Senin, 27 Agustus 2012

Tugas-3 Solusi Labsky Untuk Indonesia

 Lestarikan lah budayaku, Indonesia.
Budaya atau kebudayaan berasal dari bahasa Sansekerta yaitu buddhayah yang merupakan bentuk jamak dari buddhi sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal. Budaya juga merupakan cara hidup yang berkembang dan dimiliki oleh bersama oleh sebuah kelompok orang yang di wariskan dari generasi ke generasi.

Negara kita, Indonesia, adalah salah satu negara yang kaya akan budaya. Berbagai jenis budaya di Indonesia merupakan cerminan atau menjelaskan tentang hubungan kecintaan masyarakat terhadap Tuhan, lingkungan, serta sesama manusia.

Tetapi dikarenakan masyarakat Indonesia telah sampai pada Era Globalisasi, banyak budaya-budaya yang sudah kehilangan esensinya serta sudah tidak di lestarikan lagi. Era globalisasi ini membawa arus westernisasi yang kuat pada budaya kita. Hal ini menyebabkan menurunnya minat masyarakat Indonesia terhadap budaya mereka sendiri. Pantas saja, akhir-akhir ini sudah terjadi banyak plagiasi budaya kita di negara lain. Masalah ini dapat di hentikan serta ada berbagai cara untuk kita sebagai orang Indonesia dapat mulai melestarikan budaya Indonesia sedini mungkin.

Budaya Indonesia
Pertama-tama, Indonesia adalah negara yang sangat kaya akan budayanya. Di Indonesia terdapat lebih dari 700 suku budaya Austronesia dan Melanesia yang dipengaruhi oleh beberapa budaya di negara tetangga Asia bahkan diserap juga dari pengaruh barat yaitu melalui negara-negara kolonial. Hai ini mempengaruhi tarian Indonesia yang sangat amat beragam karena terdapat lebih dari 3000 tarian khas di Indonesia.
Tari Saman

Tari Bali


Musik tradisional serta alat musik nya sudah di mulai dari masa Perunggu pada abad ketiga dan kedua sebelum Masehi. Musik-musik tersebut pada masa itu umumnya di iringi oleh instrumen perkusi terutama gendang dan gong. Beberapa alat musik ada yang berkembang menjadi menjadi alat musik yang kompleks, seperti alat musik petik Sasando dari Pulau Rote, angklung dari Jawa Barat, musik orkestra gamelan dari Jawa dan Bali dan masih banyak lagi. Ribuan seni musik sangatlah beragam dikarenakan suku-suku di Indonesia yang bermacam-macam sehingga boleh dikatakan 17.508 pulaunya memiliki budaya dan seninya sendiri. Musik-musik tersebut terkadang di ikuti juga dengan tarian dan pentas.



Indonesia juga memiliki 6000 pulau penduduk yang menyebabkan variasi di makanan khas Indonesia. Di Indonesia, beras adalah makanan pokok dan merupakan sumber karbohidrat. Beras dapat di variasikan menjadi nasi dan ketupat/lontong. Tetapi di daerah timur banyak juga yang menggunakan jagung, singkong, sagu, dan ubi jalar untuk dijadikan makanan pokok. Makanan sampingan pun juga sangatlah beragam. Bumbu yang paling sering digunakan untuk membuat lauk pauk atau makanan yang lainnya adalah bahan rempah-rempah seperti kemiri, cabai, temu kunci, lengkuas, jahe, kencur, kunyit, kelapa dan gula aren. Teknik pembuatan bumbu di pengaruhi oleh tradisi adat dan ada juga berasal dari India, Tiongkok, Timur tengah serta Eropa karena pengaruh proses perdagangan.

Setiap daerah memiliki pakaian daerah yang mencerminkan ciri khas daerahnya sendiri. Berikut merupakan daerah dan pakaian khasnya:


  1. Jawa: Batik
  2. Sumatera Utara: Ulos, Suri-suri, gotong
  3. Sumatera Barat/ Minang: Anak Daro, Marapule
  4. Riau /Melayu: Baju Kurung Melayu, Kebaya Laboh, Cekak Musang, Teluk Belanga
  5. Sumatera Selatan: Songket
  6. Lampung: Tapis
  7. Nusa tenggara timur: Tenun Ikat
  8. Bugis/Makassar: Baju Bodo, Jas Tutup, Baju La'bu
  9. Papua Timur: Manawou
  10. Papua Barat: Ewer


Rumah adat di Indonesia juga bervariasi di beberapa daerahnya, yaitu:


  1. Aceh (Rumoh Aceh), 
  2. Sumatera Barat (Rumah Gadang), 
  3. Riau (Selaso Jatuh Kembar), 
  4. Sumatera Selatan (Rumah Limas), 
  5. Jakarta (Rumah Joglo), 
  6. Papua (Honai),  
  7. Sulawesi Selatan (ada 3 yaitu Tongkonan dari Tana Toraja, Bola Soba dari Bugis Bone, dan Balla Lompoa dari Makassar Gowa),
  8.  Sulawesi Utara (Rumah Panggung), 
  9. Kalimantan Barat (Ramah Betang, 
  10. Nusa Tenggara Timur (Lopo), 
  11. Maluku (Balieu)
Masalah dan Solusi
1. Pada Tari Tradisional
Tari tradisional kita adalah sebuah warisan yang harus kita turun kan ke anak dan cucu kita. Dapat dilihat bahwa terdapat 3000 tarian di Indonesia. Masalah pertama mayoritas dari kita hanya melestarikan beberapa tarian yang sudah sering di tampilkan saja, seperti tari pendet, tari saman, tari bali dan beberapa lainnya. Maka dari itu, tarian kita yang lain dapat di plagiasi oleh negara negara lain. Masalah kedua tarian dari barat juga kini merupakan "saingan" dari Tari Tradisional kita. Merupakan "Saingan" karena jumlah peminatnya sama atau bahkan kurang dari Tari Tradisional. 

Untuk mengatasi hal-hal ini kita tidak perlu membuat banyak sanggar tari, cobalah memasukkan tarian yang selain beberapa tarian yang sering di tampilkan ke ekstrakulikuler di sekolah-sekolah, serta memperbaiki kualitas sanggar-sanggar yang sudah ada. Jika ingin melestarikannya dengan cara gratis bahkan menghasilkan uang, manfaatkanlah Internet sebagai sumber dan juga tempat kita memamerkan budaya kita. Di Internet, bukan orang Indonesia saja yang melihat tetapi seluruh orang di dunia bisa melihan tentang tarian kita. Kita juga tentu harus memiliki rasa cinta tanah air walaupun sekarang-sekarang ini banyak masalah melanda negara kita, harus ada rasa ingin menciptakan perubahan, bukan malah menyerah ataupun diam saja. Tari Tradisional kita adalah sesuatu yang patut untuk di banggakan, karena banyak siswa/i yang telah meraih suatu prestasi di luar negeri disuatu perlombaan tari internasional. Contohnya kelompok tari Svarnabhadaya Balawandipta beberapa bulan yang lalu meraih prestasi berupa Best All Female Dancer dari perlombaan tari Internasional di Eropa. 

2. Pada Musik dan Alat Musik Tradisional
Lagu tradisional Indonesia adalah warisan yang kini kondisinya sudah hampir punah. Dikarenakan lagu-lagu barat yang masuk membuat kita lupa akan lagu tradisional. Hal ini sangat memprihatinkan dan dapat menimbulkan plagiasi. Setahun yang lalu kalau tidak salah, lagu rasa sayange di claim oleh negara lain karena kita benar-benar hampir melupakan lagu-lagu tersebut meskipun yang terkenal sekalipun. Ada beberapa cara untuk mengatasinya, yaitu dengan setidaknya kita afal lagu daerah di daerah yang kita diami atau kampung halaman kita serta, dengan kreativitas generasi kita, kita juga dapat mengaransemennya ulang dengan campuran alat musik modern (tanpa menghilangkan alat musik tradisionalnya) agar terdengar baru dan lebih diminati oleh orang-orang. 

Alat musik tradisional juga sudah banyak yang sudah dipakai karena kebanyakan orang beralih ke alat musik modern, hal ini dapat di atasi dengan, setidaknya, pemerintah membuat museum kumpulan alat musik Indonesia dari berbagai daerah serta dipaparkan juga bagaimana cara memainkannya dan menjualnya. Bisa juga dengan memperbanyak orkestra alat musik tradisional dengan diiringi lagu serta cerita-cerita tradisional pada acara-acara TV atau lainnya. Buatlah dengan penuh kreativitas dan menjadikan orang-orang merasakan yang baru.

3. Pada Baju Adat Indonesia
Batik adalah kebanggaan semua orang Indonesia. Tetapi bagaimana dengan kain Ulos atau Songket? Nah, saat ini kita harus mempertinggi kualitas Batik kita dan menambah variasi fashion. Serta seiring dilakukan hal itu, kita juga harus memperkenalkan kain-kain/baju khas Indonesia yang lainnya. Jika memang ada beberapa baju sedikit sulit untuk dikenakan, minimal di publish di Internet agar kita semua bisa lihat bahwa Indonesia bukan hanya penghasil Batik, tetapi karena kreativitasnya, ia bisa membuat banyak sekali jenis pakaian khas. Juga bisa dengan membuat museum kain lainnya seperti museum Batik dan kita juga bisa membuat pameran khusus baju adat Indonesia. 

4. Pada Makanan Khas Indonesia
jajanan bango
Salah satu restoran franchise masakan indonesia
Tidak semua orang tau tentang seluruh makanan khas di Indonesia. Maka dari itu, kita dapat membuat acara pameran makanan seperti food festival yang berisi makanan setiap daerah di Indonesia. Kita juga bisa mencoba membuat restoran franchise yang menjual masakan-masakan khas Indonesia, jadi bukan restoran padang saja. Selain menghasilkan uang untuk pribadi dan mengenyangkan perut orang-orang, secara tidak langsung, kita melestarikan salah satu budaya kita, yaitu dari makanan khasnya.


5. Pada Rumah Adat Indonesia
Taman Mini Indonesia Indah
Tempat tinggal orang Indonesia sudah sangat jarang yang memakai design rumah tradisional. Tetapi, di Taman Mini Indonesia Indah, sudah tersedia banyak sekali contoh-contoh rumah adat setiap daerah. Tetapi masalahnya, TMII tidak dirawat dengan baik oleh masyarakat. Padahal dari situ kita bisa tahu betapa indahnya Indonesia. Solusinya, semua harus dimulai dari diri kita sendiri yaitu harus timbul rasa tanggung jawab untuk merawat lingkungan sekitar kita dari sampah atau limbah lainnya. Serta memperbagus TMII agar peminatnya bisa sebanyak saat pertama kali buka.



Indonesia adalah negara yang membutuhkan tanggung jawab yang besar, karena budaya kita adalah titipan dari nenek moyang dan orang-orang terdahulu kita. Jadi, harus di wariskan untuk penerus-penerus kita. Jika tidak, anak dan cucu kita tidak pernah tahu kalau negaranya memiliki ciri khas yang sungguh berbeda dengan negara lain.

Dapat disimpulkan dari masalahnya yaitu, tidak di rawat dengan baik maka tidak di lestarikan. Untuk solusi, saya pribadi tidak meragukan  kreativitas orang-orang Indonesia serta orang-orang yang berbakat. Tetapi beberapa dari mereka malah bekerja di luar negeri akibat tidak di hargai oleh negaranya sendiri. maka dapat disimpulkan juga bahwa, hargai teman-teman kita yang berbakat, bersainglah dengan mereka serta tunjukkan yang terbaik kepada Indonesia bahwa, Indonesia adalah negara penuh karya kreativitas anak bangsa. Sekarang juga terdapat sebuah website yang dapat membantu kita mengetahui tentang budaya Indonesia yang mungkin tidak anda ketahui, website itu adalah http://budaya-indonesia.org cari tau sebanyak-banyaknya dan jadilah orang indonesia yang membanggakan negaranya :D

sumber:
http://id.wikipedia.org/wiki/Budaya_Indonesia
http://id.wikipedia.org/wiki/Budaya
http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20090502060619AA5HDuI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar