seluruh Amerika Serikat.

Di tahun 1961 juga McDonald’s mengganti logo Speedee menjadi M Slashed ”M” Logo s ebagai logo perusahaan. Di tahun ini juga Ray Kroc membeli McDonald’s bersama hak atas nama McDonald’s sebesar $2,7 juta. McDonald’s pertama kali didaftarkan menjadi merek dagang Amerika Serikat pada 4 Mei 1961, dideskripsikan sebagai “Drive-In Restaurant Serices”. Kemudian pada 13 September di tahun yang sama, perusahaan mendaftarkan logonya, yaitu lambang dengan dua lengkungan membentuk huruf “M” (Double Arched  “M” Symbol). Lambang dua lengkungan “M” modern yang terus digunakan sampai saat ini baru muncul mulai 18 November 1968.

Memasuki tahun 1968, McDonald’s mulai mendukung gerakan olimpiade dengan mengirimkan hamburgers kepada atlet Olimpiade Amerika Serikat di Grenoble, Perancis yang homesick. Di tahun ini juga restoran McDonald’s yang ke-1000 dibuka di Des Plaines, Illinois, Amerika Serikat. Desain gedung baru McDonald’s juga diperkenalkan di tahun ini. Desain baru ini bernama The new McDonald’s mansard roof untuk menggantikan desain The red and white. Tahun 1969 logo McDonald’s juga diperbaharui menjadi Golden Arches.

Tahun 1971 Ronald McDonald’s mendapat ‘teman’ baru, yaitu Hamburglar, Grimace, Mayor McCheese, Captain Crook, dan si Big Mac, mereka semua bergabung dengan Ronald di McDonaldland.
Di tahun 1975 dibuatlah The Egg McMuffin yang dibuat oleh Herb Peterson, pengelola/pemilik McDonald’s Santa Barbara, California, Amerika Serikat dan ditambahkan ke menu nasional. Di tahun ini juga pertama kalinya Drive-Thru dibuka di Sierra Vista, Arizona, Amerika Serikat. Hal ini terinspirasi dari dilarangnya tentara dekat Fort Huachuca keluar dari mobil dengan seragam tentara. Kemudian drive-thru ditambah di Georgia dan Oklahoma City.


Tahun 1977 pertama kalinya dibentuk McDonald’s All American High School Basketball Team dipilih. Salah satu pemain yang dipilih adalah mantan bintang NBA Earvin “Magic” Johnson. Kemudian tahun 1978 dibukalah restoran McDonald’s ke-5000 di Kanagawa, Jepang.  Setahun kemudian diperkenalkanlah Happy Meals yang menampilkan theme sebuah kendaraan sirkus. Tahun 1980 menjadi tahun perayaan ulang tahun ke-25 McDonalds dan di tahun ini juga dibuka gerai restoran McDonald’s ke-6000 di Muenchen, Jerman. Tahun 1981 dibukalah restoran internasional di Spanyol, Denmark, dan Filipina. Di tahun 1983 restoran McDonald’s sudah ada di 32 negara dan terdapat 7.778 restoran di akhir tahun. Kemudian dibukalah Hamburger University yang baru di Oak Brook, Illinois, Amerika Serikat. Di tahun ini juga diperkenalkanlah menu Chicken McNuggets ke seluruh restoran domestik.

Tanggal 14 Januari 1984 Ray Kroc meninggal dunia. Di tahun ini juga McDonald’s dan waralabanya menyediakan dana untuk membangun Stadium Renang Olimpiade di Los Angeles, Maerika Serikat. Bulan Juli tahun 1984, McDonald’s memperkenalkan theme iklan baru ”It’s a Good Time for the Great Taste of McDonald’s.”

15 April 1985 McDonald’s merayakan ulang tahun operasionalnya yang ke 30. Kemudian di tahun ini juga restoran pertama McDonald’s milik Ray Kroc di Des Plaines direstorasi ke bentuk aslinya dan dibuka kembali bulan Mei menjadi McDonald’s #1 Store Museum. Tahun 1987 Freshly tossed salads ditambahkan sebagai menu nasional McDonald’s pada tanggal 15 Mei. Di tahun 1988, Majalah Fortune menyebut hamburger McDonald’s diantara 100 produk Amerika terbaik. Tanggal 6 April 1988 McDonald’s membuka restorannya yang ke-10.000 di Dale City, Virginia, Amerika Serikat. Dilanjutkan dengan dibukanya restoran pertama McDonald’s di Moskow, Rusia tanggal 31 Januari 1990. Di tahun ini juga pendiri Perusahaan McDonald’s, Ray Kroc, sebagai salah satu orang dari “100 Most Important Americans of the 20th Century” (100 orang Amerika terpenting di abad 20).

Restoran McDonald’s pertama di Indonesia dibuka di Sarinah, Thamrin, Jakarta pada 23 Februari 1991. Pembukaan restoran di Warsawa, Polandia memecahkan rekor penjualan hari pembukaan, hal ini terjadi tahun 1992. Tahun 1995 diperkenalkanlah theme “Have You Had Your Break Today?”. Setahun kemudian pertama kalinya McDonald’s Corporate meluncurkan situs perusahaan mereka yaitu McDonalds.com. Setahun kemudian theme “Did Somebody Say McDonald’s?” ditambahkan. Di tahun 1997 ini juga Chicken McGrill dan Crispy Chicken ditambahkan ke menu di Amerika Serikat.

Pada 16 Februari 2001 McDonald’s memperkenalkan Big N’ Tasty. Dilanjutkan dengan Premium Salads tahun 2003. McDonald’s juga menunjukkan kepeduliannya terhadap lingkungan dengan dibukanya restoran pertama McDonald’s yang bebas Hydroflurocarbon (HFC) di Velje, Denmark tahun 2003. Di tahun ini juga dperkenalkan McGriddles menjadi menu nasional. Kampanye global McDonald’s ”i’m lovin’ it” pertama kali diluncurkan pada 2 September 2003 di Muenchen, Jerman.

Pada 22 Mei 2008 McDonald’s mengumumkan bahwa semua produk makanan ayamnya, Fillet-O-Fish, Hash Browns, dan French Fries yang terkenal disajikan di seluruh restoran McDonald’s di Amerika sekarang 0 gram trans fat per penyajian. McDonald’s China membuka restoran yang ke-1000 di Dongguan, Guangdong, China. Pada 5 Mei 2009 kopi McCafe termasuk latte, cappuccino, dan mocha ditambahkan ke menu nasional. Kemudian diperkenalkan juga burger Angus Third Pounder pada 2 Juli 2009 dengan 3 pilihan: Mushroom & Swiss, Bacon & Cheese, dan the Deluxe. Tahun 2009 juga McDonald’s Corporation Campus Office Building mendapatkan salah satu penghargaan bergengsi Green Building; LEED-EB Platinum. Tahun ini juga Mac Snack Wrap ditambahkan ke Snack Wrap. Kemudian tahun 2010 McDonald’s Amerika memberikan fasilitas bebas Wi-Fi di 11.000 restorannya serta beberapa restoran di seluruh dunia

Sumber:




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar