Selasa, 28 Agustus 2012

Tugas 5 - Perkembangan Jeans


                  “Trend Pemakaian Jeans yang Tidak Pernah Pudar”

                  Jeans merupakan salah satu pakaian yang digunakan oleh hampir seluruh manusia yang berada di muka bumi ini. Dimulai dari seorang yang bernama Levi Strauss yang hijrah dari negeri Jerman yang hanya bermodal beberapa potong tekstil. Pada masa itu Levi Strauss menjual potongan celana yang telah ia buat dari kumpulan potongan tekstil tersebut kepada para pekerja tambang. Itulah awal nya celana jeans dilahirkan, yang dulu nya hanya di gunakan oleh para pekerja tambang di Amerika Serikat sampai mendapat julukan “celana kelas pekerja”. Celana kanvas buatan Strauss ini sangat di gemari oleh para pekerja, karena celana ini tahan lama dan tidak mudah sobek ataupun rusak. Disini lah Strauss mulai membuat inovasi-inovasi baru untuk membuat bermacam-macam jeans dengan menggunakan bahan-bahan yang ia pesan dari Genoa, Italia. Bahan yang ia pesan tersebut bernama “genes” dan setelah itu Strauss celup kan dengan warna indigo dari situ lah nama nya diubah menjadi “bluejeans” dan disini lah mulai terbit nya istilah “those pants of levi’s” dan muncul nya nama dagang pasar yang bernama “levi’s”, ini lah merk jeans pertama kali muncul di dunia.
                  Popularitas celana jeans semakin naik setelah muncul nya film cowboy yang hampir semua pemain cowboy menggunakan celana jeans, sehingga membuat kaum lelaki tua maupun muda ikut memakai nya yang tadi nya celana jeans hanya di gunakan oleh para pekerja tambang lama kelamaan jeans tersebut menjadi pakaian yang casual dan umum. Jeans benar-benar menjadi trend berkualitas, makin kesini perancang-perancang dunia mulai menggunakan jeans sebagai bahan dasar untuk mengekspresikan kreativitas mereka. Pada tahun 1980-an para perancang top dunia seperti Armani, Klein dan Versace mulai mengangkat jeans sebagai bahan yang bisa tampil anggun dengan rancangan mereka. Perkembangan jeans mulai berkembang tidak hanya itu-itu saja jenis nya, perancang mulai menyiptakan berbagai macam yang menggunakan bahan dasar jeans. Beberapa jenis-jenis jeans ada sebagai berikut:

1. Straight Cut
Jenis jeans straight cut ini adalah model jeans yang paling biasa, biasanya jatuh di bagian pinggang dan bentuk nya lurus sampai mata kaki. Dulu sebelum masa Skinny Jeans booming, banyak wanita yang menggunakan model jeans biasa seperti ini. Biasanya digunakan oleh wanita.
Straight Cut Jeans

2. Boot Cut
Boot Cut Jeans
Jeans jenis boot cut atau flare-cut ini adalah model jeans yang jatuh di bagian pinggang dan longgar di bagian kaki, dari lutut bawah sampai mata kaki. Setelah zaman straight cut, wanita di seluruh dunia mulai memakai boot cut ini, mode ini cukup lama di pakai oleh wanita-wanita di kalangan dulu namun banyak juga wanita yang masih menggunakan model straight cut. Biasanya digunakan oleh wanita

3. Wide Cut
Wide cut adalah jenis jeans yang hampir sama seperti boot cut namun perbedaan antara wide cut dan boot cut ini, wide cut jatuh dibagian pinggang dan longgar dari bagian paha sampai bagian mata kaki. Jenis jeans ini juga pernah menjadi mode di kalangan anak muda dan ibu-ibu. Banyak sekali yang menggunakan jeans ini di karenakan model nya yang sangat trendy. Biasanya digunakan oleh wanita.
Wide Cut Jeans

4. Skinny Jeans
Skinny Jeans
 Setelah keluarnya model wide cut, perancang juga mulai mengeluarkan model-model baru salah  satunya adalah skinny jeans. Skinny jeans ini jatuh di bagian pinggang dan model nya mengecil sampai mata kaki, model jeans ini hampir menyerupai legging hanya perbedaan nya legging menggunakan bahan kain sedangkan skinny jeans ini menggunakan bahan jeans. Skinny jeans menjadi trend masa kini yang sangat fashionable hampir semua kalangan muda maupun tua memakai jeans ini sampai sekarang. Muncul nya skinny jeans yang sangat booming ini membuat model-model jeans yang jauh lebih nyaman di pakai mulai dilupakan. Walaupun model skinny jeans ini ketat dan kurang nyaman, namun sangat disukai oleh kalangan wanita. Biasanya digunakan oleh wanita.

5.  Cropped Jeans
Cropped Jeans
Model cropped jeans ini berbeda dengan yang lain, panjang jeans model ini tidak mencapai mata kaki melainkan hanya ¾ aja. Biasanya digunakan untuk acara santai dan tidak digunakan untuk acara-acara formal. Biasanya digunakan oleh kaum wanita.

6. Boyfriend Jeans
Boyfriend jeans adalah jeans pria. Jeans ini berpotongan gombrong dari bagian atas sampai bagian bawah. Kadang jeans ini suka di lipat sampai bagian atas sesuai selera mereka, ini merupakan salah satu gaya yang diminati oleh pria.
Boyfriend Jeans

7.  High Rise
High Rise
Model high rise atau sering juga di sebut high waist sekarang mulai di gemari oleh kalangan muda di Indonesia ataupun seluruh dunia. Bentuk dari jeans ini berbeda, biasanya jeans di mulai dari pinggang namun ini di mulai dari atas pinggang. Bentuk bawahnya bisa seperti skinny jeans bisa juga seperti boot cut, sesuai dengan keinginan kita. Biasanya digunakan oleh wanita. 

8.  Low Rise
Beda nya low rise dengan high rise simpel, high rise dimulai dari atas pinggang beda nya low rise dimulai dari pinggul. Untuk bagian bawah nya juga sama seperti high rise bisa seperti skinny jeans bisa juga seperti boot cut, sesuai dengan pilihan kita lebih nyaman memakai jenis yang seperti apa. Biasanya digunakan oleh wanita

Denim

Bisa dibilang denim merupakan salah satu jenis dari jeans namun denim dengan jeans itu berbeda, tidak sama. Perbedaan yang ada antara denim dan jeans adalah denim terbuat dari serat kapas yang di tenun secara diagonal dengan menggunakan bahan tambahan tertentu, denim merupakan bahan yang digunakan untuk membuat jeans. Dari penjelasan terebut lah yang membuat denim dan jeans tentu jauh berbeda. Denim ini biasanya di gunakan oleh kalangan cowo muda di Indonesia maupun di luar. Denim pertama di cetuskan oleh Era Soekamto dan Ichwan untuk label mereka Urban Crew yang ditujukan bagi mereka yang muda usia, sampai Ronald Very Gaghana. Carmanita pun memakai denim dalam rancangan tahun 2002-nya, sementara rumah mode Christian Dior sudah beberapa kali mengeluarkan denim untuk label siap pakai. Tidak salah lagi, jenis denim ternyata sudah berkembang dari dulu. Zaman sekarang denim mulai kembali ikut naik daun, variasi model sangat beragam di mulai dari warna yang beragam, bergaya klasik, yang berpayet, sampai yang dibuat warnanya pudar sebagian dengan perpanduan warna yang kontras dan tajam. Modelnya pun terus berganti dari baggy, melebar di ujung bawah nya atau ketat membalut kaki bisa sebagai celana panjang, celana ¾ , celana setengah lutut hingga hotpants. Yang sekarang sedang digemari oleh kalangan muda adalah hipster, celana denim yang dikenakan di pinggul. Banyak nya variasi yang dilakukan, namun denim yang bewarna biru indigo selalu diasosiasikan sebagai pakaian kasual atau denim asli. Jika jeans mempunya berbagai jenis, denim pun tak mau kalah. Jenis-jenis denim adalah sebagai berikut:

1.   Dry/Raw Denim
Dry Denim Jeans
Denim ini merupakan denim yang belum mendapatkan post-treatment yang berarti denim yang baru selesai di buat langsung dijual, denim klasik sama hal nya seperti straight cut jeans. Dry denim ini biasa terlihat warna nya lebih gelap dan bahan nya juga lebih kaku dan semakin lama kita menggunakan nya dan memiliki nya warna denim ini semakin pudar, itulah yang membuat para pecinta denim menyukai jenis denim ini. Untuk memfasilitasi proses ini biasanya dry denim baru di cuci setelah 6 bulan pemakaian.

2. Pre-wash Denim
Dibanding dry denim, pre-wash denim bisa dibilang lebih 1 tingkat kualitasnya daripada dry denim karena pre-wash denim sudah mendapatkan post treatment sebelumnya yang menghasilkan bahan nya lebih lemas dan tidak kaku dibanding dry denim. Warna pre-wash denim juga sudah dibuat efek memudarnya karena di buat secara tidak alami atau artificial dengan bahan-bahan kimia. 
Pre-Wash Denim

3. Black Coated Denim
Black coated denim ini sungguh sangat menarik, denim tersebut di buat menggunakan bahan acrylic sehingga penggunaan semakin lama denim itu akan menimbulkan efek yang semakin mengkilap.
Black Coated Denim

4. Selvage/Selvedge Denim
Tujuan pembuatan jenis selvage denim ini adalah membentuk edge nya sendiri atau self-edge. Rajutan denim dapat di selesaikan dengan loom itu sendiri. Bedanya denim yang dihasilakn projectile loom harus di potong dan dijahit untuk menyelesaikan fabric nya. Untuk menyelesaikan ini komposisi cotton biasanya digunakan lebih banyak dan bahan salvage denim melebihi denim biasa.
Selvage Denim

Perkembangan denim dan jeans di Indonesia

               Perkembangan denim dan jeans yang masuk di Indonesia di respon positif oleh masyarakat Indonesia. Hampir kita jumpai setiap hari masyarakat Indonesia pasti menggunakan jeans, mereka menganggap menggunakan jeans dapat menyiptakan suasana yang santai dan nyaman. Para perancang Indonesia pun mulai tertarik untuk berkreativitas membuat inovasi yang baru menggunakan bahan jeans. Seiring perkembangan zaman munculah brand-brand jeans dan denim baru salah satunya adalah Peter Says Denim yang terletak di Bandung, ada nya toko Peter Says Denim ini sekarang memiliki pasar yang cukup bergengsi, dengan kehadiran brand yang telah meng-endorse puluhan band luar maupun dalam negeri ini. Setelah Peter Says Denim di terima dan laku keras oleh pasaran nasional maupun international, mulailah bermunculan brand-brand yang mengikuti Peter Says Denim yaitu salah satunya adalah HYS, KickDenim, FiveDenim, Dansbrain dan masih banyak lagi.
Apakah jeans hanya bisa digunakan untuk pakaian celana saja? Tentu tidak, banyak perancang kelas dunia maupun nasional menginovasikan bahan jeans ini menjadi celana pendek, jaket, rok, vest atau rompi, bando, sepatu dan lain-lain nya. Di era globalisasi yang maju seperti sekarang bahan jeans juga masih termasuk gaya yang trendy dan fashionable, perkembangan jeans dari zaman ke zaman semakin inovatif dan makin berkembang. Sepatu jeans contohnya, sepatu yang di buat dari jeans sekarang mulai digemari oleh kalangan muda. Perkembangan jeans ini tidak pernah pudar ataupun hilang, semua orang masih menggunakan jeans walaupun zaman sekarang mulai muncul nya kembali celana bahan yang di buat sekreatif mungkin tetapi jeans masih laku keras di pasaran. Tidak salah jika Levi Strauss menjadi sebuah legenda hidup yang akan selalu diingat di dunia fashion.

Sumber: http://re-miv.blogspot.com http://ilmuretail.com/artikel_produk/jeans.php http://ocotinaction.blogspot.com/2012/02/jenis-jenis-denim.html  www.celanadenimtwinkey.wordpress.com/2012/01/16/perkembangan-denim-jeans-di-indonesia/  

1 komentar:

  1. Thanks for sharing.. Artikel yang sangat bermanfaat.. Butuh kain berkualitas dengan harga murah? Anda bisa mendapatkannya di toko kain online yang menyediakan layanan jual kain grosir untuk berbagai macam kebutuhan. Best Regards : Fitinline

    BalasHapus