Jumat, 24 Agustus 2012

Tugas-3 Solusi Labsky untuk Indonesia


Dari Kami Untuk Indonesia yang Lebih Baik

Bendera Indonesia
Indonesia merupakan sebuah negara kepulauan yang terkenal akan kekayaan serta keindahan alamnya. Negara yang diapit oleh 2 benua dan 2 samudera ini telah menyatakan kemerdekaannya sejak tanggal 17 Agustus 1945. Namun kata merdeka sepertinya belum sepenuhnya dirasakan oleh sebagian rakyat Indonesia. Setiap warga negara pasti menginginkan negara yang ditinggalinya menjadi maju dan bersaing secara global dengan negara-negara lainnya. Sama halnya dengan rakyat Indonesia namun ada banyak masalah yang menghambat pertumbuhan negara ini.

Peta Indonesia
Ketika di abad ke-21 ini hampir setiap negara mulai semakin maju dan menunjukan perubahan, Indonesia masih saja diam ditempat tanpa adanya perubahan yang signifikan. Kita ketahui bahwa setiap negara pasti memiliki masalahnya masing-masing dan bagaimana cara mereka menyelesaikannya begitu pula dengan Indonesia. Masalah yang dihadapi oleh Indonesia rata-rata berasal dari padatnya jumlah penduduk di suatu daerah yang menyebabkan timbulnya permasalahan lain seperti macet, banjir, kemiskinan, dll.
Menurut sumber yang saya dapatkan, masalah-masalah yang dihadapi Indonesia sampai saat ini adalah:
1.    Kepadatan Penduduk
2.    Pendidikan
3.    Korupsi
4.    Ekonomi
5.    Transportasi Umum
Ke-5 masalah tersebut merupakan masalah yang paling dirasakan dampaknya oleh masyarakat Indonesia.
1.    Kepadatan Penduduk
Indonesia tergolong ke dalam negara dengan jumlah penduduk yang banyak. Namun banyaknya jumlah penduduk tersebut tidak diimbangi dengan persebaran penduduk yang merata sehingga menyebabkan kepadatan penduduk yang melewati batas disuatu daerah seperti yang terjadi di Jakarta. Banyak orang yang memilih merantau ke Jakarta dengan alasan untuk memperbaiki nasib namun tak sedikit dari mereka yang tidak berhasil dan hanya menjadi gelandangan yang tidak jelas nasibnya.

Pemukiman yang Padat
Penyebab lainnya adalah karena penyebaran pembangunan yang kurang merata. Seperti saat ini, segala kegiatan yang berhubungan dengan perdagangan, pabrik industri, pendidikan, dll terpusat hanya di pulau Jawa saja. Sedangkan Indonesia memiliki banyak sekali pulau-pulau besar lainnya seperti Sumatera dan Kalimantan. Namun karena penyebaran pembangunan yang kurang merata maka semua orang lebih tertarik untuk merantau ke pulau Jawa karena peluang untuk menjadi sukses lebih besar dibandingkan dengan di pulau lainnya. Kepadatan disuatu daerah ini dapat menyebabkan timbulnya masalah lain seperti kemiskinan.
Solusi:
Pemerintah harus membuat pemerataan sistem pembangunan di setiap pulau yang ada di Indonesia sehingga rakyat Indonesia tidak hanya tertarik untuk bermigrasi ke pulau Jawa. Jika sistem pembangunan di setiap pulau sama dan seimbang maka masalah kepadatan penduduk dan kemiskinan dapat teratasi dan setiap pulau dapat bersaing secara sehat untuk menunjukan kemajuan dari pulau tersebut. Jika pemerataan sistem pembangunan diberlakukan maka masalah seperti kemiskinan tidak akan terjadi.
2.    Pendidikan
Dunia pendidikan memiliki peran yang besar terhadap generasi penerus bangsa karena dengan pendidikan yang baik maka akan lahir orang-orang berintelektual yang dapat membantu memajukan bangsa Indonesia ini. Namun sayangnya pemerintah masih kurang memberikan perhatian yang lebih kepada permasalahan yang satu ini. Kurangnya anggaran pemerintah yang diberikan kepada sekolah-sekolah merupakan salah satu contohnya. Saat ini anggaran yang ditetapkan pemerintah untuk membantu kegiatan dan pembangunan sekolah dirasa kurang untuk memenuhi kebutuhan serta kelancaran sistem belajar-mengajar disekolah.
Dunia Pendidikan yang Memprihatinkan
Selain kurangnya anggaran yang ditetapkan oleh pemerintah, kurangnya perhatian pemerintah terhadap kualitas sekolah-sekolah yang ada di daerah pedalaman juga menjadi pemicu ketidaksamaan kualitas pendidikan disuatu daerah. Kualitas pendidikan yang ada di kota belum tentu sama dengan yang di desa atau daerah terpencil seperti Papua. Di Papua jarang sekali ditemukan sekolah-sekolah yang bermutu bahkan terkadang gedung yang mereka gunakan sebagai ruang kelas jauh dari layak. Tak jarang pula dari mereka yang lebih memilih untuk tidak bersekolah karena latar belakang ekonomi keluarga.
Solusi:
Pemerintah harus lebih memperhatikan dunia pendidikan ini dengan cara memberikan dana anggaran yang lebih misalnya. Bukan berarti dengan memberikan perhatian lebih maka bidang atau sektor lain menjadi terganggu. Pemerintah harus bisa membagi perhatiaan dengan adil dan tidak hanya terfokuskan pada satu titik masalah saja.
Kedua pemerintah seharusnya bisa membuat sistem pendidikan yang rata disetiap daerah dengan membangun sekolah yang berkualitas di Papua misalnya. Membangun saja tidak cukup. Pemerintah juga harus mengajak warga yang tinggal di daerah terpencil seperti pedalaman desa di Papua misalnya agar tertarik untuk belajar disekolah sehingga usaha pemerintah untuk memperbaiki dunia pendidikan tidak sia-sia. Dengan adanya pemerataan pendidikan maka standar pendidikan di Indonesia dapat bertambah. Sesungguhnya orang Indonesia itu memiliki otak yang luar biasa namun tinggal bagaimana kita membentuk dan mengolahnya.
3.    Korupsi
Kejahatan korupsi semakin hari semakin memprihatinkan. Hampir setiap hari kasus kejahatan korupsi tersiar di media komunikasi seperti koran, televisi, dll. Kejahatan ini membuat hilangnya rasa kepercayaan rakyat kepada pemerintah karena hampir setiap kejahatan korupsi dilakukan oleh pejabat negara seperti anggota DPR. Pendidikan agama dan moral yang kurang tertanam dalam diri seseorang memicu terjadinya kejahatan ini. Akibatnya banyak orang merasa dirugikan karena hak mereka telah diambil oleh orang-orang yang tidak bertanggup jawab.
Solusi:
Penanaman pendidikan agama yang kuat sedari kecil merupakan salah satu solusi ampuh yang dapat kita lakukan sebagai pencegahan. Mengapa? Karena kejahatan korupsi ini biasa terjadi karena orang-orang hanya memikirkan tentang bagaimana kehidupan dirinya sendiri saja. Lingkungan tempat dia hidup juga berpengaruh namun korupsi biasa terjadi karena moral diri kita yang kurang kuat.
Penegakkan hukum yang tegas dan jelas juga merupakan salah satu solusi bagi mereka yang sudah melakukan tindakan kejahatan korupsi. Mereka yang sudah melakukan kejahatan seharusnya di hukum seberat-beratnya agar mereka merasa jera. Seperti yang sudah kita ketahui saat ini banyak sekali para pelaku kejahatan tindak korupsi yang mendapat perlakuan khusus di dalam sel penjara. Hal itu seharusnya tidak boleh terjadi karena itu tidak akan membuat para pelaku merasa jera.
4.    Ekonomi
Salah satu masalah yang ditimbulkan dari sisi ekonomi di Indonesia adalah minimnya lapangan pekerjaan dan pengangguran. Yang menjadi penyebab Indonesia minim lapangan pekerjaan salah satunya adalah kurangnya antusias perusahaan asing yang menanamkan modalnya di Indonesia. Jika banyak perusahaan asing yang menanamkan modal di Indonesia maka yang terjadi adalah banyak pabrik-pabrik industri baru didirikan, banyak perusahaan-perusahaan baru yang didirikan yang otomatis akan membutuhkan pekerja-pekerja baru. Jika banyak pekerja baru dibutuhkan maka dapat dipastikan pengangguran akan berkurang.
Selain itu kegiatan ekspor-impor barang dan jasa juga berpengaruh kepada kondisi perekonomian di Indonesia. Namun sayangnya Indonesia lebih sering melakukan kegiatan impor ketimbang ekspor karena mereka lebih percaya bahwa produk luar lebih baik kualitasnya ketimbang produk dalam negeri.
Solusi:
Pemerintah harus bisa membujuk atau membuat perusahaan asing untuk mau menanamkan modalnya di Indonesia sehingga akan banyak bermunculan perusahaan-perusahaan baru yang membutuhkan banyak pekerja baru. Banyak cara yang bisa dilakukan pemerintah untuk mempromosikan Indonesia seperti misalnya dari sektor pariwisata. Indonesia memiliki banyak pantai dan pemandangan yang indah maka dari itu pemerintah bisa mempromosikannya kepada perusahaan asing sehingga mereka tertarik untuk menanamkan modalnya di Indonesia.
Selain itu pemerintah juga harus bisa mengubah kondisi dimana kita yang sering mengimpor barang atau jasa berubah menjadi mengekspor barang atau jasa. Banyak sekali barang buatan dalam negeri yang tak kalah kualitasnya dengan barang buatan negara lain. Hal itu bisa dimanfaatkan oleh pemerintah untuk melakukan kegiatan ekspor barang ke luar negeri diiringi dengan publikasi yang baik maka hal tersebut dapat dengan mudah terwujud. Yang paling penting adalah kita selaku warga negara harus menghargai hasil karya sendiri sehingga negara lain mau juga menghargai hasil karya dari negara kita.
5.    Trasportasi Umum
Contoh Transportasi Umum (Metro Mini)
Tujuan utama dibuatnya transportasi umum adalah untuk mengurangi kemacetan. Namun jika transportasi itu tidak dilengkapi dengan fasilitas yang nyaman dan jaminan keamanan yang pasti maka dapat dipastikan orang-orang akan lebih memilih untuk bepergian dengan menggunakan kendaraan pribadi. Selain masalah keamanan dan kenyamanan, kondisi transportasi umum itu sendiri yang membuat orang enggan untuk bepergian menggunakan transportasi umum. Seperti contohnya Bus Metro Mini.
Dengan kondisi mobil yang sudah tua dengan mesin yang tidak ramah lingkungan dan mengularkan asap berwarna hitam pekat, lalu kenyamanan yang kurang karena harus berdesak-desakan dengan penumpang yang lain, dan juga dengan banyaknya tindakan krimanal yang terjadi di sana membuat banyak orang menjadi takut untuk memilih bepergian menggunakan transportasi umum.
Selain itu jumlah kendaraan umum yang terlalu banyak memperparah keadaan dijalan. Saat ini banyak sekali kita temui angkot atau bus yang sengaja berhenti untuk menaikan penumpang sebanyak-banyaknya dan mereka tidak melakukannya di halte yang sudah tersedia. Hal ini dapat menimbulkan permasalahan baru yaitu kemacetan. Kemacetan juga diperparah dengan tidak sabarnya setiap orang untuk mencapai ke tempat tujuannya.
Solusi:
Pemerintah dapat membuat atau memperbanyak angkutan masa seperti TransJakarta, MRT, Monorail, dll. Karena angkutan masa ini dirasa lebih efektif dibandingkan dengan angkutan umum yang hanya bisa menggangkut kurang lebih 10 orang untuk angkot dan kurang lebih 20 orang untuk bus. Jika pemerintah sudah membuat angkutan masa tersebut maka sebaiknya angkutan umum dihapuskan atau ditiadakan agar terlihat lebih efisien.
Contoh Trasnportasi Masa (TransJakarta)
Tentu saja angkutan masa yang dibuat nantinya harus memiliki fasilitas yang memenuhi standar kelayakan, kondisi keamanan yang sangat terjamin, dan kondisi kendaraan yang prima sehingga banyak orang akan berpindah menggunakan angkutan masa daripada kendaraan pribadi. Jika hal ini terjadi maka masalah transportasi umum dapat teratasi sekaligus masalah kemacetan yang tidak ada habisnya.
Contoh Transportasi Masa (MRT)
Pada intinya, dari setiap masalah ini pemerintah berperan besar dalam perubahan-perubahan yang akan dilakukan. Tidak hanya pemerintah namun kita sebagai warga negara juga perperan aktif dalam membantu pemerintah untuk mensukseskan setiap program yang pemerintah canangkan agar Indonesia menjadi semakin baik kedepannya. Dengan kerjasama yang baik maka segala cita-cita bangsa dapat tercapai.

Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar