Jumat, 24 Agustus 2012

Tugas-5 Perkembangan Hair Extensions


RAMBUT PANJANG NAN INDAH

Hair Extensions  adalah metode pemanjangan rambut seseorang dengan memasukkan rambut buatan atau rambut alami yang dikumpulkan dari orang lain menggunakan lem khusus yang disebut polymer microtien yang hanya akan melebur pada pemanasan bersuhu sekitar 180 derajat. Hair extensions sangat diminati oleh kaum wanita terutama para sosialita yang memerlukan tampilan menarik setiap hari.
Teknik-teknik yang canggih pun dilakukan walaupun umumnya hanya bertahan 3-5 bulan untuk mengubah rambut secara drastis dengan mendapatkan warna dan tekstur rambut yang tepat. 
Dalam perkembang­annya, hair extensions tidak hanya me­nyambung beberapa untaian rambut saja, melainkan me­nyambung sebagian be­sar rambut agar terlihat lebih panjang sempurna. Untuk mendapatkan se­buah gaya rambut yang me­nawan memang membutuhkan biaya yang tidak murah. Kendati demikian, ada be­berapa hal yang harus diperhatikan agar proses hair extensions tidak mengalami kegagalan dan bebas permasalahan. Pertama, rambut harus memiliki akar yang kuat agar saat disambung tidak meng­alami kerontokan. Kedua, rambut harus sehat agar terbebas masalah ketom­be atau ke­ru­sakan saat dila­kukan pe­nyam­bungan.
Penelitian dan pengembangan hair extensions telah maju selama bertahun-tahun. Produk yang digunakan untuk perawatan hair extensions sangat jauh berbeda dan lebih efektif karena proses pengujian yang ekstensif dan sangat ketat. Hair extensions dengan kadar air yang luar biasa sangat fleksibel, elastis, serta secara alami bergoyang dan tidak mudah rusak.

SEJARAH HAIR EXTENSIONS


Hair extensions mungkin tampak seperti sebuah penemuan baru. Namun kenyataannya, perempuan telah menerapkan hair extensions untuk menggambarkan penampilan mereka yang elegan sejak zaman Mesir. Selain itu untuk menghindari mereka dari infeksi kutu kepala.
Trend ini terus naik hingga tahun 1800-an ketika hair extensions pada dasarnya dilarang. Selama tahun-tahun pra dan pasca perang, hair extensions menyelinap keluar dan menyelam dari dunia fashion meskipun tetap menjadi idola di pinggiran masyarakat.
Knots Apollo
Hair extensions digunakan begitu luas di era Queen Victoria yang berasal dari rambut manusia palsu yang dijual di Perancis pada tahun 1871 dengan "Knots Appollo" yang rumit. Secara tradisional, hair extensions hanya dikenakan oleh orang yang sangat kaya yang tidak hanya bisa membayar mahal biaya hair extensions tetapi juga mampu duduk diam selama sekitar 12-15 jam.
Hair extensions berkembang di Asia Tenggara sejak pertengahan abad ke 19. Ribuan tahun kemudian, negara-negara Asia mempelajari proses dan produksi hair extensions yang akan dijual ke seluruh dunia.  Hair extensions akhirnya menjadi lebih populer ketika orang lain menyadari kemungkinan apa yang akan terjadi ketika hair extensions diterapkan dengan cara yang glamor.
Debbie Harry
Pada tahun 1970-an, selebriti mulai menciptakan trend hair extensions di era glam-rock dengan pesona baru menggunakan wig. Hair extensions menjadi lebih populer berkat ikon ternama seperti Debbie Harry dan Bonnie Tyler.
Victoria Beckham
Bahkan selama tahun 1990-an, hair extensions jauh lebih terjangkau untuk semua orang, bukan hanya untuk orang kaya dan terkenal.  Ini semua berkat salah satu personil Spice Girls, Victoria Beckham yang menjadikan hair extensions semakin popular, ketika dia pertama kalinya dengan David Beckham difoto sepanjang waktu untuk kepentingan publik dan muncul di sampul majalah atau surat kabar. Victoria tampil dengan gaya rambut yang berbeda-beda. Beberapa hari yang lalu dia memiliki rambut pendek, beberapa hari berikutnya dia menciptakan trend hair extensions.
Gaya Rambut Pompadour
Awal abad ke 20, para wanita Edwardian memakai hair extensions untuk menciptakan gaya rambut pompadour yang tampak seperti seorang wanita mengenakan poci di kepalanya agar terlihat lebih modis. Para wanita kulit hitam menggunakan hair extensions untuk memperbaiki tekstur rambut.
Sejak saat itu trend hair extensions menjadi jauh lebih luas dengan banyak orang yang menggunakannya untuk alasan yang berbeda-beda.  Para remaja mencari rambut panjang untuk hair extensions seperti halnya para wanita tua mencoba untuk menggantikan rambut yang menipis. Inilah yang menjadi alasan mengapa hair extensions menjadi sangat populer hingga saat ini.

JENIS RAMBUT YANG DIGUNAKAN UNTUK HAIR EXTENSIONS

            Rambut Sintetis
Rambut sintetis terbuat dari serat sintetis. Rambut sintetis lebih cepat kaku dan rusak karena gesekan dan panas. Rambut sintetis tidak akan pernah mungkin terlihat seperti rambut manusia. Namun rambut sintetis jauh lebih murah daripada rambut manusia. Alat pengeriting rambut umumnya tidak boleh digunakan pada sebagian besar jenis rambut sintetis.


            Rambut Manusia
Batang rambut terdiri dari protein keras yang disebut keratin dalam tiga lapisan. Lapisan dalam disebut medula. Lapisan berikutnya adalah korteks dan lapisan luar adalah kutikula. Korteks membentuk mayoritas batang rambut. Pigmen sel memberikan warna rambut yang khas. Kutikula terbentuk dari sel-sel mati yang memberikan kekuatan pada batang rambut dan melindungi struktur bagian dalam rambut. Kutikula rambut adalah garis pertahanan pertama terhadap segala bentuk kerusakan, bertindak sebagai pelindung untuk struktur rambut yang lembut, juga mengontrol kadar air. Cara untuk mendapatkan rambut terbaik dengan kutikula yang utuh dan menghadap ke arah yang sama adalah dengan menggunakan jasa kolektor rambut yang memotong rambut langsung dari kepala orang dan dibundel seperti ekor kuda. Rambut manusia yang paling banyak digunakan untuk tenun dan wig diperoleh dari Asia seperti Cina, India, dan Korea. 
            Rambut Premium
Rambut premium adalah bentuk yang paling populer dan sering tersedia, dijual di sebagian besar toko pasokan kecantikan di seluruh dunia. Rambut premi reguler umumnya merupakan jenis rambut yang paling murah. Kutikula hadir dalam arah yang berbeda dan rambut yang rentan terhadap kekusutan. Rambut premium tangle-bebas diperoleh dari bahan kimia untuk menghilangkan kutikula. Proses ini dapat mengurangi gesekan antara rambut dan meninggalkan sisa-sisa bebas kusut rambut. Dalam rangka memberikan penampilan rambut yang sehat alami, laminasi diterapkan pada rambut untuk memberikan tampilan yang mengkilap dan halus.
KUALITAS RAMBUT YANG AKAN DIGUNAKAN UNTUK HAIR EXTENSIONS
§  Usia rambut tidak terlalu tua atau remaja.
§  Rambut belum diwarnai atau diproses dengan bahan kimia atau dengan cara apapun.
§  Rambut secara ketat diatur dengan akar dalam satu arah dari ujung ke ujung agar tetap mengkilap (remy).
§  Komposisi rambut yang baik. Rambut memiliki 2 inchi perbedaan tipis, yaitu beberapa rambut akan sampai 2 inchi lebih pendek daripada panjang aslinya.
§  Komposisi ujung dan pangkal rambut tidak terbalik, saat dipegang dari atas ke bawah terasa halus.
§  Rambut dikumpulkan dari panjang tertentu, memiliki semua rambut pendek dalam satu bundel manual, supaya helai rambut di salah satu ujung dengan ujung yang lain muncul lebih tebal dan tidak tipis pada ujungnya.

TEKNIK HAIR EXTENSIONS

Clip In/Clip On Hair Extensions
Teknik ini adalah teknik yang paling permanen dan efektif. Satu set clip rambut palsu memiliki lebar sekitar 2-8 inchi. Rambut ditengkuk, lalu dipotong rapi, kemudian rambut palsu ditempatkan dengan clip terbuka dan menghadap kulit kepala. Clip in dapat dikenakan sepanjang hari namun harus dilepas sebelum tidur. Clip-on hair extensions datang dalam berbagai warna dan panjang yang berbeda.

            Bonding & Sealing Extensions
Bonding memiliki jangka waktu yang lebih singkat yaitu 3 minggu, melibatkan penerapan lem rambut ke bagian rambut alami seseorang. Teknik ini umumnya tidak menyebabkan kerusakan rambut kecuali jika tanpa arahan dari seseorang yang professional. Perekat rambut khusus digunakan untuk mencegah kerusakan rambut alami seseorang. Perekat rambut yang lembut terbuat dari lateks, akrilik, atau silikon. Perekat rambut yang keras tidak berbasis air.

            Tenun
Tenun dapat mengubah penampilan seseorang untuk jangka panjang atau singkat dengan menambahkan rambut lebih lanjut untuk rambut alami seseorang atau dengan menutup rambut alami semua bersama-sama dengan hairpieces alami atau sintetis. Tenun alami atau sintetis tambahan dapat memberikan volume, panjang, dan warna rambut seseorang tanpa kerusakan bahan kimia atau mengadopsi tekstur rambut yang berbeda dari mereka sendiri. Teknik ini tumbuh di tahun 1950-an dan meluas ketika era ‘afro’ berevolusi.
            Fusi
Teknik ini adalah teknik yang paling serbaguna dan alami menggunakan lem dan silikon. Sebuah mesin yang mirip dengan pistol lem panas digunakan untuk melampirkan hair extensions agar terlihat benar-benar otentik. Sebuah penjepit panas kemudian digunakan untuk mencairkan perekat hair extensions. Teknik ini relatif lebih mahal karena lebih banyak membutuhkan presisi dan waktu sekita 4-8 jam.

            Netting
Teknik ini melibatkan jaring rambut yang ditempatkan diatas rambut seseorang, berfungsi sebagai permukaan datar kemana hair stylist bisa menenun hair extensions. Teknik ini memerlukan waktu 2-4 jam untuk menyelesaikan.

            Lace Front
Lace Front terbuat dari bahan nilon yang dibentuk menjadi topi yang dengan knotting untai tunggal rambut ke dalam lubang kecil topi, memberikan rambut yang lebih alami dan otentik. Untuk memastikan hair extensions yang tepat, pengukuran kepala pun diperhitungkan. Metode ini digunakan oleh wanita di seluruh dunia karena memungkinkan untuk memiliki akses ke bagian tertentu dari kulit kepala mereka dan pada saat yang sama memberikan tampilan alami dan menarik.
            Pelacakan
Salah satu teknik yang paling umum digunakan karena cukup cepat hanya membutuh waktu 1 jam dan berlangsung jauh lebih lama daripada teknik lainnya yaitu 8 minggu. Pelacakan melibatkan pengepangan rambut seseorang. Kepangan dijahit ke bawah mengikuti arah bagaimana rambut akan jatuh atau ditutupi dengan jaring kemudian rambut tambahan dijahit ke kepangan. Untuk mencegah rambut yang bergelombang atau tidak rata, rambut dijahit horizontal di kepala dari satu sisi ke sisi lain dimulai dari bawah dengan jarum yang dibuat berujung tumpul. Dapat ditambahkan dengan benang jika ikatan tidak cocok karena memiliki rambut dengan minyak berlebih atau karena ada kebutuhan untuk mencuci rambut setiap hari, menghindari kerusakan pada rambut alami karena hair extensions tidak rentan terhadap unsur-unsur eksternal seperti panas, minyak dan air.
            Micro Ring
Pemasangan hair extensions praktis dan mudah tanpa lem, bisa dilakukan di rumah, hanya dibutuhkan pliers (tang), hook (pengkait untuk memasukkan hair extension ke dalam ring), hair extensions, dan ring saja.
Cara memasang micro ring
Cara melepas micro ring
            Hair Locs
Hair locs aman digunakan dan tidak menggunakan lem atau keratin yang panas. Hair locs melekat pada rambut asli dengan menggunakan kerang koplis mikroskopis. Hair locs cocok untuk rambut Kaukasia dan Afrika-Amerika. Hair locs dapat digunakan untuk pria atau wanita dengan masalah rambut menipis dengan pengaruh minimal pola penipisan rambut alami. Hair locs diterapkan di belakang garis rambut.
            Ultra Stands
Teknik berbasis keratin yang melekat pada rambut asli menggunakan kelompok helaian kecil.

TEKSTUR HAIR EXTENSIONS

§  Silky Straight (lurus dan halus seperti rambut orang Asia Timur)
§  Yaki (lurus seperti rambut orang Karibia)
§  Eropa (tidak selurus rambut Asia, memiliki sejumlah kecil gelombang)
§  Gelombang Dalam (terlihat seperti ikal spiral)
§  Gelombang Longgar Jauh
§  Jheri Curl (sering digunakan untuk menciptakan model 'afro')
Rick James
§  Wavy (lembut, ikal alami yang kembali ke keadaan keriting saat basah)

KERAMAS DAN STYLING SETELAH HAIR EXTENSIONS
            Penelitian menunjukkan bahwa mengeringkan rambut setelah keramas dengan handuk dengan cara mengelus rambut dalam satu arah atau ratusan arah dapat menyebabkan kerusakan rambut. Menyisir rambut membentang memiliki kemungkinan meningkatnya kerusakan rambut. Ketika rambut membentang dari panjang normal dapat menyebabkan kerusakan rambut permanen dan tidak dapat bangkit kembali ke bentuk aslinya. Dengan hair extensions, kemungkinan bahwa rambut menjadi rusak akan jauh lebih meningkat. 
Keramas setelah hair extensions bisa semudah keramas rambut biasa, namun dengan beberapa pertimbangan seperti menggunakan shampoo ringan, metode menyisir dari bawah baru ke atas dengan bagian atas menggunakan sisir sasak dan bagian sambungan menggunakan sisir biasa, serta pengaturan panas ketika mengeringkan rambut. Keramaslah 3 kali dalam seminggu dengan produk yang mengandung bahan pendingin kulit kepala.
Saat keramas, kepala harus tegak atau mendongak, dan gerakan jari hanya boleh secara vertikal atau horizontal dan tidak terlalu renggang. Air dingin dianjurkan pada saat keramas untuk mengurangi atau mencegah anyaman dan kekusutan yang berlebihan. Konditioner pun harus digunakan pada ujung rambut agar uap air dapat diserap dan rambut tetap berkilau, untuk membantu mengurangi gesekan antara helai rambut, menjaga kelembaban rambut, serta mencegah rambut kering dan kasar.
Pewarnaan atau pengeritingan hair extensions dilakukan secara terpisah. Memberi shine serum sebelum mencatok hair extensions dan hindari bagian sambungan. Saat blow, keringkan dahulu bagian akar hingga atas sambungan dan jangan tempelkan mulut hair dryer terlalu dekat dengan sambungan karena akan mengakibatkan lem atau jahitan rusak. Sebelum tidur, disarankan mengepang kendur atau mengikat kendur rambut dengan ikat rambut berbahan lembut agar hair extensions tidak kusut. Jangan lupa untuk selalu memberikan vitamin penguat rambut.

FEATHER HAIR EXTENSIONS

Trend feather hair clip memang pernah booming di tahun 1970-an ketika boho style menjadi populer. Musim panas tahun ini, feather hair clip kembali menjadi trend namun dengan teknologi yang lebih maju dan menjadi trend masa kini di kalangan selebriti Hollywood, mulai dari Demi Lovato, Selena Gomez, Bella Thorne, Ke$ha, Jennifer Love Hewitt, Hillary Duff, Nicole Scherzinger, hingga Steven Tyler. Steven Tyler memakai trend terbaru ini pada American Idol ditemani dengan Thia, salah satu peserta American Idol.  
Demi Lovato
Selena Gomez
Bella Thorne
Ke$ha
Jennifer Love Hewitt
Hillary Duff
Nicole Scherzinger
Steven Tyler
Feather hair extensions yang sensasional ini terbuat dari bulu hewan asli, namun ada pula yang terbuat dari bulu sintetis yang colorful. Bulu-bulu lembut aneka macam ini dikaitkan ke rambut sebagai hair extensions yang memungkinkan tampilannya semakin natural dan menyatu dengan rambut asli. Warna-warna bulu burung tropis berpadu dengan motif cantik sangat cocok untuk warna rambut apa pun, dari blonde, brunette, brown hingga warna hitam khas orang Asia.
Feather hair extensions kembali diperkenalkan melalui panggung catwalk untuk musim gugur di tahun 2011. Feather dengan warna terang dan bermotif berani menjadi highlight yang menghiasi rambut para model Cushnie et Ochs dan Gucci dalam peragaan busananya.
Cushnie et Ochs
Gucci
Berbeda dengan hair extensions biasa, feather hair extensions memberikan kesan yang berbeda untuk hair do karena dapat disesuaikan dengan kepribadian pemakainya dan cocok digunakan untuk segala acara, tidak hanya untuk acara formal, terkadang juga dapat digunakan untuk acara santai bersama teman-teman. Tidak hanya memberikan kesan rambut yang lebih panjang atau rambut dengan warna di luar warna rambut natural, namun juga memberikan kesan edgy.
Hair stylist Joy La Rosa dari Sam Brocato Salon dan Trina Marr dari Hair Flairs Canada mengatakan bahwa dengan teknologi yang ada, feather hair extensions ini bisa dicuci dengan shampoo, di blow dried, dan bisa digunakan untuk rambut keriting maupun lurus. Untuk pemakaian yang lebih praktis, desainer juga menyediakan model hair clip dengan kualitas bulu yang sama. Hair clip memungkinkan penggunanya melepas dan memasang aksesoris bulu dengan mudah dan cepat.
Untuk rambut Asia yang hitam pekat, bisa memilih warna-warna terang seperti biru, merah dan kuning. Pilihan warna coklat juga bisa jadi pilihan untuk tampilan yang trendy namun tetap elegan.



Sumber :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar