Jumat, 17 Agustus 2012

Tugas-4 Solusi Labsky Untuk Kemanusiaan


"Demi Kembalinya Rasa Kemanusiaan Dunia"

Rasa kemanusiaan adalah rasa dimana setiap individu menghargai dan menghormati individu lainnya sebagai sesama manusia yang hidup di dunia ini. Rasa kemanusiaan merupakan hal yang terpenting dalam kehidupan demi berlangsungnya kehidupan yang baik dan damai. Ketika manusia saling menghargai, setiap detik kehidupan manusia di dunia akan terasa begitu indah. Gotong royong, tolong menolong, saling menghormati, saling menghargai, dan hidup rukun akan menjadi pemandangan sehari-hari dalam kehidupan.

Setiap manusia di dunia ini diciptakan untuk saling melindungi dan menyayangi antar sesama manusia. Setiap manusia di dunia diberikan rasa kemanusiaan untuk saling menghargai antar sesama manusia. Hal ini perlu ada demi keseimbangan dalam kehidupan tiap manusia di dunia. Jika setiap individu memiliki rasa kemanusiaan tinggi maka setiap individu akan terhindar dari permasalahan-permasalahan kemanusiaan.

Namun pada saat ini terlalu banyak permasalahan-permasalahan yang melibatkan rasa kemanusiaan antar sesama di dunia. Perkelahian, pelecehan, penghinaan, kurangnya toleransi antar agama ataupun antar manusia, dan masih banyak lagi permasalahan lainnya merupakan permasalahan kemanusiaan di dunia. Kejahatan terhadap umat manusia adalah istilah di dalam hukum internasional yang mengacu pada tindakan pembunuhan massal dengan penyiksaan terhadap tubuh dari orang-orang, sebagai suatu kejahatan penyerangan terhadap yang lain.

Berikut ini saya akan jelaskan mengenai beberapa permasalahan kemanusiaan yang dihadapi oleh dunia pada abad ke-21 dan juga solusi dari saya.

1.    Kurangnya toleransi antar umat beragama
Umat beragama di dunia ini sangatlah banyak. Islam, Hindu, Buddha, Kristen, dan banyak kepercayaan-kepercayaan lainnya yang terdapat di dunia ini. Demi damainya kehidupan, seluruh umat beragama di dunia diwajibkan untuk saling menghargai dalam berbagai kegiatan. Setiap umat beragama harus saling memiliki toleransi saat umat beragama lain sedang mengalami ibadah atau menjalankan acara keagamaan.

Namun saat ini berita mengenai kurangnya toleransi antar umat beragama cukup banyak bermunculan. Salah satu contohnya adalah kasus Rohingya yang terjadi di Myanmar dan menjadi pembicaraan yang hangat saat ini. Banyak kaum muslim Rohingya di Myanmar menjadi target dalam tindakan pembataian. Tidak hanya di Myanmar, banyak negara-negara lain yang mengalami permasalahan mengenai ketidak rukunan antar umat beragama. Contohnya adalah perusakan rumah ibadah, mengganggu orang-orang yang sedang beribadah, dan berusaha menghilangkan suatu penganut agama tertentu di suatu daerah. Hal ini tentu sangat memprihatinkan karena betapa banyaknya manusia saat ini yang kehilangan rasa kemanusiaan mereka.

Kasus Rohingya (sumber: Republika.co.id)

Solusi:
Dalam kehidupan setiap permasalahan-permasalahan yang terjadi, janganlah diselesaikan tanpa adanya musyawarah terlebih dahulu. Janganlah menyelesaikan suatu permasalahan dengan menguntungkan satu pihak saja dan pihak lainnya dirugikan. Jika masyarakat sudah terbiasa dengan menyelesaikan permasalahan tanpa kekerasan maka tidak akan terjadi konflik-konflik yang tidak diinginkan.
Selain itu, pemerintah perlu menindaklanjuti para pelaku yang mengganggu hak suatu umat agama dalam beribadah. Jika para pelaku telah ditindaklanjuti sesuai dengan hukum yang berlaku maka ia akan jera dalam melakukan hal tersebut.
Pemerintah juga perlu untuk memberikan pengarahan bagi seluruh masyarakatnya untuk saling hidup rukun antar umat beragama karena hal tersebut akan membawa kebaikan kepada siapapun. Jika setiap manusia memiliki rasa toleransi yang tinggi maka setiap umat agama pun akan tenang dalam beribadah tanpa takut akan gangguan yang mengancam mereka.

2.    Penganiayaan
Menurut Yurisprudensi arti penganiayaan adalah perbuatan yang dilakukan dengan sengaja yang menimbulkan rasa tidak enak, rasa sakit atau luka pada korban. Di dalam pasal 351 ayat (4) KUHP yang dapat dikategorikan sebagai penganiayaan adalah perbuatan yang dilakukan dengan sengaja untuk merusak kesehatan orang lain. Berdasarkan dua pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa penganiayaan adalah perbuatan yang dilakukan dengan sengaja terhadap seseorang demi maksud yang tidak baik.

Saat ini, penganiayaan bukanlah hal yang asing dalam kehidupan masyarakat dunia. Berita mengenai penganiayaan sangatlah banyak beredar. Mulai dari penganiayaan dalam rumah tangga, penganiayaan terhadap anak, hingga penganiayaan terhadap para tenaga kerja. Masalah penganiayaan cukup banyak terjadi di benua Asia. Hal ini mungkin disebabkan karena kualitas pendidikan dan tingkat ekonomi masyarakat di Asia yang rendah.

Penganiayaan dapat berdampak buruk bagi para korban. Beberapa dampak yang dapat dialami oleh para korban adalah trauma yang berlebihan, gangguan kejiwaan, perubahan sifat dan perilaku, dan masih banyak lagi dampak-dampak yang diakibatkan oleh tindakan penganiayaan. Oleh karena itu tindakan penganiayaan harus segera dihapuskan dari dunia. Berikut adalah solusi-solusi yang dapat saya berikan untuk mengurangi dan menghilangkan tindakan-tindakan penganiayaan.


Solusi:
Pemerintah haruslah bertindak tegas mengenai kasus-kasus penganiayaan yang terjadi. Karena dengan tindakan tegas terhadap kasus-kasus penganiayaan maka para pelaku akan mengalami hukuman yang sesuai dan juga para korban akan mendapat hak perlindungan. Karena jika pemerintah tidak bertindak tegas terhadap kasus-kasus penganiayaan maka korban-korban penganiayaan akan semakin bertambah banyak jumlahnya.

Penganiayaan terhadap anak saat ini juga banyak terjadi di Indonesia. Komisi perlindungan anak sangat diperlukan dalam mengatasi masalah ini. Sang anak harus segera diberi pertolongan dengan dijauhkan dari sang orang tua hingga sang orang tua dapat merawat anak tersebut tanpa melakukan penganiayaan. Setelah itu komisi perlindungan anak juga perlu mengadakan pemantauan terhadap perkembangan sang anak agar emosi dan kejiwaan sang anak tidak terganggu setelah mengalami penganiayaan tersebut.

Untuk kasus penganiayaan dalam dunia tenaga kerja, pemerintah juga perlu menjamin keselamatan dan keamanan para tenaga kerja terutama para tenaga kerja yang bekerja di luar negeri seperti para TKI-TKI yang bekerja di Malaysia, Arab Saudi, dan di negara-negara lainnya. Selain itu para tenaga kerja sendiri harus pintar-pintar dalam memilih tempat mereka bekerja. Dan jika para tenaga kerja telah mengalami penganiayaan maka haruslah melapor terhadap pihak berwajib agar masalahnya segera ditangani dan ditindak lanjuti oleh pihak yang berwajib.

3.    Pemerkosaan
Pemerkosaan adalah suatu tindakan kriminal berwatak seksual yang terjadi ketika seorang manusia (atau lebih) memaksa manusia lain untuk melakukan hubungan seksual secara paksa baik dengan kekerasan atau ancaman kekerasan.

Pemerkosaan merupakan hal yang banyak dialami oleh kaum wanita di dunia saat ini. Hal ini sangat meresahkan bagi kaum wanita di berbagai belahan dunia. Pemerkosaan tentu sangat merugikan bagi kaum wanita karena dapat menyebabkan kehamilan, trauma, dan masih banyak kerugian lainnya. Biasanya tindakan ini banyak dilakukan oleh kaum pria demi memuaskan hawa nafsunya semata. Di Indonesia sendiri banyak sekali kasus-kasus pemerkosaan yang terjadi. Hal ini tentu mencerminkan etika masyarakat Indonesia yang tidak baik dan menciptakan suasana tidak aman bagi para kaum wanita. Oleh karena itu kasus-kasus pemerkosaan harus segera dihapuskan demi terciptanya  kehidupan yang aman bagi semua manusia.

Solusi:
Sama halnya seperti kasus penganiayaan, pemerintah harus bertindak tegas dalam menangani kasus pemerkosaan yang terjadi demi berkurangnya kasus penganiayaan di Indonesia. Para pelaku harus diberikan hukuman yang sesuai dengan apa yang telah mereka lakukan. Hal ini perlu dilakukan demi terciptanya keadilan bagi sang korban setelah apa yang dilakukan oleh pelaku terhadap korban.

Selain itu pemerintah harus memberi penyuluhan kepada rakyatnya agar tidak melakukan hal-hal yang merugikan bagi dirinya dan orang lain seperti pemerkosaan. Pemerintah juga harus memberikan sosialisasi mengenai hukuman apa yang akan didapatkan oleh masyarakat yang melakukan tindakan pemerkosaan.

Keimanan juga menjadi faktor penting dalam menangani permasalahan ini. Setiap umat agama haruslah meningkatkan keimanannya dengan cara berbibadah dan mempelajari agama masing-masing lebih dalam demi menghindarkan diri dari keinginan untuk melakukan tindakan pemerkosaan. Para wanita juga dianjurkan untuk menjaga cara berpakaian mereka sehari-hari demi terhindar dari tindakan pemerkosaan yang akan merugikan diri sendiri.

4.    Human Trafficking/Perdagangan Manusia
Perdagangan manusia adalah segala transaksi jual beli terhadap manusia. Sungguh mengenaskan jika mengetahui bahwa pada saat ini masih ada manusia yang memperjual belikan sesama manusia. Mungkin mereka telah kehilangan rasa kemanusiaan saat melakukan hal tersebut. Para pelaku perdagangan manusia tidak akan banyak mengetahui mengenai nasib orang yang telah mereka jual tersebut. Namun kebanyakkan korban perdagangan manusia berakhir dengan nasib yang tidak baik.

Menurut PBB, Indonesia menduduki peringkat kedua dalam kasus perdagangan manusia. Jakarta dan Surabaya merupakan kota-kota yang paling sering terjadi kasus perdagangan manusia. Hal ini tentu sangat memprihatinkan bagi negara kita. Hal ini perlu segera dihentikan sesegera mungkin demi menciptakan keamanan dan kenyamanan dalam kehidupan masyarakat.


Solusi:
Lagi, pemerintah harus bertindak tegas dalam menangani kasus ini. Kasus perdagangan manusia sangatlah membahayakan jika dibiarkan begitu saja. Kasus ini perlu ditindak lanjuti secara serius demi terlindungnya hak asasi manusia setiap individu di dunia. Indonesia telah memiliki undang-undang yang mengatur tentang perdagangan manusia, yaitu UU No. 21 Tahun 2007. Para pelaku harus dihukum sesuai dengan hukum yang berlaku. Jika tidak, kasus perdagangan manusia akan terus berjalan dan membahayakan banyak masyarakat.
Pemerintah juga perlu mengawasi segala kegiatan yang berhubungan dengan jiwa manusia agar kegiatan perdagangan manusia tidak dapat terus berlanjut dan keamanan setiap individu pun tetap terlindungi.

5.    Pembunuhan
Pembunuhan adalah suatu tindakan untuk menghilangkan nyawa seseorang  dengan cara yang melanggar hukum ataupun cara yang tidak melawan hukum. Pembunuhan dapat terjadi karena berbagai motif seperti, balas dendam, membela diri, kecemburuan, dan sebagainya. Pembunuhan termasuk salah satu kejahatan yang melibatkan rasa kemanusiaan karena melanggar hak asasi manusia. Kasus pembunuhan sangatlah banyak terjadi di dunia dan alasan yang terbanyak mengapa sang pelaku melakukan pembunuhan adalah karena latar belakang dendam. Hal ini tentu memprihatinkan, mengapa hanya karena sebuah dendam sang pelaku dapat kehilangan rasa kemanusiaannya dan melakukan pembunuhan. Kasus pembunuhan di dunia tentu harus segera dikurangi maupun dihilangkan.


Solusi:
Pemerintah sekali lagi perlu untuk melakukan tindakan yang serius dalam menangani kasus-kasus kemanusiaan seperti kasus pembunuhan ini. Hal ini diperlukan karena kasus-kasus kemanusiaan ini menimbulkan kerugian bagi individu lain yang mungkin tidak bersalah. Pemerintah harus menghukum para pelaku tanpa pandang bulu. Semua pelaku harus dihukum sesuai dengan hukum yang berlaku.

Setelah dihukum, ada baiknya para pelaku diberikan penyuluhan dan pemulihan agar sang pelaku tidak mengulangi hal tersebut dan diharapkan para pelaku akan jera terhadap apa yang telah ia lakukan. Para masyarakat juga berperan penting dalam menangani hal ini agar terhindar dari kasus pembunuhan. Setiap individu perlu meningkatkan moral dan keimanan masing-masing demi menghindarkan diri dari melakukan pembunuhan dan akan lebih memilih untuk menyelesaikan suatu masalah melalui jalan damai.

Semoga solusi yang telah saya berikan dapat membantu dalam menyelesaikan permasalahan kemanusiaan di dunia. Mohon maaf jika terdapat kata-kata yang tidak berkenan di tulisan saya ini.

Sumber:
http://elsaapriyanti.blogspot.com/2010/01/kasus-trafficking-usik-kemanusiaan-kita.html
http://id.wikipedia.org
http://www.psikologizone.com/kasus-perdagangan-manusia-di-indonesia-terbesar-ke-2/065116654
http://zrandpartner.blogspot.com/2008/11/penganiayaan-menurut-kuhp.html



Tidak ada komentar:

Posting Komentar