Rabu, 15 Agustus 2012

Tugas - 3 Solusi Labsky Untuk Indonesia


"Menuju Indonesia Yang Lebih Baik"

Indonesia. Sebuah negara yang terletak di Asia Tenggara, dilintasi oleh garis khatulistiwa, terletak di antara Benua Asia dan Benua Australia, serta terletak di antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri atas 13.487 pulau. Kekayaan alamnya yang melimpah, letaknya di jalur perdagangan yang sangat strategis, kekayaannya akan potensi keindahan alam yang melimpah, dan juga budaya dan bahasa yang sangat beragam merupakan beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Indonesia. Dengan banyaknya kelebihan yang dimiliki oleh Indonesia tersebut seharusnya dapat dijadikan modal untuk maju bagi bangsa Indonesia di kemudian hari.


Indonesia telah bebas dari belenggu penjajah-penjajah yang dahulu pernah berkuasa sejak 17 Agustus 1945. Namun nyatanya saat ini Indonesia hanya dapat berjalan di tempat dan tetap terikat dalam belenggu kemiskinan, korupsi, kejahatan, terorisme, dan masih banyak permasalahan lainnya yang semakin parah dari waktu ke waktu. Sedangkan di abad ke-21 ini negara-negara lainnya telah berlomba-lomba untuk menjadi negara yang maju dan dapat mensejahterakan rakyatnya. Setiap rakyat Indonesia tentu mendambakan negeri yang mereka cintai ini semakin maju dan berkembang dalam persaingan dunia global. Namun untuk mencapai keinginan itu bukan lah hal yang mudah untuk diwujudkan. Banyak permasalahan-permasalah Indonesia yang menjadi halangan dalam mewujudkan mimpi tersebut.

Menurut beberapa sumber yang saya dapat seperti dari orang tua dan internet, permasalahan-permasalahan yang sedang dialami oleh Indonesia adalah:
  1. Toleransi antar umat manusia di Indonesia
  2. Kepadatan penduduk
  3. Krisis pangan
  4. Lahan pekerjaan
  5. Dunia pendidikan
  6. Korupsi
  7. Pemerataan perekonomian
  8. Kemiskinan 
8 permasalahan-permasalahan yang sedang dialami oleh Indonesia tersebut tentu memiliki solusi-solusi yang dapat menyelesaikan permasalahan tersebut. Oleh karena itu saya akan memberikan beberapa solusi untuk setiap permasalahan tersebut.

      1. Toleransi Antar Umat Manusia di Indonesia
Pada akhir-akhir ini banyak sekali terdengar berita-berita mengenai ketidakrukunan antar umat manusia di Indonesia. Kericuhan, perkelahian, dan perusakan rumah ibadah berlangsung di berbagai daerah di Indonesia. Tak jarang dari perkelahian tersebut menimbulkan korban jiwa. Perkelahian tersebut ada yang berawal dari masalah yang kecil hingga masalah yang besar. Apakah masyarakat Indonesia telah kehilangan rasa toleransi antar sesama? Apakah saat ini masyarakat Indonesia lebih mementingkan kepentingan individual atau kelompok dibandingkan kepentingan bersama? Padahal kita tahu semboyan Indonesia berbunyi “Bhinneka Tunggal Ika” yang memiliki arti “Berbeda-beda tetapi tetap satu”. Semboyan tersebut sudah mencerminkan bagaimana Indonesia sangat menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan. 


Untuk mewujudkan hal tersebut kita haruslah memiliki rasa toleransi antar umat manusia. Hal tersebut perlu ditanamkan sejak dini demi terciptanya Indonesia yang damai. Mulailah dari sikap toleransi dalam sebuah keluarga, lalu dalam lingkungan rumah, lingkungan sekolah dan akhirnya terciptalah sikap toleransi antar warga negara Indonesia.

Selain itu kita perlu memiliki jiwa saling memaafkan antar manusia. Jangan lah kita selalu menyelesaikan masalah dengan kekerasan dan egoisme. Hal yang pertama harus dilakukan dalam penyelesaian masalah adalah membicarakannya baik-baik hingga mendapatkan solusi untuk menyelesaikan masalah tersebut. Jika permasalahan dapat terselesaikan dengan baik, lingkungan pun akan menjadi damai dan aman.

      2. Kepadatan Penduduk
Indonesia menduduki peringkat keempat sebagai negara dengan penduduk terbanyak di dunia. BKKBN Pusat mencatat tahun 2011 lalu jumlah penduduk Indonesia mencapai 241 juta jiwa. Dan hampir 57,5 % penduduk Indonesia terdapat di pulau Jawa. Ketika kepadatan penduduk tidak merata antara satu pulau dengan pulau lainnya menyebabkan perbedaan perkembangan ekonomi antara satu pulau dengan pulau lainnya tersebut.


Permasalahan ini dapat dikurangi dengan cara membuat program transmigrasi lebih berperan aktif lagi dalam menyelesaikan permasalahan ini. Selama ini program transmigrasi tidak terlalu mendapatkan perhatian dari pemerintah dan tidak terlalu terasa manfaatnya bagi masyarakat Indonesia. Program transmigrasi juga perlu didukung oleh ketersediaan fasilitas-fasilitas di tempat tujuan para trasmigran. Pemerintah harus memberikan fasilitas-fasilitas yang memadai bagi kehidupan para transmigran. Jika fasilitas saja tidak memadai bagaimana para transmigran dapat menikmati hidupnya di daerah tersebut. Pemerintah juga perlu mengadakan pelatihan keterampilan agar para transmigran dapat menggunakan keterampilan tersebut untuk memajukan kehidupan dan lingkungan di sekitarnya.

Selain itu pemerintah juga perlu memberikan penyuluhan lebih serius mengenai pentingnya program keluarga bencana. Jika program keluarga berencana dapat terealisasi dengan baik maka laju pertumbuhan penduduk Indonesia pun dapat dikontrol dengan lebih mudah dan tidak akan menyebabkan meledaknya pertumbuhan penduduk Indonesia di masa yang akan datang.

      3. Krisis Pangan
Indonesia memiliki kekayaan alam yang melimpah namun negeri ini tetap saja mengalami krisis pangan yang tiada henti. Hal ini disebabkan oleh kurangnya sumber daya manusia berkualitas yang dapat mengolah kekayaan alam tersebut menjadi hal-hal yang dapat dimanfaatkan oleh rakyat Indonesia. Seperti akhir-akhir ini, berita mengenai krisis kedelai yang dialami Indonesia banyak terdapat di media informasi di Indonesia. Hal ini tentu sangat memprihatinkan bagi Indonesia.

Masalah ini tentu saja tidak boleh dibiarkan berlarut-larut karena dapat membahayakan masyarakat Indonesia. Pemerintah sangat diperlukan perannya dalam menyelesaikan permasalahan ini. Pertama, pemerintah harus memberikan informasi-informasi dan pembelajaran kepada petani-petani Indonesia dalam menggunakan teknologi di bidang pertanian, perkebunan, maupun bidang-bidang lainnya yang berhubungan dengan kebutuhan pangan agar hasil panen yang didapatkan mencapai hasil yang maksimal dan tidak mengalami kerugian. 


Kedua, pemerintah perlu memperhatikan kesejahteraan para petani seperti alat-alat untuk bertani, berkebun, memanen, dan sebagainya serta perlunya mengontrol harga-harga pangan agar tidak merugikan para produsen dan juga konsumen. 

Ketiga, masyarakat Indonesia diperlukan perannya dalam pengembangan dan penggunaan bahan pangan itu sendiri. Ada baiknya jika generasi muda saat ini dapat mengembangkan dunia pangan Indonesia dengan cara turut terjun langsung dalam penyediaan pangan melalui cara yang lebih efisien dan modern. Selain itu masyarakat juga perlu meningkatkan kesadarannya dalam menggunakan bahan-bahan pangan dengan cara tidak hanya bergantung pada satu makanan pokok saja seperti beras melainkan mulai menggunakan kentang, singkong, dan ubi sebagai makanan pokok sehari-hari.

      4. Lahan Pekerjaan

Lahan Pekerjaan di Indonesia saat ini memang sangatlah sedikit dibandingkan dengan jumlah penduduk Indonesia yang sangatlah banyak. Hal ini menyebabkan banyaknya pengangguran di Indonesia. Untuk menyelesaikan permasalahan ini pemerintah perlu mendirikan lembaga-lembaga kursus untuk rakyat kecil agar mereka tetap mendapatkan penghasilan tanpa harus bergantung pada ketersediaan lahan pekerjaan. Jika mereka memiliki kreativitas maka mereka bisa mendapatkan penghasilan dari hasil kreativitas mereka tersebut dengan cara menjualnya.


Selain itu peran masing-masing individu juga sangat penting dalam menyelesaikan masalah berikut. Setiap individu perlu memiliki semangat juang tinggi dan mau bekerja keras dalam diri mereka masing-masing. Jika setiap individu memiliki sikap tersebut maka mereka akan berusaha semaksimal mungkin untuk mendapatkan penghasilan tanpa harus menganggap lahan pekerjaan yang sedikit akan menghambat mereka. Mereka dapat membuka bisnis kecil-kecilan yang jika ditekuni akan menjadi sebuah bisnis yang besar. Saat ini tak jarang masyarakat Indonesia yang sukses berkat kegigihannya dalam menjalankan bisnis mereka dari nol hingga sukses.

      5. Dunia Pendidikan

Pendidikan merupakan hal penting dalam kehidupan. Sayangnya, Indonesia termasuk dalam negara yang tertinggal dalam bidang pendidikan. Hal ini perlu segera dibenahi agar Indonesia dapat semakin maju di kemudian hari. Pertama, pemerintah perlu memberikan perhatian lebih bagi dunia pendidikan di daerah pedalaman-pedalaman di Indonesia. Generasi penerus bangsa tidak hanya berada di perkotaan saja. Jika hanya perkotaan saja yang berkembang, kapan bangsa ini dapat tumbuh bersama-sama untuk mencapai masa depan yang lebih baik? Fasilitas-fasilitas pendidikan seperti bangunan sekolah, buku-buku pelajaran, dan seragam sekolah sangat diperlukan bagi masyarakat yang kurang mampu atau yang tinggal jauh dari perkotaan demi lancarnya kegiatan belajar mereka.


Kedua, masyarakat Indonesia perlu mengubah orientasi pemikiran mereka dalam dunia pendidikan. Saat ini, hal yang terpenting dari sekolah adalah mendapatkan nilai yang baik. Banyak anak-anak yang menempuh jalan apa saja demi mencapai nilai yang baik. Tentu hal ini sangatlah salah dalam praktek dunia pendidikan. Sekolah memiliki tujuan agar anak-anak Indonesia dapat berkembang baik dalam pengetahuan serta perilaku. Oleh karena itu pada era sekarang, sekolah harus dapat memberikan pembelajaran baik dalam hal pengetahuan serta perilaku demi menciptakan generasi penerus bangsa yang baik. Pendidikan yang baik dapat membawa Indonesia menuju negara yang lebih baik lagi.

      6. Korupsi
Saat ini, di Indonesia, korupsi merupakan sebuah permasalahan yang selalu menghiasi layar kaca setiap harinya melalui berita mengenai para wakil rakyat yang korupsi atas uang rakyat. Apakah sekarang ini para wakil rakyat Indonesia sudah tidak malu ketika melakukan korupsi? Hal ini tentu sangat merugikan seluruh rakyat Indonesia. Untuk mengatasi hal ini yang perlu dibenahi pertama kali adalah generasi penerus bangsa. Generasi penerus bangsa harus dididik dengan sebaik mungkin agar menciptakan pemimpin bangsa yang memimpin negara ini dengan bijaksana dan bersih dari korupsi. Jika generasi penerus sudah diberi pendidikan mengenai pentingnya kejujuran dan hidup bebas dari korupsi maka di masa yang akan datang Indonesia akan dipimpin oleh generasi penerus yang bebas dari korupsi.


Selanjutnya, hukum di Indonesia perlu ditegakkan secara adil agar para koruptor di Indonesia ditangkap dan ditindaklajuti sesuai dengan hukum yang berlaku. Semua pelaku korupsi harus dihukum tanpa pengecualian karena setiap tindakan kejahatan itu harus dipertanggung jawabkan.

Rakyat Indonesia juga dapat membantu menyelesaikan masalah korupsi dengan cara mengawasi dan melaporkan hal-hal yang menyangkut kegiatan korupsi baik korupsi dalam hal-hal kecil hingga korupsi dalam hal-hal yang besar. Karena jika tidak ada korupsi di Indonesia maka Indonesia akan lebih mudah dalam berkembang.

      7. Pemerataan Perekonomian
Permasalahan ini termasuk dampak dari banyaknya korupsi di Indonesia. Karena adanya korupsi maka akan membuat pemerintah yang kaya akan menjadi semakin kaya sedangkan masyarakat miskin akan menjadi semakin miskin. Hal ini menyebabkan tidak meratanya perekonomian bangsa.


Pemerintah dapat mengatasi permasalahan ini dengan membuat kegiatan koperasi kembali aktif karena kegiatan koperasi dapat membantu permasalahan pemerataan perekonomian melalui sistem dari koperasi yaitu bagi hasil. Pemerintah juga perlu menerapkan bantuan-bantuan bagi masyarakat miskin secara tepat sasaran karena terkadang bantuan-bantuan seperti subsidi bbm, jaminan kesehatan dan sebagainya dipergunakan oleh masyarakat-masyarakat yang seharusnya tidak menggunakan fasilitas tersebut.

Pemerintah juga perlu memperhatikan perkembangan perekonomian suatu daerah dibandingkan dengan daerah lainnya agar tidak terjadi kesenjangan yang terlalu jauh antara perkembangan perekonomian suatu daerah dengan daerah lainnya.

      8. Kemiskinan
Hal ini merupakan permasalahan yang banyak dialami negara di Asia termasuk Indonesia. Kemiskinan diakibatkan oleh pemerataan perekonomian yang tidak berjalan dengan baik. Kesenjangan antara si kaya dan si miskin terlihat sangat jelas. Terutama di ibu kota yang jumlah para pengemis, pengangguran, dan orang-orang miskin sangatlah banyak.


Pemerintah perlu menindaklanjuti permasalahan ini dengan cara yag tidak berbeda jauh dengan mengatasi permasalahan lapangan kerja dengan cara melakukan pendekatan kepada para pengemis atau pengangguran dengan cara memberikan pembelajaran mengenai keterampilan-keterampilan seperti menjahit, membuat prakarya, dan masih banyak lagi.

Selain itu faktor pendidikan juga merupakan hal terpenting dalam mengatasi masalah ini. Oleh karena itu, pemerintah perlu lebih serius dalam membenahi dunia pendidikan di Indonesia ini demi mengurangi kemiskinan di negeri kita ini. Dengan pendidikan yang baik maka perekonomian negara akan menjadi semakin baik.

Semoga solusi yang telah saya berikan ini dapat mengatasi masalah-masalah yang dialami oleh Indonesia untuk mencapai masa depan Indonesia yang lebih baik bagi semua.

Sumber:
http://id.wikipedia.org/wiki/Indonesia
http://riofisipol.blogspot.com/2012/03/10-masalah-publik-di-indonesia.html
http://www.riauterkini.com/sosial.php?arr=44150
http://www.all-indonesia.com/hasil-sensus-penduduk-2010


Tidak ada komentar:

Posting Komentar