Senin, 27 Agustus 2012

Tugas-5 Perkembangan Musik Blues

Mamie Smith
Awal musik Blues

Publikasi lembaran musik Blues pertama adalah Hart Wand (Dallas Blues) pada tahun 1912. W.C Handy (Memphis Blues) mengikutinya pada tahun yang sama. Sedangkan untuk rekaman, diawali oleh Mamie Smith pada tahun 1920 membawakan sebuah lagu dari seorang komposer terkenal pada jamannya, Perry Bradford dengan judul Crazy Blues. Sebenarnya, Blues sudah ada pada tahun 1890. Dikarenakan pendokumentasian yang sangat buruk, Blues baru muncul pada tahun 1912. Tetapi hal tersebut tidak lepas dari masalah yang ada. Hal ini diakibatkan karena sebagian karena karya ini hanya sebagai bahan untuk diskriminasi rasial orang amerika-afrika oleh para kalangan akademis. Sejarah Blues mulai ditulis di Texas Selatan pada awal abd ke-20. Secara khusus Charles Peabody membawakan lagu pada penampilan musik Blues di Clarksdale, Mississippi dan Gate Thomas sangatlah mirip dengan dengan di Texas Selatan pada tahun 1901-902. Untuk mengatahui dimana musik Blues mumcul diadakanlah sebuah observasi Obserbvasi ini bertepatan dengan pernyataan Jelly Roll Morton yang mengatakan ia mendengar musik Blues pertama kali di New Orleans. Penelitian ekstensif di lapangan dilakukan oleh Howard W. Odum yang menerbitkan antologi besar lagu-lagu rakyat di kabupaten dari Lafayette, Mississippi dan Newton, Georgia antara 1905 dan 1908 rekaman pertama non-komersial. Rekaman pertama Blues yang bersifat non komersil disebut Proto Blues yang dibuat oleh Paul Oliver. Tetapi rekaman-rekaman tersebut hilang ditelan jaman. Namun masih tersisa beberapa rekaman yang dibuat oleh Lawrence Gallert. Sebuah catatan Blues sebelum tahun 1920 juga diberikan oleh seniman rekaman lainnya seperti Belly Lead dan Thomas Hendry. Semua sumber ini menunjukan adanya perbedaan struktur dalam dua belas, delapan, atau enam belas bar.

Sebelum perang dunia ke-2

Pada tahun 1920an musik Blues mengalami perkembangan. Musik Blues menjadi unsur utama musik afrika-amerika dan musik populer pada saat itu di Amerika. Blues berkembang dari bar-bar kecil menjadi sebuah pementasan di Taman Seni. Pada saat itu, pertunjukan musik Blues diorganisir oleh Theater Owners Bookers Association seperti Cotton Club. Beberapa perusahaan rekaman juga membelakangi mereka seperti Amerika Record Corporation Records dan Paramount Records.

Seperti layaknya industri musik yang berkembang, musisi Country Blues seperti Bo Carter dan Jimmie Rodgers menjadi lebih populer di kalangan kaum Afrika-Amerika. Slvyester Weaver menjadi orang pertama yang mengukuhkan gaya bermain slide pada gitar. Gaya ini pula yang nantinya menjadi ciri khas musik Dallas Blues. Rekaman Blues sejak tahun 1920an digolongkan menjadi tradisional Blues, Blues perdesaan, dan urban Blues (Blues Perkotaan).

Sekitar tahun 1930an sebagian musisi Memphis Blues pindah menuju Chicago sebagai bagian perpindahan Blues perkotaan yang bergabung dengan Country Blues dan Elektrik Blues.

Muddy Waters
Gaya Urban Blues lebih dikodifikasi dan rumit sebagai artis ada lagi di masyarakat lokal mereka segera dan harus menyesuaikan diri dengan estetika audiens yang lebih besar lebih bervariasi. Penyanyi wanita dan penyanyi Vaudeville Blues menjadi populer pada akhir tahun 1920an antara lain adalah Marnie Smith, Gertrude "Ma" Rainey, Bessie Smith, Spivey dan Victoria. Mamie Smith adalah penyanyi Vaudeville Blues berdarah Afrika-Amerika pertama yang dapat menjual 75.000 keping lagu pada bulan pertamanya.

Tahun 1950an

Transisi dari country Blues ke urban Blues, yang dimulai pada tahun 1920, selalu didorong oleh gelombang krisis ekonomi dan perpindahan keluarga pedesaan ke daerah perkotaan. Long Boom atau sejenis krisis ekonomi berat yang terjadi setelah Perang Dunia II memicu migrasi besar-besaran para penduduk Amerika Afrika. Migrasi besar kedua, yang disertai dengan peningkatan pendapatan yang signifikan pada keluarga perkotaan. Para imigran baru merupakan pasar baru untuk industri musik. Karya-karya masyarakat Afrika-Amerika yang disebut Race Record mengilang dan sukses digantikan oleh Rhythm dan Blues. Ini pasar yang berkembang pesat telah dicerminkan oleh Billboard Rhythm dan Blues Chart. Strategi pemasaran diperkuat tren dalam musik Blues perkotaan seperti musik elektrik. Ampli dan pengaturan Blues beat, shuffle Blues, menjadi bagian penting dalam R & B. Arus komersial ini memiliki konsekuensi penting terhadap musik Blues yang bersama-sama dengan musik Jazz dan Injil (Gospel), menjadi komponen dari gelombang musik R & B.

Setelah Perang Dunia II dan pada 1950-an, gaya baru musik Blues listrik menjadi populer di kota-kota seperti Chicago, Memphis, Detroit dan St Louis. Elektric Blues mengguanakan gitar listrik, double bass (lambat laun digantikan dengan gitar bass), drum, dan harmonika yang dibunyikan melalui mikrofon dan sistem PA atau amplifier gitar. Chicago menjadi pusat Blues listrik dari tahun 1948, ketika Muddy Waters mencatat keberhasilan yang pertama: "I Can't Be Satisfied" Blues Chicago dipengaruhi sebagian besar oleh gaya Blues Mississippi, karena pemainnya banyak yang bermigrasi dari daerah tersebut. Howlin 'Wolf, Muddy Waters, Willie Dixon, dan Reed Jimmy semua lahir di Mississippi dan pindah ke Chicago selama migrasi besar berlangsung. Gaya mereka ditandai dengan menggunakan gitar listrik, kadang-kadang gitar slide, harmonika, dan sebuah ritme bass yang seksi dan drum JT Brown yang bermain di band Elmore James, atau JB Lenoir juga menggunakan saksofon, tetapi ini digunakan lebih sebagai "backing" atau dukungan berirama daripada sebagai instrumen solo.

Pada akhir 1950-an, gaya Blues baru muncul di West Side Chicago yang dipelopori oleh Magic Sam, Buddy Guy dan Otis Rush pada Cobra Records. The 'West Side Sound' mendapat dukungan berirama kuat dari gitar irama, gitar bass dan drum dan disempurnakan oleh Guy, Freddie King, Magic Slim dan Luther Allison didominasi oleh gitar diperkuat listrik. John Lee Hooker menciptakan gayanya sendiri Blues dan diperbarui beberapa kali selama karir musiknya.

Tahun 1960an dan 1970an

Pada awal 1960-an, Blues yang dipengaruhi oleh musik Amerika Afrika seperti rock and roll dan musik Soul menjadi musik populer di masa tersebut. Artis kulit putih telah membawa musik Afrika-Amerika untuk pemirsa baru, baik di dalam AS maupun di luar negeri. Bluesmen seperti Big Bill Broonzy dan Willie Dixon mulai mencari pasar baru di Eropa. Dick Waterman dan festival Blues yang ia selenggarakan di Eropa memainkan peran utama dalam menyebarkan musik Blues di luar negeri.

Artis Blues seperti John Lee Hooker dan Muddy Waters melanjutkan pertunjukan untuk khalayak antusias, menginspirasi artis baru mendalami Blues tradisional, seperti Taj Mahal dan New York-born. John Lee Hooker mencampurkan gaya Blues-nya dengan unsur rock dan bermain dengan musisi kulit putih yang lebih muda, menciptakan sebuah gaya musik yang dapat didengar pada album 1971, album Boogie Endless. Teknik gitar virtuoso BB King membuatnya mendapatkan gelar "raja Blues". Berbeda dengan gaya Chicago, band yang dibuat King ini menggunakan Brass yang didukung kuat dari saksofon, terompet, dan trombon, daripada menggunakan gitar slide atau kecapi.


Musik Blues mulai memasuki pasar Inggris. Para musisi Inggris seperti Eric Clapton, The Rolling Stones, John Mayal dan Bluesbreaker akhirnya memberi suasana baru bagi para musisi Blues Amerika. Invasi British Blues ini memicu musisi asal Amerika untuk menawarkan warna baru musik Blues. Setelah era kemunculan Jimi Hendrix dengan electric sound yang impresif, banyak bermunculan musisi Blues rock seperti mendiang Stevie Ray Vaughan, Tinsley Ellis, Taj Mahal dan dari generasi muda ada Kenny Wayne Shepherd. Canned Heat, Jefferson Airplane awal, Janis Joplin, Johnny Winter, The J. Geils Band, Ry Cooder, dan The Allman Brothers Band. Salah satu pemain Blues rock, Jimi Hendrix, adalah seorang gitaris bertalenta yang memainkan musik Blues yang dicampurkan dengan genre psychedelic rock. Hendrix adalah gitaris terampil, dan perintis dalam penggunaan inovatif distorsi dan efek feedback dalam gitar. Melalui musisi-musisi diatas dan yang lainnya, musik Blues mempengaruhi perkembangan musik rock.




Santana, yang semula disebut Carlos Santana Blues Band, juga bereksperimen dengan Latin-Blues dipengaruhi dan musik Blues-rock sekitar waktu ini. Pada akhir 1950-an muncul “Tulsa Sound” penggabungan rock'n'roll, Jazz dan pengaruh budaya latin. Gaya musik tertentu mulai dipopulerkan secara luas dalam tahun 1970-an oleh JJ Cale dan versi cover yang dilakukan oleh Eric Clapton dari "After Midnight" dan "Cocaine".

Pada awal 1970-an, gaya Texas rock-Blues muncul, yang menggunakan kedua peran gitar solo dan rhytm. Berbeda dengan Blues West Side, gaya Texas sangat dipengaruhi oleh pergerakan rock-Blues Inggris. Seniman utama dari gaya Texas adalah Johnny Winter, Stevie Ray Vaughan, The Fabulous Thunderbirds, dan ZZ Top. Para seniman ini semua memulai perjalanan musik mereka di tahun 1970, tetapi mereka tidak mencapai keberhasilan internasional sampai dekade berikutnya
Jimmy "Lord" Hendrix



Tahun 1980an hingga sekarang


Eric Clapton
Selama tahun 1980-an, Blues juga terus baik dalam bentuk tradisional dan baru. Pada tahun 1986, album pembujuk Kuat mengungkapkan Robert Cray sebagai artis Blues utama. Yang pertama Stevie Ray Vaughan rekaman, Texas Flood, dirilis pada tahun 1983, dan gitaris yang berbasis di Texas meledak ke panggung internasional. 1989 melihat kebangkitan popularitas John Lee Hooker dengan album The Healer. Eric Clapton, dikenal karena penampilannya dengan Blues Breakers dan Cream, membuat cerdas pada 1990-an dengan album Unplugged, di mana ia memainkan beberapa nomor Blues standar pada gitar akustik. Namun biaya diawal tahun 1990-an, rekaman multitrack digital dan kemajuan teknologi lainnya dan strategi pemasaran baru yang meliputi produksi klip video telah meningkat, dan menantang spontanitas dan improvisasi yang merupakan komponen penting dari musik Blues.
Damon Fowler

Pada tahun 1990an musik Blues mengeksplorasi berbagai genre musik, ini dapat dilihat dengan adanya penghargaan khusus di malam penghargaan Grammy. Beberapa contoh label musik yang menangani musik Blues hingga saat ini antara lain Alligator Records, Ruf Records, Chess Records (MCA), Delmark Records, NorthernBlues Musik, dan Vanguard Records (Artemis Records). Beberapa label terkenal karena mereka menemukan kembali dan remastering dari Blues langka seperti Arhoolie Records, Smithsonian Folkways Recordings (pewaris Folkways Records) dan Yazoo Records (Shanachie Records).

Tahun 2000 keatas musik Blues semakin bervariasi. Beberapa musisi baru yang ikut meramaikan pasar Blues pada tahun 2000 keatas antara lain Damon Fowler, Dave Gross, dan Homemade Jamz Blues Band. Karena antusias pendengar semakin banyak, maka sejak tahun 1997, Maple Blues Awards di Toronto resmi diadakan. Beberapa negara juga ada yang mengadakan acara serupa seperti British Music Award.

Semoga artikel yang saya kumpulkan tadi bermanfaat dan mengilhami para pembaca. Mohon maaf dikarenakan bahasa inggris penulis tidak terlalu bagus maka ada beberapa terjemahan yang diambil dari google translate. Terimakasih.

Sumber :

http://www.scaruffi.com/history/blues.html

http://en.wikipedia.org/wiki/Blues

http://blues.about.com/od/bluesawards/a/14th-Annual-Maple-Blues-Awards-2011.htm

http://blues.about.com/od/bestoftheblues/tp/YoungBlues.htm

http://id.wikipedia.org/wiki/Blues

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar