Sabtu, 25 Agustus 2012

Tugas 5 - Perkembangan Blog


Sejarah Perkembangan Blog 


Blog

Blog yaitu sebuah situs diskusi atau informasi yang dipublikasikan di World Wide Web terdiri dari entri diskrit yang kita kenal dengan sebutan "posting" dengan urutan kronologis terbalik, sehingga pos terbaru muncul pertama kali. Isi daripada blog biasanya karya seorang individu, kadang-kadang atau kelompok. Blog juga dapat digunakan sebagai kata kerja, yang berarti untuk memelihara atau menambahkan konten ke blog

Dapat diketahui juga bahwa sebenarnya aplikasi yang sedang sangat sering dan normal dipakai smua orang saat ini yaitu Twitter, merupakan salah satu contoh dari blog. Namun Twitter termasuk blog yang disebut "microblogging". Ada juga blog-blog besar yang kita ketahui seperti “Blogspot”, “wordpress”, ataupun yang biasa digunakan oleh para remaja dan sudah terkenal di kalangan remaja saat ini, blog yang cara kerjanya agak sedikit berbeda dengan site blog lain dikenal dengan nama “Tumblr.”

Tumblr

Twitter (contoh microbloging)


Perkembangan Blog

Sebelum blogging menjadi populer, komunitas digital mengambil banyak bentuk, termasuk Usenet, layanan online komersial seperti Genie, BIX dan CompuServe awal, e-mail list dan Bulletin Board System. Pada 1990-an, perangkat lunak forum Internet, menciptakan percakapan berjalan dengan "Threads". Threads adalah koneksi topikal antara pesan pada "corkboard" virtual.

Blog modern masa kini yang sering kita gubakan, berevolusi dari buku harian online, di mana orang akan membuat akun yang isinya menceritakan tentang  jalan kehidupan pribadi mereka. Sebagian penulis menyebut diri mereka sebagai diarists, wartawan, atau jurnalis. Justin Hall, yang mulai melakukan blogging pribadi pada tahun 1994, yaitu saat ia masih menjadi mahasiswa di Swarthmore College, umumnya diakui sebagai salah satu blogger masa awal. Dave Winer dengan nama blognya yaitu "Scripting News" juga dikenal menjadi salah satu yang blog pada masa awal yang sudah berjalan sangat lama. Ada juga Blog masa awal yang dijalankan oleh Majalah Netguide Australia dengan nama "Daily Net News" yang dikelola di situs web mereka sejak 1996. Blog masa awal lainya adalah "Webcam Nirkabel Wearable", sebuah buku harian online kehidupan pribadi seseorang yang menggabungkan teks, video, dan gambar ditransmisikan hidup (GIF) di tahun 1994.

Blog pada masa awal itu, hanya secara manual meng-update komponen situs Web umum. Namun, evolusi alat-alat untuk memfasilitasi produksi dan pemeliharaan artikel Web diposting dalam urutan kronologis terbalik membuat proses penerbitan mampu dan cukup untuk populasi yang jauh lebih besar dengan teknis yang cukup mudah. Pada akhirnya, hal ini mengakibatkan kelas yang berbeda dari penerbitan online yang menghasilkan blog yang kita kenal sekarang dengan penerbitan blog masa awal dahulu. Misalnya, penggunaan beberapa jenis perangkat lunak berbasis browser sekarang menjadi aspek khas "blogging". Blog dapat diselenggarakan oleh layanan blog dedicated hosting, atau mereka dapat dijalankan menggunakan perangkat lunak blog, atau layanan web hosting yang teratur.
Munculnya dan bertumbuhnya blog baru ada di akhir 1990-an, hal ini dikarenakan muncul dan terbentuknya alat-alat penerbitan web yang memfasilitasi posting konten dengan pengguna non-teknis. Sebelumnya, pengetahuan teknologi seperti HTML dan FTP telah diminta untuk mempublikasikan konten di Web.

Sebelum istilah blog memasuki penggunaan umum, beberapa blogger awal pada tahun 1997, sebenarnya disebut sebagai zine. Istilah "weblog" diciptakan oleh Jorn Barger pada tanggal 17 Desember 1997. Lalu menjadi berubah lebih pendek yaitu "blog," karena Peter Merholz. Setelah itu Evan Williams di Pyra Labs menggunakan "blog" sebagai kata benda juga sebagai kata kerja yang kita kenal dengan "blogging" yaitu kegiatan menulis, lalu mem-post hasil tulisan dan mengelola blog. Ia juga membuat istilah "blogger" yaitu sebutan untuk orang yang aktif di dunia blog juga sehubungan dengan produk yang dihasilkan oleh Pyra Labs ini.

Blogger pertama kali diluncurkan didunia maya pada tanggal 23 agustus 1999 oleh Pyra Laps. Domain/site  yang merupakan salah satu sumber yang dapat menghasilkan jutaan artikel baru setiap harinya ini memiliki tampilan yang tidak seperti saat ini dimana tampilan blogger warna putih dan oranye. Pada awal loncing ke dunia maya Blogger lebih di dominasi oleh warna biru dengan tampilan yang sangat sederhana dan bahkan lebih sederhana dari tampilan Blog yang kita ketahui saat ini.

Blog Di masa awal


Sebelum Google mengelola blogger tidak semua fasilitas bisa kita pergunakan. Untuk dapat menggunakan fasilitas seperti upload template dan edit HTML (untuk mengedit tema tampilan blog kita)  kita harus meng-upgrade akun kita kepremium terlebih dahulu. Barulah Kemudian semenjak blogger dibeli oleh google pada Februari 2003 semua fasilitas premium digratiskan 100% oleh google. Setahun kemudian setelah google mengambil alih Blogger, Pyra Laps meningal dunia.

Berlanjut pada tahun 2004 google membeli Picasa, Tujuan pastinya untuk memberikan fasilitas yang lebih baik dan lebih lengkap lagi untuk pengguna blog. Dengan dibelinya Picasa dan dihubungkannya Blogger dengan Picasa, pengguna blogger dapat meng Upload Photo untuk kebutuhan bloggin.  Selang beberapa bulan kemudian pada tanggal 9 Mei 2004 Blogger menambahkan beberapa Fitur-Fitur baru kedalam blogger Seperti Arsive (Menunjukan pencapaian keseluruhan hasil ) untuk posting, Komentar, dan Post Via email.
Pada bulan Agustus 2006 google kemudian berhasil meluncurkan versi terbaru dari blogger, tetapi luncuran Blogger masih dalam versi beta yang diberikan kode "Invader". Peluncuran ini juga sekalian memindahkan semua pengguna blog ke Server yang dimiliki oleh Google, serta menambahkan Fitur-Fitur terbarunya. Kemudian pada Desember 2006 Blogger sudah tidak lagi dalam versi Beta dan tepat pada bulan Mei 2007 Blogger Pindah ke Server Google secara keseluruhan.


Blog setelah pembaharuan tahun 2006


Kemudian Pada Tahun 2010 blogger blogger mengalami lonjakan yang sangat signifikan  yaitu lebih dari 400 juta orang didunia menggunakan blogger yang dahulu pengguna blogger hanya 250 ribu orang.

Blogger pun berjanji akan mengulang kesuksesanya pada tahun 2011 dan blogger juga akan memberikan perubahan besar-besaran pada 2011 demi kenyamana para pengguna. Dan Akhirya Sebtember 2011 Bloggerpun menepati janjinya, bisa kita lihat saat ini tampilan baru blogger yang dijanjikan blogger sudah bisa kita akses.

Perkembangan Popularitas Blog

Setelah awal yang lambat, blogging dengan cepat mendapatkan popularitas. Penggunaan Blog menyebar selama tahun 1999 dan tahun-tahun berikutnya. Hal ini karna mulai munculanya berbagai host-host situs untuk melakukan blogging, yaitu:
·         Bruce Ableson meluncurkan "Open Journal" pada Oktober 1998, yang segera berkembang menjadi ribuan buku harian online. Harian Buka inovasi komentar pembaca, menjadi komunitas blog pertama di mana pembaca bisa menambahkan komentar untuk entri blog penulis lain '.
·         Brad Fitzpatrick memulai "LiveJournal" pada Maret 1999.
·         Andrew Smales membuat Pitas.com pada bulan Juli 1999 sebagai alternatif yang lebih mudah untuk mempertahankan halaman berita di situs Web, diikuti oleh "Diaryland" pada bulan September 1999 yang lebih memfokuskan pada komunitas buku harian pribadi.
·         Evan Williams dan Meg Hourihan (Pyra Labs) meluncurkan Blogger.com pada bulan Agustus 1999 (dibeli oleh Google pada bulan Februari 2003)

Pengelompokan Blog

Ada berbagai jenis blog yang berbeda tidak hanya dalam jenis konten, tetapi juga dalam cara konten disampaikan atau ditulis. Maka itu kita dapat membaginya menjadi:

·         Personal blog
Blog pribadi, buku harian atau komentar berkelanjutan oleh seorang individu, adalah blog, tradisional yang paling umum. Blogger pribadi biasanya bangga dalam posting blog mereka, bahkan jika blog mereka tidak pernah dibaca. Blog sering menjadi lebih dari satu cara untuk para blogger berkomunikasi, bisa juga menjadi cara untuk merefleksikan hidup, atau karya seni. Blogging dapat memiliki kualitas sentimental. Beberapa blog pribadi memiliki ketenaran dan naik ke arus utama tetapi beberapa blog pribadi cepat mengumpulkan pengikut yang luas. Salah satu jenis blog pribadi, disebut sebagai microblog, blog seperti ini sangat rinci dan berusaha untuk menangkap momen dalam segala waktu. Beberapa situs, seperti Twitter, memungkinkan blogger untuk berbagi pikiran dan perasaan seketika dengan teman dan keluarga, dan jauh lebih cepat daripada email atau menulis.

·         Perusahaan dan blog organisasi
Sebuah blog bisa menjadi swasta, seperti dalam kebanyakan kasus, atau bisa untuk tujuan bisnis. Blog digunakan secara internal untuk meningkatkan komunikasi dan budaya dalam perusahaan atau eksternal untuk tujuan pemasaran, branding atau PR yang disebut blog korporat. Blog serupa untuk masyarakat disebut blog klub atau blog kelompok, blog tersebut adalah untuk menginformasikan anggota dan pihak lain yang berkepentingan dari masyarakat dan kegiatan anggota.

·         Berdasarkan genre
Beberapa blog yang  difokuskan pada topik tertentu, seperti blog politik, blog kesehatan, blog perjalanan (juga dikenal sebagai travelogs), blog berkebun, blog rumah,  fashion blog, blog proyek, blog pendidikan, blog tentang musik, blog untuk pertanyaan dan blog hukum (sering disebut sebagai blawgs) atau dreamlogs. Dua tipe umum dari blog yang dibedakan berdasar genre blog seni dan blog musik. Sebuah blog yang menampilkan diskusi terutama tentang rumah dan keluarga tidak begitu terkenal namun disebut sebagai "mom blog" dan salah satu contoh populer dari momblog ini adalah oleh Erica Diamond yang menciptakan Womenonthefence.com yang memiliki sekitar lebih dari dua juta pembaca per-bulan. Meskipun bukan tipe blog yang sah, ada blog yang digunakan untuk tujuan tunggal spamming dikenal sebagai Splog.

·         Dengan jenis media
Sebuah blog yang terdiri dari video ini disebut vlog, salah satu blog yang terdiri dari kumpulan link untuk berbagai site disebut linklog, sebuah situs yang berisi portofolio sketsa disebut sketchblog atau blog yang berisikan foto-foto disebut photoblog. Blog dengan posting pendek/singkat dan campuran berbagai  jenis media disebut tumblelogs. Blog yang ditulis pada mesin ketik dan kemudian dipindai disebut typecast atau typecast blog.

·         Dengan perangkat
Blog juga dapat didefinisikan dengan jenis perangkat yang digunakan untuk menulis blog itu. Sebuah blog yang ditulis oleh perangkat mobile seperti ponsel atau PDA bisa disebut moblog (mobile blog). Salah satu blog masa awal adalah Webcam Wireless Wearable, sebuah buku harian online berisi kehidupan pribadi seseorang yang digambarkan dengan menggabungkan teks, video, dan gambar ditransmisikan hidup dari komputer dan perangkat EyeTap ke situs web. Jurnal tersebut telah digunakan sebagai bukti dalam masalah hukum.

·         Reverse blog
Sebuah Blog Reverse disusun oleh penggunanya yaitu oleh blogger tunggal. Sistem blog ini adalah memiliki karakteristik blog, dan penulisan dari beberapa penulis. Blog ini dapat disi oleh penulis yang menyumbangkan beberapa topic lalu mengomntari dan merevisi topic-topik tersebut, blog deperti ini membuka bagi siapa saja untuk menulis. Biasanya tetap ada beberapa batasan dan aturan untuk jumlah entri agar tetap teraratur dan rapih.

Fase Perkembangan Blog

Ada juga orang yang menggunakan blog sebagai penghasil uang dengan memasangkan iklan-iklan di blog mereka. Biasanya hal ini dilakukan oleh orang-orang yang menjadikan "Blogging" sebagai pekerjaan mereka. Untuk membuat blog tersebut bisa berjalan dengan baik ada beberapa fase yang harus diketahui yaitu:

  • Fase awal

Fokus pada fase ini adalah membuat kontennya menarik dan bermanfaat. Adapun setup blog adalah instal plugin yang dibutuhkan, mendesain tampilan blog yang menarik, dan melakukan search engine optimization.
Fase pendirian ini membutuhkan waktu 3-6 bulan. Banyak blogger yang gagal pada tahap ini karena fokus dan sibuk memonetisasi blog, bukan pada konten.

  • Fase pertumbuhan Trafik

Fase ini ditandai dengan meningkatnya trafik, komentar, pelanggan RSS, dan sudah mulai memperoleh penghasilan. Fokus utama dari fase ini tetap menulis konten bermanfaat dan ditambah memperoleh backlink berkualitas. cara paling baik memperoleh backlink berkualitas adalah dengan menjadi blogger tamu di blog-blog terkenal dan atau tulisan kita dibacklink oleh blog-blog lain.
Terlepas dari itu, fase pertumbuhan trafik merupakan proses panjang yang bisa memakan waktu 6-12 bulan. Selain itu, pertumbuhan trafik bisa juga lambat, namun lama-lama meningkat secara konsisten.

  • Fase kematangan dan monetisasi

Fase ini ditandai dengan trafik yang tinggi dengan upaya yang tidak sekeras fase pertumbuhan blog. Selain itu, pelanggan RSS juga mencapai ribuan dan banyak menerima kiriman postingan blogger tamu.
Karena trafik dan pelanggan yang banyak, upaya memonetisasi blog akan lebih mudah. Pemilik blog tinggal membuat deal dengan para pemasang iklan, optimasi PPC, optimasi afiliasi, dan bahkan menjual produk atau jasa sendiri.
Fase ini memerlukan waktu: 6-12 bulan

  • Fase pemeliharaan (maintenance) 

merupakan fase yang sangat meanarik. Kita tinggal tetap mengolah isi blog agar orang-orang tetap tertarik untuk mengunjungi blog. Sebagai gambaran, blogger-blogger yang sudah mencapai fase ini adalah Darren Rowse (Problogger), John Chow, Yaro Starak, Daniel Scocco, Agus Ramdhani, Nurudin Jauhari, Kang Rohman, dan sebagainya.

      Secara keseluruhan, sekarang blog sudah menjadi hal yang biasa. Pengguna blog bisa dari anak remaja maupun sampai perusahaan. Blog saat ini juga biasanya dapat membantu dalam mencari informasi – informasi yang kita butuhkan, bisa juga sebagai sarana mengiklankan sesuatu, berdiskusi, ataupun sebagai pekerjaan untuk menghasilkan unag. Tampilan blog sekarang juga sudah semakin baik dan kita sudah bisa mem-posting berbagai media pada blog. Singkatnya, dari awal mulai munculnya blog di tahun 90an sampai 
sekarang ini, blog sudah mengalami perkembangan dan kemajuan yang besar.



Sumber:






4 komentar:

  1. Hai...saya newbie blog..from malaysia...www.keladionline.com

    BalasHapus
  2. Hai...saya newbie blog..from malaysia...www.keladionline.com

    BalasHapus
  3. PROMO FREECHIP KETUPAT LEBARAN 2017

    Dalam Memperingati Idul Fitri 1438 Hijriah,Kami Selaku POKERAYAM Agen Poker Terbesar Se-Indonesia mengucapkan Marhaban Ya Ramadhan, Untuk merayakan Hari Kemenangan ini kami selaku agen POKERAYAM akan mengadakan promo menarik dihari kemenangan demi keberuntungan member kami yang setia, Berikut Promo Ketupat Lebaran 2017 yang akan kami berikan :

    1. Promo Freechip ketupat lebaran berlaku tgl 26 - 27 juni 2017
    2. Bonus Freechip lebaran 50.000 untuk 100 userid.
    3. Promo berlaku untuk member lama dan baru.
    4. Untuk mendapatkan freechip minimum pernah melakukan deposit minimal Rp.50.000
    5. Syarat melakukan Withdraw minimum melakukan Turn Over 1x bonus freechip yang diberikan.
    6.Untuk informasi lebih lanjut hubungi customer service kami.

    Kami mengharapkan dukungan dan partisipasi dari anda semua, Semoga anda semua diberikan keberuntungan yang melimpah dan sukses selalu.
    Dapatkan Freechip Ketupat Lebaran dan Rayakan Hari Kemenangan Bersama Kami.
    POKERAYAM Mengucapkan Minal Aidin Walfa Izin Mohon Maaf Lahir Dan Batin.
    Blogspot : pokerayampromolebaran.blogspot.com
    LiveChat : https://goo.gl/5tD6ZL
    BBM : D8E5205A

    BalasHapus