Sabtu, 18 Agustus 2012

Tugas-1 Autobiografi Avitya Danastri

16 Tahun hidup saya yang penuh pengalaman

Nama saya Avitya Danastri. Saya lahir pada tanggal 23 Juni 1996 tepatnya di Rumah sakit bersalin Asih yang terletak di ibukota Negara kita, yaitu Jakarta. Saya dilahirkan dari pasangan suami isteri yang bernama Ari Bhaskara Yoedha dan Evi Savitri. Pada waktu itu, nenek dari ibu saya sangat senang karena ibu saya melahirkan seorang anak perempuan. Semua cucu nenek dari ibu saya semuanya laki-laki, kecuali saya. Saya merupakan anak kedua dari dua bersaudara. Saya dilahirkan dengan berat 3.8 kg dan dengan tinggi 49 cm. pada waktu itu saya lahir jam 4 pagi. Waktu ibu saya mau melahirkan saya, pada masa itu sedang ada pertandingan bola dan dokter saya sedang menonton pertandingan itu. Akhirnya Dokter segera menuju Rumah Sakit.

Saya mempunyai kakak laki-laki yang berbeda 5 tahun dengan saya, ia bernama Satya Ramandha. Setelah saya dilahirkan, pada waktu saya masih berumur 5 bulan, saya sudah diajak pergi ke Yogyakarta karena tante saya ada yang menikah. Di Jakarta saya tinggal di Bintaro bersama keluarga saya. Pada saat saya umur 9 bulan, saya dan keluarga pindah ke Surabaya karena ayah saya dipercaya kantornya untuk memegang cabang disana.

saya bersama sepupu dan tante
belajar berjalan
Masa Balita

Masa balita saya sebagian besar dihabiskan di Surabaya. Disana saya tinggal di rumah dinas yang berada di jalan Klampis wismamukti. Pada saat saya berumur 3 tahun, ibu saya mencari kelompok bermain untuk saya, akhirnya ibu saya mendapatkan kelompok bermain dan memasukkan saya kesana. Kelompok bermain saya bernama Ya-bunayya. Saat saya berada di kelompok bermain, saya masih sangat takut dan belum bisa mengenal teman-teman saya karena malu. Ibu saya dahulu menemani saya sampai ke kelas sampai saya pulang. Saya waktu itu sangat susah bangun pagi, kelompok bermain saya masuk jam 8 pagi sedangkan saya baru bangun jam 9 pagi. Saya mendapatkan rapot yang kurang memuaskan karena saya sering telat.

Setelah saya melewati jenjang kelompok bermain, saya memasuki taman kanak-kanak (TK A). karena ibu saya tidak mau repot, ibu saya memasukkan saya di TK yang lingkungannya sama seperti kelompok bermain saya. Waktu saya TK A, kebiasaan saya belum berubah, yaitu tidak bisa bangun pagi. Daftar kehadiran saya di kelas tidak sesuai yang diharapkan. Di TK A saya sudah belajar surat-surat pendek, tetapi anehnya di TK A, saya tidak diajarkan membaca. Saya sangat senang berada di TK A saya di Surabaya. Disana juga terdapat banyak kegiatan seperti memetik buah, hari bersepeda, gerak jalan, serta yang lainnya. Saya juga sempat pindah rumah dinas ke kompleks Al-Azhar Surabaya. Saya tinggal di Surabaya kurang lebih selama 4 tahun. Waktu saya memasuki umur 5 tahun, saya kembali pindah ke Jakarta dan menempati rumah saya lagi yang berada di Bintaro.

Sampai di Jakarta, rumah saya ternyata sedang di renovasi. Akhirnya saya tinggal di rumah tante saya yang kebetulan hanya berbeda 3 rumah. Di Bintaro saya dan ibu saya mencari taman kanak-kanak yang cocok bagi saya. Akhirnya ibu saya memilih taman kanak-kanak yang berada di kompleks saya. Akhirnya saya pun setuju. Saya masuk taman kanak-kanak (TK B) yang berada di kompleks saya yang bernama TK Indah. TK B saya masuk jam 9 pagi, jadi saya tidak terlalu khawatir telat. Saya berangkat kesana naik sepeda dan kadang-kadang diantar jalan kaki oleh ibu saya. Saya memiliki banyak teman disana ,setiap habis pulang sekolah saya selalu bermain ayunan dan itu sangat mengasyikkan. Saya baru bisa membaca dan menulis waktu saya berada di TK B. saya belajar membaca dan menulis dengan guru les saya.

Tidak terasa saya sudah berada di akhir TK B. Alhamdulillah akhirnya saya lulus dari taman kanak-kanak. Di TK saya ada suatu acara pelepasan kelulusan atau bisa disebut akhirusannah. Di akhirusannah itu saya menampilkan tari jawa bersama teman-teman saya. Sungguh pengalaman yang sangat terkenang oleh saya.

sore hari naik sepeda!
di teras rumah bersama nenek


bersama teman TK B (barisan ke 2, ke 2 paling kanan)


Masa SD

Setelah lulus TK, saya melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya yaitu Sekolah Dasar. Saya dan ibu saya memilih SDI Al-Azhar 17 di daerah Bintaro yang tepatnya di dekat rumah saya juga. Saya memilih bersekolah disana karena kakak dan sepupu saya juga bersekolah disitU. Akhirnya setelah pengumuman, saya diterima di SD Al-Azhar 17 Bintaro. hari masuk sekolah pun tiba. Di SD saya ini, saya menemukan lingkungan baru serta teman-teman yang baru. Pada hari pertama masuk sekolah, saya masih ditunggu oleh ibu saya, karena saya belum terbiasa di lingkungan baru. Pada saat saya duduk di kelas 1, inilah masa-masa saya berkenalan dengan teman baru walaupun masih malu malu. Pada waktu saya kelas 1, saya sangat senang menggambar. Akhirnya saya pun mengikuti eskul gambar dan saya juga mengikuti les gambar juga di dekat rumah saya.

Pada saat saya kelas 3 sd, pilihan eskul semakin banyak, akhirnya saya memutuskan untuk mengikuti eskul basket. Saya mulai menyukai olahraga ini karena menurut saya olahraga ini sangat seru, dan juga membuat badan tinggi karena pada waktu sd saya termasuk anak yang mempunyai tinggi badan dibawah rata-rata. Disamping itu teman-teman saya juga banyak yang mengikuti eskul ini. Saya sering mengikuti pertandingan antar sekolah lalu disamping itu saya mengikuti club basket Indonesia muda di Bintaro.

Walaupun SD adalah jenjang pendidikan yang paling lama, tetapi bagi saya SD itu adalah salah satu pengalaman hidup saya untuk mengenal orang lain dan mencoba untuk mengikuti aturan-aturan yang tidak selamanya enak. tidak terasa saya pun duduk di kelas 6. Di kelas 6 saya semakin sibuk dengan kegiatan saya karena saya mengikuti bimbingan belajar sebagai persiapan saya ujian serta masuk ke SMP. Alhamdulillah waktu saya SD saya selalu meraih 3 besar di kelas dan sewaktu saya kelas 6 saya meraih rangking 1 di kelas dan Ujian Nasional berjalan dengan lancar. Orang tua saya pun bertanya kepada saya ingin masuk SMP mana. Orang tua saya mendaftarkan saya di SMPI Al-Azhar 3 Bintaro. Saya langsung diterima di SMP itu karena nilai saya diatas standar mereka. Tanpa pikir panjang saya memilih untuk melanjutkan sekolah di SMPI Al-Azhar 3 Bintaro,yang lokasinya sama dengan SD saya.

foto angkatan sewaktu SD

kelas 4 SD (barisan pertama paling kanan)


club basket indonesia muda (barisan kedua, kedua paling kiri)


Masa SMP

Setelah saya lulus dari SD, saya melanjutkan ke jenjang pendidikan yang selanjutnya yaitu SMP. Saya bersekolah di SMPI Al-Azhar 3 Bintaro yang gedungnya berdepanan dengan gedung SD dimana saya sekolah. Sebelum saya resmi menjadi murid SMP, semua calon SMP Al-Azhar 3 Bintaro atau sering disebut SMP Albin wajib mengikuti pengarahan MOS (Masa Orientasi Siswa). Sekolah saya memiliki program bilingual yaitu program yang pembelajarannya menggunakan 2 bahasa (Inggris dan Indonesia). Waktu itu saya iseng mendaftar saja ke program kelas bilingual itu. Semua murid disini wajib mengikuti tes dasar untuk mengetahui kemampuan dasar, lalu khusus yang mendaftar program bilingual, kita diuji kemampuannya apabila di tes dasar itu nilainya cukup tinggi, kita bisa diterima di kelas bilingual. Alhamdulillah setelah saya mengikuti tes, saya diterima di kelas bilingual. Kelas saya adalah kelas yang anggotanya tidak berubah dan akan selalu sekelas 3 tahun. Tetapi pada saat saya naik ke kelas 8, ada 3 orang yang pindah, dan ada 4 orang yang masuk ke kelas saya. Kelas saya sekarang jadi berjumlah 36 orang.

Menurut saya kelas 8 adalah masa-masa SMP yang paling seru, karena kita sudah mulai mengenal satu angkatan dan di kelas 8 banyak aktifitas serta acara yang seru. Di SMP saya masih melanjutkan hobi saya yaitu bermain basket. Di SMP saya eskul basket lagi dan tetap berlatih di club basket saya. Waktu saya kelas 8 saya terpilih menjadi OSIS dan jabatan saya di OSIS adalah sebagai kordinator bidang olahraga. OSIS SMP saya mempunyai banyak kegiatan, dan kegiatan yang paling berkesan bagi saya adalah ALBIN CUP 2010. Albin Cup adalah lomba yang diselenggarakan oleh SMP Albin yang berkerjasama dengan OSIS. Disini saya mempunyai banyak kenangan dari mulai mengumpulkan dana, mencari sponsor hingga penutupan lomba. Setelah Albin Cup sukses, saat saya kelas 8 saya pernah ditunjuk sebagai tim perwakilan sekolah untuk mengikuti pertandingan debat bahasa Inggris di British International School dan saya juga pernah ditunjuk sebagai perwakilan sekolah untuk mengikuti lomba komputer di berbagai sekolah.

Tidak terasa masa-masa kelas 8 berakhir. Karena saya anggota OSIS, saya mempunyai program kerja terakhir yaitu MOS. Pada saat saya kelas 9 saya membantu sekolah untuk membimbing murid baru yang akan masuk ke sekolah saya ini. Mengurus acara MOS menurut saya sangat asik dan seru. Saat saya kelas 9 saya sudah mulai sibuk karena saya ditekankan untuk terus belajar agar mendapatkan nilai Ujian Nasional yang baik dan dapat diterima di SMA yang diinginkan. Saya mengikuti berbagai bimbingan di luar sekolah dengan teman saya. Dari awal kelas 9 saya sudah mempunyai tujuan untuk masuk ke SMA Labschool Kebayoran. Saya mulai belajar dengan rajin di kelas 9 terutama saya menyiapkan diri untuk tes masuk SMA Labschool Kebayoran.

Pada bulan Februari saya mengikuti tes SMA Labsky, dan saya melihat banyak teman-teman saya yang ikut tes juga. Waktu saya tes, saya merasa gugup karena yang mendaftar di SMA ini  mencapai 1000 orang sedangkan yang diterima kurang lebih hanya 200 orang. Tetapi Alhamdulillah berkat doa dan kerja keras, saya berhasil diterima di SMA Labschool Kebayoran. Pada bulan April saya mengikuti UAN dan alhamdulillah nilainya memuaskan dan saya lulus J saya bersyukur sekali kepada Allah karena usaha saya selama ini tidak sia-sia. Menurut saya masa SMP sangat mengesankan karena di masa ini saya mulai bisa mengetahui lingkungan mana yang cocok bagi saya dan saya mulai bisa membedakan mana yang terbaik bagi saya.

teman sekelas 3 tahun sewaktu SMP


liburan ke Singapore
club basket mahaputri (yang memegang piala)

bersama teman SMP



Masa SMA

 Saat ini, saya berada di kelas XI, lebih tepatnya di XI IPA 2. Saya bersyukur karena pada akhirnya saya bias masuk ke jurusan IPA. Pada saat saya duduk di kelas X, banyak sekali kegiatan-kegiatan sekolah yang saya laksanakan. Yaitu kegiatan MOS, PILAR, Trip Observasi, dan Bintama. dan juga ada kegiatan angkatan yaitu studi wisata ke Bandung. Pertama kali saya masuk ke SMA Labschool Kebayoran, saya merasa gugup dan sedikit kaget, karena di SMA ini sangat berbeda dengan SMP. Di SMA, disiplin lebih ditekankan lagi dan ini membuat saya semakin penasaran dan semangat menjalani kegiatan-kegiatan yang ada. Dari kegiatan-kegiatan yang tadi saya sebutkan diatas, yang paling saya suka adalah Trip Observasi. Karena disana, kita belajar bagaimana cara beradaptasi pada suatu lingkungan baru, dan juga bersosialisasi dengan baik. 

Pada semester akhir di kelas X, terdapat suatu kegiatan lagi yaitu LAPINSI. LAPINSI adalah kegiatan yang diselenggarakan sekolah, dibantu oleh kakak OSIS. Bagi murid yang ingin menjadi pengurus OSIS atau MPK, diwajibkan mengikuti kegiatan ini. Saya mengikuti kegiatan ini dengan senang, disana saya mendapat pengalaman dan juga materi-materi kepemimpinan yang berguna dari narasumber terpercaya. Setelah LAPINSI, bagi murid yang benar-benar ingin menjadi pengurus OSIS, diwajibkan mengikuti TPO. TPO adalah Tes Potensi Organisasi. Saya mengikuti juga kegiatan ini dan melewati serangkaian tesnya. Alhamdulillah saya lulus TPO dan akhirnya saya terpilih menjadi calon pengurus OSIS.

 Pada liburan kenaikan kelas, saya juga mengikuti Misi Budaya dan saya berpartisipasi sebagai pemusik. Di tahun ini, SMA Labschool Kebayoran mengirim tim untuk mengikuti kompetisi yang berada di Turki. Tim misi budaya saya bernama Svarnabhadaya Balawandipta. Alhamdulillah tim saya mendapat penghargaan berupa “ the best female performance”. Setelah kompetisi, saya dan tim misi budaya juga mengikuti tur yang diadakan di Eropa. Sungguh pengalaman yang berharga bagi saya, dan saya juga berharap untuk kedepannya, saya menjadi anak yang lebih baik dan bisa lebih berprestasi dalam bidang akademik maupun non akademik. Semoga perjalanan hidup saya di SMA terus berkembang dan lebih maju, dan semoga cita-cita saya tercapai. Amin.

kelompok TO! (anne,dahlia,ella,abon,fadlan) (- tatar&ujang)


lari pagi terakhir DASECAKRA

di negeri paman sam! (sekar,badra,farah,hasif)

Svarnabhadaya Balawandipta di Turki











Tidak ada komentar:

Posting Komentar