Minggu, 26 Agustus 2012

Tugas-5 Perkembangan Google

"Berawal dari garasi, hingga menjadi mbah serba tahu bagi semua orang"

           Di era globalisasi ini, mencari informasi tentu bukanlah hal yang sulit. Informasi bisa didapatkan melalui banyak cara, misal dengan surat kabar atau Koran, majalah, radio, televisi, sampai internet.

            Seringkah Anda mendengar, jika kita butuh informasi atau tidak mengerti tentang suatu hal, pasti ada yang berkata “Coba tanya Om Gugel saja”  atau “Udah, tinggal cari aja di Google, jadi deh” atau bila ada tugas kita sering sekali mendengar “Co-pas saja dari Google”. Sebenarnya, siapakah om Gugel ini? Mengapa sepertinya om Gugel ini merupakan sosok yang dikenal sebagai yang serba tahu? Dan siapakah sosok dibalik kesuksesan Google ini?

 

ASAL KATA GOOGLE

            Google. Bila mendengar namanya, atau melihat tulisannya, ini merupakan sebuah kata yang unik. Kadang suka terlintas di kepala, mengapa namanya Google? Dari mana asalnya? Google, merupakan sebuah kata yang berasal dari Googlo, dan juga ada yang menyebutkan berasal dari ucapan “Googol” yang artinya salah. Seorang ahli matematika berkebangsaan Amerika Serikat yang merupakan keponakan dari Edward Kesner yaitu Milton Sirotta yang membuat kata Google tersebut. Kata Googlo ini termasuk ke dalam salah satu istilah yang digunakan untuk penyebutan angka satu kemudian diikuti dengan angka nol. Penggunaan kata Google sendiri bisa dibilang merupakan sebuah refleksi atau cerminan dari kata Googlo tersebut. Kata Google sendiri kini telah dimasukkan ke dalam Merrian Webster Collegiate Dictionary dan Oxford English Dictionary pada tahun 2006, yang memiliki arti “menggunakan mesin pencari Google untuk memperoleh informasi di Internet.”

            Dalam sejarah Google, kata Google memiliki dua huruf ‘o’. Bisa dibilang hal ini adalah hal yang unik. Sebagian orang menganggap ini unik karena jika data hasil pencarian ditemukan, maka jumlah huruf ‘o’ akan muncul sesuai dengan banyaknya web yang telah didapat mesin pencari atau search engine.



PERKEMBANGAN GOOGLE

            Perkembangan berdirinya Google awalnya dimulai sebagai sebuah proyek pencarian pada bulan Januari tahun 1996 oleh dua mahasiswa dengan gelar PhD dari Universitas Stanford, California, yaitu Larry Page dan Sergey Brin. Awalnya, pertemuan antara Larry Page dan Sergey Brin adalah sebuah ketidaksengajaan. Larry Page merupakan seorang alumni S1 Universitas Michigan yang sedang menikmati kunjungan akhir pekan dan Brin adalah pengantar Page.

Larry Page (kiri) dan Sergey Brin (kanan), kedua "Bapak" Google


            Dalam proyek pencarian tersebut, mereka memberi hipotesis bahwa sebuah mesin pencari (search engine) yang dapat menganalisa hubungan antara website dapat menhasilkan hasil yang lebih baik dari teknik yang sudah ada, dan tu dapat menilai hasil berdasarkan jumlah pencarian tersebut muncul pada sebuah halaman. Hasil kolaborasi mereka dalam proyek ini kemudian menghasilkan sebuah search engine yang diberi nama “BackRub”.

Andy Bectolsheim
            Search engine Page dan Brin digunakan oleh Stanford University di google.stanford.edu. Sedangkan domain google.com baru diregristrasikan pada 15 September 1997. Larry Page dan Sergey Brin terus berusaha untuk melakukan penyempurnaan teknologi Google selama awal tahun 1998. Dalam melakukan penyempurnaan teknologi ini, mereka berdua  juga memulai untuk mencari investor-investor dalam upaya pengembangan kecanggihan teknologi pada Google. Pada tanggal 4 September 1998, perusahaan ini masih menjadi salah satu perusahaan saham pribadi. Salah seorang pendiri Sun Microsystems, Andy Bectolsheim, sepakat dan tertarik dengan ide mereka berdua. Setelah Page dan Brin menunjukkan demo secara singkat kepada Andy, Andy pun memberikan investasi nya kepada mereka berupa cek senilai US $ 100.000.

Tampilan awal Google


Dan pada akhirnya, tanggal 7 September 1998, di sebuah garasi rumah di daerah Menlo Park, California, perusahaan ini pun berdiri dengan nama Google Inc. Investasi awal yang diperoleh untuk perusahaan baru ini bernilai hampir S1,1 juta, termasuk cek yang diberikan oleh Andy Bechtolsheim. Kemudian, perusahaan Google Inc. memindahkan kantornya menjadi di Palo Alto. Palo Alto sendiri merupakan rumah bagi beberapa perusahaan teknologi di Silicon Valley. Sejak saat itu, Google terus berkembang dan terus memperoleh banyak kunjungan ke searh engine atau mesin pencarinya karena desain yang simple dan hasil pencarian yang bagus. Google pun tumbuh melampaui dua situs lainnya. Perusahaan Google Inc pun kemudian menyewa sebuah komplek bangunan di 1600 Ampitheatre Parkway, Mountain View dari Silicon Graphics (SGI) di tahun 2003. Hingga saat ini, Google telah menetap di tempat tersebut , dan komplek ini mulai dikenal sebagai Googleplex. Nama Googleplex sendiri merupakan plesetan dari kata Googolplex yang memiliki arti: angka 1 yang diikuti oleh seratus nol.
Googleplex, kantor Google sampai sekarang
 
Bagian dalam Googleplex

            Pada bulan September tahun 2001, mekanisme dari Page Rank Google diberikan sebuah Hak Paten Amerika dan hak paten tersebut diberikan secara resmi kepada Leland Stanford University dan mencantumkan nama Lawrence Page sebagai Sang Pencipta. Pada awal masa perkembangannya, Google menghadapi saingan pertamanya yaitu Yahoo. Namun pada akhirnya Google mendapatkan hasil menang telak dalam saingannya tersebut. Kemudian Google juga bersaing dengan MSN, tetapi MSN juga kalah dalam persaingan ini. Lalu Google juga bersaing dengan Baidu, dan Google juga menang secara mendunia kecuali di China. Hingga pada akhirnya Google bersaing dengan saingan baru dari Microsoft yaitu Bing, sebuah search engine baru dengan mencatat prestasi dari sisi jumlah pengguna yang terus menerus meningkat, tetapi tetap Google yang menang walaupun dengan hasil yang ketat.



            Di tahun 2003, perusahaan Google menambah petugas pengembangan di New York City untuk bertanggung jawab untuk lebih dari 100 Proyek Pengembangan Google, termasuk Google Maps, Google Spreadsheet, dll. Pada bulan Februari 2003, Google membeli Pyra Labs, yaitu pemilik Blogger yang merupakan sebuah situs web pionir dan pemimpin Hosting Weblog pada saat itu.

            Google sendiri mencapai masa kejayaannya pada awal 2004, Google telah mengurus hampir 84% dari seluruh permintaan pencarian di internet melalui website nya sendiri maupun milik klien-kliennya seperti Yahoo, AOL, dan CNN. 19 Agustus 2004, Google berhasil mengumpulkan dana sebesar $1,67 Milyar yang kemudian memjadi $23 Milyar melali berbagai jenis pengembangan produk dan pengambil alihan mttra. Bisnis pencarian Google pun telah diperluas hingga area lain seperti E-mail berbasis web, pemetaan online, produktivitas perusahaan dan bertukar video.

            Di bulan Agustus 2007, Google tetap merupakan search engine internet yang paling sering digunakan dengan persentasi pasar sebesar 53,6%, kemudian Yahoo 19,9%, dan Live Search 12,9%. Hingga kini, Google telah memiliki milyaan halaman web, dan pengguna dapat mencari informasi hanya dengan mengetikkan keyword di homepage Google. Perkembangan lain, Google telah menggunakan teknologi pencarian yang lain, seperti Google Image, Google News, dll. Google juga telah membuat produk-produk terobosan inovatif lain seperti:

  • G-Mail
  • Google Earth
  • Google Maps
  • Google Adwords
  • Google Adsense
  • Google Translate
  • Googlebot
  • Google China
  • Google File System
  • Google Platform
  • Google Doodle
  • TrustRank
  • G Talk
  • dll
Tampilan Google sekarang

 
Berbagai doodle Google
Logo Google pada homepage saat Closing Ceremony London Olympics 2012
Berbagai logo produk Google



Google Earth, sebagai salah satu produk Google
Banyak hal yang merupakan strategi dan membuat perkembangan Google berkembang secara pesat, seperti dalam hal slogan misalnya. Google memiliki slogan “Don’t be Evil” yang berarti kejjujurannya dan kerelevannya di setiap hasil pencarian. Kalau pada search engine lain awal mula hasil pencariannya yang berada di ranking paling atas yang membayar paling tinggi, Google tidak. Hasil pencarian pada Google yang berada di posisi atas adalah situs-situs yang paling banyak direferensikan oleh situs lainnya, dan sistem ini disebut dengan PageRank.

