Selasa, 28 Agustus 2012

Tugas 5 - Perkembangan iPod



Zaman sekarang, iPod sudah tidak asing lagi di kehidupan kita. Mulai dari muda sampai tua, semuanya memakai iPod. Apakah iPod itu? iPod adalah produk portable media player yang dibuat dan dipasarkan oleh Apple Inc.

Ide untuk dibuatnya iPod muncul ketika Apple merasa belum ada pemutar musik digital yang bagus sehingga Apple memutuskan untuk mengembangkan pemutar musik sendiri. Produk ini dikembangkan dalam waktu kurang dari satu tahun dan diluncurkan di konferensi pers di Cupertino, California pada 23 Oktober 2001. Steve Jobs mengumumkan iPod sebagai produk yang kompatibel dengan Macintosh dengan 5 GB hard drive yang menempatkan “1.000 lagu di saku Anda.”


iPod memiliki banyak model. Semua model telah dirancang ulang beberapa kali sejak awal diperkenalkan. Desain terbaru diperkenalkan pada tanggal 1 September 2010. Berikut adalah iPod dari generasi pertama sampai sekarang.

2001
iPod classic 1st Generation
Tanggal rilis: 23 Oktober 2001
Kapasitas: 5, 10 GB
Daya tahan baterai: 10 jam



Pada tahun 2001, pasar pemutar musik masih dalam masa pertumbuhan. Sebagian besar hanya menawarkan kapasitas 32-64 MB sementara iPod memiliki kapasitas 5 dan 10 GB. Masih menggunakan mechanical scroll wheel, iPod pertama ini tidak kompatibel dengan Windows dan hanya dapat beroperasi dengan kabel FireWire.


2002
iPod classic 2nd Generation
Tanggal rilis: 17 Juli 2002
Kapasitas: 10, 20 GB
Daya tahan baterai: 10 jam


iPod pertama direvisi kurang dari satu tahun setelah awal dirilis dengan beberapa perbaikan penting. Pertama, mechanical scroll wheel diganti dengan tactile wheel. Kedua, ditambahkan dukungan terbatas untuk Windows.

2003
iPod classic 3rd Generation
Tanggal rilis: 28 April 2003
Kapasitas: 10, 15, 20, 30, 40 GB
Daya tahan baterai: 8 jam


Model ini adalah model pertama yang menawarkan dukungan penuh untuk Mac dan Windows. Selain itu, ditambahkan empat tombol dibawah layar untuk mengontrol musik. Kabel FireWire diganti dengan USB yang digunakan pada model iPod lainnya hingga kini. Apple mengganti baterainya dari lithium-polymer menjadi lithium-ion, karena itu daya tahan baterai berkurang dari 10 jam menjadi 8 jam.

2004
iPod mini 1st Generation
Tanggal rilis: 6 Januari 2004
Kapasitas: 4 GB
Daya tahan baterai: 8 jam


Konsumen bertanya-tanya apakah Apple akan mengeluarkan iPod yang lebih kecil untuk bersaing dengan rivalnya seperti iRiver dan Creative. Akhirnya, Apple merilis iPod mini yang menggunakan microdrive. Empat tombol playback telah dihilangkan dan ditempatkan di dalam scroll wheel. Ini akhirnya dikenal sebagain click wheel, dan akan digunakan untuk model iPod yang akan datang. iPod mini juga model pertama yang menawarkan berbagai pilihan warna selain warna putih yang standar.

iPod classic 4th Generation
Tanggal rilis: 19 Juli 2004
Kapasitas: 20, 40 GB
Daya tahan baterai: 12 jam


Enam bulan setelah keluarnya iPod mini, Apple memperkenalkan iPod baru yang mengambil beberapa kelebihan iPod mini. Empat tombol playback dihapus agar dapat memilik click wheel yang lebih besar dari milik iPod mini. Jangka waktu hidup baterai juga bertambah 4 jam dari model sebelumnya.

iPod Photo
Tanggal rilis: 26 Oktober 2004
Kapasitas: 30, 40, 60 GB
Daya tahan baterai: 15 jam


iPod Photo memiliki layar berwarna dan dapat menyimpan foto, tidak seperti model-model sebelumnya yang hanya dapat menyimpan musik. iPod Photo tidak menggantikan iPod classic 4th Gen., melainkan ada sebagai alternatif yang tentunya lebih mahal. Pada tanggal yang sama, Apple juga merilis iPod® U2 Special Edition yang berkapasitas 20 GB sebagai bagian dari kerjasama antara Apple, U2, dan Universal Music Group untuk menciptakan produk baru yang inovatif bagi era musik digital. Produk ini diluncurkan juga untuk mempromosikan album U2 yang akan dirilis pada bulan November, “How to Dismantle an Atomic Bomb”.

iPod® U2 Special Edition



2005
iPod shuffle 1st Generation
Tanggal rilis: 11 Januari 2005
Kapasitas: 512 MB, 1 GB
Daya tahan baterai: 12 jam


Beberapa bulan kemudian, Apple memperkenalkan iPod pertama mereka yang menggunakan flash memory, yaitu iPod shuffle. iPod yang satu ini tidak memiliki layar seperti model iPod lainnya. Karena itu, lagu akan dimainkan secara acak, atau shuffle. Berukuran kecil, iPod shuffle juga dapat digunakan sebagai USB flash drive.

iPod mini 2nd Generation
Tanggal rilis: 22 Februari 2005
Kapasitas: 4, 6 GB
Daya tahan baterai: 18 jam

Tak lama setelah iPod shuffle dirilis, Apple memperkenalkan upgrade untuk iPod mini. Tidak banyak yang berubah, hanya saja daya tahan baterai bertambah menjadi 18 jam.

iPod Color
Tanggal rilis: 28 Juni 2005
Kapasitas: 20, 60 GB
Daya tahan baterai: 15 jam


Sementara iPod Photo dimaksudkan sebagai alternatif dari iPod classic, akhirnya Apple menghilangkan iPod dengan layar hitam-putih dengan merilis iPod Color. Perubahan yang lain kecil dan tidak signifikan.

iPod nano 1st Generation
Tanggal rilis: 7 September 2005
Kapasitas: 1, 2, 4 GB
Daya tahan baterai: 14 jam


Di akhir musim panas tahun 2005, iPod nano diperkenalkan. iPod nano menggantikan iPod mini sebagai alternatif yang lebih kecil dan lebih mudah dibawa. iPod nano menawarkan layar berwarna, yang berarti iPod dengan layar hitam-putih sudah tidak diproduksi lagi. Namun, fans yang terbiasa dengan warna cerah iPod mini kecewa karena iPod nano hanya ada dalam warna hitam dan putih.

iPod classic 5th Generation
Tanggal rilis: 12 Oktober 2005
Kapasitas: 30, 60 GB
Daya tahan baterai: 14/20 jam audio, 2/3 jam video


Tidak lama setelah rilisnya iPod nano, Apple meluncurkan iPod classic generasi baru. Apa yang membuat iPod ini berbeda dengan yang sebelumnya? Fitur yang sudah lama ditunggu-tunggu, yaitu pemutaran video. Ukuran keseluruhan iPod ini pun lebih kecil dari generasi sebelumnya.

2006
iPod classic 5.5 Generation
Tanggal rilis: 12 September 2006
Kapasitas: 30, 80 GB
Daya tahan baterai: 14/20 jam audio, 3.5/6.5 jam video


Selama beberapa tahun pertama, Apple umumnya merilis model iPod baru pada tanggal terpisah dan interval yang berbeda-beda. Tetapi kali ini, pada tahun 2006 mereka meluncurkan versi baru dari iPod classic, iPod nano, dan iPod shuffle pada hari yang sama. Tidak ada perubahan yang signifikan di iPod classic 5.5 Generation. Hanya saja, daya tahan baterai untuk pemutaran video bertambah, dan model 60 GB diganti dengan model 80 GB.

iPod nano 2nd Generation
Tanggal rilis: 12 September 2006
Kapasitas: 2, 4, 8 GB
Daya tahan baterai: 24 jam


Versi kedua iPod nano mempertahankan ukuran dan bentuk yang sama, tetapi bodi iPod yang mudah tergores diganti dengan bahan aluminium seperti iPod mini. Juga seperti iPod mini, beberapa pilihan warna baru ditawarkan.

iPod shuffle 2nd Generation
Tanggal rilis: 12 September 2006
Kapasitas: 1, 2 GB
Daya tahan baterai: 12 jam


iPod shuffle 2nd Generation juga menggunakan bodi aluminium yang lebih tahan lama. Apple menghilangkan tampilan yang seperti USB flash drive untuk desain yang lebih lebar dan datar, yang bisa dijepitkan di pakaian penggunanya. Kapasitas maksimum digandakan dan warna yang ditawarkan lebih beragam.

2007
iPod classic 6th Generation
Tanggal rilis: 5 September 2007
Kapasitas: 80, 120 (2008), 160 GB
Daya tahan baterai: 30/40 jam audio, 5/7 jam video


Hampir satu tahun kemudian, iPod classic 6th Generation dirilis. Memiliki bodi aluminium yang sama seperti iPod nano dan iPod shuffle. Daya tahan baterai dan kapasitas iPod ditingkatkan secara signifikan. Pada tahun 2008, kapasitas 80 & 160 GB diganti dengan kapasitas 120 GB. Pada tahun 2009, kapasitas 120 GB diganti dengan kapasitas 160 GB.

iPod nano 3rd Generation
Tanggal rilis: 5 September 2007
Kapasitas: 4, 8 GB
Daya tahan baterai: 24 jam audio, 5 jam video


Desain panjang dan tipis yang familiar dari model sebelumnya digantikan oleh bentuk persegi. Click wheel menyusut untuk memberikan ruang pada layar yang lebih besar. Perubahan terakhir ini sangat berguna mengingat iPod nano 3rd Generation ini adalah iPod nano pertama yang menawarkan fitur pemutaran video.

iPod touch 1st Generation
Tanggal rilis: 5 September 2007
Kapasitas: 8, 16, 32 GB
Daya tahan baterai: 22 jam audio, 5 jam video


Saat iPod touch pertama kali diluncurkan, segera terlihat bahwa iPod touch sangat berbeda dengan model-model iPod sebelumnya. Click wheel hilang dan digantikan oleh layar sentuh yang menutupi hampir seluruh permukaan iPod. Internet juga dapat diakses melalui fitur wi-fi. iPod touch didukung oleh sebagian besar program yang tersedia di App Store.

2008
iPod nano 4th Generation
Tanggal rilis: 9 September 2008
Kapasitas: 4, 8, 16 GB
Daya tahan baterai: 24 jam audio, 4 jam video


iPod nano kembali ke bentuknya yang lebih tinggi dan vertikal. Layarnya juga menjadi lebih panjang. Ketika diputar, iPod nano akan memainkan video dengan layar yang lebih lebar. Apple juga menambahkan built-in accelerometer, yang memungkinkan pengguna untuk mengacak lagu hanya dengan menggoyangkan iPod.

iPod touch 2nd Generation
Tanggal rilis: 9 September 2008
Kapasitas: 8, 16, 32 GB
Daya tahan baterai: 36 jam audio, 6 jam video


iPod touch 2nd Generation ini menawarkan beberapa perbaikan internal maupun eksternal. Menggunakan bodi chrome yang sama seperti iPhone, iPod touch ini juga ditambahkan tombol volume eksternal, speaker eksternal, dan tombol hold. Di dalamnya, ditambahkan fitur Nike+ dan Bluetooth. Nike+ adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengukur jarak dan kalori yang terbakar saat lari sambil mendengarkan lagu. Tetapi dibutuhkan sepatu Nike yang memiliki fitur Nike+ dan sensor untuk menghubungkan sepatu dengan iPod.

2009
iPod shuffle 3rd Generation
Tanggal rilis: 11 Maret 2009
Kapasitas: 4 GB
Daya tahan baterai: 10 jam


Pada awal tahun 2009, iPod shuffle dirombak habis-habisan. Bentuknya menjadi lebih panjang dan tipis, menyerupai paket kecil permen karet. Tidak ada tombol kontrol di iPod shuffle yang satu ini, jadi, pengguna harus menggunakan earphone resmi dari Apple yang memiliki tombol kontrol. Dilengkapi juga dengan fitur VoiceOver sehingga pengguna mengetahui lagu yang akan dimainkan selanjutnya.

iPod nano 5th Generation
Tanggal rilis: 9 September 2009
Kapasitas: 8, 16 GB
Daya tahan baterai: 24 jam audio, 5 jam video


Bentuk dan ukuran hampir sama seperti iPod nano versi sebelumnya. Hanya saja ditambahkan fitur radio FM, pedometer, dan kamera yang memungkinkan fungsi perekaman video. Juga ada 9 pilihan warna yang ditawarkan.

iPod touch 3rd Generation
Tanggal rilis: 9 September 2009
Kapasitas: 32, 64 GB
Daya tahan baterai: 30 jam audio, 6 jam video


Tidak banyak yang berubah, kecuali penambahan fitur voice control, VoiceOver, dan juga RAM, CPU, dan GPU yang telah di upgrade. Selain itu, model dengan kapasitas 8 GB telah dihilangkan.

2010
iPod shuffle 4th Generation
Tanggal rilis: 1 September 2010
Kapasitas: 2 GB
Daya tahan baterai: 15 jam


Apple kembali dengan desain sebelumnya, karena sepertinya iPod shuffle 3rd Generation yang tidak memiliki tombol kurang diminati konsumen. Selain itu, daya tahan baterai diperpanjang dan ditambah dengan tombol VoiceOver.

iPod nano 6th Generation
Tanggal rilis: 1 September 2010
Kapasitas: 8, 16 GB
Daya tahan baterai: 24 jam


Apple mengeluarkan iPod nano 6th Generation dengan desain baru yang jauh berbeda dari iPod nano sebelumnya—yaitu bebas dari click wheel dan digantikan dengan layar sentuh seperti iPod touch, namun ukurannya jauh lebih kecil dan berbentuk persegi. Masa pakai baterai dan kapasitas tetap sama, namun fitur kamera dan pemutar video dihilangkan.

iPod touch 4th Generation
Tanggal rilis: 1 September 2010
Kapasitas: 8, 32, 64 GB
Daya tahan baterai: 40 jam audio dan 7 jam video


Setelah bertahun-tahun menunggu, akhirnya iPod touch dilengkapi dengan fitur kamera. Tapi bukan hanya ada di belakang iPod, Apple juga melengkapinya dengan kamera di depan yang menghadap ke pengguna agar dapat menggunakan salah satu fitur barunya dalam video chatting, yaitu FaceTime. Seperti iPhone 4 dan iPad 2, iPod touch 4th Generation menggunakan Retina Display, yaitu layar beresolusi tinggi dan serta prosesor terbaru Apple, A4.

Setelah hampir 11 tahun berkembang, mulai dari tebal hingga menjadi tipis, tidak berwarna menjadi berwarna, 1 GB menjadi 160 GB, 1.000 lagu menjadi 40.000 lagu, tentu saja Apple akan terus membuat inovasi baru dan menambahkan fitur baru ke produknya agar dapat memuaskan konsumennya. Apakah kita akan pernah puas dengan teknologi yang sudah ada?

Sumber:
  1. http://www.businessinsider.com/10-years-of-the-ipod-2011-10#
  2. http://www.ign.com/articles/2010/09/03/igns-history-of-the-ipod?page=1
  3. http://en.wikipedia.org/wiki/IPod
  4. http://en.wikipedia.org/wiki/IPod_Shuffle
  5. http://en.wikipedia.org/wiki/IPod_Touch
  6. http://www.apple.com/pr/library/2004/10/26Apple-Introduces-the-U2-iPod.html


2 komentar:

  1. really a very nice blog i really appreciate all your efforts ,thank you so much for sharing this valuable information with all of us
    Packers and Movers Mumbai

    BalasHapus
  2. I must be thankful for sharing your ideas.Thank you for the good writeup.its a brelient job.please visit here for more detail:
    Packers And Movers Bangalore charges

    BalasHapus