 

FAKTA UNIK DALAM PERKEMBANGAN GOOGLE

            Dalam perkembangan bintang dunia maya, Google, ini, banyak terdapat fakta-fakta unik dalam perkembangannya.
1.      Larry Page dan Sergey Brin awalnya bermusuhan
            Larry Page dan Sergey Brin, sebagai dua pribadi yang sama-sama cerdas, mereka adalah orang yang sering berdebat satu sama lain sampai untuk urusan-urusan yang terkecil, misal seperti siapa yang harus menutup pintu, atau siapa yang lebih dulu membaca Koran, dll. Pertengkaran kecil seperti yang disebutkan seringkali mengganggu teman-teman seasrama mereka. Tetapi, ternyata mereka bertengkar bukanlah karena perasaan benci atau bagaimana, tapi karena Page dan Brin terbiasa untuk menjadi orang yang kompetitif. Pertengkaran kecil mereka juga selalu mereka akhiri dengan tertawa bersama.
2.      Sergey Brin lebih genit daripada Larry Page
Dalam urusan yang menyangkut dengan wanita, Larry Page orangnya memang lebih konservatif daripada Sergey Brin
3.      Pendiri Google pernah frustasi
            Setelah berturut-turut ditolak oleh AltaVista, Excite, dan yang terakhir Yahoo, kedua pendiri yaitu Page dan Brin sama-sama frustasi. Bagi mereka, teknologi Page RankGoogle bagaikan layu sebelum berkembang. Page dan Brin tidak pernah bermimpi bahwa Google akan bisa sebesar sekarang. Mereka pun hanya memiliki satu pikiran, yaitu untuk menyelesaikan gelar PhD mereka secepatnya dan kemudian menyempurnakan Google sambil berjalannya waktu. Bahkan, karena frustasi tersebut, Google pernah tidak dilirik selama 1 minggu lamanya.
4.      Larry Page dan Sergey Brin mengolok Eric Schmidt saat pertama berkantor di Google
(ki-ka) Larry Page, Eric Schmidt, dan Sergey Brin
Page dan Brin bersekongkol untuk mengerjai Eric Schimdt, yaitu dengan dengan cara membagikan kartu kredit perusahaan secara gratisan kepada karyawan-karyawan. Eric Schmidt yang baru pun tentu pusin, ditambah dia mendapatkan pekerjaan tambahan, yaitu untuk menari kembali kartu-kartu kredit tersebut dari para karyawan, belum lagi ada karyawan yang berusaha menyembunyikan. Peristiwa yang lain adalah Eric pernah dikerjai dengan adanya telepon umum secara tiba-tiba di dalam ruang kerjanya. Pernah juga ada kulkas dan kursi pijat. Bila saja Eric Schimdt tidak memiliki selera humor, mungkin bisa-bisa dia mengamuk! Tetapi kemudian dia sadar bahwa dia sedang dikerjai oleh Page dan Brin.
5.      Cerita palsu untuk nama perusahaan
            Nama asli Google dipublikasikan oleh perusahaan sebagai cerita salah tulis dari kata Googol yag memiliki arti angka 1 diikuti 100 angka nol di belakangnya menjadi Google. Ternyata, menurut bocoran salah satu orang karyawan awal Google, kata Google sebenarnya awalnya berasal dari kata “Go Girl!”. Kata “Go Girl!” ini didapat di mana saat memperoleh ide tersebut, Sergey Brin sedang menonton sebuah pertandingan olahraga dan terdapat para Cheerleader meneriakkan kata-kata: Go Girl! Go Girl! Go Girl! Cerita yang ambigu atau meragukan ini didukung oleh dua fakta: Sergey Brin yang suka menonton para Cheerleader, dan fakta kedua: Google memberikan sponsor kepada para Cheerleader dengan memasang tulisan Google di kaos para Cheerleader. Terus , kenapa harus membuat cerita palsu yang masuk akal kalau begitu? Karena konotasi kata Go Girl yang negatif dan tidak sesuai dengan citra perusahaan jika suatu saat ingin go public.
6.      Larry Page ingin membuat alat transportasi otomatis, sedangkan Sergey Brin ingin membuat koloni di Mars
            Kedua ide ini memang benar-benar diusahakan untuk diwujudkan oleh mereka berdua. Ide Page dimulai dengan project mobil listrik, dan ide Sergey mulai diwujudkan dengan Project Virgle.
7.      Tanda ~ yang lebih powerful daripada tanda * yang jarang dipakai
            Dulu saat zaman DOS masih berjaya, tanda * sangatlah berguna untuk menemukan semua file yang bernama tertentu. Tetapi sekarang, di zaman DOS-nya internet atau Google, maka tanda ~ jadi menggantikan fungsi wildcard dengan perbedaan penting yang sedikit, yaitu lebih cerdas. Tanda ~ jika diketik di depan kata tertentu, berarti ini kita menginginkan Google untuk mencari semua data yang berkaitan dengan kata yang dicari atau keyword nya. Misal bila mengetik suatu kata, maka akan keluar semua halaman yang mengandung kata tersebut beserta dengan sinonimnya.



Sumber:
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar